Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 17 Oktober 2014, 17:15 WIB

Pernah ada yang bilang ke aku, kalau nggak mau kena masalah ya sembunyi saja di dalam rumah. Sebaliknya, kalau mau mencari masalah, cari saja di luar rumah. Tapi menurutku, sekarang ini ucapan itu sudah nggak relevan lagi. Khususnya di Kota Jogja yang aku tinggali ini. Sebab, dari jendela kamarku saja sudah terlihat masalah: hotel di Kota Jogja sudah kebanyakan.

 

Dulu Belum Rame Hotel

Seingetku, pas jamannya aku kuliah (tahun 2004-2008) Kota Jogja belum kebanjiran hotel tuh. Kayaknya juga nggak ada pembangunan gedung mewah selain mall Ambarukmo Plaza, bioskop Empire XXI, dan Saphir Square (yang kemudian bangkrut).

 

Bisa jadi, bencana alam gempa bumi Jogja-Jateng di tahun 2006 dan erupsi Merapi di tahun 2010 bikin proyek pembangunan mandeg. Setelah kondisi Kota Jogja mulai kondusif, muncullah proyek pembangunan hotel di mana-mana. Wah payah.

 

Jogja Tambah Usia Tambah Banyak Hotelnya
Dari jendela kamar pun kelihatan hotel.

 

Alasan Kenapa Jogja Rame Hotel

Aku mencoba mikir, kenapa sih di Kota Jogja ini dibangun banyak hotel? Apa nantinya Jogja bakal jadi kota hotel? Soalnya aku nggak habis pikir, di Kota Jogja ini ibarat ada tanah kosong secuil langsung dibangun hotel. Kenapa ya mesti hotel?

 

Kalau aku sebagai pemilik hotel, sepertinya membangun hotel itu termasuk bentuk investasi. Yah, daripada punya tanah kosong nganggur kan? Harga tanah jelas akan melonjak ketika di atasnya dibangun hotel. Pun, hotel juga bisa mendatangkan keuntungan dari tamu-tamu yang menginap. Yah, hampir mirip lah seperti rumah kos-kosan yang sudah lama menjamur di Jogja.

 

Tapi, hotel pun percuma dibangun bilamana tak ada tamu yang menginap. Pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa sih banyak orang yang tertarik datang ke Jogja untuk kemudian menginap di hotel? Bukan karena habis baca blog Maw Mblusuk? kan? #merasaberdosa

 

Menurutku, ini juga bukan pertanyaan yang sulit untuk dicari jawabnya. Sudah sejak lama Jogja ini menjadi magnet yang selalu bikin kangen orang yang pernah singgah. Apalagi kalau singgahnya kelamaan, seperti aku ini, yang malah nggak sudi hengkang dari Jogja, hehehe.

 

Jogja itu memang menangnya di faktor kenyamanan hidup. Itu sesuatu yang warga Jogja dan pendatang pasti setuju 101%. Jogja memang panas, tapi itu bukan kendala selama tinggal di kota ini membuat Pembaca merasa homy dan lively. Segala sesuatunya tersedia dalam takaran yang pas. Gunung ada. Laut ada. Universitas ada. Mall ada. Hotel pun juga ada.

 

Mungkin itu sih yang bikin orang-orang pingin singgah di Jogja. Terutama ya orang-orang yang mencari kenyamanan hidup sebagai pelepas penat. Otomatis, mereka butuh tempat menginap dan hotel pun jadi jalan keluarnya.

 

Hotel dan Pemukiman Campur Aduk

Tapi kenapa ya aku merasa Kota Jogja itu sudah kebanyakan hotel? Oh, mungkin karena hotel-hotel di Kota Jogja ini dibangun berdekatan dengan pemukiman warga. Ah, coba ya kawasan hotel dan pemukiman itu dipisahkan gitu. Tapi, di negara kita ini kayaknya nggak ada konsep kawasan kayak gitu. Mungkin ada sih, tapi penerapan di lapangannya saja yang nggak sesuai. Jadinya, di Kota Jogja ini baru belok sedikit saja sudah hotel lagi, hotel lagi. Hadeh...

