Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 22 Februari 2010, 20:37 WIB

Harian Kompas pernah mewartakan kota Kopenhagen di Denmark sebagai surga para penggowes sepeda. Bagaimana tidak? Di sana para pesepeda benar-benar dibuat nyaman. Misalnya, ada jalur khusus sepeda, lampu lalu lintas sepeda, bahkan parkir khusus sepeda.

 

Tak ayal, sepertiga dari penduduk Kopenhagen memilih sepeda sebagai alat transportasi. Tapi dibalik semua kenyamanan itu, terdapat fakta yang meresahkan, mayoritas pesepeda tidak memakai helm sepeda! Nah lho!

 

Ah, tiba-tiba aku jadi teringat pembicaraanku dengan seorang kawan.

 

“Kenapa ya kita ini harus pakai helm sepeda? Padahal di desa aja banyak yang naik sepeda tanpa pakai helm.”

 

Temenku itu lalu menunjuk ke jalan raya. Ada motor, mobil, bus yang melaju kencang,


“Nah, kalau di desa lawan kita (pesepeda) nggak ada yang kayak gitu. Paling-paling cuma ayam, kambing, sama sapi doang.”

 

Ooo...

 

Sepeda di pedesaan
Di desa ya pesepedanya seperti ini...

 

 

Helm Sepeda Mahal?

Katanya, kalau ingin selamat, harap maklum kalau caranya memang ribet. Sebab, bikin nyawa manusia saja kan lebih ribet.

 

Namun lagi-lagi, bukan perkara ribet yang sering dipersoalkan pada helm sepeda. Melainkan faktor harga yang harus ditebus. Pesepeda pemula kebanyakan tak terima, kalau harga helm sepeda paling murah Rp100.000, sementara harga helm motor cuma 1/4 nya.

 

Lha, mahalan mana nyawamu sama helm sepedamu?

 

Sebenarnya mau nyari helm sepeda yang harganya diatas Rp100.000 juga banyak. Helm sepeda impor aja harganya bisa jutaan rupiah. Nah, kalau udah gitu muncul pertanyaan.

 

“Bedanya apa sih pakai helm sepeda mahal sama murahan?”

 

Bicycle Helmet Safety Institute (BHSI) yang bermarkas di Amerika telah melakukan percobaan kepada serangkaian helm sepeda murah dan mahal. Hasilnya, dua jenis helm itu sama-sama teruji keamanannya. Jadi, aman kok pilih helm sepeda murah.

 

Ragam helm sepeda
Ada banyak bentuk, warna, dan harga dari helm sepeda. Silakan dipilih

 

 

Kriteria Helm Sepeda

Lebih lanjut, menurut BHSI ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi helm sepeda.

 

  1. Harus bisa menahan energi pada pada benturan keras.
  2. Harus memiliki ikat kepala yang tetap membuat helm berada di kepala saat dan setelah benturan terjadi.
  3. Harus bisa disesuaikan ukurannya dengan mudah.
  4. Harus nyaman saat dipakai.
  5. Harus berbentuk melingkar nan mulus. Tidak boleh ada aksesoris yang bisa membahayakan pengguna saat terjadi benturan.
     
  6. Harus terlihat oleh pengguna kendaraan bermotor saat siang maupun malam. Setidaknya warna helm sepeda harus mencolok atau cerah.
  7. Harus mudah dibersihkan dan tidak berubah bentuk saat dipakai.
  8. Harus memiliki dudukan/kontak untuk memasang kaca atau visor. Kalau pun ada visor haruslah mudah pecah apabila terkena benturan.
  9. Harus memiliki panduan yang jelas.
  10. Harus mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau.

 

Sebagai pesepeda yang sudah berkali-kali kecelakaan (halah!), buatku helm sepeda itu penting. Namun ya, helm itu hanya melindungi kepala. Masalahnya pada saat kecelakaan, biasanya bagian tubuh yang sering mengalami kontak fisik dengan jalan adalah bagian tangan dan kaki. Jadi, mungkin kalau mau lebih-amat-sangat aman harus pakai pelindung seluruh tubuh ya? Tapi nanti malah ribet dunk!

