Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 20 Maret 2010, 00:36 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Nasib kata ngalang, saya pikir serupa dengan kata ketelisut. Sama-sama kata dalam bahasa Jawa, yang susah dicari padanan bahasa Indonesianya!

 

Kalau sekiranya saya boleh pinjam kosakata bahasa asing, mungkin ngalang bisa dipandankan dengan detour. Ah, tapi mungkin Pembaca lebih piawai berbahasa Jawa serta punya solusi yang tepat?

 

Ya sudah. Biar mudah, ijinkan saya bercerita. Adalah Jl. Yogyakarta – Solo yang menghubungkan kedua kota sejauh kurang-lebih 60 km. Sebagai ruas jalan utama penghubung provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, coba bayangkan kendaraan yang melintas di sana. Teramat padat.

 

Oleh sebab aku mengayuh sepeda, semestinya aku ngalang. Tak sudilah aku beradu senggol dengan bus antarkota serta menghirup asap knalpot pekat. Resikonya, jarak tempuh bakal tambah jauh. Belum lagi perihal kesasar di jalanan kampung . Ya, sejauh ini tak ada jalan alternatif yang benar-benar sejajar dengan jalan utama.

 

Ilustrasi Ngalang
Ruas jalan utama yang hanya 1 km, bisa jadi 2.8 km dengan cara ngalang.

 


 

Buatku, ngalang adalah suatu petualangan, yang kian langka di era serba digital macam saat ini. Ngalang adalah blusukan, dan blusukan adalah ngalang. Panduannya mudah;


keluar dari jalan utama, dan cari jalan alternatif yang menyusuri jalan utama.

 

Pemandangan berbeda bakal ditemui saat ngalang. Ruas jalan utama ibarat sungai kehidupan, tak ayal ada banyak degup denyut ekonomi di sisi kanan dan kiri jalan. Sedangkan beberapa kilometer dari ruas jalan utama, kehidupan merona dengan penuh kesahajaan, bersanding dengan permainya alam.

 

Tentu, hal semacam ini kecil kemungkinannya dijumpai ketika ngalang di kota besar. Namun bila benar-benar berjumpa, pantaslah bila diberi julukan surga yang tersembunyi (hidden paradise).

 

