Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 22 Januari 2011, 17:42 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Akhirnya! Setelah menanti selama 3 bulan lebih, akhirnya aku bisa menjejakkan kaki di Kaligesing! Eh iya, tentu saja dengan bersepeda. Sebab nggak menarik kalau ke sananya nggak bersepeda.

 

Apa sih Kaligesing itu?

 

Kaligesing itu nama suatu kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang mendadak “melegenda” di antara teman-teman bersepeda setelah Angga, salah seorang sahabat SPSS, bersepeda ke sana di bulan September 2010 silam.

 

Jadi apa menariknya Kaligesing?

 

Sebab disana ada curug alias air terjun, hehehe ! Katanya Angga, di sana ada curug yang bernama Curug Siklothok. Curug ini terletak di Dusun Jekerto, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing. Adapun nama lain dari curug ini adalah Curug Jekerto atau Curug Kaligono.

 

Lebih edannya lagi, Angga sudah berkali-kali ke sana! Seakan Jogja – Kaligesing tak ubahnya Jogja – Prambanan. Padahal, jarak tempuhnya lebih dari 30 km dan terletak di Perbukitan Menoreh yang medan jalannya didominasi tanjakan jahanam. Wuih...

 

Aaargh! Ini bikin aku gemas, ingin sekali bersepeda kesana!

 

Pesepeda PEKOK bersepeda menuju Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Semoga anda sudah kenal: aku, Angga, Arisma, dan Pakdhe Timin

 

Hari Rabu (19/1/2011) akhirnya penantian itu berujung juga . Bersama rombongan tim PEKOK–aku, Pakdhe Timin, Arisma, dan tentu saja Angga–yang semuanya memang bermental dan berdengkul pekok, kami bersepeda ke Kaligesing. Dari titik start Tugu Jogja, kami berangkat menuju Purworejo. Yiiihaaa!

 

Etape 1, Jl. Godean Sampai Tuntas (19 km)

Dari Tugu Jogja, kami bertolak ke barat mengikuti Jl. Godean sampai tuntas. Suasana di Jl. Godean ini masih sama, lebar jalan sempit dan dipadati arus kendaraan bermotor. Maklum, Jl. Godean ini merupakan salah satu jalan penghubung Jogja dan Kulon Progo.

 

Etape 2, Perempatan Kenteng ke Gua Kiskendo (9 km)

Perempatan Kenteng adalah ujung dari Jl. Godean yang terletak di Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Dari perempatan ini kami tetap menuju ke arah barat. Di sana, telah berdiri Perbukitan Menoreh yang menanti untuk kami libas.

 

Rute ini mengingatkanku saat menyusuri Perbukitan Menoreh bersama sahabat SPSS di bulan Oktober 2010 silam. Rutenya ya lewat jalan ini, yakni ruas jalan yang mengubungkan Perempatan Kenteng dan Tanjung Sari.

 

Menuntun sepeda di tanjakan beringin curam Gua Kiskendo menuju Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Nuntun sepeda itu manusiawi kok katanya Angga

 

Medan ruas jalan ini sungguh AMAT TIDAK MANUSIAWI! Sebab, didominasi tanjakan curam yang berkelok-kelok. Lebih kejam dari Tanjakan Cinomati lah pokoknya! Aku juga sangsi, tak semua motor atau mobil berkenan lewat sini. Apalagi setelah patok jalan km 25 yakni awal dari tanjakan curam nan panjaaang.

 

Tapi toh, aku melewati rute ini…dua kali. Sebelumnya, sewaktu bersepeda nimbrung di acara NAMES, malam hari dan hujan pula. Kalau dipikir-pikir, aku itu betul-betul pekok mau mengulangi lewat jalan ini lagi, wew…

 

Pesepeda terkapar selepas menuntun sepeda di tanjakan beringin curam Gua Kiskendo menuju Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Capek nuntun sepeda juga hal wajar kok.

