Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 19 Agustus 2015, 06:27 WIB

Walau terbilang dekat dari Jakarta, nyatanya Lampung kalah populer dari destinasi wisata yang ada di Jawa macamnya Bandung dan Jogja. Padahal, ongkos Jakarta – Lampung itu murah lho! Malah jauh lebih murah daripada ongkos Jakarta – Jogja!

 

Cocok banget kan buat orang yang ingin merasakan nyeberang ke Sumatera dengan kondisi moneter yang pas-pasan, hehehe.

 

Jadwal Keberangkatan Bus Jakarta - Lampung dari Stasiun Pasar Senen
Dari Jogja ke Jakarta naiknya kereta ekonomi. Turun di stasiun Pasar Senen.

 

Pilihan Ekonomis = Jalur Darat

Secara umum, berpergian dari Jakarta ke Lampung bisa ditempuh lewat jalur udara ataupun jalur darat. Jalur darat pun menyediakan banyak pilihan. Bisa dengan naik kendaraan pribadi atau dengan naik kendaraan umum.

 

Nah, di hari Kamis (5/3/2015) yang lalu itu, aku memilih bus ekonomi untuk mengantarkanku dari Jakarta menuju Lampung. Aku rasa ini adalah pilihan paling ekonomis untuk berpergian dari Jakarta ke Lampung.

 

 

Ada tiga teori yang harus dipahami pelancong tatkala memilih jalur darat ekonomis dari Jakarta menuju Lampung, yaitu:

 

  1. Naik bus dari Jakarta ke Merak.
  2. Nyeberang pakai ferry dari Merak ke Bakauheni.
  3. Naik bus dari Bakauheni ke Bandar Lampung.

 

Teorinya terlihat sederhana dan mudah ya? Tapi tunggu dulu gimana prakteknya...

 

Jadwal Keberangkatan Bus Jakarta - Lampung dari Stasiun Gambir
Menara Siger, pertanda bahwa pelancong sudah masuk wilayah Lampung.

 

Pengantar Nama-Nama Tempat

Terminal Bus Kampung Rambutan adalah terminal bus di Jakarta Timur yang melayani rute dalam kota sekaligus antar kota antar provinsi.

 

Terminal Bus Merak adalah terminal bus di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten yang melayani rute antar kota dalam provinsi sekaligus antar kota antar provinsi.

 

Pelabuhan Merak adalah pelabuhan penyeberangan di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Sumatera.

 

Pelabuhan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

 

Terminal Bus Rajabasa adalah terminal bus di Bandar Lampung yang melayani rute antar kota dalam provinsi dan antar kota antar provinsi.

 

Terminal Tanjung Karang adalah tempat ngumpulnya angkot Kota Bandar Lampung. Lokasinya dekat dengan pasar dan juga stasiun kereta api.

 

 

Teori 1: Naik Bus dari Jakarta ke Merak

Di Jakarta, aku stand-by di Terminal Bus Kampung Rambutan pukul 8 pagi. Dari sini aku naik bus jurusan Kampung Rambutan – Merak dengan tarif Rp25.000 per orang. Busnya bagus, pakai AC, komposisi kursinya 2-3, tapi bedebah sekali karena ngetem-nya LAMA BANGET. #derita.bus.ekonomi

 

Catatan:

  1. Terminal Bus Kampung Rambutan bisa dicapai naik TransJakarta koridor 7.
  2. Biaya masuk peron Terminal Bus Kampung Rambutan Rp1.000 per orang.
  3. Bus jurusan Merak ada di paling ujung terminal antar kota antar provinsi.
  4. Enaknya naik bus dari terminal itu bebas milih tempat duduk karena penumpangnya kosong.
  5. Kalau naik bus ekonomi sebetulnya nggak mesti dari Terminal Kampung Rambutan. Bisa juga nyegat di seberang mall Slipi Jaya (ke sananya bisa naik TransJakarta koridor 9).
  6. Kalau mau cepet naik bus Primajasa aja. Mahal dikit nggak apa-apa yang penting cepet!

 

Waktu tempuh dari Terminal Kampung Rambutan ke Terminal Merak itu kurang-lebih 3 jam. Bisa 2,5 jam kalau supirnya ngebut di jalan tol. Sekali lagi, ini bisa terjadi kalau supirnya NGGAK NGETEM LAMA! #masih.emosi

 

Tarif Lebaran Bus Jakarta - Lampung
Aku lebih suka naik TransJakarta. Merasa lebih dimanusiakan sebagai penumpang angkutan umum.

 

Daftar Harga Tiket Bus Patas Jakarta - Lampung Terbaru
Terminal Kampung Rambutan di peron keberangkatan antar provinsi.

 

Update Jadwal Keberangkatan, Kedatangan, dan Harga Tiket Bus Jakarta - Lampung
Interior bus dari Jakarta menuju Merak. Ini pas sepi belum berangkat.
Kalau sudah rame, jangan tanya seperti apa sesaknya.

 

Teori 2: Nyeberang pakai Ferry dari Merak ke Bakauheni

Begitu turun di Terminal Merak dilanjut berjalan kaki sebentar ke Pelabuhan Merak. Paling nggak sampai 10 menit. Lewatnya selasar yang banyak penjual makanan. Kalau mau nyari perbekalan dulu ya monggo.

 

Catatan:

  1. Buat yang belum tahu, Merak itu kecamatan di Kota Cilegon, provinsi Banten.
  2. Tarif ferry Merak – Bakauheni itu Rp15.000 per orang.
  3. Lama perjalanan nyeberang pakai ferry itu sekitar 2 jam kalau laut bersahabat.
  4. Di atas ferry ada yang jual makanan, tapi mahal! Pop mie aja Rp15.000. Eh, itu harga saat ferry belum berangkat. Kalau sudah berangkat ya lebih mahal lagi.
  5. Memang terasa menyedihkan, tapi mengisi perbekalan di Indomaret Terminal Merak adalah pilihan yang ekonomis.
  6. Di atas ferry susah sinyal seluler!

