Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 6 Januari 2010, 09:06 WIB

Seminggu yang lalu, tepatnya di hari Kamis (31/12/2009), adalah hari terakhir di tahun 2009. Malamnya, yaitu hari Kamis malam, kita semua sepakat menyebutnya sebagai malam tahun baru 2010.

 

Sebagian besar dari kita merayakannya. Oleh sebab tak ada aturan yang baku perihal perayaan, maka muncullah berbagai hajat. Ada yang merayakannya di hotel-hotel berbintang. Menikmati paket malam tahun baru seharga jutaan rupiah. Jelaslah paket itu tak mungkin menyasar manusia berkantong cekak macam diriku ini.

 

Ada yang merayakannya bersama teman. Ada pula yang merayakan bersama kekasih tercinta. Biasanya mereka menyepi dari hiruk-pikuk warga kota. Memastikan kalau tahun yang lalu dan yang akan datang adalah sama. Maksudnya jari-jemari sang kekasih, tak berkurang satu ruas pun, pada malam pergantian tahun.

 

Sego Segawe Go Green di Malam Tahun Baru 2010
Sego Segawe Go Green di Malam Tahun Baru 2010

 

Seorang Wijna merayakan malam pergantian tahun di titik nol kilometer kota Jogja. Tak sendiri, namun bersama rekan-rekan komunitas sepeda. Kami disana memenuhi undangan Pak Herry selaku Walikota Jogja, guna menyemarakkan hajat “Sego Segawe Go Green”. Dengan tawaran menggiurkan bahwa Jl. Malioboro sepanjang malam pergantian tahun adalah milik kami, para pesepeda.

 

Namun malam pergantian tahun dari tahun ke tahun tak pernah berubah. Bergadang menanti tengah malam. Meniup terompet. Menyalakan kembang api. Malah di satu sudut ada yang dimabuk minuman keras.

 

Tetap tak berubah. Jalanan yang padat manusia. Penjaja makanan yang mencari peruntungan. Pemulung yang mengumpulkan kemasan bekas. Sebuah ironi di tengah gegap-gempita perayaan pergantian tahun.

 

Padatnya warga Jogja di titik nol kilometer
Padatnya warga Jogja di titik nol kilometer

 

Seorang Wijna hanya terduduk diam disamping sepeda tuanya. Menanti surutnya lautan manusia, yang kerap dipadankan dengan suasana Padang Mahsyar. Agaknya, jalan mengembalikan Jogja menjadi kota sepeda masih panjang dan berliku. Serupa dengan jalan menuju rumah yang dipadati manusia beserta motor.

 

Ah, semoga ini tak lagi menjadi sebuah ironi, dengan bangun siang di awal tahun.

Toh akhirnya, aku terjaga menanti ayam berkokok dan menulis ini semua.

 

Pembaca nan budiman merayakan tahun baru nggak?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • JEJAK ANNAS
    avatar 2025
    JEJAK ANNAS #Rabu, 6 Jan 2010, 10:02 WIB
    wah, saya mah ndak ada tahun baruan mas. ora due duit beli petasannya ha ha ha
    lha saya juga, makanya ikut nggowes aja
  • TIA
    avatar 2026
    TIA #Rabu, 6 Jan 2010, 10:38 WIB
    kok Mrongoose kamu sebut tua? hihihi..
    biarkan aja Jogja berubah, kan tuntutan globalisasi :D
    Sepedaku itu buatan tahun 1996.
  • INDOMIELEZAT
    avatar 2029
    INDOMIELEZAT #Rabu, 6 Jan 2010, 13:53 WIB
    padang masyar? sepertinya mirip mbek status fesbukku di tahun baru...wkwkwkwkkwk
    tak kusangka mba Indomie baca artikel yang ini juga :D
  • TURTLIX
    avatar 2030
    TURTLIX #Rabu, 6 Jan 2010, 16:04 WIB
    Ada rasa menyesal juga, tapi demi Jogja ya harus bertindak...
    :D
    Moga-moga tahun depan lebih baik, walaupun walikotanya mungkin sudah
    berganti tangan...

    btw, thanks udah nampangin "i like to ride bikes"
    *dua jempol*

    eh, selama ini sibuk kie ternyata buat themes baru toh hahahah...
    warna: 8 (komposisi mantab, kurang berani dikit...)
    layout: 7,5 (bagian comment agak bingung)
    Content: 9,5 (Mak Nyusss!)
    *hehehehe*
    1. yang dibawah itu ada ruang kosong tapi bingung mo nampilin apa, ya udah...

