Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 5 Agustus 2009, 06:30 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Ada pepatah yang berbunyi, "Manusia itu banyak belajar dari pengalaman" dan memang itu benar karena toh kita nggak mau dianggap sama seperti keledai karena "hanya keledai yang terperosok dua kali di lubang yang sama".

 

Pengalaman yang baik, yang bikin hati kita senang, biasanya membuat kita lupa diri. Tapi pengalaman buruk, yang sering bikin kita senewen, biasanya jadi pengalaman yang mendewasakan kita.

 

Dalam setiap kegiatan blusukan, di situ ada banyak pengalaman yang bisa dipetik. Dari mulai kesasar memilih jalan, sampai berinteraksi dengan orang-orang baru. Itu juga yang jadi salah satu alasan kenapa aku suka blusukan ya karena dapat banyak pengalaman. Yah, masih mending daripada hanya berdiam diri di dalam kamar toh?

 

Blusukan itu punya dua tahapan. Pembaca pasti tahu, yaitu pergi dan pulang. Bagaimana cara kita pergi dan bagaimana cara kita pulang jelas beragam. Untuk jarak dekat atau untuk menghemat biaya, berjalan kaki adalah pilihan yang umum. Kalau jaraknya jauh, biasanya ya memakai kendaraan. Tapi entah kenapa, perkara pulang itu lebih susah dibandingkan saat pergi.

 

Pengalaman mobil mendadak mogok
Pilihannya cuma dua; Maju mendaki tanjakan ekstrim atau balik arah!

 

Dan memang itu yang terjadi pada saat aku, Andreas, dan Agatha bertualang di kabupaten Karanganyar hari Kamis (30/7/2009) lalu. Mobil yang kami kendarai mogok saat kembali dari Candi Sukuh. Mungkin mogok karena kepayahan mendaki tanjakan ekstrim. Doh!

 

Apa yang mesti dilakukan pada saat ini adalah tetap tenang dan mencoba memperbaiki keadaan. Terus terang kalau mau panik juga bisa, karena jarak Candi Sukuh-Jogja itu sekitar 140 km dan hari sudah sore.

 

Singkat cerita, mobil berhasil sembuh dari mogok setelah aku memanggil montir terdekat. Ongkos yang kukeluarkan "hanya" Rp38.000. Kenapa aku bilang "hanya", itu karena ongkos yang kukeluarkan nggak sebanding dengan pengalaman yang aku dapatkan. Jarang-jarang kan dapat pengalaman mobil mogok di Karanganyar. Apalagi setelah itu aku jadi tahu sedikit seluk-beluk mesin. Tapi sebenernya setelah mobil bisa melaju, kami masih berhak panik sebab indikator bensin sudah menyala merah. Tanda bensin minta diisi. Kami ketemu SPBU yang masih beroperasi dengan jarak sekitar 20 km dari Candi Sukuh. Tapi sepanjang perjalanan bisa menghemat bensin karena jalanan yang menurun.

 

Mengatasi mobil yang mendadak mogok
Berjasa sekali peranmu, walau di akhir-akhir kamu mesti kelelahan. Makasih!

 

Blusukan kali ini yang memakan waktu hampir 15 jam, benar-benar memberikan pengalaman tersendiri. Semoga kelak kami bisa belajar dari pengalaman kami ini.

 

  1. Candi itu tempat ibadah, jadi sekiranya kami harus menjaga tata-krama mulut sewaktu mengunjungi candi.
  2. Blusukan harus dengan kelengkapan yang komplit. Termasuk di antaranya isi bensin dan isi perut.
  3. Sejauh apa kau kan melangkah? Karena niat akan mengantarkanmu sejauh apa kau hendak pergi.

 

 

Terima Kasih...
Untuk Agatha yang terombang-ambing di jok belakang dan Andreas yang jadi ceriwis biar aku nggak ngantuk nyetir malam hari.

 

Ban Motor...
Jadi inget Radit, setiap kali pergi bertualang bareng dia selalu aja ban motornya bocor.

 

Pembaca punya pengalaman dengan kendaraan mogok juga?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VINNA
    avatar 1106
    VINNA #Selasa, 4 Ags 2009, 06:23 WIB
    kebiasaannn.. trip magelang kasusnya hmpir sm jg kan? indikator bensin yg bikin aku jd panik buat nyuruh km nyari SPBU.. ckckck..
    errr...ada sensari tersendiri kalau ada kepanikan, bikin seru deh, he3
  • KANGBOED
    avatar 1115
    KANGBOED #Selasa, 4 Ags 2009, 12:51 WIB
    Salam CINTA DAMAI dan KASIH SAYANG..

    Tak kirain dengan uang segitu bisa jalan jalan jauh begono yaaaaaaa
    Wah, sayangnya ndak tuh Kang, :)
  • NUR
    avatar 1107
    NUR #Rabu, 5 Ags 2009, 13:17 WIB
    He?! Kalo nur pas ngluyur malah lebih susah berangkatnya. Mesti liat peta dulu, nyari2 informasi. Kalo balik kan tinggal ngikutin jalan yang tadi... :P
    Kalau baliknya pas malem itu yang repot, soalnya kan ndak bisa lihat jalan pergi :)
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1110
    EKA SITUMORANG - SIR #Rabu, 5 Ags 2009, 15:37 WIB
    15 jam????

    Haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa????

    OMG !


    btw... kalo mo jalan jauh.. bensin diisi full tank lah
    biar gak H2C alias harap2harap cemas gitu...
    15 Jam lama kan mbak? Tapi lebih lama Jakarta - Malang siy :p

    Bensin diisi sedikit maksud biar irit mbak, hehehe
  • ANDREAS
    avatar 1113
    ANDREAS #Kamis, 6 Ags 2009, 15:19 WIB
    hoi ada yang kurang. kameraku juga ngadat pas motret di sukuh ditambah kamera wisna kehabisan baterai dan agatha pulang kemalaman. yah, klo gak begitu gak seru..jadi biasa aja..
    Terima kasih sudah melengkapi, hahahah, bener-bener kena kutuk kita bertiga hari itu!
  • SUWUNG
    avatar 1143
    SUWUNG #Selasa, 11 Ags 2009, 07:35 WIB
    kapan aku dijak blusuk?
    Udah kembali dari Ponorogo dan mampir ke Jogja belum mbah?
  • YUSTHA TT
    avatar 1168
    YUSTHA TT #Kamis, 13 Ags 2009, 16:35 WIB
    Mantabh!
    Tapi di situ serunya petualangan: ada deg2annya...
    hehehehe.....

    Salam buat mobilnya ya...
    dia pasti lebih senam jantung tu gara2 bensinnya mo habis... (emang mobil punya jantung ya??? :D)
    Mobilnya akhirnya mogok lagi mbak di Klaten, tapi dua minggu setelah kejadian naas ini. Masuk bengkel deh! Udah kecapean kali ya?