 

Tarif Promo Pesawat Lion Air Rute Jakarta - Lampung
Terminal Bus Merak. Dari sini ke Pelabuhan Merak tinggal jalan kaki.

 

Daftar Perusahaan PO Bus yang Melayani Rute Jakarta - Lampung
Wujud kapal Ro-Ro alias ferry yang bisa memuat penumpang sekaligus kendaraan hingga sebesar truk.

 

Teori 3: Melarikan Diri dari Terminal Bakauheni (eh?)

Jam empat sore kapal mulai merapat ke Pelabuhan Bakauheni. Nah, menurut ceritanya orang-orang, mereka mendapat tekanan mental saat keluar dari Pelabuhan Bakauheni. Soalnya banyak calo bus dan travel yang menawari jasa sambil membentak-bentak. Uji nyali sekali kan? Hahaha.

 

Eh, ndilalah pas aku keluar dari Pelabuhan Bakauheni aku nggak “diserang” sama calo. Alhamdulillah banget! Mungkin karena aku sejak di atas laut sudah merencanakan trik busuk berikut ini.

 

Catatan:

  1. Begitu keluar dari Pelabuhan Bakauheni, berlindunglah di balik badan penumpang lain yang sedang “diserang” calo. (Maaf!)
  2. Begitu melihat ada bus tujuan Terminal Rajabasa langsung naik. Jadikan bus sebagai benteng pertahanan mobile.
  3. Kalau bus langsung berangkat, buru-buru lah turun lagi, hahaha. Kecuali kalau emang mau ke Terminal Rajabasa.
  4. Kalau bus masih lama berangkatnya, tenangkan diri dulu di atas bus, atur strategi, dan lihat pilihan transportasi lain yang memungkinkan.
  5. Tarif bus ekonomi tanpa AC dari Pelabuhan Bakauheni ke Terminal Rajabasa itu Rp20.000 per orang. Waktu tempuhnya 3 jam karena jaraknya ada sekitar 100 km. Untungnya ini bus nggak kelamaan ngetem.

 

Jadwal Bus 24 jam dari Bandar Lampung (Bakauheni) ke Jakarta PP
Parkiran Pelabuhan Bakauheni. Di sini tempat ngumpulnya mobil travel dan bus-bus.

 

Jadwal Bus Ekonomi dari Jakarta ke Lampung
Interior bus dari Pelabuhan Bakauheni ke Terminal Rajabasa. Nggak ada AC jadinya pilih duduk deket jendela saja.

 

Pengeluaran Ongkos Jakarta ke Lampung Sejauh Ini

Sampai deh di Terminal Bus Rajabasa, Bandar Lampung! Sejauh ini tarif naik angkutan yang dikeluarkan adalah.

 

Bus Kampung Rambutan – Merak Rp25.000
Ferry Merak – Bakauheni Rp15.000
Bus Pelabuhan Bakauheni – Terminal Rajabasa Rp20.000

 

Jadi totalnya Rp60.000! Murah kan? Lebih murah dari tiket kereta ekonomi Jakarta – Jogja malah!?

 

Dari Bandar Lampung Dilanjut ke Mana-mana

Ya sudah deh! Selamat datang di Bandar Lampung! Dari Terminal Rajabasa silakan pilih transportasi lain untuk menuju tempat-tempat yang diinginkan. Apa mau naik Trans BandarLampung, angkot, bus antarkota, ojek, atau malah balik ke Pelabuhan Bakauheni lagi?

 

Transportasi Ekonomis dari Jakarta ke Lampung
Terminal Bus Rajabasa di Bandar Lampung. Harap hati-hati ya, di sini rawan kriminalitas.

 

Oh iya, kalau mau nyari oleh-oleh di toko Yen-Yen (Jl. Ikan Kakap) atau Waleu Kaos Lampung (Jl. RW Monginsidi) bisa naik angkot warna ungu jurusan Tanjung Karang – Teluk Betung. Sebelumnya, dari Terminal Rajabasa naik angkot warna biru dulu jurusan Rajabasa – Tanjung Karang. Ongkos angkot di Bandar Lampung itu Rp4.000 per orang.

 

Perbandingan Bus (Tarif dan Jadwal) rute Lampung Jawa
Interior Trans BandarLampung yang mirip dengan TransJogja. Bedanya petugasnya nggak berseragam.

 

Tarif Bus Terbaru dari Terminal Rajabasa ke Jawa
Interior angkot di Bandar Lampung. Nggak jauh beda sama angkot di Jawa.

 

Jadwal Keberangkatan Bus dari Terminal Bakauheni ke Jawa
Ini yang bikin perjalanan di angkot semakin goyang. Setelannya Dangdut House Music ReMix.

 

Kalau aku waktu itu dari Terminal Rajabasa lanjut ke Kota Agung di Kabupaten Tanggamus. Aku naik bus ekonomi dengan tarif Rp25.000 per orang. Ada juga sih pilihan mobil travel dengan tarif Rp75.000 per orang.

 

Jadwal Keberangkatan Bus dari Terminal Rajabasa Bandar Lampung
Interior bus Kota Agung - Rajabasa. Bus ini ber AC lho. Sepanjang jalan juga full Dangdut House Music ReMix.

