Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 31 Januari 2016, 10:01 WIB

Salah satu stasiun pengisian bahan bakar perut favorit pas bersepeda arah ke Prambanan, Klaten, Jawa Tengah adalah Soto Sapi Tarunojoyo. Letak persisnya sekitar 10 meter di utaranya perlintasan rel kereta api Jl. Raya Prambanan – Piyungan, di sisi timur jalan raya.

 

Aku kenal rumah makan ini sejak zamanku Kuliah Kerja Nyata dahulu di tahun 2008. Berhubung tiap mahasiswa hanya dijatah makan dua kali sehari di pondokan, alhasil kalau di siang bolong perut meronta-ronta minta diisi, terpaksa deh harus mlipir nyari makan sendiri.

 

Foto Soto Sapi Tarunojoyo Prambanan di tahun 2008
Dipotret pas masa-masa Kuliah Kerja Nyata, Juli 2008.

 

Di tahun 2008 silam, seporsi soto sapi Tarunojoyo (seingetku dulu namanya soto lembu) dihargai Rp5.000. Minuman macamnya es jeruk dihargai Rp1.500 per gelas. Murah meriah toh? Lha wong zaman segitu itu es dawet Bogem, Kalasan masih dihargai Rp1.000 per gelas kok.

 

Piye perasaanmu Pembaca, hanya Rp1.000 bisa nikmat enak minum es dawet? Hehehe

 

Foto Soto Sapi Tarunojoyo Prambanan di tahun 2015
Dipotret 7 tahun setelah Kuliah Kerja Nyata, September 2015.

 

Sedangkan di tahun 2015, saat premium dihargai Rp7.200 per liter, harga seporsi soto sapi Tarunojoyo naik dua kali lipat menjadi Rp10.000. Sedangkan segelas es jeruk dihargai Rp3.000.

 

Kalau menurut hitung-hitungan matematis plus asumsi kenaikan harganya berwujud kurva linier, maka di tahun 2022 seporsi soto sapi Tarunojoyo bakal dihargai Rp15.000 dan segelas es jeruk dihargai Rp4.500.

 

Kalau mau dibuktikan, boleh dicoba baca artikel ini 7 tahun dari sekarang, hehehe.

 

Foto suasana rumah makan Soto Sapi Tarunojoyo Prambanan di tahun 2015
Di tahun 2008 silam, luas tempat makannya cuma seuprit.

 

Nggak hanya harga yang berubah selama 7 tahun terakhir. Rumah Makan Soto Sapi Tarunojoyo juga berekspansi sehingga lebih luas. Pas aku mampir ke sini sekitar bulan Januari 2015 sepertinya belum seluas ini. Mungkin 7 tahun ke depan bangunannya jadi dua tingkat ya? Hahaha.

 

Yang ngangeni dari soto sapi Tarunojoyo adalah kuahnya yang bening dan segar. Hanya itu thok menurut lidahku. Biasanya, kuah soto itu kan kental dan berminyak. Yang ini nggak.

 

Daftar Harga Menu di Ruman Makan Soto Sapi Tarunojoyo Prambanan di tahun 2015
Kira-kira kapan ya di angka harga-harganya ada tempelan baru lagi?

 

Selain soto sapi masih ada beragam menu lain semisal bakso, nasi pecel, nasi mercon, nasi kikil, dan lain-lain seperti yang bisa Pembaca simak dari foto menu dan harga-harganya di atas itu. Memang kalau di sini ini, ada baiknya menyiapkan selembar uang hijau bila ingin memanjakan perut.

 

Makanya, datanglah ke warung Soto Sapi Tarunojoyo pas tanggal muda! Kalau sudah tanggal tua sih mending makan nasi kucing lauk gorengan sama minum air putih di angkringan aja. Irit. Rp3.000 sudah kenyang. Dari zamanku Kuliah Kerja Nyata sampai sekarang harga-harga di angkringan hanya berubah sedikit.

 

Hmmm, lama juga ya, sudah 7 tahun sejak aku Kuliah Kerja Nyata ...