 

Etape 3, Gua Kiskendo ke Desa Jakerto (6 km)

Ibarat peribahasa, “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”, medan jalan sepanjang 6 km ini didominasi oleh turunan! Asyiiik! Pemandangannya juga tak kalah elok. Kami menyusuri pinggir sungai sungai (entah sungai apa namanya). Yang jelas, sungai ini mirip seperti yang ada di Kebumen, yakni beralaskan batuan kapur.

 

Papan petunjuk arah menuju Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Papan informasi ke air terjun di pinggir jalan raya.

 

Oh ya, dari Gua Kiskendo kami mengambil jalan menuju arah Purworejo. Papan petunjuk ke Curug Siklothok ini ada di sisi kiri jalan raya dan berukuran cukup besar. Jadinya nggak perlu ada adegan nyasar deh.

 

Satu Lokasi, Tiga Curug

Untuk memasuki Curug Siklothok, kami harus membayar retribusi Rp2.500 per orang yang dikelola oleh pemerintah desa. Eh iya, nggak ada tarif parkir untuk sepeda, karena pemerintah desa mungkin nggak pernah menyangka sebelumnya bahwa ada orang-orang pekok yang mau bersepeda kemari.

 

Pemandangan alam indah di Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Disertakan obyek manusia sebagai pembanding ukuran air terjun.

 

Panduan menuju curug Siklothok ini lumayan lengkap. Hal ini tak lepas dari kerja keras para mahasiswa KKN-PPM UGM Unit 138 Kaligesing Sub-Unit Kaligono bulan Juli-Agustus 2010. Kalau ada mahasiswa KKN yang membaca artikel ini, aku mengucapkan terima kasih pada kalian.

 

Anak-anak cewek berenang dan main air di Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Amat mudah menyertakan foreground semisal batu. Di sana juga bisa berenang lho.

 

Curug Siklothok sendiri adalah satu dari tiga curug yang ada di Desa Kaligono. Dua curug lain tak sempat kami kunjungi karena keterbatasan waktu dan tenaga. Secara umum, Curug Siklotok amat menarik sebagai obyek foto. Kalaupun bosan dengan curug, di sepanjang aliran sungai banyak terdapat titik-titik menarik bila diabadikan dengan teknik slow-speed.

 

Sungai indah di sekitar kawasan Curug Siklothok, Kaligono, Kaligesing, Purworejo pada tahun 2011
Selain curug, sungainya juga fotogenik lho...

 

Sebenarnya, rute aman menuju Curug Siklothok ini bisa dengan melalui Purworejo via Jl. Wates. Hanya jarak tempuhnya lebih panjang dibandingkan kalau memotong Perbukitan Menoreh via Gua Kiskendo.

 

Kalau Pembaca adalah pemburu foto curug sepertiku, hukumnya wajib untuk mengunjungi Curug Siklothok ini. Selain itu, di Desa Kaligono sendiri juga terdapat beragam kesenian seperti Kuda Lumping, Soyar Mauli, dan Tari Dolalak.

 

Oh ya, Kecamatan Kaligesing juga terkenal dengan buah durian dan kambing Ettawa-nya lho! Jadi, kapan Pembaca mau berkunjung kemari? Kalau bingung, Angga siap mengantar kok. Kabarnya dirinya ingin memecahkan rekor 5 kali bolak-balik Jogja – Kaligesing, hehehe.

 

Kaligesing is surely Amazing!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • RYUDI
    avatar komentator ke-0
    RYUDI #Sabtu, 15 Des 2018, 14:31 WIB
    wah ternyata udah lama juga ya jalan ini diaspal dan rata, saya baru saja lewat situ
    traveling dari cirebon menuju Jogja, via dari purworejo ambil jalur lurus lewat kaligesing,
    tadinya krn pertimbangan sudah mulai gelap (maghrib) maka saya ambil jalan pintas agar
    cepat sampe jogja. begitu masuk jalan berkelok nanjak lumayan bikin pucat juga krn hari
    gelap, jarang ada kendaraan, bahkan rumah rumah semakin jarang ketika mendekati
    puncak, mau balik kanan tanggung, lagi pula cukup sempit utk mobil bongsor akhirnya
    dengan hati was was lanjut perjalanan. ditengah jalan gak henti baca doa krn was was
    takut jalan semakin sempit atau ada jalanan rusak atau bahkan mobil gak kuat nanjak
    hehe... tapi akhirnya ketemu turunan sedikit lega walau belum tenang karena masih
    ketemu hutan dan gelap ditambah kabut. lama kelamaan ketemua juga pemukiman ramai
    dan sampai di perempatan sampai ke godean seterusnya Yogya ...
    pengalaman yang menegangkan, gak tau kalau siang ternyata pemandangannya apik,
    karena gelap yang dilihat hanya bayangan pohon gelap menakutkan :)
  • ANWAR
    avatar komentator ke-1
    ANWAR #Minggu, 11 Sep 2016, 22:16 WIB
    Coba ke Curug Silangit. Masih di Kaligesing juga.
    Woke! Siap laksanakan! :D
  • IRWAN
    avatar komentator ke-2
    IRWAN #Senin, 25 Jan 2016, 09:20 WIB
    Bagus sekali mas trek nya.. punya gpx files untuk kelokasi nya nagga mas? maklum pendatang dari pekanbaru lagi explore jogja dengan bersepeda. bisa mampir di fb page saya lihat aktifitas gowes di jogja :) Terima kasih sebelum nya. Salam dari Irwan BikeAholic
    Wah, nggak ada file GPX Bang. Maklum, nggak punya smartphone. Yoh, kapan-kapan boleh kita nyepeda bareng Bang. :D
  • NDARURICE
    avatar komentator ke-3
    NDARURICE #Kamis, 24 Des 2015, 21:20 WIB
    Curug ini makin rame saja. Semoga sesuai dengan mimpi-mimpi tahun 2010 silam. Kebersamaan yang tak mudah dilupakan. Pahit getir, tawa canda, bersama dalam berbagai warna.
    Membaca artikel ini membawa lagi memasuki Kaligono 5 tahun silam. Bersama para sahabat belajar dalam hangatnya masyarakat Kaligono. Dulu yang bernama Curug Silangait kemudian hasil perundingan dan saran masyarakat berubah nama menjadi Curug Siklothok. Kenapa? Karena Curug Silangit juga ada di Sumongari, salah satu desa yang juga menjadi lokasi KKN unit 138.
    KKN satu unit berbeda sub unit. Kalau pun semakin ramai semoga bisa berkah. Amin Mereka telah berjuang. Masyarakat Kaligono aktor penting dari keberhasilan ini. Apresiasi yang tinggi untuk sedulur-sedulur di Kaligono yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
    Salam hangat buat penulis artikelnya. Terimakasih banyak. sungkem Salam Lestari. Salam berjuta cinta. Hehehe
    Wah, pasti menyenangkan dulu pas KKN di Kaligono. :D
  • YUSTIKA
    avatar komentator ke-4
    YUSTIKA #Rabu, 11 Feb 2015, 21:16 WIB
    Mau tour Pala nih. Kira kira disana rame ngga?
    Tour Pala itu apa ya? Kalau hari libur ya rame (banget)
  • GANJAR
    avatar komentator ke-5
    GANJAR #Senin, 5 Jan 2015, 00:15 WIB
    sy org porjo asli malah belom pernah kesana,btw banyak mobil pribadi yg lewat sana ga
    yah mas,soalnya rencana nya mau sekluarga ke sana,skalian ziarah ke gua maria
    lawangsih
    Kalau mobil pribadi agak jarang mas Ganjar, mungkin karena jalan ke sananya itu tanjakan yang lumayan rawan bikin mesin mati...
  • PRAS
    avatar komentator ke-6
    PRAS #Minggu, 8 Jun 2014, 12:37 WIB
    blusukan kayaknya kalau gak nyasar dan salah jalan itu gak afdol deh mas bro. haha. kan modal tanya sama orang2 terdekat sama dr foto2. kalau google maps kayaknya terlalu canggih buat blusukan. ditunggu selalu update blusukannya.
    hahaha, siap mas Bro! Siap-siap nyasar maksudnya! :D
  • PRAS
    avatar komentator ke-7
    PRAS #Minggu, 25 Mei 2014, 19:09 WIB
    joss bro. aku udah ikuti jejak blusukan kalian.. ya walau keadaan disana banyak sedikit sudah berubah. tapi tetep maturnuwun
    Mantap jaya! Nggak pakai acara nyasar kan Kang? Eh berubahnya itu jadi lebih modern atau lebih banyak pengunjungnya?
  • HESTI
    avatar komentator ke-8
    HESTI #Minggu, 18 Mei 2014, 13:16 WIB
    kalau dari perempatan setelah gua kiskendo, yang ke kiri ke arah gunung kelir (watu blencong, gunung gajah,dll ) dan ke kanan ke arah purworejo, apa masih jauh?
    Pilih yang ke kanan arah ke Purworejo. Sekitar 6 km dari sana.
  • PRAS
    avatar komentator ke-9
    PRAS #Sabtu, 3 Mei 2014, 15:36 WIB
    iki KEREN. broo
    Jos toh! :D
  • WIND WIND
    avatar komentator ke-10
    WIND WIND #Sabtu, 3 Mei 2014, 12:29 WIB
    wahh ternyata ada yg lebih asikkk nih.. apalagi adegan nuntun sepeda di tanjakan super
    ngos2an \"mbibis\"...wihh aku yg asli kaligesing baru aja sampai ke curug siklothok
    kemarin :D super duper keren.. buat foto2 terutama.. :D salam kenal,, kapan2 kalo
    kesana lagi mampir juga boleh, kalian lewat kok
    weh, rumahmu di pinggir jalan Kaligesing?
  • ANGKISLAND
    avatar komentator ke-11
    ANGKISLAND #Rabu, 29 Mei 2013, 14:00 WIB
    wah mantap nie mas...dapat pas besar alirannya alhamdulillah d h sampe sana mantap
    punya...........
    hahahaha, dapet kenalan cewek pula kan? :D
  • SUWARDI
    avatar komentator ke-12
    SUWARDI #Minggu, 24 Mar 2013, 15:27 WIB
    kalau curug sidoharjo pernah denger belum?
    Sudahlah Kang, sudah pernah ke situ malah
  • ODI ALFIANN
    avatar komentator ke-13
    ODI ALFIANN #Rabu, 20 Feb 2013, 21:55 WIB
    kali gesing ???cahh cahhh. .. itu uda bukan tanjakan . .tapi emang bukit diaspal . .haduduhh .. tapi mas2 mbak2 nya TOP ^^
    wakakakaka, \"bukit diaspal\"? itu istilah baru menarik sekali :D
  • ANONYMOUS
    avatar komentator ke-14
    ANONYMOUS #Sabtu, 16 Feb 2013, 16:21 WIB
    sepi nggone broww,,rung tknal
    mergane kuwi, diparani ben tambah terkenal ngunu lho
  • ANAS
    avatar komentator ke-15
    ANAS #Selasa, 20 Mar 2012, 22:18 WIB
    Hasil Jepretan Kamera yang indah,membuat rasa ingin pulang kampung dan mengayuh
    sepeda mtb ku ke siklothok.