 

Jadi kapan ini main ke Lampung? Sekali-kali orang Jakarta bikin macet Lampung lah. Masak kalau musim liburan yang macet Jogja terus, hehehe.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • IRLY
    avatar 8115
    IRLY #Rabu, 19 Ags 2015, 07:45 WIB
    Murah ya? Bener lho, waktu tinggal di Jakarta dulu gak ada pikiran ke Lampung, pikir saya jauh banget, otomatis biayanya juga akan lebih mahal dibanding ke Bandung, Jogja dan kota-kota lainnya di pulau Jawa.
    Di Lampung banyak pantai yang indah2 juga lho.
  • GUSTYANITA PRATIWI
    avatar 8116
    GUSTYANITA PRATIWI #Rabu, 19 Ags 2015, 09:25 WIB
    Blum pernah nyoba naek bis, takut mabok
    Nggak mabok kok mbak. Kan bisnya sering berhenti ngetem lama. Ngebutnya paling cuma di jalan tol. :D
  • NONI
    avatar 8117
    NONI #Rabu, 19 Ags 2015, 10:26 WIB
    langitnya biru banget ya disana
    Kebetulan itu pas lagi cerah-cerahnya mbak. Kalau malam hujan sih.
  • NBSUSANTO
    avatar 8118
    NBSUSANTO #Rabu, 19 Ags 2015, 10:48 WIB
    nah pas banget, ada rencana minggu depan ke lampung, tapi opsinya mungkin naik damri
    langsung dari jakarta-lampung setelah kereta sampe pasar senen..
    Bus Damri setahuku berangkatnya dari Stasiun Gambir Kang. Itu pun jadwalnya hanya pagi dan malam.
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 8124
    ANDIKA HERMAWAN #Kamis, 20 Ags 2015, 10:39 WIB
    simpen dulu itinerary nya, suwun mas bro :D
    Sama-sama Bro, ditunggu jalan2 barengnya :D
  • MEY
    avatar 8125
    MEY #Kamis, 20 Ags 2015, 15:40 WIB
    ngomongin lampung jadi kangen mbah kung dan mbah uti hiks
    Lha liburan nggak main ke sana?
  • MAKBEL
    avatar 8126
    MAKBEL #Kamis, 20 Ags 2015, 16:10 WIB
    epik banget perjalanannya masbro! XD))
    Yang epik bagian mananya mbaaak Bel? XD
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 8128
    FANNY FRISTHIKA NILA #Kamis, 20 Ags 2015, 18:56 WIB
    Iya yaaa......aku aja yg di jkt blm prnh ke Lampung.. tp alasan kita krn nyebrang pelabuhannya itu yg rada males..pdhl niat udh ada mw bawa mobil pribadi aja supaya gampang kemana2... Tapi ya itulah..blm kesampaian..aku sih pgn makan durian lampung yg paling mahal sedunia itu :D.. krn katanya dikeluarin dlm kotoran gajah p. prnh tau ga? itu manis bgtttt kata yg udh prnh makan..kayak kopi luwak lah... kluar dr kotoran tp malah enak p
    Waduh! Durian dikeluarin dari kotoran gajah? Kasihan banget itu gajahnya mbak disuruh nelen durian utuh. Apa perutnya ngga ketusuk-tusuk itu. Berhubung saya alergi klo kebanyakan makan durian, jadinya saya kurang paham jenis durian yg mahal kayak gituan. Tapi mungkin kalau tahu ya saya bakal ngicip dikit buat obat penasaran :D.
  • EM
    avatar 8129
    EM #Kamis, 20 Ags 2015, 20:50 WIB
    Menarik.
    Jauh banget murahnya dr pd naek damri dr gambir.
    Tapi kata kriminalitas itu yg bikin mikir 2kali, kalo
    mbolang sendirian ke Lampung
    Kalau dirimu pasang style wanita tangguh bukan wanita lugu kayaknya sih lebih aman eM :D
  • ADIE RIYANTO
    avatar 8132
    ADIE RIYANTO #Jum'at, 21 Ags 2015, 16:53 WIB
    Hahaha backpacker sejati kayaknya bisa ngikuti ini. Klo aku waktu itu nyewa elf, jadi tinggal tiduuuur, eh bangun2 udah di Lampung :)
    ngirit ini ceritanya Die, tapi sebenernya penasaran juga sih pingin nyobain naik bus ke Lampung :D
  • ARIP
    avatar 8133
    ARIP #Jum'at, 21 Ags 2015, 20:37 WIB
    Beneran ini bisa lebih murah ketimbang tiket KA ekonomi Bandung-Jogja gini.
    Makanya Bro main2 ke Lampung XD
  • HILDA IKKA
    avatar 8134
    HILDA IKKA #Sabtu, 22 Ags 2015, 09:28 WIB
    Waaah ndak nyangka kalo tarifnya bakal semurah
    itu. XD Tapi kudu kuat-kuatan aja yee naik bus
    selama itu. Apalagi kalo pake ngetem. :3
    Jadi inget punya kerabat di Lampung. :)
    Enak berangkat pagi/siang mbak Ika, jadinya kan bisa liat pemandangan dan suasananya gonta-ganti. Jadinya nggak bosen. Untung nggak panas, hehehe.
  • MOMTRAVELER
    avatar 8145
    MOMTRAVELER #Selasa, 25 Ags 2015, 09:43 WIB
    lumayan murah ya pantes jadi tempat gateway buat para warga jakarta. aku belum pernah ke Lampung, pengenn
    CObain mbak sekali2 nyebrang gitu ke Sumatera. Naik bus kelas eksekutif juga ada kok. Tapi berangkatnya dari Gambir.
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8149
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 25 Ags 2015, 17:11 WIB
    Wah ... Banyak banget trick2-nya ... Apalagi sama calo2
    Kalau teman Saya biasanya naik bis Damri dari gambir ... Katanya lebih simple dan aman
    Yang perlu diwaspadai itu calonya Kang. Beringas-beringas, hahaha :D.