 

Apa Pembaca juga taat berlalu lintas dengan aman?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EM
    avatar 2282
    EM #Senin, 22 Feb 2010, 21:12 WIB
    Wij, helm pit onthel bisa buat helm pit motor ra? Wekekeke :p
    ya ndak bisa, kan gaya tekanan ketika terjadi benturan saat kecelakaan beda ketika naik sepeda dengan naik motor
  • JEJAK ANNAS
    avatar 2284
    JEJAK ANNAS #Selasa, 23 Feb 2010, 10:16 WIB
    kalo sepeda saya sepeda ontel, helmnya amcem apa ya mas
    helm sepeda itulah :D
    kan helm tidak memandang sepeda, hanya memandang lawan di jalan :D
  • MAS STEIN
    avatar 2286
    MAS STEIN #Selasa, 23 Feb 2010, 11:54 WIB
    lebih sayang kepala atau lebih sayang duit?

    kadang saya pengen ngambil poto-poto orang yang make helm di dengkul, di siku, di perut, trus dijadikan postingan. hehe
    lha emang ada ya mas yang pakai helm kayak gitu?
  • EKSPRESI PUISI CINTA SATU BAIT
    avatar 2289
    EKSPRESI PUISI CINTA SATU BAIT #Selasa, 23 Feb 2010, 14:34 WIB
    smangat terus...mantab, salam hangat dari MALANG
    semangat juga
  • ANNOSMILE
    avatar 2290
    ANNOSMILE #Selasa, 23 Feb 2010, 14:42 WIB
    nyilih kowe wae nek ngono..
    helm ku mung siji dab!
  • BUKAN DETIKCOM
    avatar 2291
    BUKAN DETIKCOM #Rabu, 24 Feb 2010, 11:20 WIB
    saya tahunya kalo yang helm bertuliskan fox itu buat skate board
    ternyata buat sepeda juga yah...
    helm sepeda juga bisa buat skateboard, dan berlaku pula untuk sebaliknya.
  • OMIYAN
    avatar 2293
    OMIYAN #Rabu, 24 Feb 2010, 12:48 WIB
    Saya punya dua jenis seperti foto diatas tapi satu ta jual maklum setiap saya pake kok kepala saya jadi pusing jadinya saya pake persis yang helm warna putih tapi punya saya hitam....
    Apa mungkin strapnya terlalu kencang di dagu, jadi membuat helm menekan kepala?
  • ZULHAQ
    avatar 2294
    ZULHAQ #Rabu, 24 Feb 2010, 13:44 WIB
    Keselamatan itu pilihan. Ngeluarin duit lebih sekali2 gak apa2, demi keselamatan dan kemaslahatan :)
    hahahah, setuju Kang :D
  • YACOB.IVAN
    avatar 2306
    YACOB.IVAN #Jum'at, 26 Feb 2010, 09:19 WIB
    foto helmnya ada di depan blek krupuk, mungkin ada maksudnya tu... helm pelindung kepala supaya tidak terbentur. blek krupuk pelindung krupuk agar tidak mlempem dan diambil gratis.
    Hoolha...maling kerupuk
  • BUDHY
    avatar 2403
    BUDHY #Senin, 15 Mar 2010, 11:42 WIB
    kuwi helm sepatu roda... helm sepeda ya caping itu
    asalkan bukan untuk mengendarai kendaraan bermotor, helem sepeda ataupun helem sepatu roda sama saja :)
  • BU-D
    avatar 2983
    BU-D #Jum'at, 16 Jul 2010, 11:16 WIB
    beli helm kaya yg warna putih tu dmana si? lagi nyari helm2 ky gtu nih...ada yang tau toko yg jual ga?
    coba di Rodalink
  • UNDO
    avatar 3172
    UNDO #Jum'at, 20 Ags 2010, 23:45 WIB
    Terimakasih informasinya..karena saya sedang mencari jenis Helm Sepeda (pemakai sepeda pemula, heheheh)
    yen wis ketemu helm e kabar-kabari yo Kang
  • HERI WIJAYA
    avatar 3413
    HERI WIJAYA #Sabtu, 23 Okt 2010, 20:03 WIB
    mas.klo mu beli sepda bekas msh ok wat olahraga dimana yah yg pas???
    bisa dicari di Pasar Prambanan atau di pasar sepeda bekas Tunjungsari
  • MCHILL
    avatar 4226
    MCHILL #Selasa, 13 Sep 2011, 05:06 WIB
    bener ga sih mas, helm sepeda ada masa kadaluwarsanya?
    helm sepeda setahu saya sih nggak ada masa kadaluwarsanya. Hanya saja beberapa bagian yang terbuat dari busa atau karet kadang mengelupas sendiri kalau sering bergesekan.
  • PAIDI
    avatar 4933
    PAIDI #Kamis, 13 Des 2012, 23:04 WIB
    helm spd itu cm bt pantes2 tok.jarng yg niat bt keselamatan.
    apalagi kalau nyepedanya cuma di jalanan kampung atau sawah.
  • RAKHMAD
    avatar 5415
    RAKHMAD #Kamis, 11 Jul 2013, 12:51 WIB
    tapi kalo saya lihat, material plastik helm sepeda ga lebih tebel drpd helm motor,,,
    bagian dalamnya jg sdkit busa yg menahan benturan, tapi koq muahal...
    padahal helm motor yg full-face yg dipake jatuh ngglundung msh kerasa puyeng2... gmn
    kalo helm sepeda?? bundhasss kabeh sirahe.. hehehehe
    mungkin karena produksina masih impor ya?