Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 1 Oktober 2015, 08:22 WIB

Buatku, blusukan itu nggak hanya plesir mengunjungi tempat-tempat yang jarang dijamah orang, tapi juga mengicip makanan-makanan yang jarang disantap orang. Salah satunya adalah seblak, yang katanya sih camilan khas dari Sunda.

 

Sudah sejak lama banget Jogja diinvasi sama geng-geng camilan Sunda, semisal duet siomay-batagor dan trio cilok-cireng-cimol. Tapi, seumur-umur tinggal di Jogja, aku sama sekali belum pernah kenal camilan Sunda yang namanya seblak!

 

Apa mungkin khazanah kulinerku kurang gaul karena terlalu mengistimewakan soto ya? Ah, entahlah...

 

Harga Seblak Basah Instan Mommyindo

 

Yang pasti, belum lama ini aku njajal beli seblak instan produksi Mommyindo di pameran seharga Rp10.000 per cup (aslinya sih Rp13.000, tapi dapet korting dari mbak penjualnya ).

 

Ada dua rasa, original dan rendang. Berhubung aku baru sekali ini menyantap seblak, jadinya supaya aman aku milih yang rasa original saja.

 

Aku menduga, ilustrasi wanita berkacamata dengan gincu cinta yang ada di kemasan merupakan visualisasi dari nama produk “Mommy Seblak Basah Instant”. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya “Seblak Basah Instan Ibu”. Eh, apa itu berarti ibu-ibu (khususnya yang dari Sunda) semestinya mahir meracik seblak basah?

 

Tempat Jual Seblak Basah Instan Mommyindo

 

Sebelum seblak basah instan ini aku santap, aku mau mengomentari kemasannya dulu ah. Bentuknya cup terbungkus plastik transparan kedap udara. Yang nggak luput dari pengamatanku adalah background cabai-cabai kecil. Ini pertanda kalau camilan ini bercita rasa PEDAS.

 

Selain itu di kemasan juga tertera nomor sertifikat dari MUI dan Dinas Kesehatan. Di sisi sebaliknya, tertera daftar komposisi, tabel informasi nilai gizi, dan tanggal kedaluwarsa. Dengan adanya keterangan-keterangan tersebut menandakan seblak basah instan adalah camilan yang (semoga) dapat dipertanggung-jawabkan.

 

Sebagai orang yang sama sekali buta tentang seblak, cuplikan informasi “Good to Know” seakan menjadi jawaban yang sedikit mengobati rasa penasaran.

 

“Seblak basah adalah makanan/camilan tradisional Sunda – Indonesia. Berbahan dasar kerupuk yang diolah dan diberi bumbu rempah.”

 

Wedalah! Jadi seblak basah itu hanya kerupuk toh!? >.<

 

Berhubung aku baru sekali ini makan seblak basah (apalagi yang versi instan), aku mesti mengikuti panduan berikut supaya nggak salah ngeraciknya.

 

Supermarket Jual Seblak Basah Instan Mommyindo

 

Seperti inilah wujud Mommy Seblak Basah Instan setelah aku bedah. Isinya ada kerupuk-kerupuk oranye, garpu plastik, serta empat sachet plastik yang terdiri dari serbuk bumbu original, serbuk cabai, minyak, dan pelengkap (sayuran dan bakso kering).

 

Review Seblak Basah Instan Mommyindo

 

Oh iya, kerupuk oranye ini ada yang bentuknya masih kering (kaku dan keras) dan juga ada yang sudah mengembang seperti habis digoreng (lunak dan kriuk-kriuk). Kok nggak konsisten ya? Apakah ini cacat produksi atau bagaimana ya?

 

Jual Seblak Basah Instan Yogyakarta

 

Menurut panduan menyantap, kerupuk-kerupuk oranye ini harus direndam air panas terlebih dahulu selama 3 hingga 5 menit. Sepertinya ini asal-muasal nama seblak basah. Kalau seblak kering, bisa jadi tanpa ada proses merendam kerupuk. Tapi ya nanti keras dong?