    Yang bus dari Gambir emang lebih aman nyaman Kang. Soalnya kelas bisnis/eksekutif. Jenisnya patas pula. Tapi ya itu harganya kurang bersahabat di kantong dan jadwal keberangkatannya nggak pas buatku.
  • ALAN
    avatar 8159
    ALAN #Kamis, 27 Ags 2015, 12:59 WIB
    ga pernah jalan siang nyebrang ke lampung, ngepasin sunrise di laut, selalu mendung _
    weks! Semoga suatu saat nanti bisa nyeberang pas langitnya cerah Bro
  • INGGIT
    avatar 8160
    INGGIT #Kamis, 27 Ags 2015, 14:37 WIB
    Trik busuknya keren mas hahaha

    Begitu keluar dari Pelabuhan Bakauheni,
    berlindunglah di balik badan penumpang lain yang
    sedang โ€œdiserangโ€ calo. (Maaf!)
    Hehehe, :p
  • AKARUI CHA
    avatar 8169
    AKARUI CHA #Jum'at, 28 Ags 2015, 20:52 WIB
    Hahaha, iya juga ya. Masa tiap musim liburan, yang
    macet jogja terus. Jadi pengen nyobain traveling
    keluar Jawa.
    Sekali-kali biar orang Jawa tahu seperti apa bentuknya Sumatera :p
  • MARHARA SIMAMORA
    avatar 8231
    MARHARA SIMAMORA #Kamis, 10 Sep 2015, 11:32 WIB
    Gan mau nanya nih, klo dari kota kalianda lampung
    selatan ke bakauheni naik apa ya enak nya?
    Bisa naik bus Mbak
  • YANDHI RAMADHANA
    avatar 8274
    YANDHI RAMADHANA #Jum'at, 18 Sep 2015, 17:49 WIB
    tahun 2010 gw habiskan di lampung. gw di tempatin di lampung, yah enak sih tempatnya. walau harus naik travel yang supirnya eks supir nascar. yang aneh di lampung, lampung enggak puny abahasa daerah. di sana orang2nya banyak yang pake bahasa jawa, sunda bahkan gw pernah denger pake bahasa bali
  • BUGIS TRAVELER
    avatar 8314
    BUGIS TRAVELER #Jum'at, 25 Sep 2015, 09:12 WIB
    wiiihhh lengkap banget ulasan perjalannya,,, lain kali klw k lampung kabari aja, kebetulan gw udah di lampung bro.. jdi bisa trip bareng,, di sni baru sebulan, dan sy pengen banget main ke spot gigi hiu.. (y) tnggu kabarnya...
  • SOHBET
    avatar 8427
    SOHBET #Senin, 12 Okt 2015, 06:44 WIB
    very blog thanks admin
    okey
  • RAHMAT
    avatar 8628
    RAHMAT #Rabu, 11 Nov 2015, 15:35 WIB
    Hehehe makasih gan atas infonya... Kebetulan besok aku mau ke kotabumi... Hehehe biasa mau jemput cintaaaaaa..... :
    Wedalaa, hati-hati Bro! Semoga sukses menggapai cintamu :D
  • WISNU
    avatar 8654
    WISNU #Senin, 16 Nov 2015, 17:48 WIB
    Nau nanya nih, dari stasiun senen mw ke merak enaknya naik apa bro? Bis atau kereta lagi? Murahan mana bro


