Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 9 Juni 2016, 12:11 WIB

Marhaban ya Ramadhan,

Selamat Datang Bulan Ramadhan

 

Ramadhan itu bulan yang suci.

Suci itu bersih.

Kebersihan itu sebagian dari iman.

 

Tapi sayangnya, masyarakat kita sepertinya belum benar-benar menjadi pribadi yang bersih. Misalnya saja, tercermin dari pemandangan-pemandangan miris di bawah ini.

 

Sampah kotor di lokasi wisata air terjun

Sampah kotor di pantai

Sampah kotor di hutan

 

Mungkin Pembaca sendiri juga nggak satu-dua kali menyaksikan pemandangan miris di mana sampah-sampah bertebaran di alam bebas seperti di atas itu.

 

Masalah sampah ini bisa dibilang amat sangat menjengkelkan toh? Jadi bisa dimaklumi, bilamana beberapa orang bahkan sampai meminta bantuan Gusti Allah SWT untuk menuntaskan masalah sampah ini.

 

Hukuman mati buang sampah sembarangan

 

Maka dari itu,

Terlepas sekarang bulan Ramadhan atau nggak,

Terlepas Pembaca muslim atau bukan,

 

Aku mengajak Pembaca untuk bergerak memunguti sampah yang tercecer di tempat yang nggak semestinya.

 

Semisal orang-orang yang ada di dekat Pembaca membuang sampah sembarangan, tolong ditegur, dan buang sampah tersebut ke tempat sampah yang semestinya.

 

 


 

 

Eh, aku?

 

Jujur, aku akui dan sadari kalau aku bukan orang bersih dan juga orang suci yang patut menjadi panutan.

 

Tapi, dalam hal sampah ini, aku berusaha untuk

 

  1. Tidak membuang sampah sembarangan
  2. Menyimpan sampah apabila belum bertemu tempat sampah
  3. Sebisa mungkin memunguti sampah yang tercecer

 

Aku rasa, ini adalah sesuatu hal yang patut ditularkan ke orang-orang.

 

Supaya apa?

 

Supaya lingkungan jadi bersih lah!

 

 


 

 

Selain hobi motret, hobi bersepeda, dan hobi blusukan, aku juga punya hobi lain yaitu hobi memunguti sampah.

 

Bisa jadi, awal mula aku punya hobi memunguti sampah ini karena meniru sifatnya Bapak dan Ibu yang hobi bersih-bersih. Bapak dan Ibu nggak pernah menyuruh aku untuk mengikuti apa yang mereka lakukan. Mereka mencontohkan. Aku meniru. Alhasil, muncullah hobi seperti ini.

 

Jadi, untuk Pembaca yang sudah menjadi orangtua, ketahuilah bahwa anak itu meniru orangtuanya. Selanjutnya, silakan perhatikan buah hati anda dan cobalah direnungkan.

 

 

Sebagai orang yang hobi motret, aku sebel, jengkel, benci kalau lingkungan pemotretan kotor oleh sampah. Lha ya masak yang di foto isinya sampah semua?

 

Jadi ya aku mulai punguti sampah-sampah yang mengganggu. Setidaknya, sudut pandang yang kelak terekam dalam foto bakal bersih dari sampah. Tapi, setelah aku tengok kanan-kiri, kok ya ternyata di sekeliling ini sampahnya banyak juga ya?

 

Alhasil, sekarang kalau aku blusukan ke mana-mana selalu sedia kantong plastik sebagai wadah memunguti sampah. Dalam sekali beraksi, sampah yang terkumpul bisa banyak banget lho! Satu kantong plastik jelas nggak muat untuk menampung semua sampah di lokasi.

 

Memunguti sampah yang tercecer di hutan

Memunguti sampah yang tercecer di air terjun

Memunguti sampah yang tercecer di lokasi wisata

 

Tapi ya terkadang aku suka lupa juga bawa kantong plastik. Maklum, aku kan tergolong cowok yang pelupa . Jadinya ya, apa pun yang bisa dipakai untuk wadah sampah ya aku pakai saja.

 

Memunguti sampah yang tercecer ke dalam tas

 

Kemudian, aku berpikir, semisal orang-orang yang singgah di tempat-tempat ini memiliki hobi memunguti sampah yang sama seperti aku. Kan lokasinya nanti bisa senantiasa bersih? Ya kan?

 

Tapi ya, semisal orang-orang kita nggak hobi buang sampah sembarangan, ya hobi memunguti sampahku ini jelas nggak bakal eksis.

 

 

Aku percaya, nggak ada satu pun agama di dunia ini yang mengajarkan umatnya untuk membuang sampah sembarangan.

 

Aku sendiri menganggap membersihkan lingkungan dari sampah itu merupakan suatu bentuk ibadah. Selain karena ungkapan populer “Kebersihan itu sebagian dari iman”, aktivitas kita memunguti sampah kan bisa sekaligus kita pergunakan untuk banyak-banyak mengingat Tuhan. Ya kan?

 

Eh, tambah berdoa juga yang baik-baik, semoga pelaku yang membuang sampah sembarangan ini cepat tersadarkan dari perbuatan kotornya ini.

 

 


 

 

Kadang-kadang muncul juga pikiran liar. Kita tahu bahwa setiap orang pasti menghasilkan sampah. Untuk mengatasi sampah-sampah ini, muncullah profesi yang kita kenal sebagai tukang sampah.

 

Di masyarakat kita, banyak yang memandang tukang sampah itu sebagai profesi yang kurang baik. Bukan karena penghasilannya minim, melainkan juga karena tukang sampah itu berkutat dengan sampah. Sesuatu yang kotor. Sesuatu yang tidak suci.