 

Kenapa aku pingin supaya kawasan hotel dan kawasan pemukiman itu terpisah, karena hotel itu kan juga mempengaruhi kondisi pemukiman. Iya sih, hotel (katanya) menyerap tenaga kerja dari penduduk sekitar. Tapi yang tidak boleh dilupakan, hotel kan juga berbagi lingkungan dengan pemukiman. Jangan sampai hotel mendominasi, karena nanti ya rentan muncul konflik.

 

Jalan keluar dari permasalahan ini memang tidak semudah membalik telapak tangan. Harus ada yang berkorban dan alasan “mau bagaimana lagi?” hanya akan kian memperkeruh keadaan. Mungkin selama Kota Jogja masih punya tanah kosong dan selama masih ada warga yang rela tanah miliknya dialihfungsikan jadi hotel, masih bakal ada dibangun hotel baru di Kota Jogja ini.

 

 

Eh iya, aku menulis ini karena aku cinta Kota Jogja dan ingin Kota Jogja tetap menjadi kota yang nyaman untuk siapa pun yang menghuninya. Selamat ulang tahun ke-258 kota Jogja! Semoga dengan bertambahnya usia tidak bertambah juga penyakitnya!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TURTLIX
    avatar 6574
    TURTLIX #Senin, 20 Okt 2014, 08:28 WIB
    Kalau mau bahas ini, mending sambil duduk, dan ada cemilan juga teh hangat. :)
    ini macemnya obrolan kita bertiga jaman dulu banget, hahaha
  • CAHYO
    avatar 6595
    CAHYO #Minggu, 26 Okt 2014, 10:01 WIB
    Hidup itu kyk alun-alun... ada hotel, ada pedagang, ada pulisi, ada pohon, ada jalan, ada bahaya, ada bnyak persimpangan... tapi juga ada keindahan. :)
    Kebanyakan hotel malah bikin ndak indah je Mas
  • JAUHARI
    avatar 6619
    JAUHARI #Jum'at, 31 Okt 2014, 22:24 WIB
    nasib jogja sama seperti bandung .... he he ..
    wisata di jogja sangat beragam, kuliner, sejarah, gunung dan pantai .. lengkap deh ...
    juga jaraknya termasuk dekat dekat ... apalagi kultur masyarakat disana juga sangat
    ramah dan baik2.
    saya juga senang wisata di jogja ... termasuk kota yang saya datangi berkali kali ..
    Kapan-kapan nyepeda bareng di Jogja oM :D
  • F.NUGROHO
    avatar 6632
    F.NUGROHO #Senin, 3 Nov 2014, 13:39 WIB
    dan hotel cenderung tidak diinapi oleh orang-orang pribumi seperti saya :)
    orang-orang pribumi lebih nyaman tidur bareng sanak keluarga...
  • ANTON
    avatar 6658
    ANTON #Jum'at, 7 Nov 2014, 11:42 WIB
    tata ruangnya gak jalan. dan sayangnya banyak hotel baru yang modern. alangkah baiknya
    kalau gaya tradisional.
    Nah, kalau gaya tradisional nggak mungkin bisa bangunan bertingkat...
  • ALFA
    avatar 6662
    ALFA #Sabtu, 8 Nov 2014, 15:44 WIB
    Sedihnya di Jogja sekarang makin banyak hotelnya. Gpp sih ada hotel, tapi ini jumlahnya
    ga kira2 deh
    Kalau menurut saya sih udah kebanyakan, bikin sesak pemandangan...
  • GIZI IBU HAMIL
    avatar 6684
    GIZI IBU HAMIL #Selasa, 11 Nov 2014, 12:16 WIB
    wah keren gan , semoga tambah sukses ni jog ja :D
    Aamiin :D
  • LOMBOKKITA
    avatar 6725
    LOMBOKKITA #Rabu, 19 Nov 2014, 21:28 WIB
    Klo berdekatan dgn pemukiman yang aku takutkan sih air tanah nya bisa disedot abisss
    Memang ketinggian air tanahnya lama-lama turun Bro