    Dan kan sene
    naik bus aja Bro, jadwal keberangkatannya lebih banyak. Klo kereta jadwal keberangkatanny cm sehari sekali, tp lebih cepet.
  • DWIE
    avatar 8762
    DWIE #Senin, 30 Nov 2015, 10:24 WIB
    Saya rencana liburan sekolah anak2 mau ke lampung timur (Sukadana), tau gak kalo dari pelabuhan bakauheni - sukadana jarak tempuhya berapa KM dan berapa jam kira2....atau kalo dari Bandar Lampung berapa kilometer, karena rencananya ingin menginap dulu di hotel sekitar bandar lampung.
    dari Bandar Lampung ke Sukadana sekitar 90 km. Sedangkan dr pelabuhan Bakauheni ke Bandar Lampung sekitar 2-3 jam perjalanan. Kalau sampai di Bakauheni tengah hari, mungkin bisa sampai di Sukadana menjelang maghrib. Kalau kemalaman bisa bermalam di kota Metro sekitar 30 km dr Sukadana.
  • DWIE
    avatar 8766
    DWIE #Senin, 30 Nov 2015, 12:13 WIB
    Jarak tempuh lebih dekat mana, dari Bakauheni - Sukadana atau Bakauheni - Bandar Lampung - Sukadana ?. di Ibukota Lampug timur apakah tidak ada hotel ?.
    urut-urutannya itu: Bakauheni - Lampung - Metro - Sukadana. Jalurnya jalan raya setahu saya cuma satu mbak. Tol lintas Sumateranya juga belum jadi kan? Di Lampung Timur juga ada penginapan tapi mungkin lebih sederhana.
  • VIKI
    avatar 8810
    VIKI #Minggu, 6 Des 2015, 00:20 WIB
    mau tanya mas, kalau dari merak ke pasar senen enaknya naik apa yah?
    kalo bis enaknya bis yg apa dan kira2 brapa lama waktunya?
    Trima kasih :)
    Kalau saya waktu itu dari Pasar Senen ke terminal Kampung Rambutan dulu mbak. Perjalanan sekitar 1,5 jam karena macet. Terus dari Terminal Kampung Rambutan ke Merak kira-kira 2 jam kalau lancar.
  • RUSDI
    avatar 8883
    RUSDI #Senin, 14 Des 2015, 09:04 WIB
    Kalau ke Merak naik kereta dari stasiun Tanah Abang gimana mas? Saya dengar murah banget.
  • RUSDI
    avatar 8884
    RUSDI #Senin, 14 Des 2015, 09:31 WIB
    Kereta jarak jauh dari Tanah Abang ke Merak seharga RP.30.000 sekitar 3,5 jam. Ada juga kereta lokal dari Angke ke Merak cuma Rp.8.000 sekitar 4 jam.
  • GEVIN.SANDRIANO
    avatar 8931
    GEVIN.SANDRIANO #Selasa, 22 Des 2015, 15:24 WIB
    Makasih mas bro atas informasinya ,thank you mas bro
    Sama-sama, semoga perjalanan di Lampung menyenangkan :D
  • JULDIN NS
    avatar 8978
    JULDIN NS #Selasa, 29 Des 2015, 22:31 WIB
    wah.. lebaran kmarin 2015 rencana. tp sampai skrg blm brani karna Bawa kluarga yg mau liburan. ta ada kel. di lampng.. takutnya yg ditermnl itu. harusnya ptugas banyak..
    Kalau musim liburan sepertinya petugasnya ditambah.
  • IBNU CHO
    avatar 8987
    IBNU CHO #Rabu, 30 Des 2015, 18:55 WIB
    Salam mas. Itenary nya lengkap banget, kebetulan awal januari pengen banget k lampung.
    Oya, setelah turun dari kapal di bakauheni, mau ke terminal rajabasa, bisa langsung dapat bus nya kan jurusan rajabasa?? maksudnya gak perlu peduli sama calo bus nya???
    Bus ke Terminal Rajabasa selalu tersedia di area parkir Bakauheni. Jumlahnya banyak lagi. Jadinya para calo pada rebutan deh nyari penumpang. ;p
  • KARIN
    avatar 9086
    KARIN #Kamis, 14 Jan 2016, 21:34 WIB
    Thanks ya buat referensi hemat ke lampung ๐Ÿ˜Š
  • AHMAD BENJOEL
    avatar 9089
    AHMAD BENJOEL #Jum'at, 15 Jan 2016, 14:40 WIB
    Aku belum tau mobil yg jurusan dari bakau
    ke metro,yang pas kluar bakau terus kita belok
    lewat gerbang arah kekanan itu????
  • DEVI DAMAYANTI
    avatar 9146
    DEVI DAMAYANTI #Selasa, 26 Jan 2016, 11:28 WIB
    Kalo dari jakarta kota ke lampung buat bulan februari
    itu tarifnya berapa ya sekarang ?
  • MISS INGGRIS
    avatar 9218
    MISS INGGRIS #Minggu, 7 Feb 2016, 23:04 WIB
    Mas mau tanya, kalo perjalanan ke lampung
    backpacker cewe sendirian rawan ga? Mau ke stiun
    tanjung karang harus sampe di stasiun jam 8 mlm.
    Kira-kira naik kapal lautnya jam brp. Mohon
    pencerahannya mas. Makasih ๐Ÿ˜
    kalau siang ngga begitu rawan mbak. Tapi klo malam ya agak hati2. Klo ke stasiun Tanjung Karang jam 8 malam lebih baik nyebrang dari Merak maksimal jam 2 siang. Perjalanan di laut tergantung kondisi ombak. Bisa 1 - 2 jam perjalanan.
  • SUSIEGOGOR
    avatar 9282
    SUSIEGOGOR #Selasa, 1 Mar 2016, 21:29 WIB
    mau nanya,jarak bakhauni ke terminal baradatu waykanan kira kira berapa jam ya,soale saya klo naik kendaraan darat lebih dari satu jam mabok parah,antimo mental gan
    Bakauheni - Baradatu lebih dari 200 km, nggak mungkin bisa 1 jam.
  • NADYA ZAVIRA
    avatar 9283
    NADYA ZAVIRA #Rabu, 2 Mar 2016, 08:18 WIB
    Mas mau nanya dong,rencananya dibawah tanggal
    12 itu aku mau ke lampung tapi sendirian,kira2
    rawan gak yah klo naik ekonomi? Dan bisa gak klo
    baik kereta? Klo bisa kira2 berapa lama? Aku tadinya
    klo naik bus pengen naik yg eksekutif karna takut
    rawan klo naik ekonomi namanya cewe
    yakan,menurut mas gimana ya yang enak? Nuhun
    mas๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
    klo mau aman dan nyaman, naik bus eksekutif dari Stasiun Gambir aja mbak. Berangkat jam 8 pagi. Duduk manis dah sampai Lampung. Kereta nggak ada yg sampai Lampung.
  • EXAUDIO SIREGAR
    avatar 9286
    EXAUDIO SIREGAR #Kamis, 3 Mar 2016, 16:37 WIB
    Udah sampe di Lampung aja, Mas :D
  • MUHAMMAD ALI
    avatar 9290
    MUHAMMAD ALI #Minggu, 6 Mar 2016, 03:56 WIB
    gk nyangka jg, kirain gua jauh bnget dh dari jkarta ke lampung dan mahal ternyata nggak jg tuh waktu aq plang ke tmpat nenek aq gk terlalu jauh jg ternyata dan murah pemandngan nya bgus gk macet orang nya di lampung itu ramah tamah ya kyak di jkarta gk ad beda nya mlahena lebih enak tinggal ang y mag orang ad lampung dri k pdp maa orangn lg jakarta ya gu kpan ke lg yar guama keh rmah nnek gua yg ad di lampung gua dh gk sbar lg meeen
  • AMANDA
    avatar 9317
    AMANDA #Kamis, 10 Mar 2016, 23:01 WIB
    Masih berlaku gak yaa sekarang tarif nya , kalau
    dari kalideres - merak sama juga kah , wkwkw :D
  • KEMBANG
    avatar 9342
    KEMBANG #Rabu, 16 Mar 2016, 13:41 WIB
    terima kasih ! rencana akhir pekan mau bertamasya
    kesana ! :)
  • MUHAMMAD ARJAS
    avatar 9393
    MUHAMMAD ARJAS #Sabtu, 26 Mar 2016, 16:25 WIB
    mas masih newbie nih, mau nyoba kesana, ane ngeri nya pas di bakauheni itu ngeri banget, soalnya calo suka maksa gajelas, saya mau berangkat tanggal 20 april nanti , itu dari bakauheni ke stasiun tanjung karang, naik mobil/ travel apa? dan warna apa ya mas?
    saya mau ke palembang , jalur stasiun tanjung karang- kertapati , pencerahannya mas, biar lebih gampang lagi hihi, thanks mas
    Kalau kamu sampai Bakauheni kurang dari pukul 4 sore, kamu kayaknya masih bisa dapat bus tujuan ke Rajabasa. Langsung lari naik ke bus aja di parkiran Bakauheni, hahaha. Tapi enakan sih kamu sampai Bakauheni sekitar pukul 12 - 2 siang. Nanti sampai Rajabasa ke Tanjung Karang bisa naik angkot. Kalau nggak mau repot ya ngojek (tapi mahal :p).
  • MARAMIS
    avatar 9397
    MARAMIS #Minggu, 27 Mar 2016, 07:04 WIB
    Terimakasih bapak mblusuk.com.
    Informasinya sangat berguna buat
    masyarakat yang memerlukan.
  • ISLAMIATI
    avatar 9400
    ISLAMIATI #Senin, 28 Mar 2016, 06:32 WIB
    thanks ya, sekali baca aku langsung nekad sendirian ke Lampung... pengalaman tak terlupakan.. tp tarif ku dr tmnal rambutan ke merak koq 35rb ya? hmm gpp lah yg penting selamat sampai tujuan .. thanks mas bro.
  • CHO.CHO.TEA
    avatar 9415
    CHO.CHO.TEA #Rabu, 30 Mar 2016, 13:11 WIB
    Okay, info yang cukup ngebantu.
    Secara sedikit bingung kalo dari Senen - Merak.
    Lumayan kebantu. keren2
  • KHAIRUL
    avatar 9433
    KHAIRUL #Sabtu, 2 Apr 2016, 08:42 WIB
    Kalo menurut sya klo ke lampung lebih aman naik bis
    yg langsung dari x deres karna ga ktmu ga ktmu calo
    di raja basa dan bnyak pilihan klo dari terminal x
    deres ....
  • PRIANZ IAN
    avatar 9457
    PRIANZ IAN #Selasa, 5 Apr 2016, 20:19 WIB
    Calo di lampung emang keliatan serem,,tapi mereka gak rusuh,,gak kaya calo di merak,caloknya rusuh,saya waktu itu hampir di tampol!!
  • FAJAR
    avatar 9542
    FAJAR #Minggu, 10 Apr 2016, 21:50 WIB
    saya kan mau ke palembang nih, kalo dari
    jakarta saya berangkat tengah malem, kira-
    kira ada ga ya bus yang ngelayani di terminal
    tengah malem? thx infonya ya gan
  • ABDURROSYID
    avatar 9543
    ABDURROSYID #Minggu, 10 Apr 2016, 22:47 WIB
    mantap gan...thank y atas infony...kalau selain raja
    basa di mna low mw ke wai abung...kayakny low
    rajabasa tempatny angker...hehehe
  • RUBI
    avatar 9625
    RUBI #Jum'at, 29 Apr 2016, 12:02 WIB
    mas, mau tanya, kalo dr lampung mau ke pahawang atau kiluan bisa naik transport apa ya? kira2 tarifnya berapa?
  • ABRAHAMSP
    avatar 9644
    ABRAHAMSP #Selasa, 3 Mei 2016, 03:24 WIB
    Dari Rajabasa ke Tanjung Karang jauh gak?
  • ANGGI WIJAYA KUSUMA
    avatar 9661
    ANGGI WIJAYA KUSUMA #Jum'at, 6 Mei 2016, 23:39 WIB
    Yang bikin lampung di lirik sebelah mata sama
    wisatawan karena mungkin lampung identik dengan
    rawan kriminal nya kali yaa gan,,karena gw sendiri
    mau kesana rada takut juga dengan "kriminalitas"
    nya kata nya..
    Tapi apa bener rawan bngt yaa..
  • SIRION
    avatar 9707
    SIRION #Kamis, 19 Mei 2016, 13:50 WIB
    Bissmillah
    Besok brankat lay ke lampung ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
  • ENDANG
    avatar 9729
    ENDANG #Selasa, 24 Mei 2016, 20:45 WIB
    Kalo dari slipi k lampunng naikk bis apa kapal?agar cpt dan aman
  • ACONG
    avatar 9794
    ACONG #Sabtu, 11 Jun 2016, 12:12 WIB
    rencana tgal 5 mau kelampung baradatu...
    nnti sya coba dhe. tipsnya. murah bngt... sma
    bini nanti.
  • OZHIE
    avatar 9871
    OZHIE #Jum'at, 1 Jul 2016, 11:27 WIB
    Mas bro mau nanya, klo mau ke kota bumi kendaraan umumnya apaya klo dr Jakarta dan ongkosnya kira-kira abis brapa?