 

Jual Seblak Basah Instan Jawa Tengah

 

Air yang menggenangi kerupuk kemudian dibuang lewat lubang-lubang kecil di tutup plastik. Praktis banget. Tapi ya harus hati-hati, soalnya suhu kemasan bisa ikut jadi panas setelah tadi kerupuk direndam dengan air panas.

 

Grosir Seblak Basah Instan Yogyakarta

 

Setelah itu, barulah keempat isi sachet tersebut dimasukkan. Kemudian diaduk-aduk sampai semuanya tercampur. Seblak basah instan pun siap untuk disantap. Sudah betul kan langkah-langkahku?

 

Varian Rasa Seblak Basah Instan Mommyindo

 

Kalau menurutku sih wujud dari seblak basah instan ini agak kurang meyakinkan. Lembek-lembek berlendir gimanaaa gitu. Mungkin karena aku nggak terbiasa melihat kerupuk basah ya? Selama ini kan aku kalau makan kerupuk dalam kondisi kering.

 

Tapi setelah masuk ke dalam mulut, rasanya memang enak! Pedas dan gurih (mungkin karena ada MSG-nya ). Teksturnya mirip dengan kwetiau. Bisa jadi disebabkan sama kerupuk yang masih keras dan kaku itu.

 

Pemilik Seblak Basah Instan Mommyindo

 

Jadi, ini yang aku rasani dari Seblak Basah Instan Mommy.

 

  1. Sebenarnya pakai kerupuk keras atau kerupuk yang sudah digoreng sih?
  2. Pelengkap (terutama bakso) yang ada di sachet itu sebaiknya direndam terpisah dengan air panas supaya melunak baru dicampurkan ke seblak.
  3. Walaupun di kemasan tertera akun media sosial, tapi nggak menyertakan nama produsen (diproduksi oleh: ...)

 

Menurutku, Mommy Seblak Basah Instan ini merupakan cara yang cukup menarik untuk memperkenalkan seblak basah ke wilayah-wilayah di mana mamang penjual seblak tidak beroperasi, seperti contohnya ya di Jogja sini. Ide bagus juga kalau setiap makanan tradisonal dipasarkan dengan versi instan seperti ini. Semakin terbuka peluang lah untuk dipasarkan ke luar negeri. #otakbisnis

 

Pertanyaan selanjutnya, setelah konsumen menjadi ketagihan, di manakah kiranya seblak basah instan ini dapat diperoleh? Apakah harus memesan secara online? Atau malah kondisi langka ini bisa ditangkap sebagai peluang untuk menjadi penjual seblak basah konvensional? Hehehe

 

Eh iya. Kabarnya seblak basah itu varian dari camilan kerupuk godhog yang asalnya dari daerah Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah.

 