 

Padahal, sesuai yang aku tulis di atas, setiap manusia menghasilkan sampah. Tapi ada yang menolak untuk bersinggungan dengan sampah dan karenanya terciptalah profesi tukang sampah. Coba bayangkan, apa jadinya bila di dunia ini nggak ada tukang sampah?

 

Jadi, menurutku kita harus menyesuaikan pandangan kita terhadap tukang sampah. Sebisa mungkin kita menjadi tukang sampah atas sampah yang kita hasilkan sendiri.

 

Memunguti sampah koran salat ied

 

 

Cukup sekian artikel kali ini. Ini adalah sisi lain blusukan yang kerap aku jumpai... di mana-mana.

 

Semoga kita semua menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

 

Aamiin.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 9780
    MAS FEB #Kamis, 9 Jun 2016, 15:01 WIB
    Saya juga masih terheran-heran dan bingung kenapa di Indonesia sulit sekali orang-orangnya membiasakan diri supaya tidak buang sampah sembarangan.
    Iya Mas, saya juga bingung. :(
  • LEONARDO DA VINCI
    avatar 9781
    LEONARDO DA VINCI #Kamis, 9 Jun 2016, 20:10 WIB
    Nah prinsip nomer 1..3 saya sepakat, dan udah berpartisipasi. Tapi kalo lagi di kamar kosan sampah berterbangan hehe. semacam kertas-kertas struk belanjaan huihihi.

    Coba diinisiasi Tukang Sampah Professional. Hahaha.
    Wah, kalau di kamar sendiri bebas berantakan. :D

    Iya ya, semoga pada masa mendatang ada tukang sampah profesional. :D
  • DWI SUSANTI
    avatar 9782
    DWI SUSANTI #Kamis, 9 Jun 2016, 21:59 WIB
    Kalau dianalisis dari jenis sampah, uhuk ada bungkus permen hot hot pop yang pernah jadi permen kekinian pada masanya, sepertinya itu milik anak-anak muda atau remaja.

    Mungkin momen ramadhan kan ajang puasa sampah juga (pas pagi sampai sore)?
    Lebaran membludak lagi
    Tapi aku juga sering nyampah di timeline mas :)
    Weh... analisanya boleh juga Mbak. :D

    Weleh, kok malah jadi nyampah di timeline ki piye?
  • CUMILEBAY
    avatar 9785
    CUMILEBAY #Jum'at, 10 Jun 2016, 11:23 WIB
    Hadeh ... banyak banget yang nggak mengerti kebersihan.
    Betul Om, banyak banget. :(
  • HERU ARYA
    avatar 9787
    HERU ARYA #Jum'at, 10 Jun 2016, 14:09 WIB
    Hem.... Kadang suka bingung sih, Mas. Perihal sampah begini. Emang, kalau sudah urusan sampah gini, hanya kesadaran yang bisa membuat sampah di sekitar itu jadi bersih.

    Belum lagi di kota besar. Pasti banyak banget sampah yang akan dibuang. Nah, seperti sekarang, Pekanbaru sedang ada masalah perihal Dinas Kebersihan. Alhasil, sepanjang jalan yang Mas Mawi lewati kemaren, kanan dan kirinya sekarang penuh sampah. Entah sampai kapan itu akan diselesaikan.

    Ya, semoga semoga ini berangkat dari kesadaran pribadi masing-masing untuk nggak buang sampah sembarangan dan kalo ada sampah ya mbok yo diambil dan dimasukkan ke tong sampah.
    Wah, Dinas Kebersihan Pekanbaru sedang bermasalah toh Ru? Semoga nggak berlarut-larut ya sehingga Pekanbaru nggak bertambah kotor setiap hari.

    Semoga juga kesadaran masyarakat kita tentang sampah semakin meningkat.
  • EVI
    avatar 9788
    EVI #Jum'at, 10 Jun 2016, 15:02 WIB
    Miris melihat tempat-tempat sebagus itu ditutup oleh sebaran sampah. Iya mengenai masalah sampah ini sebaiknya memang harus kita mulai dari diri sendiri.
    Kalau tidak bisa membersihkan ya jangan ikut mengotori.
    Setuju Mak! :D
  • ANDANA PARINGGA
    avatar 9802
    ANDANA PARINGGA #Senin, 13 Jun 2016, 09:25 WIB
    Sepakat Mas. Meskipun aku belum punya hobi mungutin sampah orang, tapi paling nggak sampahku sendiri aku bakal kantongin sampai ketemu tempat yang disediain.

    Karena ya ngerasain hal yang sama. Ga enak kalau motret tempatnya kotor. Kalau yang deket sih bisa aku gapai dan aku ilangin, lha kalau ditempat yang jauh atau berbahaya akibatnya nambahin tugas nye-tamp pake sotosop kan...hihihi.
    Wah, keren, dirimu juga punya kebiasaan mengantongi sampah ternyata. :D