    Makasih
    Dari Jakarta ke Bandar Lampung dulu bisa. Turun di Terminal Rajabasa dan ganti naik bus arah ke Kotabumi (ongkosnya sekitar 40 ribu). Kalau ditotal perjalanan dari Jakarta ke Kotabumi, ongkosnya ya sekitar 100 ribu an kurang lah.
  • YUYUN
    avatar 9898
    YUYUN #Selasa, 12 Jul 2016, 12:31 WIB
    Aku blm pernah ke lampung ke kota bumi....waduh
    sampai keluar dr pel.bakawuni....hrs siap2 dpt
    omelan ya....trus spy nggak lama naik bis ke
    rajabasa hrs gmn dong?....
    Dari Bakauheni ke Rajabasa pasti lama mbak. Kecuali kalau sudah ada jalan tol (entah kapan terealisasi). Ya banyak-banyak berdoa sajalah.
  • DIAZ JULIAN
    avatar 9907
    DIAZ JULIAN #Kamis, 14 Jul 2016, 10:46 WIB
    Haii, kalo dari lampung ada bus ke pekanbaru/dumai
    gak? Soalnya pengen coba ke malaysia via darat
    hehehehe...
    Di Terminal Rajabasa ada mbak. Biasanya bus jurusan Jakarta - Riau (lintas timur) berhenti juga di Terminal Rajabasa.
  • RIZKY
    avatar 9915
    RIZKY #Minggu, 17 Jul 2016, 12:20 WIB
    sangat membantu review nya kak. salam kenal, saya rizky dari lampung timur. pengen kapan-kapan main ke pulau jawa sendirian :D
  • NOVITA ANGGRAENY
    avatar 9922
    NOVITA ANGGRAENY #Selasa, 19 Jul 2016, 14:05 WIB
    Wah reviewnya sangat membantu sekali.
    Terimakasih๐Ÿ˜Š
  • DIMAS BUDIYANTO
    avatar 9939
    DIMAS BUDIYANTO #Selasa, 26 Jul 2016, 19:15 WIB
    Kalo dari rajabasa mau ke kampus itera naik apa ya? (Selain ojek)
    waduw, kampus itera itu apa ya?
  • IIS
    avatar 9969
    IIS #Sabtu, 6 Ags 2016, 00:16 WIB
    mau tanya aku dari karawaci mau ke lampung nai mobil apa ya? maunya sih mobil yang
    langsung ke rajabasa
  • AWAN
    avatar 9977
    AWAN #Selasa, 9 Ags 2016, 08:58 WIB
    mau coba akh.. nambah porofolio, belum pernah naik kapal laut.,. hehe.. punya itinerary
    dari Bandung naik kereta ke Gambir, nyambung Pasar Senen-Merak.. kebetulan masih
    ada stock voucher KA.. hehe.. abis itu nyebrang ke Bakauheni, makan, balik lagi ke
    Merak.. dari Merak ke Bandung naik bus..
  • MIFTAHUL JANNAH
    avatar 9992
    MIFTAHUL JANNAH #Sabtu, 13 Ags 2016, 00:36 WIB
    Kalau dari terminal tanjung priok ke terminal merak
    dan berangkatnya hari jumat jam 6 sore kira kira
    berapa jam ya ka?
    kira-kira 4-5 jam, tergantung kondisi jalan dan ferry juga
  • IHSAN
    avatar 10119
    IHSAN #Rabu, 21 Sep 2016, 18:31 WIB
    Mas ini tahun berapa ya ke lampungnya ?
    Harga travel dr bekauheni k institut teknologi
    sumatra brp ya ?
    Haha

