Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 5 Agustus 2010, 15:06 WIB

Waktu sudah menunjukkan pukul sembilan pagi, namun beberapa pesepeda asal Jogja itu masih betah mendekam di pondokan. Sungguh aneh. Apa mereka memang merencanakan bersepeda sambil berpanas-panas ria?

 

Namun ternyata dugaan itu salah. Salah satu di antara mereka berujar:

“Ini lagi nunggu giliran ngendog!”, sambil menanti kamar kecil itu tak berpenghuni

 

Ngendog (bahasa jawa) atau buang hajat adalah hal yang manusiawi. Bahkan kalau ada orang yang tak pernah buang hajat, bolehlah diragukan identitasnya sebagai manusia.

 

Aku tak perlu menjelaskan panjang lebar perkara urusan ngendog ini. Tapi yang jelas, ngendog itu bergantung pada dua hal, waktu dan tempat.

 

Aku sebut waktu, soalnya ada beberapa orang yang bakal mendapatkan “panggilan alam” di pagi hari atau selepas makan. Sebab, ketika bersepeda bareng, kami kerap berhenti untuk menunggu kawan yang mendadak harus menjawab “panggilan alam”.

 

Nah, permasalahan utamanya adalah tempat. Sebab, tak jarang kami bersepeda blusukan ke daerah minim pemukiman. Jadi lumrah kalau sekiranya kami cemas:

“Nanti kalau tiba-tiba ada yang mau ngendog, enaknya ngendog di mana nih?”

 

toilet sosial ngendog hajat kamarkecil
Hanya ilustrasi dan rekayasa, jangan mikir yang macam-macam

 

Berbeda dengan saat naik kendaraan bermotor. Ketika bersepeda, organ tubuh–di sekitar perut–aktif bergerak, sehingga membuat “panggilan alam” itu semakin makin nyaring. Apalagi kalau sedang melahap tanjakan. Untuk urusan yang satu ini, memang ada baiknya berhenti dan menuntaskan “panggilan alam” tersebut.

 

SPBU adalah lokasi yang paling kondusif. Disusul masjid atau mushalla. Namun, tak semua orang nyaman ngendog di tempat ibadah. Oleh sebab itu, ada beberapa yang memilih “menjajah” rumah warga.

 

Bagi kami yang tergolong musafir ini, kendala mencari kamar kecil adalah suatu hal yang cukup lumrah. Jadi, jangan heran kalau kami benar-benar memaksimalkan tempat yang ada kamar kecil gratisnya, seperti yang kuceritakan di awal artikel ini, hehehe.

 

Tapi, kalau di tempat-tempat umum, semacam lokasi wisata malah nggak terdapat kamar kecil, kan ya malah aneh? Seperti yang dilansir oleh harian Kompas perihal minimnya kamar kecil di seputar Jl. Malioboro. Bahkan, sebagian besar toilet di tempat-tempat umum kondisinya “mengenaskan”, bikin tak semangat untuk “membongkar muatan”.

 

toilet sosial ngendog hajat kamarkecil
Kamar kecil di Candi Borobudur aja kayak begini? duh!

 

Aku kurang paham. Kenapa untuk urusan lokasi ngendog ini seakan dianak-tirikan begitu saja? Bukankah ngendog adalah rutinitas yang manusiawi? Kalau kondisinya terus-menerus seperti ini, mungkin kita semua harus bersiap membenahi kamar kecil di rumah kita masing-masing. Siapa tau, ada yang bertamu untuk ikut numpang ke kamar kecil.

 

Pembaca juga pernah kesulitan mencari lokasi yang kondusif?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3090
    PAKDHETIMIN #Kamis, 5 Ags 2010, 15:47 WIB
    hedew..kok ya tempat ngendhognya juga ditampilkan gambarnya...ckckckck...
    hanya ilustrasi Pakdhe, jangan berpikir yang macam-macam ah :p
  • AYAMCINTA
    avatar 3091
    AYAMCINTA #Kamis, 5 Ags 2010, 16:09 WIB
    Inilah Indonesia, pemda ga mu ngurus. Padahal ini kebutuhan umum. Tapi klo diMalioboro kan ada mall mas, tinggal mampir dulu ke mall.hehehe
    lha kalau di atas pukul sepuluh malam, pas mallnya udah tutup mau ngendog dimana? :D
  • INDOMIELEZAT
    avatar 3092
    INDOMIELEZAT #Kamis, 5 Ags 2010, 18:28 WIB
    oh gosh!

