Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 23 September 2009, 05:06 WIB

Akhir-akhir ini banyak yang bilang diriku menyedihkan. Karena nggak pulang kampung. Padahal, kampungku sendiri ya di sini ini. Di Jogja ini. Maksudnya mereka, aku nggak kumpul-kumpul sama orangtua pas lebaran ini.

 

Ada yang bilang diriku ini kurang kasih-sayang. Jadi terlantar (katanya) karena nggak punya pacar. Ada yang bilang diriku nggak usah keras kepala. Disuruh cari kasih-sayang katanya. Hahahaha. Diriku tertawa.

 

Akhir-akhir ini semua orang bereuforia. Bergembira ria. Mau pulang kampung katanya. Mau kumpul sama orangtua katanya. Mau reunian sama teman-teman katanya. Diriku yang nggak apa-apa ini dibilang menyedihkan. Kenapa ya mereka sebut diriku menyedihkan? Ah, mungkin karena aku terlalu banyak menyinggung masalah-masalah itu di muka mereka. Ah, lagipula mereka sendiri yang tanya. Ah, jangan-jangan aku bahas ini aku bisa dibilang tambah menyedihkan? Ya udah deh, nggak jadi bahas ini.

 

Gini aja.

 

Akhir-akhir ini Jogja jadi rame. Rame manusia. Rame kendaraan. Malam lebaran diriku mblusuk laper, cari ganjel perut. Eh, di jalan penuh sama pawai takbiran. Petasan dan merecon bunyi dimana-mana. Jadinya macet deh. Jadinya sebel deh. Tapi kalau dipikir, Winky yang di Belanda atau Mbak Mon yang di Thailand kan nggak ngalami yang kayak gini. Ya udah dinikmatin aja. Eh, di jalan ketemu sama Atik (Geodesi ’04) temen satu proyek. Ngobrol-ngobrol soal kerjaan. Malam lebaran akhirnya lembur proyek deh.

 

Akhir-akhir ini Jogja jadi rame banget. Coba deh lihat di Jl. Malioboro, Jl. Solo, atau Jl. Magelang. Hiiii! Penuh sama benda minum bensin! Kayaknya seluruh Indonesia itu tumpah di Jogja. Mana nih Jogja yang nyaman? Ah, tapi kan cuma akhir-akhir ini aja. Pas musim lebaran aja. Kalau ke Jogja belum afdol kalau belum ke Malioboro, belum makan gudeg, belum ke Kaliurang, belum ke Prambanan, belum ke Borobudur.

 

Pawai Takbiran Yogyakarta tahun 2009
Pawai Takbiran di Kota Jogja.

 

Eh, tahu nggak aku dari tadi bicarain apa?

 

Akhir-akhir ini. Itu euforia kawan. Karena lebaran aja orang-orang jadi pulang kampung, jadi minta maaf, jadi bikin penuh Jogja. Setelah itu? Seakan melupakan semua-semuanya. Seakan lupa kalau punya dosa. Ya karena akhir-akhir ini aja semua jadi kayak gini. Pertanyaannya kalau setiap hari seperti ini kayak gimana? Karena itu aku nggak pulang kampung. Aku anggap hari lebaran itu hari biasa. nggak ada aturan "karena lebaran maka...". Kalau di hari ini kita minta maaf dan besok sudah bikin dosa lagi?

 

Karena itu anggap aja hari lebaran hari biasa.

 

Kemarin, sekarang, atau besok kita minta maaf lagi, kembali fitri lagi.

 

Kemarin, sekarang, atau besok kita puasa lagi, menahan diri lagi.

 

Jadi nggak ada itu aturan "Akhir-akhir ini..."

 

Perlahan, kita mulai kehilangan makna kesakralan hidup...


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TIA
    avatar 1419
    TIA #Rabu, 23 Sep 2009, 11:09 WIB
    halloo..!!
    siapa bilang kamu menyedihkan?? nggak ah!
    akhir2 ini, aku malah dimarahin terus, hehehe,
    bensin satu liter 4500, tapi kalo yang dikasih bensin aku jadinya satu liter 5000, hohoho.
    kamu juga yang bandel sih! Bensinmu 1 liter 5000, tapi boros, masak Jogja-Bantul aja 5000?
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1421
    EKA SITUMORANG - SIR #Rabu, 23 Sep 2009, 11:52 WIB
    Pathetic or not is juz a perspective, the same like what u said about the meaning of Lebaran.

    Nah, kapan ya lu bisa mulai bantuin gue? )
    Proyek kita ituuuu lho hhehehhe
    aih aih aih, itu orang-orang memang bilang saya menyedihkan walau saya ndak berpikir seperti itu.

    Ayo mbak kita mulai aja proyeknya! YM saya klo udah siap :D
  • EKA
    avatar 1422
    EKA #Rabu, 23 Sep 2009, 20:13 WIB
    losin the sacred feeling?

    then, start feeling one by ourselves.

    btw, aku kok g bisa komen t4 yacob yak?
    invalid code mulu..
    msak invalid code? coba di-refresh codenya.
  • EM
    avatar 1425
    EM #Rabu, 23 Sep 2009, 22:06 WIB
    pantesan durung sungkem ma ortu!

    Lebaran kan ga hanya buat maaf2an, tp jg tuk ngaruhke kabar sedulur, kapan lg bs lbh kenal/ketemu sedulur klo ndak pas syawalan trah?
    ya iyalah kan diriku dah cerita klo aq ndak mudik? Ah, kenal sedulur, kan bisa dateng silaturahmi, S-E-N-D-I-R-I, tanpa mesti jadi pajangan orangtua. :D
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1427
    SAMSUL ARIFIN #Kamis, 24 Sep 2009, 15:33 WIB
    aku ga mau bilang,
    "wisna menyedihkan deh"
    tapi:
    "wisna menggelikan deh"
    hehehe
    ckckck...Ipin...Ipin...
  • ZAM
    avatar 1432
    ZAM #Kamis, 24 Sep 2009, 22:49 WIB
    Makanya, pergilah merantau, biar tau rasanya pulang kampung.. Ha ha ha!!
    Ini rantau mas, diriku di Jogja, padahal KTP Jancukarta. Piye?
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1438
    GANDI WIBOWO #Jum'at, 25 Sep 2009, 23:09 WIB
    setuju mas... Lebaran itu hari biasa kok.. cuma bedanya ada shalat ied-nya.
    sama ketupat dan opor ayamnya!
  • SRIYONO SEMARANG
    avatar 4247
    SRIYONO SEMARANG #Minggu, 25 Sep 2011, 04:57 WIB
    mengapa banyak blogger yang jomblo sih?
    kata temen, yang nggak jomblo pada nggak sempet update blognya... :D
    yg nggak jomblo kan sudah disibukkan dengan calon pendamping hidup :p