    Mohon jawabannya yaa
    waduh kurang tahu klo harga travel ke sana, ini perginya tahun 2015 Bro
  • IHSAB
    avatar 10120
    IHSAB #Rabu, 21 Sep 2016, 18:35 WIB
    Letaknya daerah way hui mas haha
    belum pernah ke sana >.<
  • ANNISA SETIAWARDANI
    avatar 10222
    ANNISA SETIAWARDANI #Selasa, 18 Okt 2016, 15:25 WIB
    hallo! mau tanya dong.. kl misalnya mau ke pelabuhan merak naik bis alternatif stasiun
    yang dekat dengan bandara soekarno hatta stasiun apa ya? maklum saya bukan orang
    jakarta dan sama sekali buta dengan jalan dijakarta. jadi kemungkinan mau ke krakatau
    lewat jakarta. tapi saya bener2 bingung dr bandara ke merak naik apa dan gimana. tolong
    bisa diberi pencerahannya? terima kasih.
    Haloo. Kalau titik start-nya dari Bandara Soekarno-Hatta dan ingin ke Terminal Merak, lebih baik langsung naik bus DAMRI saja dari bandara Soekarno-Hatta tujuan ke Pool DAMRI Merak. Dari sana bisa dilanjut naik angkutan umum ke Terminal Merak. Tarifnya Rp60.000 dengan waktu tempuh 2 sampai 3 jam. Informasi lebih lanjut bisa disimak di alamat:
    http://www.busbandara.com/jadwal-bus-damri-dari-dan-ke-bandara-soekarno-hatta-jakarta/
  • ABDUL
    avatar 10237
    ABDUL #Sabtu, 22 Okt 2016, 14:42 WIB
    Maaf mau tanya, kalau dari terminal pasar Senen
    mau ke Lampung naik apa ya, mohon saran bus dan
    rutenya.
    lho kan sudah aku ceritakan >.<
  • AGIIYANTI
    avatar 10241
    AGIIYANTI #Minggu, 23 Okt 2016, 11:12 WIB
    MINGGU 23 OKTOBER 2016
    maff saya mau nnya kalo darii jakarta ke
    kotabumi naik bus apa..
    Dari Jakarta ke Kotabumi caraya naik bus dari Terminal Kampung Rambutan ke Merak. Dari Merak nyeberang ke Bakauheni. Dari Bakauheni naik bus ke Terminal Rajabasa Bandar Lampung. Baru dari Terminal Rajabasa naik bus ke Kotabumi.
  • NANO
    avatar 10260
    NANO #Jum'at, 28 Okt 2016, 13:57 WIB
    Kang kalo dari jakarta mau ke bringin kencana gimana? tolong infonya..
  • RUCE LEE KHAN
    avatar 10474
    RUCE LEE KHAN #Selasa, 20 Des 2016, 05:18 WIB
    Kang, maaf mau tanya, perjalanan dari terminal kali deres naik bis ke kotabumi lam-utara berapa jam ya, Ada rekomendasi bis murah gak ya ,, males ngeteng", Dan siapa tau ada yang mau kelampung bareng hari rabu/kamis tgl 21/22 bisa jalan bareng, Oh ya sekalian kenalin FB ku " ruce lee khan"
  • ARYAN DANIL
    avatar 10480
    ARYAN DANIL #Rabu, 21 Des 2016, 14:07 WIB
    Kalo mau ke Lampung langsung tanpa ngeteng ada
    naik bus DAMRI aja di Gambir, ada yang jurusan
    bandar Lampung, ada juga yang langsung ke
    Kotabumi. Harganya sekitar 145-175.
  • CHANDRA RIZKI
    avatar 10503
    CHANDRA RIZKI #Sabtu, 31 Des 2016, 00:50 WIB
    Itu kan tarif tahun lalu, kalo skarang kira2 naik nya
    jauh gak.?
    kalau mengamati inflasi dan harga BBM kayaknya di tahun 2006 ini masih sama Bro.
  • MUHAMMAD ABDULLAH AKBAR
    avatar 10599
    MUHAMMAD ABDULLAH AKBAR #Senin, 30 Jan 2017, 21:19 WIB
    Anak2 jg sendiri GPP kan ya?Kira2 brp lama ya?
    kalau anak-anak sendirian mending naik bis eksekutif dari Gambir aja Bro.
  • SYHA
    avatar 10711
    SYHA #Kamis, 23 Mar 2017, 15:52 WIB
    membantu saya banget yg mau mudik dadakan, krna di rumah ada acaraa
    thanks yaaa gann
  • SYHA
    avatar 10716
    SYHA #Sabtu, 25 Mar 2017, 13:42 WIB
    Assalamualaikum Om Wijen, maaf saya mau tanya, saya dr kediri naik kereta Brantas, kemungkinan nyampek di senen jam 3 pagi, buat ke terminal kampung rambutan enaknya nunggu pagi atw lgsung klau ada? Dan cari bis yg jurusan kp. rambutan bisa di tempuh via apa aja dari senen? Dan murah serta amannya naik apaa? Terima kasiiih buanyaak atas jawabannya Om
    salam backpacker
  • ZAHROTUN
    avatar 10801
    ZAHROTUN #Kamis, 27 Apr 2017, 18:24 WIB
    Kak mau tanya itu kk dr stasiun senen ke terminalnya itu naik apa? Atau ga dr stasiun cilegon ke terminal meraknya naik apa?
    Stasiun Senen ke Terminal Merak naik bus.
  • DAMHURI
    avatar 10828
    DAMHURI #Sabtu, 6 Mei 2017, 08:50 WIB
    Assalamualaikum wr wb