    Iya, kalau posisi sampahnya susah dijangkau ya mau gak mau dihilangkannya pakai photoshop, hehehe. :p
  • ANGGI AGISTIA
    avatar 9819
    ANGGI AGISTIA #Sabtu, 18 Jun 2016, 06:14 WIB
    Waaaa, aku dukung gerakan pungut sampah-nya Mas. :D
    Hihihi, terima kasih. :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 9821
    BERSAPEDAHAN #Sabtu, 18 Jun 2016, 13:37 WIB
    Wah keren .. seandainya traveler seperti Mas Mawi ... memang menyampah ini bener-bener ngeselin ... ga tua ga muda, ga cowo ga cewe, ga miskin ga kaya ... pengen jitak .. tapi takut di jitak balik ... :D
    Setuju ... memang budaya hidup bersih dibentuk dari masih anak-anak ... peran orangtua sangat penting.
    Semoga putramu juga didik untuk nggak membuang sampah sembarangan ya Kang. :D
  • AULIA FASYA
    avatar 9829
    AULIA FASYA #Senin, 20 Jun 2016, 14:08 WIB
    Wah keren Mas! Aku sih berusaha gak buang sampah sembarangan, dan bawa sampah sendiri (dimasukin tas misalnya) kalau gada tempat sampah. Nah tapi kalau mungutin sampah orang - kayanya masih sangat jarang kulakukan, hihihi.
    Hihihi, teruskan kebiasaanmu Fasy! :D
  • QUADRAS
    avatar 9833
    QUADRAS #Rabu, 22 Jun 2016, 16:30 WIB
    Artikel yang sangat membangun, terima kasih sudah berbagi pengalaman..
    Sama-sama. :)
  • BAKTIAR SONTANI
    avatar 9838
    BAKTIAR SONTANI #Kamis, 23 Jun 2016, 21:47 WIB
    Katanya Perancis saja butuh 1 generasi untuk membuat warganya mengerti tentang kebersihan/gak nyampah sembarangan... susah memang kelakuan banyak masyarakat, tapi kita juga gak boleh menyerah, pasti kebiasaan kita akan diikuti orang lain asal konsisten..

    Btw, ngeri banget yang bikin spanduk minta Allah cabut nyawa yang nyampah tapi boleh juga tuh idenya.
    Betul! Jangan menyerah mengedukasi masyarakat supaya membuang sampah pada tempatnya. :D
  • KRESNOADI DH
    avatar 9841
    KRESNOADI DH #Jum'at, 24 Jun 2016, 11:54 WIB
    Kamu mulia Mas. :")
    Kita butuh orang banyak kayak kamu. Hehehe. Kalo gue gara-gara kebiasaan dari kampus. Setiap ke tempat wisata emang selalu bawa trash bag buat mungutin begituan sama temen-temen. Biar jadi pemulung. Hahahaha. :D/
    Weh, dapet pujian darimu, hahaha. :D
  • RYO KUSUMO
    avatar 9861
    RYO KUSUMO #Rabu, 29 Jun 2016, 12:16 WIB
    Ini realitas ya Mas, pemerintah kita pun masi sangat longgar untuk menindak para pembuang sampah sembarangan...

    Ya karena kita jumlahnya banyak, akibatnya buang sampah menjadi tidak terkendali..Saya jadi punya ide untuk kembangin sistem online yang bisa menindak si pembuang sampah... hmmm.
    Betul itu. Banyak manusia ya berarti banyak sampah. Karena sejatinya setiap hari manusia pasti menghasilkan sampah atau limbah.

    Wah, menarik itu sistem onlinenya. Bisa diintegrasikan dengan CCTV. :D
  • PAK PERDANA
    avatar 9865
    PAK PERDANA #Kamis, 30 Jun 2016, 15:14 WIB
    Yang sedih pas di gunung, kotor banget kalau saya lagi naik gunung. Nggak tau gimana supaya bisa bersih gitu.
    Nah itu, di gunung ternyata kotor banget. Mungkin karena di gunung para pendaki lebih fokus ke pendakian, bukan ke sampah yang mereka hasilkan selama mendaki. :(
  • QUADRAS
    avatar 9872
    QUADRAS #Jum'at, 1 Jul 2016, 15:22 WIB
    Artikel dan web yang sangat bagus dan bisa jadi pengetahuan. Diperbanyak lagi artikel-artikelnya, agar banyak juga yang berkunjung ke sini..
    Terima kasih. :D

    InsyaAllah setiap bulan selalu ada artikel baru kok. :)
  • ENDAH KURNIA WIRAWATI
    avatar 9909
    ENDAH KURNIA WIRAWATI #Kamis, 14 Jul 2016, 16:19 WIB
    Paling sebel emang liat orang yang suka buang sampah sembarangan.
    Sudah berapa orang teman saya blacklist gara-gara kebiasaan ini. Padahal sudah saya peringatkan jika malas membawa sampah pulang, berikan kepada saya, biar saya yang bawa..
    Ehh malah dia buang sampah sembarangan di depan muka saya..
    Sigh!
    Wah, menjengkelkan sekali Mbak perbuatan temenmu itu. :(

    Yang sabar ya Mbak Endah....
  • HERMAWAN
    avatar 9918
    HERMAWAN #Minggu, 17 Jul 2016, 21:28 WIB
    Dadi kelingan jaman kuliah sok jupuki sampah nang kelas.. e malah digeguyu kancane.
    Weelha... kanca-kancamu ora kalap. :(
  • HIPNOTERAPI SEMARANG
    avatar 9960
    HIPNOTERAPI SEMARANG #Selasa, 2 Ags 2016, 15:55 WIB
    Mantab, kebersihan sekecil apapun akan bermanfaat bagi kebaikan esok
    sip mbah
  • YASINTA
    avatar 10025
    YASINTA #Senin, 22 Ags 2016, 12:34 WIB
    Aku merinding liat ini.
    Tapi di daerah aku juga gitu Mas. Sedih habis tiap ada ceramah-ceramah malah sampah berserakan, huhuhu.
    Padahal kebersihan kan sebagian dari iman ya Mbak? :(
  • RAMETECH
    avatar 10053
    RAMETECH #Rabu, 31 Ags 2016, 22:21 WIB
    Wah, ayuk Gan. Ikutan deh kalau ada gerakan kayak gini. Menyelamatkan lingkungan dari sekitar kita sendiri.
    Ayuk! :D
  • CINDY VANIA
    avatar 10065
    CINDY VANIA #Jum'at, 2 Sep 2016, 19:37 WIB
    Eh, aku tuh juga suka banget nyimpen sampah di tas/kantong celana kalo gak nemu tempat sampah.
    Terus suka ngambilin sampah dan beberapa kali negor orang yang buang sampah sembarangan, tapi langsung dikasih tatapan aneh gitu sama mereka...
    Wah, sikap yang keren Mbak. :D

    Semoga tetap istikomah ya Mbak. :D
  • D SUKMANA ADI
    avatar 10068
    D SUKMANA ADI #Sabtu, 3 Sep 2016, 18:42 WIB
    Itu sampah? Tapi bagus kalau difoto Mas Mblusuk ya... ehehe
    Weh... tenane Mas? :D
  • MUHAMMAD HATIM
    avatar 10077
    MUHAMMAD HATIM #Selasa, 6 Sep 2016, 21:06 WIB
    Kumpulan sampah pun kalo sudah ditangkap sama kamera Mas Mawi jadi bernilai seni :-D
    Saya biasa melakukan poin nomor 2. Misalnya makan permen tapi belum melihat tempat sampah, kertasnya saya simpan dalam saku. Tapi kadang-kadang sampai lupa. Setelah baju atau celana dicuci baru ingat kalau pernah menyimpan sampah permen tersebut.
    Hihihi, efek menyimpan sampah jadi kelupaan pas dicuci ya? Kalau aku selalu sedia kantong plastik pas pergi-pergi. Khusus buat wadah sampah. Ayo sebarkan perilaku baikmu itu. :D
  • DIENG
    avatar 10081
    DIENG #Kamis, 8 Sep 2016, 06:50 WIB
    Sebagai warga negara Indonesia yang baik mari kita mulai dari Diri Sendiri dahulu. :)
    Berikan contoh kepada keluarga.
    Betul. :D
  • WINNY
    avatar 10096
    WINNY #Rabu, 14 Sep 2016, 14:23 WIB
    Paling geram kalau wisatawannya buang sampahnya sembarangan.
    Betul itu Win. :(
  • RIFQY FAIZA RAHMAN
    avatar 10116
    RIFQY FAIZA RAHMAN #Rabu, 21 Sep 2016, 01:57 WIB
    Sampah ini masih menjadi PR besar buat kita. Kita mampu membuat asal sampah dan membuang, tapi tak mampu mendaur ulang.
    Ho oh betul Qy. Kita masih minim pengetahuan dan niat untuk mendaur ulang sampah.
  • SAPI
    avatar 10156
    SAPI #Rabu, 28 Sep 2016, 08:56 WIB
    Mari kita jaga bersama kebersihan bumi kita. :D
    Ayo! :D
  • ULAT SUTRA
    avatar 10178
    ULAT SUTRA #Selasa, 4 Okt 2016, 20:16 WIB
    Kepedulian sama lingkungan kurang banget....
    semoga cepet sadar aja lah...

    Salam Kenal :D
    Semoga yaaa...

    Salam kenal juga. :)
  • PURWASUKA
    avatar 10228
    PURWASUKA #Rabu, 19 Okt 2016, 13:13 WIB
    Terkadang saya sangat sedih dengan keadaan masyarakat Indonesia yang suka buang sampah sembarangan... semoga kesadarannya dibuka saja lah sama Yang Maha Kuasa.
    Aaamiiin! :D
  • SALAMADIAN
    avatar 10233
    SALAMADIAN #Kamis, 20 Okt 2016, 21:53 WIB
    Susah emang kalau tidak dibiasakan dari kecil.

    Harusnya anak-anak sekolah dasar lebih ditekankan lagi dalam menjaga kerbersihan, bukan hanya seremonial belaka.
    Setuju, harus dibiasakan dan dididik sedari usia belia. :D
  • THEGOLD.ASIA
    avatar 10236
    THEGOLD.ASIA #Sabtu, 22 Okt 2016, 13:33 WIB
    Saya sendiri membawa tas yang selalu ada kantong plastik di dalamnya. Manakala belanja atau usai makan. Plastik tadi bisa dipakai untuk menyimpan sampah sementara sampai ketemu tong sampah. Hehehe.
    Wah, hebat! Lanjutkan! :D
  • RIVA
    avatar 10256
    RIVA #Kamis, 27 Okt 2016, 10:09 WIB
    Memang masalah sampah harus dimulai dari diri sendiri, dan tentunya harus dibiasakan sedari dini...
    Setuju. :)
  • KOMUNITAS PANAHAN
    avatar 10261
    KOMUNITAS PANAHAN #Sabtu, 29 Okt 2016, 05:58 WIB
    Iya nih, kalo main ke tempat wisata alam begini, mesti ada aja sampah berserakan... katanya pecinta alam, tapi tetap aja ya.
    Mungkin mereka belum sepenuhnya mencintai alam... :(
  • KINESIO TAPE
    avatar 10275
    KINESIO TAPE #Senin, 31 Okt 2016, 13:14 WIB
    Iya nih, setuju banget. Soalnya di tempat-tempat umum biasanya pada ikut-ikutan karena sudah ada yang buang sampahnya sembarangan juga. Semuanya sih balik ke masing-masing sendiri sih.
    Haduh, kebiasan ikut-ikutan buang sampah sembarangan itu meresahkan banget. :(
  • JUAL CREAM HN
    avatar 10295
    JUAL CREAM HN #Sabtu, 5 Nov 2016, 08:37 WIB
    Kesadaran menjaga kebersihan memang tidak mudah bagi orang yang tidak biasa.
    Betul. Karena itu sebaiknya sejak anak-anak harus dibiasakan. :)
  • ICE040997
    avatar 10309
    ICE040997 #Minggu, 6 Nov 2016, 12:52 WIB
    Sayang banget ya... alam Indonesia yang indah bisa hancur hanya karya secuil sampah.

    savealamindonesia
    Iya, patut disayangkan. Salam juga. :)
  • KARINA
    avatar 10319
    KARINA #Selasa, 8 Nov 2016, 14:21 WIB
    Masalah sampah memang sulit diatasi. :(
    Sampah masih banyak dimana-mana.
    Iya, sedih banget. :(
  • NLP SEMARANG
    avatar 10325
    NLP SEMARANG #Rabu, 9 Nov 2016, 09:03 WIB
    Sebenarnya sampah mudah ditanggulangi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bertanggungjawab untuk membuang sampah pada tempatnya.
    Masyarakat yang sudah dewasa biasanya sulit diberikan edukasi soal sampah. :(
  • SUSI
    avatar 10337
    SUSI #Jum'at, 11 Nov 2016, 13:19 WIB
    Inilah Negeriku Indonesia, di mana kamu bisa mudah sekali meneumkan sampah di setiap gang, sungai dan tempat-tempat wisata.

    Kita butuh orang yang benar-benar paham dan cinta Indonesia, karena jika memang mereka cinta Indonesia nggak bakal nyampah di tanah air beta.
    Mereka nggak cinta tanah air Indonesia... :(
  • AHMAD
    avatar 10339
    AHMAD #Jum'at, 11 Nov 2016, 13:35 WIB
    Masih banyak traveler alay yang suka jalan-jalan tapi sampahnya gak dibawa pulang/dibuang di tempatnya. -_-
    Iya e, menjengkelkan banget. :(
  • NGAPAK
    avatar 10346
    NGAPAK #Senin, 14 Nov 2016, 08:12 WIB
    Kenapa ya orang Indonesia kesadarannya tentang pungut sampah begitu rendah?
    Mungkin karena nggak didisiplinkan sedari kecil?
  • ARYA
    avatar 10347
    ARYA #Senin, 14 Nov 2016, 08:31 WIB
    Wah salut banget Mas sama kegiatan seperti ini. :)

    Kalau di daerah saya tuh ada kegiatan bersih-bersih pantai beberapa minggu sekali. Mampir ke Balikpapan Mas. :)
    InsyaAllah kalau ada kesempatan yaaa... :D
  • WALET
    avatar 10350
    WALET #Selasa, 15 Nov 2016, 15:14 WIB
    Ini nih, wajib dicontoh,

    Mari dimulai dari diri sendiri...
    Setuju! :D
  • PENAHATI
    avatar 10394
    PENAHATI #Senin, 21 Nov 2016, 10:41 WIB
    Tulisan ini sama seperti yang selama ini saya ingin utarakan. Buanglah Sampah Pada Tempatnya!

    Seharusnya tulisan seprti ini menjadi trending topik di baliho-baliho pemasangan iklan, agar semakin sadar.
    Terima kasih. :D
  • MARLION
    avatar 10405
    MARLION #Jum'at, 25 Nov 2016, 15:09 WIB
    Sangat patut untuk dicontoh, untuk sama-sama memelihara lingkungan dari sampah...
    Yuk, mari jaga kebersihan lingkungan kita. :)
  • AINUR IRAWAN
    avatar 10408
    AINUR IRAWAN #Jum'at, 25 Nov 2016, 20:38 WIB
    Memang susah untuk menerapkan hal tersebut, tapi memang harus ada kesadaran yang besar untuk bisa membuanng sampah pada tempatnya...
    kadang aku juga masih sering khilaf. :(
    Hihihi, aku doakan semoga dirimu besok-besok semakin jarang khilaf membuang sampah sembarangan. :D
  • MADURA BERSATU
    avatar 10416
    MADURA BERSATU #Senin, 28 Nov 2016, 07:21 WIB
    Ngeselin emang, di mana-mana gitu.

    Tempat wisata yang bersih itu tempat wisata yang masih sepi.
    Betul, semakin tempat wisata banyak pengunjungnya, maka bisa dipastikan semakin kotor dengan sampah. :(
  • ZAMS
    avatar 10418
    ZAMS #Senin, 28 Nov 2016, 16:04 WIB
    Susah ya menyadarkan orang Indonesia untuk buang sampah di tempatnya. Ya paling tidak dimulai dari kita-kita, sambil tetap mengadakan sosialisasi.
    Iya, harus dimulai dari diri sendiri dulu, itu yang paling mudah dan bisa konsisten dilakukan. :D
  • BRAINKING PLUS
    avatar 10427
    BRAINKING PLUS #Kamis, 1 Des 2016, 07:43 WIB
    Paling kesel sama orang yang nyepelein buang sampah. Kadang nyepelein, ah cuman satu doank bekas permen. Harusnya berpikir, kalau orang kayak begitu ada seribu, sebanyak apa sampahnya?
    Iya memang orang-orang yang menyepelekan sampah itu nyebelin. :(
  • BAGIINFO
    avatar 10488
    BAGIINFO #Sabtu, 24 Des 2016, 10:17 WIB
    Kalau kayak gini ya kesadaran.... masak iya sih buang sampah sembarangan kayak gitu.
    Seharusnya sampah kayak gitu bisa dibawa pulang kek, atau disimpen dulu dan dibuang nanti pas nemu tempat sampah.
    Iya, betul itu. :(
  • CONTOH CV
    avatar 10559
    CONTOH CV #Rabu, 18 Jan 2017, 15:01 WIB
    Ayo pungut sampah mulai dari sampah terkecil dari diri sendiri dan sekarang juga. Kalau bukan kita siapa lagi yang kan membersihkannya dan yang terpentingya lagi adalah kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.
    Siap!
  • YELLI
    avatar 10562
    YELLI #Kamis, 19 Jan 2017, 12:40 WIB
    Kesal banget lihat orang habis makan sampahnya diletakkan begitu saja, jadi terkotorilah tempat-tempat indah gara-gara sampah tersebut. Miris banget kondisinya!
    Iya mbak, bikin kesal jadinya. :(
  • GUS BOLANG
    avatar 10568
    GUS BOLANG #Jum'at, 20 Jan 2017, 19:29 WIB
    Wahhhh, seindah apapun tempat wisata kalau sudah ada sampah ... ah pasti agan tau sendiri
    ... ayo serukan jangan nyampah di tempat wisata.
    Yuk, mari jangan nyampah di tempat wisata.
  • BLOG & BERITA
    avatar 10572
    BLOG & BERITA #Senin, 23 Jan 2017, 07:29 WIB
    Aje gile! banyak bener sampah-sampahnya padahal cagar alam adalah aset yang harus dijaga kebersihannya untuk kita semua, kan ?
    Yup, sedih melihatnya. :(
  • ASIKAJA
    avatar 10593
    ASIKAJA #Sabtu, 28 Jan 2017, 17:10 WIB
    Nggak tau harus gimana lagi bikin masyarakat sadar sampah ya.. Sering banget ketemu sama orang di tempat umum yang suka buang sampah sembarangan, padahal di sebelahnya ada tong sampah.. pengin jitak. --"
    Hihihi, sabar yaaa.... :D
  • OBATRINDU
    avatar 10614
    OBATRINDU #Sabtu, 4 Feb 2017, 21:51 WIB
    Gila sampahnya! Mohon dong yang masih pemuda-pemuda, jangan lupa didik anak kita untuk mencintai lingkungan.
    Setuju!
  • KINAN
    avatar 10685
    KINAN #Senin, 6 Mar 2017, 02:54 WIB
    Kok masih ada aja yang buang sampah sembarangan ya.
    Ya begitulah manusia. :(
  • TERNAK AYAM
    avatar 10688
    TERNAK AYAM #Senin, 13 Mar 2017, 09:31 WIB
    sumpah parah bgt sampahnya,, pada gak pernah sekolah kali ya buang sampah
    sembarangan..
    pas ada pembelajaran buang sampah di sekolah pas pada nggak masuk kali, hehehe
  • ONA SOFTWARE
    avatar 10706
    ONA SOFTWARE #Minggu, 19 Mar 2017, 05:24 WIB
    Memang masalah kebersihan lingkungan ini harus menjadi salah satu prioritas yang harus segera diatasi.
    Betul. :)
  • KAOS DAKWAH
    avatar 10707
    KAOS DAKWAH #Senin, 20 Mar 2017, 06:07 WIB
    Terima kasih banyak atas saran dan tips nya, ijinkan saya merekomendasikan website ini ke teman dan sahabat saya.
    Terima kasih. :D
  • NOVIYANA SHIALI
    avatar 10709
    NOVIYANA SHIALI #Rabu, 22 Mar 2017, 18:06 WIB
    Nah. Aku juga heran, kenapa pekerjaan menjadi tukang sampah itu dianggap kurang baik hanya karena pekerjaannya berhubungan dengan sesuatu yang kotor padahal mereka itu bertugas untuk menjaga kebersihan, bukan sebaliknya. -_-
    Mungkin kalau mereka bekerja dengan peralatan serba canggih, orang-orang bakal memandang berbeda. :D
  • RHODOY
    avatar 10727
    RHODOY #Jum'at, 31 Mar 2017, 18:42 WIB
    Sampah merupakan sumber berbagai masalah, mulai dari masalah kesehatan, masalah lingkungan, masalah ekonomi dan lain-lain. Tapi kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah masih minim. Ironis.
    Ironis memang, sedih banget. :(
  • REZKYPRATAMA
    avatar 10729
    REZKYPRATAMA #Sabtu, 1 Apr 2017, 07:39 WIB
    Buanglah sampah pada tempatnya....
    Setuju! :D
  • SASA
    avatar 10754
    SASA #Senin, 10 Apr 2017, 07:17 WIB
    Saya kasih jempol dah untuk kegiatan Masnya. :)
    Karena kita tahu kesadaran masyarakat itu sangat kurang.
    Jadi kegiatan ini sangat saya dukung dan apresiasi. :D
    Matur nuwun Mbak Sasa. :D
  • KELAPA SAWIT
    avatar 10757
    KELAPA SAWIT #Selasa, 11 Apr 2017, 14:20 WIB
    Semoga pada sadar, orang yang suka buang sampah sembarangan.
    Aaamiin. :)
  • YASINTA
    avatar 10758
    YASINTA #Selasa, 11 Apr 2017, 17:18 WIB
    Aku juga (kadang) hobi mungut sampah Mas. Tos dulu dong hehehe.
    Tossss Mbak! :D
  • RONAL GIGIH
    avatar 10776
    RONAL GIGIH #Rabu, 19 Apr 2017, 09:30 WIB
    hehe poster yang tulisanya cabutlah nyawa orang-orang yangsuka membuang sampah di sini,, itu dramatisir banget buat di langgar ya hehe
    Seandainya terjadi beneran malah jadi serem, hehehe
  • JUBAH
    avatar 10783
    JUBAH #Jum'at, 21 Apr 2017, 09:31 WIB
    Sangat menyedihkan sekali ya? Mereka hanya mementingkan kesenangan pribadi, tidak memperdulikan lingkungan.
    Iya, sedih banget. :(
  • HAMDAN
    avatar 10787
    HAMDAN #Jum'at, 21 Apr 2017, 21:07 WIB
    Hobimu keren Mas. Coba semua orang punya hobi seperti Mas pasti bersih negeri kita.
    Kalau saya juga suka mungutin sampah tapi kadang masih malu-maluan.
    Hihihi, terima kasih. :D

    Dibawa pelan-pelan saja, lama-lama nanti juga nggak malu. Eh...
  • WILLIAM
    avatar 10790
    WILLIAM #Minggu, 23 Apr 2017, 21:29 WIB
    Lha kebersihan tentang lingkungan saja
    tidak peka bagaimana bangsa kita bisa
    maju. Mari kita tanamkan kepekaan kita
    kepada lingkungan seperti yang mas
    lakukan ini
    Sip! Semoga kita senantiasa sigap dalam menjaga lingkungan!
  • SIJAJ
    avatar 10794
    SIJAJ #Senin, 24 Apr 2017, 21:18 WIB
    Yap, kalau tidak bisa membersihkan, jangan
    mengotori.
    betul zekali!!!
  • RUMAHULIN
    avatar 10827
    RUMAHULIN #Jum'at, 5 Mei 2017, 13:14 WIB
    Sebenarnya jika di tempat-tempat strategis ada tempat sampah (misal warung makan, pedagang kaki lima, dll). Kemungkinan besar bisa mengurangi sampah yang berserakan. Di Indonesia sendiri, cukup sulit untuk menemukan tempat sampah jika ingin membuang sampah.

    Tapi, masnya mantab lah.. klo ga ada tempat sampah disimpan dulu, sampe dimasukin ke tas sendiri. Hebat, kapan ya saya bisa kayak gitu?.
    Iya, jumlah tempat sampah di tempat-tempat strategis memang terbatas sih.
  • WENING
    avatar 10850
    WENING #Selasa, 16 Mei 2017, 00:23 WIB
    Beneeer banget! Setujuuuuu..
    Btw, poin yang jadi orangtua itu pe-er banget
    nih. Harus menanamkan sedini mungkin ke
    anak tentang kebersihan dan buang sampah
    pada tempatnya..
    iya mbak, anak mesti dibiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya XD
  • AYOKNIKAH
    avatar 10854
    AYOKNIKAH #Kamis, 18 Mei 2017, 11:06 WIB
    Saya kadang-kadang agak marah sedikit. Hampir seminggu sekali ada aja plastik besar isi sampah di seberang rumah saya. Padahal di seberangnya lagi ada tempat sampah,

    "kok malas banget buang ke seberang jalan" itu yang saya pikirkan tiap minggunya.

    Jadi pengen nangkep basah orangnya terus saya buang orangnya ke tempat sampah biar tahu dia tempat sampahnya di mana.
    Wah, mengesalkan sekali perbuatan manusia-manusia nggak bertanggung-jawab itu. :(

    Mungkin sekali-kali memang perlu diawasi supaya tertangkap pelakunya. :)
  • IBNU
    avatar 10858
    IBNU #Sabtu, 20 Mei 2017, 09:21 WIB
    Memang harus dimulai dari kesadaran diri kita sendiri biar sampah tak berserakan...
    Saya ucapkan selamat untuk kaian semua yang sadar bahaya sampah dan sudi untuk pungut sampah...
    Terima kasih. :D
  • HALLOYAHYA
    avatar 10868
    HALLOYAHYA #Senin, 29 Mei 2017, 09:44 WIB
    Mantab peduli lingkungan..
    Sip!
  • BAYI TELAT BICARA
    avatar 10873
    BAYI TELAT BICARA #Rabu, 31 Mei 2017, 14:54 WIB
    keren lah... harus lebih banyak nih gerakan semacem ini :D
    Setuju! :D
  • YOSEF KRISNA
    avatar 10887
    YOSEF KRISNA #Jum'at, 9 Jun 2017, 10:35 WIB
    Patut di contoh Mas. Beberapa mata air di Klaten banyak sekali sampahnya. :(
    Ho oh, sampah plastik deterjen terutama. :(
  • LOMBOK WANDER
    avatar 10893
    LOMBOK WANDER #Kamis, 15 Jun 2017, 14:12 WIB
    Mari kita jaga lingkungan kita!
    Siap! :D
  • VIRMANSYAH
    avatar 10916
    VIRMANSYAH #Selasa, 4 Jul 2017, 12:00 WIB
    membuang sampah sama dengan membuang harga diri sendiri
    betul Bro!
  • WENING
    avatar 10924
    WENING #Kamis, 6 Jul 2017, 19:43 WIB
    Tiga poinnya samaaaa. Toss dulu aah, semoga tetap istikomah hehe
    Iya mbak, semoga tetap istikomah :D
  • NORMAS ANDI
    avatar 10927
    NORMAS ANDI #Sabtu, 8 Jul 2017, 15:38 WIB
    Duh parah banget yak sampahnya.. masih ada aja orang yg buang sampah bukan pada
    tempatnya...
    ya itulah masyarakat kita Bro :)
  • DIAZTOMO FEBRIEANTO
    avatar 10948
    DIAZTOMO FEBRIEANTO #Senin, 17 Jul 2017, 13:12 WIB
    Mungkin buat sebagian orang sampah ga ada beharganya, tapi untuk banyak orang masih banyak juga yang mengais rejeki dari tumbukan sampah. Herannya di Indonesia kalau di negara sendiri kita terkdang cuek dengan membuang sampah yang bukan pada tempatnya, tapi kalau orang Indonesia pergi ke luar negeri pasti mereka sangat patuh terhadap peraturan negara lain. Aneh saya....
    Mungkin karena orang Indonesia itu takut terkena sanksi kalau membuang sampah sembarangan di negara lain. Orang Indonesia juga kan punya sifat nggak enakan, jadi meniru perilaku orang-orang di sekelilingnya.
  • CIPLUK
    avatar 11101
    CIPLUK #Senin, 2 Okt 2017, 16:30 WIB
    Udah dibiasain dari kecil untuk buang sampah pada tempatnya. Bisa dihukum berjam-jam kalau keliatan buang sampah sembarangan.