Kalau Pembaca sendiri pernah makan seblak?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DEVINA PUTRI
    avatar 8353
    DEVINA PUTRI #Kamis, 1 Okt 2015, 15:22 WIB
    saya juga dari sunda, udah pernah denger sih mengenai seblak momy, tapi aku lebih suka masak sendiri, kalo seblak momy kan lebih instan
    Wah menarik. Itu racikan bumbunya apa saja ya mbak klo masak sendiri?
  • ELISA
    avatar 8358
    ELISA #Kamis, 1 Okt 2015, 20:24 WIB
    Oh baru tahu yang namanya seblak itu seperti ini to...:D
    Kaget mbak? :D
  • PARIS
    avatar 8362
    PARIS #Jum'at, 2 Okt 2015, 13:24 WIB
    packagingnya bagus (jempol)
    Yang buat dari Bandung kayaknya klo urusan desain sih nggak usah diragukan lagi...
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 8363
    BERBAGIFUN.COM #Jum'at, 2 Okt 2015, 14:14 WIB
    dulu pernah makan seblak, tapi yang kering, varian nya keripik Maicih
    Puedessss
    He? Kerupuk Maicih juga ada yang seblak toh? Baru tahu...
  • RESKI AMALIA
    avatar 8364
    RESKI AMALIA #Jum'at, 2 Okt 2015, 21:07 WIB
    wah aku malah baru tau loh sablak itu dari kerupuk, tak kirain dari tepung tepungan kaya
    cakwe gitu, tapi menurut aku harganya agak mahal ya hehe
    Iya mbak dari kerupuk. Sederhana banget kan? Ini mahal emang karena bentuknya instan dan diimpor dari Bandung...
  • UMAMI
    avatar 8366
    UMAMI #Sabtu, 3 Okt 2015, 22:19 WIB
    Bener, baru tahu kalo seblak itu kerupuk. Ditambah, kerupuknya basah. Belum bisa
    bayangin rasanya kaya gimana. Semoga suatu hari nemu yang jual di Solo, biar rasa
    penasarannya terobati :)
    Katanya sih belum masuk toko-toko retail Bro. Masih mengandalkan penjualan online dan agen.
  • AQIED
    avatar 8372
    AQIED #Minggu, 4 Okt 2015, 14:18 WIB
    Kalo yang instan gini belom pernah makan. Yang versi asli dari Sunda juga belom pernah nyoba. Tapi lumayan tau soal seblak ini soalnya adikku sering bikin/masak sendiri.
    Kapan-kapan nyoba bikin lah Qied.
  • FENNY
    avatar 8373
    FENNY #Minggu, 4 Okt 2015, 15:00 WIB
    Di Jalan Pramuka ada booth penjual seblak. Kalo gak salah lihat harga seblaknya 3 ribu.
    Hah? Tenanee? Kapan-kapan kalau lewat Jalan Pramuka tak coba mengintai. :D
  • ANDI NUGROHO
    avatar 8375
    ANDI NUGROHO #Minggu, 4 Okt 2015, 21:21 WIB
    Jadi pengen seblak nih, hehehee mumpung di deket rumah banyak yang jual :D
    Wah, enaknya punya rumah deket sama yang jual cemilan.
  • FAHMI
    avatar 8377
    FAHMI #Senin, 5 Okt 2015, 01:03 WIB
    Waaa! baru ngeh ada versi instantnya!
    Ini bisa beli di mana deh? mau cobain juga :D
    Yang pernah coba sih seblak yang ada di Bandung :D
    Enak emang ini makanan.
    Di supermarket nggak ada yang jual. Kayaknya sistem jualannya lewat perantara orang gitu deh.
  • ENDAH KURNIA WIRAWATI
    avatar 8378
    ENDAH KURNIA WIRAWATI #Senin, 5 Okt 2015, 11:34 WIB
    Apapun rasanya.. ora doyan seblak kakak.. hehehehe..
    Wekekekeke, dipahami mbak. :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8385
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 6 Okt 2015, 08:47 WIB
    Wuaaa .... di jual juga dalam kemasan instan ... apa-apa dibuat instan ..... bikin dong gudeg instan juga .. :)
    Hahaha, gudeg instan kayaknya sudah ada Kang. Pernah denger toh gudeg di dalam kaleng?
  • AULIA FASYA
    avatar 8397
    AULIA FASYA #Rabu, 7 Okt 2015, 12:26 WIB
    Ih seblak instan mah kata aku gak enak Mas... huehehehe.
    Iya sih itu awalnya seblak cuma kerupuk aja, nah sekarang banyak inovasinya, diganti pake makaroni, kwetiaw, atau ada juga yang kerupuk tapi dikasih topping ini itu macem2.
    Btw, harganya 13.000 ya emang? Perasaan dulu beli gak segitu hehehehehehehe
    DULU :P
    Dulu itu tahuuun berapaaaa??? Aku sebenernya ya penasaran pingin makan seblak yang orisinil. Tapinya di Jogja nggak ada.
  • KEBOMANDI
    avatar 8401
    KEBOMANDI #Rabu, 7 Okt 2015, 21:17 WIB
    Halo pertama berkunjung di sini Mas ^^ dan langsung tertarik sama artikel ini.
    SEBLAK Ini yang selalu kangen Bandung :))