    gan mau tanya dong rencana mau ke rumah kk ipar masih ga tw jalan, kalo
    udah sampe pelabuhan bakahuni mau ke Dusun I Desa Sadar Sriwijaya Kec.
    Bandar Sribhawono Lampung Timur naik apa ya gan? terimakasih
    Sepertinya bisa naik bus dari Bandar Lampung ke arah Way Kambas. Tapi nanti dilanjut naik ojek untuk ke Desa Sadar.
  • ICHA
    avatar 10869
    ICHA #Senin, 29 Mei 2017, 19:43 WIB
    kak, kira2 kalau dri pasar senen jam 9 pagi
    sampe rajabasa jam berapa ya? terimakasih
    Tergantung macet atau nggaknya jalan tol ya. Kalau lancar ya sekitar pukul 2 siang.
  • IIS SEYANIIE
    avatar 10899
    IIS SEYANIIE #Sabtu, 17 Jun 2017, 13:07 WIB
    Itu tarif hari biasa.. Gmn tarif harga kebaran?
    wah kurang paham saya kalau tarif lebaran
  • NURVIKIREZA
    avatar 10911
    NURVIKIREZA #Rabu, 21 Jun 2017, 21:44 WIB
    Sangat membatu sekali buat yang belom
    pernah berpergian ke Jawa ataupun ke
    Sumatera, apalagi di artikel ini sangat detail
    menjelaskan nya๐Ÿ˜ ,mau nanya nih kalo dari
    terminal bus kampung rambutan ke
    Std.Utama gelora bung Karno harus naik apa
    ya mas? Tolong info nya ya mas๐Ÿ˜€
    naik TransJakarta aja. Dari terminal kampung rambutan naik TransJakarta jalur 7. Turun di halte BNN ganti naik jalur 9. Ters turun di halte Semanggi & pindah jalan kaki ke halte Bendungan hilir. Habis itu naik jalur 1 arah ke Blok M dan turun di halte Gelora Bung Karno.
  • MUHAMMAD ANGGI PRATAMA
    avatar 10987
    MUHAMMAD ANGGI PRATAMA #Rabu, 2 Ags 2017, 09:01 WIB
    Assalamualaikum kak. nanya dong, saya mau ke Lampung ini dari Jombang kak. nah
    saya naik keretanya dari Jombang dari ke Jakarta dulu kan ya, itu saya di Jakartanya bisa
    turun di stasiun mana kak biar cepet ? Jakarta-Jombang ini ada 3 rute, turun di Gambir,
    Jatinegara atau Pasar Senen kak ? untuk estimasi jamnya juga nyampe di Gambir itu
    subuh, nyampe Jatinegara subuh juga, kalau yang ekonomi jam 2 dini hari, kalau pasar
    senen adanya yang jam 2 dini hari saja nyampenya. minta sarannya dong kak saya harus
    turun dimana untuk melanjutkan perjalanan ke Merak ? terima kasih kak
    Halo Anggi!

    Untuk ke Lampung kamu bisa naik kereta dari Jombang dan turun di Stasiun Gambir atau di Stasiun Pasar Senen. Kalau dari Stasiun Gambir kamu bisa naik bus PATAS yang langsung mengantarkanmu ke Terminal Rajabasa, Lampung. Praktis hanya saja ongkosnya agak mahal.

    Kalau mau ke Terminal Merak, dari Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen kamu naik bus atau ojek (tapi jauh sih) ke Plaza Slipi Jaya. Nanti nunggu bus tujuan ke Merak di luar plaza itu. Bus di dalam kota Jakarta beroperasi mulai pukul 5 pagi.
  • RIKI ANDRIA
    avatar 10998
    RIKI ANDRIA #Kamis, 10 Ags 2017, 09:40 WIB
    Ayukk lah ngetrif lagi ke Lampung banyak
    pantai yg gak kalah keren dengan pulau
    dewata Bali๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜Ž