Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 13 November 2010, 12:39 WIB

Menurut harian Kompas Jogja (12/11/2010), jumlah penduduk DIY yang mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi sudah mencapai 127.000 orang. Jumlah yang amat sangat banyak, dan ya...itu semua orang. Bagaimana dengan nasib hewan peliharaan?

 

Dari beberapa sumber di internet, kita tahu bahwa mayoritas hewan ternak, sapi dan kambing, tidak selamat dari amukan awan panas. Tapi, apakah hewan peliharaan yang berada di kawasan bencana itu hanya sapi dan kambing saja?

 

Para serangga mungkin sudah musnah diterjang awan panas pada Oktober 2010
Para serangga mungkin sudah musnah diterjang awan panas.

 

Jelas tidak kan? Masih ada anjing, kucing, ayam, bebek, burung, dan hewan-hewan lain yang luput dari pemberitaan media massa. Amat mungkin terdapat sejumlah pengungsi yang memikirkan nasib hewan peliharaan. Apakah mereka selamat dari bencana ini?

 

Nyawa itu titipan Tuhan, nggak bisa dicari, dibuat, dan hanya bisa dijaga.

 

Berhubung hewan peliharaan pun juga punya nyawa, maka setelah nyawa pemiliknya selamat, saatnya menyelamatkan hewan peliharaan!

 

Aksi penyelamatan yang jadi tontonan para pengguna jalan pada Oktober 2010
Aksi penyelamatan yang jadi tontonan para pengguna jalan.

 

Hari Minggu malam (7/11/2010), aku sempat naik ke Jl. Kaliurang km 13. Jaraknya sekitar 20 km dari Gunung Merapi. Aku membantu salah seorang sahabat SPSS, Mas Dhani, untuk mengungsi. Tak hanya mengemasi barang-barang rumah tangga, Mas Dhani juga menjemput Qeewa–seekor beruk Medan yang dipeliharanya–untuk diajak turun.

 

Berhubung Qeewa hanya jinak bila berada di dekat Mas Dhani, alhasil Qeewa dibonceng motor oleh Mas Dhani. Tentu saja, sepanjang jalan, atraksi monyet mbonceng motor jadi tontonan pengguna jalan lain.

 

Aksi penyelamatan kedua adalah hari Kamis (11/11/2010). Pukul setengah lima pagi, Indomielezat, Rizky, Pakdhe Timin, dan aku naik lagi ke Cangkringan. Harus sepagi mungkin, untuk menghindari inspeksi aparat yang mungkin akan menghalangi kami masuk ke lokasi rawan bencana di Ring 2.

 

Menulis surat ke pemilik anjing di Cangkringan untuk dievakuasi dari bencana erupsi Merapi pada Oktober 2010
Menulis surat ke pemilik anjing sebelum "menculik" peliharannya .

 

Misi kami satu, menyelamatkan seekor anjing kecil di sebuah rumah yang ditinggal pemiliknya mengungsi. Sebenernya sih ada dua anjing, tapi anjing yang satu ukurannya besar, jadi ndak dimungkinkan untuk dibawa pakai motor.

 

Ini ide gilanya Indomielezat sebagai fanatik satwa. Oleh sebab aku yang tak mengendarai motor, maka aku mesti membawa anjing kecil itu. Oh mi got! Ini pertama kalinya aku menggendong anjing, diileri, dan mesti bersuci dengan tanah. Wew...

 

Hewan apa lagi yang akan diselamatkan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • BEJOKAMPRET
    avatar 3476
    BEJOKAMPRET #Minggu, 14 Nov 2010, 15:48 WIB
    pertamaxxx gann.....
    wedalah...
  • ZEE
    avatar 3478
    ZEE #Minggu, 14 Nov 2010, 19:42 WIB
    Betul juga ya Wi.
    Ah, kasihan hewan2 peliharaan itu, terlupakan. :( kalau saya mungkin sdh berurai air mata, tak tega ah meninggalkan piaraan kek anjing or kucing gitu. Ya siapa lagi yg akan menyayangi mereka selain manusia alias tuannya.
    Ah mulia sekali tindakan kamu dan teman2 wi.
    yang jadi masalah setelah bencana ini mereda Bu adalah bagaimana cara mengembalikan hewan2 itu... >.<
  • SRIYONO SEMARANG
    avatar 3479
    SRIYONO SEMARANG #Senin, 15 Nov 2010, 08:00 WIB
    wuihhh ruar biasa...
    klo gendong dogginya dibungkus dulu biar nggak usah repot repot mandi kembang tujuh rupa... :)
    waktu itu ndak ada alas untuk membungkus je, aku juga ndak ngira itu doggie bakal ileran >.<
  • HANDOUT
    avatar 3480
    HANDOUT #Selasa, 16 Nov 2010, 10:02 WIB
    mudah mudahan kita tabah menghadapinya.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..di..
    click this
    dan disini..
    click this
    WOke sip nuwun! :D
  • PEIN
    avatar 3482
    PEIN #Sabtu, 20 Nov 2010, 00:43 WIB
    Mas, anjing gedenya gimana ?
    Ikut diselametin ga ??
    kasian kalo ga diselametin !! *Pecinta Inu* :D

    Tukar link mas ya :D
    anjing gedenya nggak diselamatin, ndak bisa digendong :p
  • BALI PROPERTY
    avatar 3483
    BALI PROPERTY #Senin, 22 Nov 2010, 11:16 WIB
    Wah.. suat perbuatan yang bagus, semua memang perlu diselamatkan yang masih bisa diselamatkan.
    karena memang butuh kenyamanan, tapi yang paling utama manusianya. hehe..
    Bali Villas Bali Villa
    manusia yang pertama, hewan yang kedua :p
  • VIZON
    avatar 3484
    VIZON #Selasa, 23 Nov 2010, 07:56 WIB
    Benar juga ya, hewan peliharaan ini justru luput dari perhatian.
    Maklumlah, karena para relawan adalah manusia, maka jiwa manusia dulu
    yang diselamatkannya.. :)
    Wijna gak rabies kan...? hahaha...
    untungnya ndak Uda, kan anjing kecilnya ndak gigit, cuma diilerin doang :p