    Hahaha, kapan-kapan kalau ke Bandung jangan lupa jajan seblak ya! :D
  • SOHBET
    avatar 8416
    SOHBET #Senin, 12 Okt 2015, 06:37 WIB
    very blog thanks admin
    okey
  • CUMILEBAY
    avatar 8432
    CUMILEBAY #Senin, 12 Okt 2015, 07:14 WIB
    Eh busyet, seblak aja ada kemasan instan nya juga hahaha
    Zaman gini apa sih yang nggak bisa instan Om? :D
  • RADHITYA
    avatar 8521
    RADHITYA #Selasa, 27 Okt 2015, 07:11 WIB
    Waduh baru tau saya ada seblak instant :) Blom pernah makan saya Mas walau sering liat yang jualan & di rumah juga dulu ada yang bikin tapi ga berani makannya hahaha. Abis gimana gitu liatnya kerupuk dibasahin gitu.
    Iya sih aku pertama kali liatnya ya agak-agak gimana gitu. Kerupuk kok ya dibasahin? :p
  • DITA
    avatar 8522
    DITA #Selasa, 27 Okt 2015, 07:24 WIB
    Sakjane sih emang cuma kerupuk becek gitu aja ya? Terus terang aku 2 kali makan di Bandung belum nemu yang enak. Yang pertama rasanya agak amis mungkin karena kerupuknya kerupuk ikan. Terus yang kedua terlalu kuat rasa kencurnya :D. Kayaknya aku emang lebih cocok makan soto aja.
    Hahaha, lidah golongan penikmat soto memang kayaknya susah menerima kerupuk basah. :D
  • MIFTAH
    avatar 8531
    MIFTAH #Rabu, 28 Okt 2015, 07:49 WIB
    Saya belum pernah makan seblak jadi ngak tau rasanya.. :D
    Tapi pengen nyoba sih, gimana rasanya.
    Rasanya gurih dan pedes. Kalau ketemu penjual seblak bolehnya beli buat memuaskan rasa penasaran. :D
  • AKARUI CHA
    avatar 8534
    AKARUI CHA #Rabu, 28 Okt 2015, 11:55 WIB
    Belakangan seblak memang hits ya? Aku baru tau sejak nyobain main ke daerah Situ Patengan di Bandung, tapi ga berani nyobain karena penampilan makanan ini aneh buatku. Terus mendadak di Jakarta terutama sekitar kosku banyak yang jual Seblak. Eh, sekarang ada Seblak Instan! Btw, aku pengen nyobain jadinya.
    Weh, mamang-mamang penjual seblak ternyata sudah masuk Jakarta juga toh?
  • APRIEJ
    avatar 8536
    APRIEJ #Rabu, 28 Okt 2015, 17:30 WIB
    Saya suka kerupuk seblak! Baru tau banget ada seblak basah. Pengen coba kalau nemu nanti. :))
    Hihihi, silakan diburuuu. :D
  • QIQI
    avatar 8704
    QIQI #Rabu, 25 Nov 2015, 14:43 WIB
    Jadi pengen langsung gadoin krupuknya aja :D
    Klo gitu mah goreng kerupuk sendiri aja mba >.<
  • ADI
    avatar 8937
    ADI #Rabu, 23 Des 2015, 13:02 WIB
    Wah asyik juga nih buat dicoba seblak instan. Walau ngeliatnya kayak kerupuk angin biasa dikasih sambel, hahaha.
    Memang cuma kerupuk kok, hahahaha.
  • RUDI
    avatar 9320
    RUDI #Jum'at, 11 Mar 2016, 16:09 WIB
    Aku udah beli yang rasa original sama rendang. Waktu pertama kali aku ngeracik seblak ini, bubuk cabenya aku masukin semua, tapi lidahku memberontak karena pedasnya melebihi ambang batas toleransi pedas (versiku). Akhirnya, ketika ngeracik lagi, bubuk cabenya nggak aku masukin, rasanya tetep lumayan enak. :D
    Wah, boleh juga nanti aku coba versi yang nggak pakai bumbu cabe. :D
  • AKU SUKA STRAWBERRY
    avatar 9523
    AKU SUKA STRAWBERRY #Kamis, 7 Apr 2016, 23:33 WIB
    Sebenarnya memang seblak itu begitu, dibuat dengan kerupuk yang sudah digoreng dan yang tidak digoreng.
    Kalau digoreng semua jadinya pas kena air kayak bubur, lembek banget. Kerupuk yang tidak digoreng yabg bikin teksturnya sedikit tebal dan lebih enak.
    Holadala... jebul ternyata memang seblak itu dari dua jenis kerupuk toh. :D
  • DWIE
    avatar 9657
    DWIE #Jum'at, 6 Mei 2016, 16:58 WIB
    Mas, tolong seblak aku.. pleasee... sampai basah yaaa... p
    Weeeh!!!
  • IFAH
    avatar 9719
    IFAH #Sabtu, 21 Mei 2016, 20:47 WIB
    Di daerah Jogja yg jual ini di mana?
    Dijualnya kalau pas pameran aja.
  • POUDRE LATTE
    avatar 10535
    POUDRE LATTE #Selasa, 10 Jan 2017, 10:52 WIB
    wah beli dimana tuh mom? ngiler kayanya praktis ga usah ribett ngantri :)
    beli pas di pameran Gan
  • TIKA
    avatar 10753
    TIKA #Jum'at, 7 Apr 2017, 22:37 WIB
    Wah lengkap ini infonya. Saya baru mau pesan online tapi masih mikir-mikir kira-kira enak gak ya?