    nggilani!
    sampeyan juga termasuk tow?
  • DENUZZ BURUNG HANTU
    avatar 3093
    DENUZZ BURUNG HANTU #Kamis, 5 Ags 2010, 21:25 WIB
    wahahaha...ada2 aja
    bener banget, saya setuju dengan beberapa kalimat terkahir... ngendog
    adalah kebutuhan manusia yang harus dianakkandungkan...

    salam akrab dari burung hantu
    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/08/05/standing-sex-malu-
    maluin-kota-palembang/
    salam akrab juga Kang. Sudahkah anda ngendog hari ini? :D
  • PARIS
    avatar 3095
    PARIS #Jum'at, 6 Ags 2010, 09:20 WIB
    oh please ..... -_-a
    please itu maksudnya minta apa Ris? :D
  • ARASHI KENSHO
    avatar 3097
    ARASHI KENSHO #Jum'at, 6 Ags 2010, 18:39 WIB
    kunjungan perdana nih... Oia mampir Dunks..!!
    nuwun atas kunjungannya
  • SUKE
    avatar 3098
    SUKE #Jum'at, 6 Ags 2010, 19:46 WIB
    nek semarang ono warak ngendog... :D
    wedalah, ngendi kui Kang?
  • MURWANI
    avatar 3099
    MURWANI #Jum'at, 6 Ags 2010, 21:25 WIB
    ayo ngising, ayo ngising neng kebon neng kebon
    tutupi dong empring, ben garing
    we e e...
  • EYANGRESI313
    avatar 3104
    EYANGRESI313 #Sabtu, 7 Ags 2010, 23:27 WIB
    Sejenak tafakur dalam kehingan……..
    Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosa…..
    Lisan kadang tak terjaga,….
    Jannikadang terabaikan,……
    Hati kadang berprasangka,….
    Sikap kadang menyakitkan,…..
    Harapan ini akan menjadi indah…..
    Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
    Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Semoga Allah selalu memberikan
    Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
    Amiiiii….n !
    terima kasih buat doanya
  • EM
    avatar 3107
    EM #Sabtu, 7 Ags 2010, 23:48 WIB
    hmm....t4 favorit gratisan, bank, esp bank mandiri sekip.
    Nek spbu, spbu pertamina timur lempuyangan..mantep kamar mandine...tapi justru karena merupakan t4 umum, yg ngrawat kurang..jempolan
    aku jarang ke SPBU, soalnya markir sepedanya rawan :(
  • JEJAK ANNAS
    avatar 3109
    JEJAK ANNAS #Minggu, 8 Ags 2010, 00:17 WIB
    saya sarankan, kalo maen sepedanya di jogja, mending ngendong di subang aja mas, sekalian rendem di air panas ciater
    wedalah, bisa-bisa mpe Subang dah jadi "batu" itu :D
  • RASARAB
    avatar 3115
    RASARAB #Minggu, 8 Ags 2010, 15:06 WIB
    ra kalap pasukan ngendog (--")
    WIs tho, itulah ciri khas kami :D
  • ASOP
    avatar 3122
    ASOP #Kamis, 12 Ags 2010, 04:55 WIB
    Gambar yang pertama itu dua orang lagi mancing ya? LOL
    mancing endog :D
  • BILUNG
    avatar 3136
    BILUNG #Minggu, 15 Ags 2010, 20:33 WIB
    wah...urusan ngendog jadi inget waktu kecil..suka ngendog di kebun kosong tetangga....xxxxxxx....salam ngendog....
    wah...ngendog di kebun tetangga bikin subur tanamannya tetangga nu?...wekekekeke :D
  • MURWANI
    avatar 4382
    MURWANI #Senin, 12 Des 2011, 13:02 WIB
    wah..emang ada yang namanya sama ya...aku nggak nulis tulisan diatas lho...
    masak?