Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 18 September 2009, 22:08 WIB

Bulan ini bulan puasa, bulan Ramadhan, yang artinya kirim kartu lebaran! Aku masih seneng ngirim kartu lebaran lewat pos. Tapi jumlahnya nggak banyak. Karena (memang) mahal di ongkos beli kartu. Yang penting Pak Pos masih dapat amanah dariku tiap tahun. Terima kasih ya Pak Pos!

 

Dari dulu sampai sekarang, aku hobi bikin prakarya. Digaris, digunting, dilem. Pokoknya rumah jadi kotor sama kertas. Buat menghemat biaya, tahun ini aku bikin kartu lebaran sendiri. Toh aku hobi motret, jadi punya banyak stok foto (yang menurutku) bagus. Setelah disortir, dapet 5 foto, yang artinya jadi 5 kartu. Fotonya aku cetak ukuran 4R itu 10.4cm x 15.2 cm. Tempat cetaknya di Artha Digital, ongkosnya 1 lembar Rp1.100, itu karena aku jadi Gold Member. Tunggu 2 jam, jadi deh.

 

Terus aku pergi ke Swalayan Koperasi Mahasiswa UGM. Beli bahan baku kertas, lem, pena, dll dengan harga mahasiswa. Ketok sana-ketok sini, jadilah kartu lebaran! Aku juga mesti buat amplopnya. Selesai deh! Tinggal diposkan ke kantor pos! Aku milih kantor pos di deket kampus UGM. Aku pingin memposkan pakai perangko. Jadi aku ngobrol sama Pak Pos yang ada di loket perangko. Kebetulan hari itu sepi.

 

Aku : Pak aku mau beli perangko buat ngirim kartu pos.
Pak Pos : Coba sini mas suratnya. *ditimbang*. Ini pakai perangko Rp1.500 aja mas.
Aku : Lho? Kenapa pakai yang Rp1.500 Pak?
Pak Pos : Karena beratnya cuma 0.18 gram. Kalau beratnya kurang dari 0.25 gram, di dalam kota Rp1.000 kalau keluar kota Rp1.500.
Aku : Kalau aku pakai perangko lebih dari Rp1.500 gimana Pak?
Pak Pos : Ya nggak apa-apa mas, nanti lebih cepat aja suratnya dateng. Kalau biasanya 10 hari, bisa 5 hari datengnya.
Aku : Jadi kalau aku pakai perangko Rp10.000 besok suratnya bisa langsung dateng?
Pak Pos : Kalau itu mending pakai Kilat Khusus aja mas. Itu nanti nggak pakai perangko, tapi dikasih kuitansi, bisa dilacak juga suratnya dah sampai mana.
Aku : Hooo, terus buat apa ada perangko yang nominalnya sampai Rp20.000 an Pak?
Pak Pos : Itu kalau mau ngirim surat ke Papua misalnya dan beratnya hampir 1 kg, *kasih lihat tabel daftar harga*
Aku : Hooo, terus kalau misalnya aku ngirim surat terus biaya perangkonya kurang gimana Pak?
Pak Pos : Ya, nggak sampai tujuan mas, nanti masnya bakal dikirim peringatan sama Kantor Pos kalau biaya perangkonya kurang.

 

 

Ya udah deh, aku beli aja perangko Rp1.500 sejumlah yang aku butuhkan. Aku tempel perangko pakai lem. Bukan dijilat, karena aku puasa, ntar perangkonya malah kemakan . Masukin ke kotak pos. Selesai. Tinggal tunggu konfirmasi dari temen-temen.

 

Apa Pembaca juga mengirim kartu lebaran pakai pos yang ditempel perangko?

 

Agak Serupa...
Jujur, artikel ini topiknya hampir sama kayak artikelnya mbak dokter Vicky. Tapi bukan berati aku bermaksud niru loh. Mungkin kebetulan kita punya topik sama.

NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ZAM
    avatar 1412
    ZAM #Sabtu, 19 Sep 2009, 15:02 WIB
    ndak heran hobi filateli itu mahal..

    perangko makin langka!
    Perangko ndak langka mas, cuma harganya aja mahal!
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1413
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 19 Sep 2009, 19:52 WIB
    Wakakaka saya gak pernah ngirim kartu lebaran via pos.. dari jaman SD mikirnya, cuma ngucapin selamat Idul Fitri aja mahal2... Jadi kebiasaan sampe sekarang gak pernah ngirimi kartu lebaran.

