Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 30 September 2009, 22:23 WIB

Akhir minggu ketiga di bulan September 2009. Buat sebagian orang yang bekerja dengan "perilaku normal" adalah awal dari musim libur lebaran. Artinya arus mudik sudah mulai terasa. Para manusia rantau pulang ke kampung halamannya masing-masing. Itu berarti Kota Jogja harus rela disesaki oleh pemudik. Aku bilang kota Jogja, karena efek mudik itu paling terasa di kota Jogja. Itu maksudnya di Jl. Malioboro, karena aku belum pernah dengar kalau kota Wonosari atau kota Wates jadi macet kala musim lebaran.

 

Diriku, sebagai pendatang yang ngaku-ngaku warga Jogja ini juga turut merasakan efek mudik itu. Aku memang tidak mudik di lebaran ini, jadi bisalah merasakan perasaan warga Jogja kala musim lebaran. Contohnya, ruas jalan utama Kota Jogja itu macetnya pooool!

 

Alhasil aku harus puter otak kalau lagi bersepeda. Mencari celah di antara celah dan jalan tikus yang nggak banyak diketahui pemudik-pemudik itu. Emang bener di saat seperti ini warga kota yang dipadati pemudik harus ikhlas melepaskan kenyamanan kota mereka untuk beberapa waktu ke depan.

 

Susah Cari Makan

Akhirnya Makan Juga
Akhirnya dapet makan juga!

Kalau cuma puasa gowes itu aku bisa tahan sedikit lah. Tapi yang paling diuji adalah puasa makan! Tempat makan di Kota Jogja dimana-mana penuh dengan pemudik. Pikirku kayak nggak ada tempat makan lain aja? Sono gih cari makan di Gunungkidul kek!

 

Itu kejadian habis aku ikutan KopDar bareng anak-anak CahAndong; sama mas Pitra, mas Ully, dan mbak Memeth. Hari sudah malam dan kita mau cari makan. Pertama kita ke Bakmie Terban, disuruh antri 1,5 jam. Kedua kita ke Nasi Bakar Sagan, udah habis! Ke Gerobak Bakmie yang cuma 2 meter dari sana juga sudah habis! Akhirnya kami makan di Nasi Gandul di Jl. Prof. Yohanes.

 

Kami ngobrolin kenapa itu orang Jawa kalau dagang makanan, jatah dagangannya selalu sama entah itu sedang ramai atau sepi. Apa karena filosofi kalau rejeki itu sudah ada yang ngatur dan di dunia kita cuma numut ngombe?

 

Susah Juga Cari Roti

Tapi yang paling aneh bin ajaib itu ya pas aku nyari roti. Kita semua tahu lah kalau gudeg di Jogja itu jelas lebih terkenal dari roti tawar tak bermerk. Ceritanya malam-malam aku laper dan berniat beli roti di Circle-K atau Indomaret. Di hari biasa, itu roti segala jenis stoknya melimpah ruah. Eeeh...ini aku udah marathon keliling Jogja dari Circle-K ke Indomaret kok ya rotinya habis! Terus aku niat ke Mirota, karena toh disana kan pabrik rotinya, tapi kok yaaaa....roti tawarnya juga habis!!! Sial! Kemana ni perginya roti tawar dari Jogja? Alhasil aku harus puasa makan roti tawar selama seminggu dari tanggal 20. Tahu nggak akhirnya aku dapat roti tawar dimana? Di Indomaret Manisrenggo, 8 km di utara Candi Prambanan!

 

Karena itu aku pingin teriak,

 

Kembalikan Jogjaku yang nyaman wahai pemudik!

 

Apa Pembaca sekalian juga kesulitan mencari makan pas musim liburan kemarin?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EM
    avatar 1462
    EM #Rabu, 30 Sep 2009, 22:42 WIB
    Hia, justru makanan melimpah ruah:D

    Eh, jgn salah wis, kutho wates ki masuk jalur pansel!

    O pantes kurus kering, makanne roti tawar. sari roti ndak lewat po? Emang opo merk roti tawarè kok kudu di circle K ato indomaret?
    Sari roti kan ada di Singapur eM? :p

    Disini jarang ada tukang roti lewat. Mirota Bakery tutup n Hero ndak buat roti tawar selama beberapa hari setelah lebaran. Biasanya nyari di Indomaret atao Circle-K nemu roti kok.
  • SINTA
    avatar 1463
    SINTA #Rabu, 30 Sep 2009, 23:34 WIB
    huehehehe...tapi sekarang kayaknya udah aman sentosa, era mudik dah lewat kan?