    Sekarang udah besar gak kena hukuman lagi sih tapi udah jadi kesadaran sendiri aja karena terbiasa sejak kecil. And I am so proud of myself.. hehehe.
    Waaah kereeen! Semoga semua orangtua di Indonesia juga menerapkan hal yang serupa kepada anaknya supaya tertib membuang sampah pada tempatnya. :)
  • BEBY
    avatar 11120
    BEBY #Rabu, 11 Okt 2017, 18:47 WIB
    Banyak amat sampahnya ya, Bang. Heran sama yg sukak buang sampah sembarangan. Susah amat buang sampah di tempatnya :( Atau paling enggak, bawak pulang sampek nemu tempat sampahnya -_-
    Begitulah Beb, perlu ada pendidikan yang lebih intens supaya orang-orang kita tertib membuang sampah pada tempatnya.
  • SENAPAN ANGIN
    avatar 11224
    SENAPAN ANGIN #Senin, 25 Des 2017, 13:55 WIB
    Sayang banget kalo lingkungan yang indah jadi rusak!
    Iya emang sedih ya. :(
  • SENAPAN GEJLUK
    avatar 11229
    SENAPAN GEJLUK #Rabu, 27 Des 2017, 11:45 WIB
    keren tulisannya,,,,
    Terima kasih.
  • HARYADI YANSYAH | OMNDUUT
    avatar 11268
    HARYADI YANSYAH | OMNDUUT #Kamis, 11 Jan 2018, 11:09 WIB
    Sebuah gerakan sederhana yang keren banget! semacam #TumpukDiTengah kalau lagi di restoran gitu ya! jempol
    Hihihi iya seperti itulah. :D
  • ANTON CIPTADY
    avatar 11384
    ANTON CIPTADY #Kamis, 22 Mar 2018, 21:00 WIB
    Luar biasa....apa orang yang buang sampah sembarangan itu nggak merasa malu yah?
    Nggak barangkali yaa... nyatanya dibuang sembarangan. :D
  • NANO
    avatar 11413
    NANO #Jum'at, 20 Apr 2018, 17:07 WIB
    Hebat! Jadi terinspirasi buat ikutan nih. :D
    Hihihi, mari kita jaga lingkungan dari sampah. :)
  • LOMBOKWANDER
    avatar 11414
    LOMBOKWANDER #Sabtu, 21 Apr 2018, 14:56 WIB
    Mari kita jaga lingkungan kita demi kepentingan bersama.
    Setuju! :)
  • KALINGGA AJENG
    avatar 11423
    KALINGGA AJENG #Jum'at, 27 Apr 2018, 09:42 WIB
    Permasalahan sampah itu sebenarnya dapat dimulai dengan kesadaran pada diri masing-masing, kalau semua sadar akan kewajibannya, Insya Allah semua nyaman dan aman.
    Untuk itu sepertinya kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya itu perlu ditingkatkan.
    Memang kesal sih kalau melihat orang buang sampah sembarangan, tapi ya daripada ngomel-ngomel yang bikin capek, mending kalau memungkinkan diambil saja lalu dibuang.
    Iya, seharusnya orang-orang sudah dididik semenjak dini tentang membuang sampah pada tempatnya, sehingga saat dewasa sudah ada kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  • EMPRITKAJI
    avatar 11446
    EMPRITKAJI #Rabu, 23 Mei 2018, 20:35 WIB
    Setuju dengan artikel ini. Bersih itu indah.
    Siip!
  • ENDAH KURNIA WIRAWATI
    avatar 11590
    ENDAH KURNIA WIRAWATI #Rabu, 17 Okt 2018, 17:19 WIB
    Iya nih, suka sedih kalau lihat banyak sampai di tempat yang kita kunjungi. Kadang-kadang
    kalau ada kantong plastik lebih saya suka bantu pungutin beberapa terutama yang terliha
    jelas seperti botol air minum dan bungkus camilan.
  • GALUH
    avatar 11614
    GALUH #Kamis, 15 Nov 2018, 17:37 WIB
    mantap ka sangat bermanfaat sekali , mohon izin untuk mengunjungi website kami ya ka
    https://www.infowisatadankuliner.com