    Tapi baca review-annya jadi pingin..ya dimana-mana yang namanya instan sih asal gak sering-sering dan kebtulan saya juga belum pernah cobain jadinya penasaran deh.

    Ohh ya dari Jogja ya? Bulan kemarin baru dari Jogja saya sekeluarga, ngangenin banget dah Jogja memang. Mudah-mudahan tahun depan bisa liburan ke sana lagi, hehehe.
    Ya silakan dicoba mbak seumpama penasaran dengan seblak instan atau untuk jaga-jaga siapa tahu pas pergi ke tempat yang nggak ada penjual seblaknya, hehehe. :p

    Wah, senang Mbak sekeluarga berwisata di Jogja. Semoga di masa mendatang bisa berwisata di Jogja lagi Mbak, Aaamiin. :D
  • NOVYANTI
    avatar 11093
    NOVYANTI #Kamis, 28 Sep 2017, 14:01 WIB
    Udah lama gak makan seblak. :(
    Aku juga terakhir kali makan seblak ya sudah berbulan-bulan yang lampau itu.
  • WIDYA
    avatar 11351
    WIDYA #Minggu, 4 Mar 2018, 22:50 WIB
    Baru nyobain nih.. menurutku yang hobi makan seblak. Seblak instan ini gak enak.
    Huhuhu, beli di Mall Kelapa Gading Store Snackzone Rp26.000.
    Isinya krupuk orange doang. Masih paporite seblak pinggir jalan yang ada ceker, telor arik, dll.
    Hehehe, kalau dibandingkan sama seblak pinggir jalan ya jelas kalah lah seblak instan ini. Tapi, buat orang yang di domisilinya nggak ada yang jualan seblak pinggir jalan, seblak instan ini lumayan bisa dipilih sebagai pemuas hasrat. :D
  • ARIF F
    avatar 11458
    ARIF F #Kamis, 31 Mei 2018, 19:20 WIB
    Pesen seblak 10 pcs
    Haduuuw, nggak jualan seblak aku!