    salam kenal ^^
    yang jadi nggak aman malah kondisi kantong mbak sekarang ini, hahahaha, salam kenal juga :)
  • COMENX
    avatar 1464
    COMENX #Kamis, 1 Okt 2009, 08:36 WIB
    podo wis, 2 hari pertama makananku junk food semua,..
    karena ang buka waktu itu cuman Padang yang ternyata g lebih murah dari jogja ciken..
    :(
    Tuh kan sesama warga Jogja juga menderita! Hiks...nasib kita sama Menk!
  • TIA
    avatar 1465
    TIA #Kamis, 1 Okt 2009, 10:04 WIB
    weeeh, bagus itu mas kalau kamu malah jadi puasa, tapi puasanya terpaksa tho? hmm..
    Ini puasa karena terpaksa, kalau niat puasa sih lain lagi ceritanya :p
  • ZAM
    avatar 1466
    ZAM #Kamis, 1 Okt 2009, 11:18 WIB
    da yg terlintas. coba cari aqua galon. pasti susah dan langka.. :)
    Ow, kalau aqua Galon saya dah pengalaman dari tahun lalu mas. Udah distok banyak :D

    Tapi tahun lalu makannya belum roti...
  • DEDENIA72
    avatar 1469
    DEDENIA72 #Kamis, 1 Okt 2009, 14:04 WIB
    sebelumnya saya minta maaf karena baru bisa melakukan kunjungan balik dikarenakan mudik lebaran. Karena rumah saya kampung, jadi susah tersambung dengan internet. hehehe..
    tak ada kata terlambat untuk saling silaturahmi dan bermaafan.
    Minal Aidin wal Faidzin.
    mohon maaf lahir dan bathin..
    salam rimba raya lestari..
    Mohon maaf lahir dan batin juga. Welcome to the city! :D
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1473
    ADIPATI KADEMANGAN #Jum'at, 2 Okt 2009, 16:11 WIB
    ya terima saja nasibmu, mungkin lain kali baru bisa dapat
    nunggu tahun depan donk mas?
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1474
    EKA SITUMORANG - SIR #Jum'at, 2 Okt 2009, 17:53 WIB
    Gak sulit tuh...
    dr sebelum lebaran udah stok sayur, ikan and daging
    lalu masak deh! )
    udh tau sulit kenapa gak kreasi sendiri tho bikin makanan?

    btw... kenapa teriak2 ya kembalikan jogjaku????
    Mbok ya toleran dikit.... kami di jakarta tiap hari ngadepin macet lhooooooooo
    Saya dulu pernah kreasi bikin masakan, malah ada yang masakin, tapi itu aaah...masa lalu mbak, hehehe. Maksud saya kembalikan Jogja itu nggak hanya macet, tapi juga kenyamanan hidup terutama soal urusan cari makanan! :D
  • MORISHIGE
    avatar 1475
    MORISHIGE #Jum'at, 2 Okt 2009, 23:47 WIB
    saya pernah sekali lebara di jogja. waktu tahun pertama.

    hari pertama lebaran susah banget nyari makan. untung ada lesehan aneh yang buka siang-siang di barat GSP. tau nggak harga nasi pake ayam goreng? 13 ribu..
    MARK-UP!, semua rata-rata gitu, kasih alasan "harga lebaran". Ga tau pa disana masih ada mahasiswa yang ga pulang kampung? Penyiksaan bener!
  • IES
    avatar 1502
    IES #Selasa, 6 Okt 2009, 11:25 WIB
    aku tidaaaakkk..................
    lebaran waktunya makan besar, kasian sekali dikau kisanak!
    di Jakarta makanan melimpah ruah, jalanan sepi dan udara bersih.. saat nya beraksi jyakakakakak
    Huuuuu...hanya disaat-saat itu saja dirimu bisa merasakan betapa nikmatnya Jakarta Nyai. Aaaah! kembalikan Jogjaku Nyai!!!
  • PAULUS S
    avatar 1508
    PAULUS S #Selasa, 6 Okt 2009, 22:28 WIB
    Itulah penyiksaan bagi orang enggak puasa atau mungkin anda memakai aliran patung sbg tuhan
    Wah masak ya? Ya sekiranya kita kembalikan saja semua niat baik dan perbuatan kita kepada Tuhan YME.
  • PAULUS S
    avatar 1509
    PAULUS S #Selasa, 6 Okt 2009, 22:30 WIB
    kualat bos
    Ah, jangan begitu, semua itu kan ada sisi baiknya juga, berpikir positif saja :)
  • UHA
    avatar 3290
    UHA #Minggu, 19 Sep 2010, 14:08 WIB
    Hmm,, lebaran??? buanyak makanan... hahaha
    di ruahku ndak ada makanan pas tahun 2009 itu >.<