Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk

Artikel dengan Kata Kunci tradisi
Halaman ke-4
(44 artikel / 5 halaman)

(Mulai) Kelangan Alon-Alon

(Mulai) Kelangan Alon-Alon

12 AGS 2010

Kelangan alon-alon berasal dari bahasa Jawa yang berarti kehilangan perlahan-lahan. Di pameran foto ini kita bisa menyaksikan apa yang mulai sirna dari Jogja.

Kusuka Mangunan!

Kusuka Mangunan!

2 AGS 2010

Desa Mangunan kerap digunjingkan dalam setiap obrolan dengan para pesepeda. Kabarnya desa itu menyimpan pemandangan cantik tapi jalan ke sananya penuh tanjakan.

Tlusap-Tlusup Pusaka Kotagede ala Wijna

Tlusap-Tlusup Pusaka Kotagede ala Wijna

23 MEI 2010

Aku dapat ide liar untuk merevisi kegiatan Tlusap-Tlusup Pusaka Kotagede yang dilaksanakan Sabtu lalu. Berikut adalah versiku yang pastinya lebih menarik.

Nasib Pasar Tradisional

Nasib Pasar Tradisional

20 MEI 2010

Pukul 5 pagi di kota Kebumen, Jawa Tengah. Aku menyusuri jalanan kota mencari toko kelontong. Tidak aku temui satupun. Kemudian aku bersepeda ke pasar. .

Budaya Tionghoa Menjadi Tontonan Rakyat

Budaya Tionghoa Menjadi Tontonan Rakyat

3 MAR 2010

Jogja, kota gudeg ini terasa panas sekali. Sampai malam pun terasa gerah. Jadilah, di malam itu aku mencari angin menuju pekan Tionghoa di kampung Ketandan.

Malam Satu Suro

Malam Satu Suro

18 DES 2009

Yogyakarta di malam satu Suro (satu Muharram) ternyata ramai banget. Selain banyak warga yang nongkrong, ada juga warga yang melakukan Tapa Bisu Mubeng Benteng.

Semarak Kirab Budaya di Jogja

Semarak Kirab Budaya di Jogja

3 DES 2009

Yogyakarta seakan nggak memberi kesempatan bagi penikmat budaya untuk sekedar menarik napas. Hampir di setiap bulan, kita bisa menjumpai hajat kirab budaya.

Kirabnya Mbah Bokari

Kirabnya Mbah Bokari

8 OKT 2009

Aku tahu kirab Mbah Bokari berawal dari ketidaksengajaan. Pas blusukan arah ke selokan mataram, aku lewat desa Cebongan Kidul dan lihat ada persiapan kirab.

Budaya Kita atau Kamu?

Budaya Kita atau Kamu?

9 SEP 2009

Dewasa ini, adat, budaya, dan tradisi yang dimiliki oleh bangsa kita lambat laun mulai terlupakan. Karena pengaruh budaya luar dan juga (maaf) doktrin agama.

Sumpah Pakai Pocong

Sumpah Pakai Pocong

21 JUN 2009

Pas aku bertamu ke rumah teman, selain disuguh makanan dan minuman ringan, aku juga dipinjami koran Kedaulatan Rakyat yang memuat berita sumpah pocong. Heh?