    matur suwun sudah mau mempopulerkan purworejo dengan keindahannya.

    salam kenal dari Cahpordjo( Cah Pordjo Perantauan / CPP )
    Matur nuwun juga sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya Kang. :D

    Maju terus Kaligesing! hehehe
  • EM
    avatar komentator ke-16
    EM #Rabu, 22 Feb 2012, 03:20 WIB
    rute kenteng naik ke goa kiskendo emang banyak dihindari mobil ataupun sepeda....orang lebih milih lewat pertigaan janti (puskesmas nanggulan) kalo mau ke arah goa kiskendo....jarene luwih manusiawi :-)
    lha emang bener-bener ndak manusiawi kok jalannya. Sampai heran itu dibuat jalan sebenarnya buat lewat siapa yah? :D
  • AGUNG CERIHANDONO
    avatar komentator ke-17
    AGUNG CERIHANDONO #Jumat, 3 Feb 2012, 14:09 WIB
    Simbahku orang Purworejo, cuma baru kali ini aku denger ada tempat bagus di Purworejo. Pengen banget mandi di situ..
    Next destination..!!
    monggo datang ke Curug Siklothok Kang! :D
  • NURCHOLIS
    avatar komentator ke-18
    NURCHOLIS #Senin, 9 Jan 2012, 12:19 WIB
    Wah...berbekal review sampeyan tentang Siklotok. Berangkat dari arah Jogja-Begelen-Kaligesing dan pulang ke arah Godean. Pas lewat rute ini cuma dari arah barat atau tepatnya Kaligesing (curug Siklotok). memamng ngeri mas tanjakan dan turunannya sangat curam dan panjang ( mengingatkan turunan tanjakan ke Sarangan). Kebetulan aku pakai motor matic....dengan dag dig dug ngerem trus sambil sesekali di lepas biar gak panas kampasnya. Buat tulisan trus mas biar aku bisa ikut menjelajah. Ada sih sepeda di rumah cuma takut gak kuat aja.hehehehe...
    Alhamdulillah selamat, busi motor ndak sampai meledak kan Kang? :D
    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya Kang. Ditunggu kunjungan berikutnya! :D
  • HARYO BRONO
    avatar komentator ke-19
    HARYO BRONO #Jumat, 30 Des 2011, 23:08 WIB
    Saya orang Purworejo, tapi tinggal di Jakarta. Suka bersepeda dan pernah ke curug Siklothok. Artikelnya menarik runtut dan cukup menjelaskan. Terimakasih atas bantuannya mempromosikan obyek wisata di Purworejo. Ada lagi yang menarik yaitu curug muncar di Kecamatan Bruno pada ketinggian 900 dpl. Silahkan ke sana kalau belum pernah. Jalannya agak panjang dan landai dengan banyak kelokan.
    Terima kasih Pak Haryo Brono sudah berkenan berkunjung dan berkomentar di blog saya :)

    Itu Curug Muncar akses jalannya lewat mana ya Pak yang paling mudah untuk dicapai? Saya dan teman-teman berniat ke sana soalnya. Terima Kasih.
  • NANANG
    avatar komentator ke-20
    NANANG #Minggu, 25 Sep 2011, 14:02 WIB
    wew, thx atas kunjungannya . . salam kenal dari warga kaligesing :)
    Hahahaha, semoga Kaligesing tetap jaya!
  • SYAIFUL AMRI
    avatar komentator ke-21
    SYAIFUL AMRI #Rabu, 24 Ags 2011, 20:48 WIB
    minggu kemarin baru saja berkunjung kesana, sayang waktu itu musim kemarau airnya
    cuma sedikit jadi kurang menarik...
    airnya sedikit tapi masih bisa buat renang Kang?
  • ANSA - ROTARY
    avatar komentator ke-22
    ANSA - ROTARY #Selasa, 5 Apr 2011, 23:19 WIB
    3 minggu lagi mas sesepuh . (kalau tak ada halangan)
    siapkan dengkul!
  • BLOG DO FOLLOW NURSOHIB
    avatar komentator ke-23
    BLOG DO FOLLOW NURSOHIB #Rabu, 2 Feb 2011, 21:29 WIB
    salut mas.. photonya keren2 nih..
    hehehe sama2
  • AENI_SUKA
    avatar komentator ke-24
    AENI_SUKA #Rabu, 2 Feb 2011, 14:14 WIB
    __jadi kepengen kesana mas....tambah penasaran ne....hehehhehe__
    udah jadi ke sana belum Aeni?
  • WORK2BIKE
    avatar komentator ke-25
    WORK2BIKE #Selasa, 1 Feb 2011, 19:21 WIB
    wah asoy nih mas... nyok ngepit ksana. Kpn agenda selanjutnya?
    wah klo selo kang, hahaha
  • NOVA HERLAMBANG
    avatar komentator ke-26
    NOVA HERLAMBANG #Sabtu, 29 Jan 2011, 17:39 WIB
    saya kemarin sudah ke curug srigethuk sama dherra amalia..tapi kok airnya butek ya ?? kayak coffemix..kl yang ini jalanya susah.naik motor bisa ndak ya mas ??
    air butek coklat biasa Mas klo musim hujan. Yang ini naik motor bisa tapi tanjakannya lebih josss.
  • PEIN
    avatar komentator ke-27
    PEIN #Jumat, 28 Jan 2011, 22:55 WIB
    Terima kasih juga atas KKN-PPM UGM Unit 138 Kaligesing Sub-Unit Kaligono bulan Juli-Agustus 2010 karena ata jasa mereka ada orang pekok yang datang kemari,, hehehehehe,,,,,bercanda kang (tapi bener kok !! )

