Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 7 Maret 2008, 09:13 WIB

Awal tahun 2007, kepengurusan HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) FMIPA UGM berganti. Para pengurus yang dahulu dijabat oleh teman-teman Matematika 2004 kini dijabat oleh adik-adik Matematika 2005. Teman-teman Matematika 2004 sudah mengestafetkan kepengurusan HIMATIKA kepada generasi baru.

 

Sesuai tradisi, sebelum kepengurusan HIMATIKA yang baru bekerja keras, para mantan pengurus mempersembahkan suatu acara bagi para pengurus baru. Acara ini disebut sebagai Upgrading. Dalam Upgrading, para pengurus baru diajak menginap bersama selama beberapa hari di suatu tempat untuk menjalani serangkaian kegiatan yang mengasah kemampuan berorganisasi.

 

 

Rencananya, acara Upgrading bakal diselenggarakan dari hari Jumat sore (23/2/2007) hingga Minggu siang (25/2/2007). Lokasinya berada di perbukitan Prambanan (wilayah kecamatannya masuk Yogyakarta dan juga Jawa Tengah ) yang mana dekat dengan kediaman Mbah Teguh, salah satu personil Matematika 2004.

 

Untuk memastikan segala hal yang berkaitan dengan tempat penyelenggaraan Upgrading, aku sempat tiga kali ikut dalam peninjauan lapangan. Bahasa kerennya, survei.

 

Survei Pertama

Survei pertama dilakukan pada hari Kamis (18/1/2007). Pada survei pertama ini, aku, Eka, Gunawan, Hendri, Rully, dan Mbah Teguh berkunjung ke Candi Barong di Desa Sambirejo yang bakal dijadikan salah satu titik kegiatan outbond.

 

Rencananya, para peserta Upgrading akan diajak berjalan kaki menyusuri Desa Sambirejo. Nanti di beberapa titik bakal ada pos-pos permainan yang menguji kerja tim. Itulah kegiatan yang dimaksud dengan outbond.

 

Aku sendiri baru tahu ada candi yang bernama Candi Barong. Candi ini seakan tersembunyi di perbukitan Prambanan. Suasananya masih sangat sepi.

 

jalan tanjakan bukit pereng di prambanan

mahasiswa matematika 2004 ugm di candi barong

candi barong di prambanan

halaman teras candi barong di prambanan

 

Survei Kedua

Survei kedua dilakukan pada hari Sabtu (20/1/2007). Pada survei kedua ini pesertanya lebih banyak, ada aku, Andreas, Eka, Emma, Gunawan, Hanna, Ipin, Radit, Winky, Yuda, dan tentunya Mbah Teguh.

 

Pada survei yang kedua, kami meninjau kondisi SMP Negeri 2 Prambanan, Klaten yang rencananya bakal dipakai sebagai tempat menginap. Katanya, nanti menginapnya di ruang-ruang kelas. Karena acara Upgrading-nya hari Sabtu dan Minggu jadi otomatis sekolah sepi.

 

mahasiswa meninjau smp negeri 2 pereng prambanan

bangunan smp 2 prambanan klaten pada zaman dulu

 

Selain meninjau tempat menginap, kami juga menjajal rute outbond yang bermula dari jalan setapak menanjak bukit di dekat SMP Negeri 2 Prambanan. Mbah Teguh sebagai warga lokal yang memandu sebaiknya mana jalan yang ditempuh.

 

Di tengah perjalanan kami sempat melewati hamparan tanah yang penuh dengan batu-batu candi yang berserakan. Tempat ini bernama Situs Dawangsari. Mungkin pada zaman dahulu di tempat ini pernah berdiri candi yang semegah Candi Barong.

 

jalan kaki di perbukitan pereng prambanan

hutan di dusun pereng prambanan

situs dawangsari prambanan pada zaman dulu

dua laki-laki foto bareng di situs dawangsari prambanan

sekelompok orang berjalan kaki melewati situs dawangsari prambanan

istirahat di smp 2 prambanan klaten

 

Yang jelas, rupanya di perbukitan Prambanan itu banyak peninggalan purbakala. Mungkin saja masih ada yang menanti untuk ditemukan. Kalau seperti ini, outbond-nya berasa seperti petualangan mencari harta karun . Survei kedua ini berakhir dengan berteduh di SMP Negeri 2 Prambanan menunggu hujan reda.

 

Survei Ketiga

Survei yang terakhir dilangsungkan pada hari Kamis (22/2/2007), sehari sebelum acara Upgrading digelar. Yang ikut pada survei ketiga ini adalah aku, Eka, Ewie, Gunawan, Joko, Radit, Rully, Winky, dan Mbah Teguh.

 

Pada survei ini rencananya kami bakal memastikan rute outbond dan titik-titik mana saja yang bakal dijadikan sebagai pos permainan. Eh, tapi sebelum jalan-jalan masuk-masuk desa dan hutan, kami bersantai-santai dulu menikmati jamuan di rumahnya Mbah Teguh.

 

gaya anak mahasiswa matematika ugm jogja pada zaman dulu

mahasiswa sedang bertamu di rumah warga desa kebondalem kidul klaten

mahasiswa sedang nonton tv di rumah warga desa klaten

kerja bakti warga desa klaten

pemetaan rute outbond di perbukitan prambanan

jalan kaki masuk hutan di perbukitan prambanan

diskusi rute outbond di perbukitan hutan prambanan

 

Jadi, seperti itulah kegiatan survei untuk acara Upgrading para pengurus baru HIMATIKA FMIPA UGM periode 2007 - 2008. Semoga acaranya bisa berjalan sukses. Aamiin.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!