Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 25 Agustus 2010, 15:45 WIB

Bangun pagi, termasuk salah satu kebiasaan yang paling sulit aku lakukan. Yang aku maksudkan dengan bangun pagi, ialah bangun tidur sebelum pukul 5 pagi. Ketika mentari juga masih molor, dan kokok ayam jago lagi saingan sama azannya muadzin.

 

Bukan kenapa-kenapa sih. Tapi mungkin karena aku takut nggak bisa bangun sahur di bulan Ramadhan ini. Eh, mungkin juga karena selepas makan di RM Padang Giwangan, aku berkali-kali lewat di depan baliho dekat UAD. Isi baliho itu mengajak untuk salat Subuh berjamaah.

 

Jadi...yah, kupikir, di bulan Ramadhan 2010 ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi ya kenapa tidak? Toh ini tantangan.

 

Niat sudah dipancangkan. Tapi sayang seribu sayang. Aku cuma terbangun untuk mematikan jam beker dan alarm hape. Lanjut tidur pulas lagi. Diakhiri terbangun pukul 7 pagi. Payah!

 

Namun, aku terus sadar. Otakku ini kan sudah berkali-kali pindah ke dengkul. Jadinya, aku peroleh kesimpulan; “Kenapa nggak bersepeda buat salat Subuh?”

 

ramadan sepeda subuh salat pagi puasa 2010
Pukul 4 pagi sebenernya udah rame, seperti di Pasar Legi Kotagede ini.

 

Bangun pukul 4 pagi, dan sepedaan ternyata asik juga:
Jalanan masih sepi.
Hawanya adem.
Masih tercium bau-bau harum dari kuburan atau pohon randu tua. #eh

 

Yang paling sering adalah bersepeda ke Prambanan. Berangkat pukul 4 pagi bisa sampai di Masjid Raya Prambanan pukul setengah 5. Pas banget masuk waktu subuh. Dilanjut dengan belanja di pasar Prambanan yang selisih harganya lebih murah Rp1.000 dari di pasar Jogja. #ngirit

 

Nah, evaluasi deh. Memasuki minggu kedua di bulan Ramadhan, aku akui kalau aku makin jarang bersepeda pukul 4 pagi.

 

Pertama, kerjaanku numpuk, bikin aku milih bergadang dan tidur selepas subuh.

Kedua, Jogja mulai sering hujan pagi, anomali musim bikin nggak bisa bersepeda.

Ketiga, sehabis salat Subuh sering ada ceramah, kadang topik ceramahnya nggak sesuai denganku yang menganut paham pluralisme ini.

 

Jadi, aku sudah bisa melek sebelum subuh, tapi masih tertahan untuk salat Subuh berjamaah. Wedalah!

 

Bagaimana dengan aktivitas Pembaca di bulan Pasa ini?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TUTI NONKA
    avatar 3200
    TUTI NONKA #Rabu, 25 Ags 2010, 20:21 WIB
    Haiya, ternyata Wijna suka bangun pagi (jam 7 pagi maksudku) to? :D
    Jadi suka kerja sampai larut malam ya? Ternyata kita sama lho *ngaku*
    Aku juga biasa tidur larut, dan bobo' lagi sehabis subuh ... Sebenernya nggak bagus lho buat kesehatan. Lagi pelan-pelan merubah kebiasaan nih ...
    kebiasaan ini selama bulan Ramadhan aja Bunda, soalnya jam 3 pasti sahur dan kalau tidur larut jam 1 ya nanggung :p
  • ANNOSMILE
    avatar 3209
    ANNOSMILE #Jum'at, 27 Ags 2010, 08:55 WIB
    habis subuhan..ya molor dulu bro..
    ngisi baterai...haha
    wah ini dia...ciri khas rakyat Indonesia :D
  • KELLYAMARETA
    avatar 3214
    KELLYAMARETA #Sabtu, 28 Ags 2010, 09:01 WIB
    kalo nyepedaan, mending sore ajah sekalian ngabuburit. Nyari kolak.
    nah itu dia, nyari takjil di masjid-masjid terdekat :p
  • VIZON
    avatar 3215
    VIZON #Sabtu, 28 Ags 2010, 10:17 WIB
    kalau aku baru saja bisa bernafas lega setelah "bertapa" beberapa minggu untuk mengejar deadline. jadi, puasa hanya kulewati dengan duduk di depan komputer. tapi, sekarang sudah sedikit bebas, sehingga bisa menikmati puasa di jogja dengan segala tradisinya
    sepertinya deadline saya sampai menjelang lebaran e Uda...
  • ZIPPY
    avatar 3217
    ZIPPY #Sabtu, 28 Ags 2010, 10:58 WIB
    Wuih..kayaknya asik juga yah :)
    Hmmm...kalo di Jayapura, jam segitu paling banyak mah orang mabuk, wkakakakaka...
    Tapi gak juga sih sebenernya...
    Yang ada MALES aja :lol:
    jangan-jangan orang mabuknya juga pada nyepeda? :D
  • DOBLEH YANG MALANG
    avatar 3218
    DOBLEH YANG MALANG #Sabtu, 28 Ags 2010, 13:03 WIB
    menarik postnya
    blue suka
    salam hangat dari blue
    salam hangat juga
  • DOFONT
    avatar 3227
    DOFONT #Selasa, 31 Ags 2010, 11:45 WIB
    salam wijn
    mang asyik jln pagi tapi klo jam 4 kepagian, duinginnya n udara masih basah.
    paling asik cycling jam 05.30, hehe klo jrak dekat aj c.
    jam 5.30 di bulan Agustus ini dah terang benderang jew
  • NENGRATNA
    avatar 3251
    NENGRATNA #Selasa, 7 Sep 2010, 08:30 WIB
    wedeh!! aggota komunitas bike to work to mas :) oia, prolific sekali
    ngeblognya. seneng deh mblusuk ning kene..
    hohoho, lama tidak berkunjung ya Neng?
  • FENNY
    avatar 5071
    FENNY #Jum'at, 15 Feb 2013, 23:20 WIB
    Kapan2 PEKOK sepedaan dinihari sampai adzan subuh dong, hehe.

    Menurutku sih, sepedaan dinihari itu gak gampang bikin capek (tapi aku gak pernah nyoba sampe berpuluh2 kilo sih, hehe). Kalo siang2 bolong, cuma nyepeda dekat aja dah ngos-ngosan.
    wah itu dia mbak, untuk bangun tidur tengah malam aja butuh usaha yang sangat berat, gimana nyepedanya >.<