Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 30 April 2010, 08:42 WIB

Lha, kenapa hijau bumi aku jadikan visi di tahun 2010 ini? Simpel saja, sebab kita ini numpang hidup di bumi ini. Iya toh?

 

Selama ini kita mungkin nggak pernah mikir kalau bumi bakal balik menyerang kita. Lha wong bumi diapa-apain ya diam saja kok. Tapi jangan salah! Bumi juga bisa protes. Beberapa anomali alam, seperti meningkatnya suhu bumi, itu kan akibat ulah manusia juga.

 

Lha kalau udah terjadi musibah, ealah...kita malah mencari-cari penyebab. Tapi kita sendiri nggak mau menyalahkan diri sendiri karena sudah berbuat salah. Ciloko tenan!

 

Penyebabnya dilematis.

 

Soalnya kita menjalani hidup yang serba penuh tuntutan. Dari mulai lulus sekolah dengan nilai terbaik, sampai cari makan buat anak-istri. Lha apa hubungannya? Kita terlalu fokus untuk memenuhi segala tetek-bengek tuntutan itu sehingga mengabaikan yang lain. Maksud aku, yang lain itu adalah kondisi bumi yang kian hari kian menderita.

 

Contohnya, industri yang makin berkembang seiring dengan tuntutan konsumsi manusia. Namun akibatnya ya polusi dari industri makin bertambah banyak.

 

Tapi ada juga beberapa orang yang berpendapat bahwa kondisi bumi yang macam sekarang ini disebabkan oleh jumlah manusia yang kian bertambah banyak. Yah, di mana-mana kita tahu kalau sesuatu terlalu banyak itu kan ya nggak baik toh?

 

Hijau Bumi

 

Hijau bumi itu maksud aku adalah upaya untuk kembali membuat bumi sehat. Sebagian orang menganggap ini sebagai ideologi kolot. Buat aku sih nggak masalah. Memang aku nggak bisa melakukan total. Toh aku sudah berusaha dan mungkin usahaku ini berbeda dari yang lain.

 

Contohnya, kini aku bersepeda kemana-mana. Pikirku, itu bisa mengurangi konsumsi BBM mobil tuaku dan dengan demikian bumi sedikit bisa bernapas lega tanpa asap timbal.

 

Jadi, peringatan hari bumi yang jatuh di hari Kamis (22/4/2010) silam itu terasa hambar kalau nggak diikuti oleh aksi yang berkelanjutan. Koar-koarlah itu orang-orang di jalan raya pakai sepeda, tapi besoknya malah pakai sepeda motor. Ciloko...ciloko....

 

Mana sekarang banyak kegiatan sepeda gembira dengan tema hijau, eh...doorprize-nya sepeda motor. Beh...cilokooo tenan! Kalau aksi sosial sudah ditunggangi oleh pelaku industri segmen konsumsi...beh...runyamlah dunia!

 

Yah, mungkin sebaiknya kita dan yang terpenting itu aku, nggak usah kebanyakan cerewet soal gerakan hijau bumi ini. Yang penting kita semua sudah sadar kalau bumi menderita dan perlu langkah konkrit untuk mengurangi derita bumi.

 

Setuju Pembaca?


gambar dipinjam dari http://greenkitchentools.files.wordpress.com/2009/07/green-earth-2.jpg


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • UHA
    avatar 2630
    UHA #Jum'at, 30 Apr 2010, 13:23 WIB
    Hahaha, sering banget keknya acara sepeda gembira dengan hadiah utama sepeda motor,,
    pertamax
    halah, dia yg mengamankan Pertamax :D
  • ESY
    avatar 2633
    ESY #Jum'at, 30 Apr 2010, 20:46 WIB
    ...hidup go green,,,,,setuju bahwa bersepeda bisa mengurangi konsumsi bbm..dan polusi udara...tapi saya belum bisa berpartisipasi dalam hal ini seperti mas wijna yang aktif bersepeda....kalau harus nyepeda ke kmpus...hohoho.....mantab mas,,,,
    Hahaha, emang saya nyepeda karena jarak tempuhnya lumayan dekat. Yah, seenggaknya kalau ke pasar atau warung, pakai sepeda atau jalan kaki aja lah.
  • VIZON
    avatar 2634
    VIZON #Sabtu, 1 Mei 2010, 09:44 WIB
    Saya suka dengan tagline yang ada di kawasan nol kilometer jogja ketika peringatan hari bumi tempo hari, yaitu: 4R terhadap sampah; Reduce (mengurangi), Reuse (memanfaatkan kembali), Replace (memodifikasi) dan Recycling (daur ulang)
    Semangat kayak gitu tapi ndak didukung oleh fasilitas, coba...sebanyak apa kita bisa menemukan tempat sampah yg dipisah (organik, non organik) di tempat-tempat umum Uda?
  • BETTY
    avatar 2635
    BETTY #Sabtu, 1 Mei 2010, 14:03 WIB
    Setubuh.......
    memang bumi harus di lestarikan kembali mulai hari ini,mari kita menanam pohon yg banyak...
    salam kenal....
    pohon banyak, tapi lahannya ndak ada :D
  • PEIN
    avatar 2636
    PEIN #Sabtu, 1 Mei 2010, 16:12 WIB
    Hm,
    Memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami adalah salah satunya,
    Udah saya terapkan, dan jangan lupa untuk merawatnya [asyik ditanami ketela dan suweq alias bunga bangkai yang ga perlu perawatan khusus dan umbinya bisa dimanfaatin............
    Hidup Telooo!!! (lho...)
  • WARM
    avatar 2638
    WARM #Minggu, 2 Mei 2010, 09:27 WIB
    ya tentu stuju toh
    apalagi dimulai dari hal yg kecil dan dari diri sendiri
    mantep, mas !
    semangat hijau! :D
  • JEJAK ANNAS
    avatar 2640
    JEJAK ANNAS #Minggu, 2 Mei 2010, 13:36 WIB
    iya, jangan sampe kita yang sok hijau ternyata cuma NATO
    makanya saya berhenti nulis sampai disini aja :)
  • ZEE
    avatar 2642
    ZEE #Senin, 3 Mei 2010, 06:42 WIB
    Visi hijau bumi wajib ada untuk setiap orang, apapun detail visi mereka, yang penting adalah ada usaha yang dilakukan, tidak sekadar bicara. Di tehsusu lagi dibahas tentang menghijaukan bumi juga Om, tentang jiwa dari pohon dan pentingnya pohon trembesi.
    hohoho, segera cek ke TKP Bu :D
  • TIA
    avatar 2644
    TIA #Senin, 3 Mei 2010, 15:49 WIB
    sayang sama bumi . .
    heal the world, make it a better place :)
    Michael Jackson