    kang, kayaknya teknik slow-speed tidak bisa diterapkan di kamera saku ya ?? Pengen....... gimana sih caranya ??
    teknik slow speed bisa klo pakai dslr
  • SALISA
    avatar komentator ke-28
    SALISA #Rabu, 26 Jan 2011, 10:58 WIB
    ke Kaligesing naik motor, nggak nanjak nggak nurun gigi 1-2. nanjak
    takut nggak kuat, nurun takut keblablasen.
    nanjak dan turun sama-sama dituntun motornya nduk? wekekeke :D
  • CIWIR
    avatar komentator ke-29
    CIWIR #Selasa, 25 Jan 2011, 23:06 WIB
    nuntun pit itu manusiawi dan alami kok
    hahaha
    nggak malu kok :D
  • ZEE
    avatar komentator ke-30
    ZEE #Selasa, 25 Jan 2011, 11:03 WIB
    Saya jadi ketawa lihat adegan nuntun sepeda. Hahahaa... ternyata bisa berat dan capek juga ya... :)
    hahaha, tetapi tetap nggak kapok Bu :D
  • UUN
    avatar komentator ke-31
    UUN #Selasa, 25 Jan 2011, 09:05 WIB
    mas..mas... jalan datar ko dituntun to mas?? hihihi

    eh, wij... dulu aku juga pernah ke Kaligesing, desa Donorejo deket Goa
    Sepalawan itu apak dekat dengan rute pekokmu itu?
    Goa Seplawan itu masih jauh mba. Apa mau kmari juga nyepeda? wekekekeke
  • BAMBANG
    avatar komentator ke-32
    BAMBANG #Senin, 24 Jan 2011, 17:51 WIB
    Numpang tanya : jikalau lewat jln Wates Purworedjo, routenya piye? suwun
    aduh...itu saya juga kurang tahu. Tapi dari Jl. Wates - Purworejo di pertigaan Bagelen (kantor Pos) ambil jalan ke utara. Dari sana ikuti terus jalan ke utara menyusuri Sungai Bogowonto.
  • PAKDHETIMIN
    avatar komentator ke-33
    PAKDHETIMIN #Minggu, 23 Jan 2011, 23:04 WIB
    nyesel aku gak jadi berenang disana..hiks..bsok kesana lagi ahh..HARUS BERENANG!!
    Berenang bareng Budhe Timin po Pakdhe? :p
  • DHERRA AMALIA
    avatar komentator ke-34
    DHERRA AMALIA #Minggu, 23 Jan 2011, 09:00 WIB
    Ya ampun.. Pengen banget tapi kok jalannya medeni..
    Nuntun motor matic kalau takut mesinnya mati :D