    2. pada protesnya di warna yah?

    3. form komentar-nya coba ku-utak-atik lagi
  • YUSTHA TT
    avatar 2031
    YUSTHA TT #Rabu, 6 Jan 2010, 17:11 WIB
    Wah, jd pengen beli sepeda...
    Ramah lingkungan, sehat pula.. Tp cape jg iya ya wij.. :D

    Met tahun baru ya..
    Mengawali thn baru dgn brganti tampilan blog toh? Kupikir ganti Maw Mondar-Mandir? (spt d notes fb), tnyt tetep Maw Mblusuk? Sip lah. Good luck ya..
    Capek sih bukan halangan mbak. Asalkan senang, capek hilang sendiri kok. Eh Maw Mondar-Mandir itu berbeda blog mbak :D
  • DIAS
    avatar 2033
    DIAS #Rabu, 6 Jan 2010, 18:11 WIB
    kalo di Surabaya setiap minggu selalu ada Car Free Day
    Kalau di kota Jogja belum, semoga kota Jogja mengikuti langkah Surabaya :D
  • LIUDIN
    avatar 2037
    LIUDIN #Sabtu, 9 Jan 2010, 04:33 WIB
    tahun baru kehujanan, serba susah. tapi tetap menyenangkan
    Untung Tahun Baru kemarin ndak hujan, eh...apa karena pawangnya yah?
  • EKA
    avatar 2039
    EKA #Sabtu, 9 Jan 2010, 14:37 WIB
    Smga lbh bnyk orang yg menyambut tahun baru dgn kegiatan berguna spt kampanye bersepeda yg tmn2 b2w lakuin..
    semoga saja Ka
  • CIWIR
    avatar 2040
    CIWIR #Sabtu, 9 Jan 2010, 16:36 WIB
    mengubah perilaku tidak semudah mengubah perolehan suara

    wehehehehe
    masak mesti pakai politik uang segala? :p
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 2047
    SAMSUL ARIFIN #Minggu, 10 Jan 2010, 07:10 WIB
    aku sama sekali ga kemana-mana malam itu.
    kegiatanku pun sama seperti malam2 sebelumnya: berusaha menguasai dunia! :D
    bagiku malam itu sama dengan malam2 lainnya.
    huh, kamu sih setiap malamnya selalu melakukan hal yg sama di kamar kosmu itu
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar 2049
    EKA SITUMORANG-SIR #Minggu, 10 Jan 2010, 08:23 WIB
    Tahun baru gue di gereja Wij :) doa tutup tahun
    Mengalawi tahun yang baru dengan mendekatkan diri pada-Nya, bagus...
  • JEJAK ANNAS
    avatar 2059
    JEJAK ANNAS #Selasa, 12 Jan 2010, 13:33 WIB
    kadang saya rindu, nuansa tahun baru dirayakan dengan pertaubatan massal dan nasuha. Untuk mengakui semua kesalahan dan dosa setahun lalu, dan bergairah kembali pada tahun berikutnya. Indonesia sudah terlalu banyak dosa, sehingga bencana2 terjadi di sejumlah daerah. kasihan rakyat
    Boro-boro dosa setahun, dosa sehari kemarin aja sering lupa. :p
  • GANDI WIBOWO
    avatar 2082
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 16 Jan 2010, 00:04 WIB
    Tahun baru Gw di Jogja loh... sampe jam 11 malem tanpa booking Hotel dulu, walhasil musti muter2 cari hotel :(

    Akhirnya Gw liat batu-batu tua penuh kisah di prambanan, boko, ma borobudur :D
    Sayang Gw kesono tanpa rencana **dadakan sih** jadi gak bisa ngontak dulu buat ketemuan.
    weh, sempat menikmati malam tahun baru di Jogja toh mas? Hahaha, pasti padet banget. Ya kapan-kapan kalau kemari lagi kita ketemuan.
  • YULIASLOVIC
    avatar 2125
    YULIASLOVIC #Senin, 25 Jan 2010, 11:10 WIB
    ak rencananya pengen kemah di pantai sundak ......
    .... ternyata oh ternyata sama saja , penuh dg lautan manusia..
    gk jd merenung dueh... huhuhuh
    Malam tahun baru, tempat mana sih yang ndak penuh selain rumah sendiri :)