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 9177
    MAS FEB #Minggu, 31 Jan 2016, 11:22 WIB
    Harga segitu kalau dibandingkan dengan harga di Jakarta masih termasuk murah banget Mas.
    Di Jakarta bawa uang warna hijau kayaknya nggak dapat soto dan es jeruk... Hehehe.
    Wah, kalau dibandingkan sama harga soto di Jakarta jelas beda jauh. :D
  • INAYAH
    avatar 9178
    INAYAH #Senin, 1 Feb 2016, 14:31 WIB
    Hwaaa segeerr!
    Jelas! :D
  • IWCAKSONO
    avatar 9180
    IWCAKSONO #Senin, 1 Feb 2016, 15:56 WIB
    Wuih murah yo soto campur 10 ribu.
    Di lombok, soto campur (ala Suroboyoan) paling murah 11 ribu...
    Soto di Lombok juga lebih murah dibandingkan dengan di Jakarta.
  • MONK
    avatar 9183
    MONK #Selasa, 2 Feb 2016, 00:07 WIB
    Di daerah Kalasan arah ke Prambanan dari Jogja juga ada Soto Tarunojoyo.
    Entah itu cabangnya atau bukan. Aku terakhir ke situ harga soto campur masih 8 ribu...
    Wah, persisnya mana itu Soto Tarunojoyo yang di Kalasan?
  • FRADITA
    avatar 9184
    FRADITA #Selasa, 2 Feb 2016, 06:55 WIB
    Murah banget...
    Coba bayangkan dengan Soto Banjar di Samarinda ya. Satu porsi harganya bisa 25 ribu. Hahaha.
    Btw, kayaknya enak banget tuh sotonya.
    Hwaaaaa.... mahal banget soto di Samarinda!
  • SARI
    avatar 9185
    SARI #Selasa, 2 Feb 2016, 09:59 WIB
    Baca ini di saat Jakarta lagi mendung, bikin lapeeer...
    Hahahaha, sabar yaa... ;D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 9187
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 2 Feb 2016, 12:18 WIB
    Sudah makan enak.. murah lagi... enaknya hidup di Jogja...
    Di dekat rumah.. soto yang rasanya standar saja sudah dihargai 25 ribu...
    Weladalaaah... soto apa itu yang rasanya biasa saja tapi seporsinya Rp25.000?
  • TEPUNG IKAN
    avatar 9188
    TEPUNG IKAN #Selasa, 2 Feb 2016, 15:05 WIB
    Harganya masih di bawah 15 ribu semua. Itu tandanya masih murah meriah. :D
    Iya ya, kalau dibandingkan sama soto yang harga seporsinya 20-an ribu. :D
  • ANIS HIDAYAH
    avatar 9189
    ANIS HIDAYAH #Selasa, 2 Feb 2016, 17:32 WIB
    Weladalah, busyet, jadi ceritanya prediksi ini tow?
    Harganya masih standar Mas, kalau sekarang angkringan saja naik 500 perak Mas. Nasi kucing per bungkusnya lumayan juga sih kalau dikalikan 1 bulan, hahahaha.
    Hihihi, kita lihat saja harga soto di masa depan sesuai prediksi ini nggak. :D
  • FANNY F NILA
    avatar 9194
    FANNY F NILA #Rabu, 3 Feb 2016, 23:18 WIB
    Duuuh, paling suka deh soto daging-daging begini.
    Liat kuah dan tomatnya saja aku udah kebayang rasanya seger banget nih Mas. :)
    Hahaha, langsung saja dicari soto yang mirip-mirip ini Mbak. :D
  • YASINTA
    avatar 9198
    YASINTA #Jum'at, 5 Feb 2016, 00:09 WIB
    Liat fotonya laper seketika Mas...
    Harganya terjangkau ya Mas dengan rasanya yang enaaaaak gitu (keliatannya).
    Pengen coba kalau ke sana. Kalau ke Bandung ntar saya ajak wisata kuliner juga yak, hihihi.
    Hehehe, siap mbak. :D
  • RASARAB
    avatar 9240
    RASARAB #Selasa, 16 Feb 2016, 07:03 WIB
    Hahahah iya. Gak terasa udah lama gak ke sini.
    Beberapa tahun lalu aku ke sini juga sama kamu dan temen-temen yang lain.
    Ayo Ba, kita agendakan makan di sini lagi. :D
  • ANNOSMILE
    avatar 9251
    ANNOSMILE #Rabu, 17 Feb 2016, 11:00 WIB
    Pernah jajan sekali di sini, tapi sudah lama banget...
    Selama 7 tahun itu rasanya sudah berubah belum Mas?
    Rasanya masih tetep sama di lidahku. :D
  • MUTIARA
    avatar 9390
    MUTIARA #Jum'at, 25 Mar 2016, 21:35 WIB
    Soto makanan kesukaan saya. Artikelnya terima kasih ya,...
    Bisa saya jadikan destinasi selanjutnya, hehehe.
    Sama-sama, semoga berkenan. :D