    BTW selamat idul fitri ya mas, semoga Allah nerima pahala, dan puasanya.. Allahuma aamiin
    Sama-sama mas Gandi Minal Aidzin wal Faidzin, kalau drimu ngasih alamat rumah, ntar tak kirim wes kartu lebarannya
  • ANDREAS
    avatar 1418
    ANDREAS #Rabu, 23 Sep 2009, 00:20 WIB
    aku ada tuh koleksi perangko dari 2001-2008 tapi belum full. lumayan mahal rentangnya dari rp 500 mpe rp 20.000.
    lha? dirimu kok malah buka bursa filateli disini?
  • TIA
    avatar 1420
    TIA #Rabu, 23 Sep 2009, 11:27 WIB
    tempatku ga ada perangkonyaaa...
    mana2 perangkonya?
    ga ada alamat tujuannya pula, kok bisa nyampe ya? aneh.. he3
    mohon maaf lahir dan batin :D
    iya itu aku juga bingung, tiba-tiba kartunya ilang gitu aja, mohon maaf juga lahir dan batin...
  • EM
    avatar 1424
    EM #Rabu, 23 Sep 2009, 22:01 WIB
    Hua, comment tadi siangku kok takmuncul!

    Yang pasti wisna kapok kirim kartu lebaran ke alamat rumahku :p, lha temenku yg kirim paket lebaran aj ndak nyampe! Pdhl punya kalian udah takcek mpe kelurahan!

    Btw ada yg mo tukeran prangko dg saya? Lumayan jadul prangko2 saya, wong sjk kls 3SD
    Dirimu komen apa tadi siang mbak eM?

    Rumahmu ndeso sih, walo deket ma jalan raya. Lha??? Ini juga malah buka bursa filateli!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1428
    SAMSUL ARIFIN #Kamis, 24 Sep 2009, 15:38 WIB
    lha aku dikirimi lagi ga, wis?
    yang dulu ga nyampe soalnya. :P
    kamu cukup SMS lebaran aja Pin, walau saya ndak inget ngirim ke kamu apa nggak. :p
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1436
    GANDI WIBOWO #Jum'at, 25 Sep 2009, 23:02 WIB
    Wah.. saya blom punya rumah mas, masih numpang sama ibu kos :P
    klo gitu alamat ibu kosnya juga ndak apa-apa kok :D
  • EM
    avatar 1452
    EM #Selasa, 29 Sep 2009, 13:48 WIB
    Ayuk dre tukeran prangko!

    Btw wis,...ngumpulin prangko bekas belum bisa disebut filateli...!

    Makane kartu ucapannya dianter langsung ke rumah =p
    wah ndak bener ni, kalian malah melakukan transaksi di blogku inih :D

    Ongkos anter langsung ke Kalibawang yg jelas ndak seharga perangko Rp 1500 lho Ma!
  • EM
    avatar 1453
    EM #Selasa, 29 Sep 2009, 13:52 WIB
    Wis sakjane fotomu tuh bisa dijadiin kartu pos!
    Lha iya ya, tapi diriku ndak tau mesti dikirim kemana. Dirimu tau kah?
  • UUN
    avatar 1470
    UUN #Kamis, 1 Okt 2009, 15:36 WIB
    aku ko ga dikirimi ?
    Emang saya dikasih alamat rumahnya mbak Uun ya? :D
  • ARIE
    avatar 1515
    ARIE #Kamis, 8 Okt 2009, 16:23 WIB
    maw......taon bsok kirimi kartu ucapannya ya....n prangkonya gambar foto presiden SBY......(aku cari g ada, sapa tau kalo dirimu yang cari ada, an buat koleksi)
    Waduh! Perangko SBY emang ada ya? Tanya Kantor Pos terdekat dulu deh.
  • JEFFERSON
    avatar 1588
    JEFFERSON #Rabu, 21 Okt 2009, 06:15 WIB
    banyak komunitas yg koleksi prangko, surat, dan postcard...
    http://jefferson-stamp.blogspot.com/
    weh! ada situs penggemar perangko juga toh :D
  • ANDREAS
    avatar 1643
    ANDREAS #Kamis, 29 Okt 2009, 15:19 WIB
    ho2 sori jadi bursa prangko. klo ada yang m tukeran prangko m aku boloeh lho, tapi punyaku seri baru smua. thengkyu.
    Monggo...
  • OLING
    avatar 2923
    OLING #Kamis, 1 Jul 2010, 18:04 WIB
    wahh.. mantap nih hoby filately
    ndak juga e, cuma seneng ngirim kartu pos aja :)
  • ANI DASADIM
    avatar 3828
    ANI DASADIM #Jum'at, 29 Apr 2011, 11:28 WIB
    senengnya .......yang gemar mengirim kartu pos.....jadii filatelis sejati yah? pegawai pos juga baik menjelaskannya. salam filatelis
    Hehehe, saya belum menggemari filateli :p
  • EM
    avatar 10445
    EM #Kamis, 8 Des 2016, 05:30 WIB
    Isih ngirim kartupos ra Wij?
    Coba kirim lagi ke rumahku :D