Jadi, pernahkah Pembaca ngalang?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DWI JULIAN
    avatar komentator ke-0
    DWI JULIAN #Rabu, 6 Sep 2017, 11:46 WIB
    Ngalang memutar atau melalui rute lain yang
    lebih jauh.
    Misalnya karena jembatan kali ambrol, warga
    terpaksa \"ngalang\" sejauh 5 km. Padahal
    biasanya hanya 1 km.
    Yup, ngalang itu umumnya selalu lebih jauh. :D
  • CERITA PIKNIK
    avatar komentator ke-1
    CERITA PIKNIK #Senin, 3 Apr 2017, 04:17 WIB
    Pernah sih ngalang pasti karena salah jalan atau jalan utama ngga boleh dilewati jadi
    terpaksa deh ngalang, jadi lebih jauuuuh :D
    dimana-mana memang nasibnya ngalang itu mesti lebih jauh ya mbak?
  • HANIF INSANWISATA
    avatar komentator ke-2
    HANIF INSANWISATA #Senin, 2 Jan 2017, 18:46 WIB
    ngalang ki kadang iso ketemu sawah dan dalan buntu.
    semua dibawa slow aja Bro...
  • FEFE
    avatar komentator ke-3
    FEFE #Senin, 21 Jan 2013, 22:32 WIB
    lebih suka mblusuk dg maksud mencari jalan baru yg lebih hemat waktu & tenaga/bensin.
    meski hasilnya jadi pernah keblasuk, haha.
    ya itu mbak, kadang-kadang malah jadi nyasar, hahaha
  • LINTANG NGALIH
    avatar komentator ke-4
    LINTANG NGALIH #Selasa, 27 Apr 2010, 10:30 WIB
    Tapi kalau mblusuk, jalan yang dilalui lebih jelek, kalau ngalang belum tentu, bisa sama, bisa lebih jelek, bisa lebih bagus, karena ngalang kuwi adalah kebalikannya mengambil jalan pintas, yaitu melewati jalan dengan route yang lebih jauh. Ngomong ngomong mau ikut Kampanye Peduli Alam Merapi gak? 1-2 Mei besok lho!!
    oke deh :D
  • LINTANG
    avatar komentator ke-5
    LINTANG #Senin, 26 Apr 2010, 16:37 WIB
    Nyuwun Sewu, menurutku MBLUSUK itu adalah OFF ROAD, atau NRABAS alias MENEROBOS, bolehlah diartikan sengaja keluar dari jalur. Kalau jaraknya lebih jauh dari route sebenarnya maka disebut NGALANG, kalau lebih dekat maka disebut NRABAS atau menerobos. OK mari kita BLUSUKAN dengan indah dan benar, iyo to?
    Hahahaha, baik ngalang atau nrobos sama-sama Mblusuk :D
  • KOPLAK
    avatar komentator ke-6
    KOPLAK #Selasa, 23 Mar 2010, 15:10 WIB
    wah ngalang muer muter bos? salam kenal ya bos
    salam kenal juga le
  • SUWUNG
    avatar komentator ke-7
    SUWUNG #Selasa, 23 Mar 2010, 15:08 WIB
    pas pertama kirain salah tulis seperti yang biasa diriku lakukan teyata muter ngalang tho hebat bro hehehehe
    tenang mbah, ilmumu tetap ilmumu :D
  • JEJAK ANNAS
    avatar komentator ke-8
    JEJAK ANNAS #Selasa, 23 Mar 2010, 11:41 WIB
    duh gusti semoga asib saya e depan gak galang ngelintang, biar gak ngalang kabut pisan
    amiiiin kang! :D
  • CERITAEKA
    avatar komentator ke-9
    CERITAEKA #Senin, 22 Mar 2010, 15:39 WIB
    Errr saya sering ngalang!
    Soalnya menyenangkan ;) liat2 tempat baru and kesasar.. ntar kalo gak ngerti cara balik ya tinggal nanya...
    tapi err.. anu... saya ngalangnya pake mobil ajah! :D
    Nah, itu dia...KESASAR :D
  • SASH
    avatar komentator ke-10
    SASH #Senin, 22 Mar 2010, 09:54 WIB
    Ngalang tuh bukannya malah memotong jalan ya? ato pemahaman saya yang salah kaprah? hehe
    Ngalang itu bukan memotong, soalnya tak ada jalan yang dipotong :D
  • ZEE
    avatar komentator ke-11
    ZEE #Minggu, 21 Mar 2010, 21:56 WIB
    Saya harus baca berkali-kali agar ngeh tentang ngalang itu. Jadi rada mirip dgn mblusuk, tapi ngalang itu lebih mengartikan suatu perjalanan panjang, betulkah?
    waduh! maaf Bu kalau membingungkan. Ya maksudnya ngalang itu perjalanan dengan niat mencari jalan yang tak ramai, tapi malah menjadi korban waktu yang terbuang percuma. :)
  • IYUT
    avatar komentator ke-12
    IYUT #Sabtu, 20 Mar 2010, 08:07 WIB
    Wes jyaan... Maw harus belajar kosa kata bahasa jawa sama simbah.. sini.. sini..
    iya betul, mbok saya diajari mbah, sebelum simbah dapet \"panggilan\" :D
  • ANNOSMILE
    avatar komentator ke-13
    ANNOSMILE #Sabtu, 20 Mar 2010, 06:28 WIB
    ngalang ki adoh tenan karo boros waktu..
    di jalan solo sebelah mana tuh bro
    ngalang = petualangan :D
    jalan solo di Kec. Jogonalan.
  • EM
    avatar komentator ke-14
    EM #Sabtu, 20 Mar 2010, 06:00 WIB
    Kok pernah denger ngalang ya? :D

    Dibanding mblusuk, mungkin ngalang lbh terlihat konyol, ngalang=memperpanjang jarak :D
    Yg jelas jgn mencoba ngalang jika keburu2 :p
    Yang namanya mblusuk juga bertaruh waktu, :D