Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 24 Juli 2009, 08:16 WIB

Orang barat punya istilah I Hate Monday, yang artinya aku benci hari Senin. Kok bisa? Lha wong hari Senin itu kan hari pertama masuk kerja, dari hari sebelumnya hari libur, Minggu. Nah, suatu ketika aku terlibat di dalam obrolan bareng keluargaku. Hari apa yang aku nggak suka, dan aku jawab singkat dengan menyebut Jum’at.

 

Mau tau alasanku kenapa aku nggak suka hari Jum’at? Karena hari Jum’at itu setengah hari. Kenapa bisa cuma setengah hari? Karena ada ibadah Salat Jum’at. Kalau aku bilang aku benci Salat Jum’at, bisa jadi aku langsung dicap kafir-pembangkang agama oleh manusia-manusia beriman itu. Bukan aku benci Salat Jum’at, tapi aku nggak suka hari Jum’at karena ada Salat Jum’at. Seandainya hari Selasa ada Salat Selasa, itu mungkin lain cerita.

 

Aku tahu dan paham kalau Ibadah Salat Jum’at itu wajib hukumnya bagi kaum muslim, terutama yang pria. Beda dengan Salat Dzuhur yang "toleran" batas waktu pengerjaannya, Salat Jum’at mesti dilakukan tepat waktu dan berjamaah pula. Karena itu nggak salah kalau hari Jum’at dicap sebagai hari beribadah. Jadi, sebaiknya urusan dunia dikesampingkan dulu kalau itu menyangkut hari Jum’at.

 


 

Tapi ternyata urusan dunia bisa datang nggak pandang hari. Terutama kalau menyangkut urusan pergi-keluar rumah. Aku pernah kejadian nggak Salat Jum’at karena sedang terjebak dalam kondisi nggak memungkinkan di luar rumah. Itu lolos Salat Jum’at bikin perasaan jadi jengkeel banget. Kenapa bisa semudah itu lolos Salat Jum’at dan kenapa bisa di hari Jum’at ada Salat Jum’at? Uuups...yang terakhir itu nggak usah diperdebatkan deh.

 

Karena itu hindarilah berpergian jauh keluar rumah pada jam 10.00 – 11.00 di hari Jum’at. Itu kalau kita nggak kepingin kejadian Salat Jum’at dengan kondisi yang nggak menyenangkan. Kalau misalnya terpaksa melakukan perjalanan jauh, ya dikerjakan mulai dari pagi hari. Yang penting pas Salat Jum’at yang mulai sekitar jam 12.00 itu kita sudah siap.

 

Tapi lagi-lagi, manusia hanya bisa berencana. Karena rencana yang disusun dengan jadwal pagi hari bisa molooor sampai nyaris tengah hari. Kalau begini mau-nggak-mau rencana harus menunggu Salat Jum’at selesai. Kalau diriku, kasus ini sering terjadi pas melaksanakan perjalanan jauh, puluhan kilometer.

 

Memang ada yang bilang Salat Jum’at itu kalau terpaksa banget nggak bisa dikerjakan bisa diganti Salat Dzuhur. Tapi juga ada yang bilang kalau alasan "terpaksa banget nggak bisa" itu cuma akal-akalan egonya manusia aja. Jadi, mau-nggak-mau Salat Jum’at wajib dikerjakan, tanpa kecuali. Terserahlah, ada dua pihak yang berseteru, beda pendapat. Tapi yang jelas itu udah bikin aku segan untuk berpergian jauh di hari Jum’at. Juga bukan berarti aku kepingin pindah keyakinan.

 


 

Di hari ini. Di hari Jum’at ada masalah lagi. Mendadak harus pergi jauh. Padahal hampir tengah hari. Harus nunggu Salat Jum’at. Duh, Gusti Allah, kenapa sih selalu di hari Jum’at? Uuups...nggak sepantasnya aku ngeluh, toh ini hari Jum’at. Semoga manusia bisa menahan egonya, khusus di hari Jum’at.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • NENG..KU...
    avatar 1030
    NENG..KU... #Jum'at, 24 Jul 2009, 14:04 WIB
    heeeheee...jangan suka ngeluh mas...

    engkau tak suka jumat...????
    diriku mlh suka jumat...!!!

    engkau bilang hr jumat setengah hari!!!
    diriku mlh bilang, hari jumat hari yng pnjng...!!

    hehee.....
    i2 krn drku tak wjb shalat jumat!!perempuan githuu...klau hari bisanya rehatna cuman dari jam 12 - 1, eh..pas jmat bisa dr jam 11-1..hehehe...seneng toooh....

    mslh bepergian di hari jumat?? kan bisa jumatan di jalan mas...kan banyak masjid...simple toooh...

    hehe...apa coba!!!
    Saya ndak ngeluh, cuma saya sebel aja klo hari Jum'at mesti mblusuk. Yang enak sih Shalat Jum'at nya pas sampai di tempat tujuan. Tapi sekali lagi, sebel kalau mesti keluar rumah jam 10.00 - 11.00 di hari Jum'at.
  • WINKY
    avatar 1031
    WINKY #Jum'at, 24 Jul 2009, 14:05 WIB
    kenapa sih selalu di hari Jum’at?

    mungkin Tuhan sengaja Wis..hehehe...inget kejadian orang2 Yahudi yg dilarang mencari ikan di hari sabtu tapi akhirnya dilanggar kan ada di al-quran tu....tampaknya dikau perlu membaca itu deh..hehehe
    Itu aku tau klo yang cerita Yahudi itu. Tapi wong namanya urusan manusia kan hanya bisa direncanakan, terpaksa pergi di hari Jum'at itu juga kehendak-Nya toh? Tapi ya kenapa hari Jum'at dan kenapa ingat lagi masalah kita itu...
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1032
    SAMSUL ARIFIN #Jum'at, 24 Jul 2009, 15:17 WIB
    aku itu justru suka hari jumat karena ada shalat jumat.
    Pin, tulisan yang dicetak biru itu khusus buatmu :)
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1036
    ADIPATI KADEMANGAN #Jum'at, 24 Jul 2009, 17:06 WIB
    Pergi jauhnya naik apa mas? naik pesawat, bis, angkot, mobil pribadi, motor atau digendong?
    Kalau pilihannya ada pada 3 yang terakhir masih bisa dicarikan masjid di pinggir jalan.
    Pada 3 yang terakhir itu aku setuju, tapi gimana klo pilihannya naik pesawat tapi nggak shalat Jum'at atau menunggu pesawat lain tapi bisa Shalat Jum'at?
  • TIA
    avatar 1037
    TIA #Jum'at, 24 Jul 2009, 17:59 WIB
    hari jumat ini aku pulangnya sedikit lebih cepat,
    seneng, jadi kan bisa ngenet mas wijna :D.
    Yeee ngenet! Katanya mo jalan-jalan? Piye to?
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1046
    GANDI WIBOWO #Minggu, 26 Jul 2009, 06:01 WIB
    Seharusnya kita libur hari jumat, biar lebih pas kali ya mas :D
    Bukan masalah liburnya, tapi masalah dapet tugas mendadak (bisa ndak terkait dgn pekerjaan) yang mengharuskan berpergian di hari Jum'at menjelang tengah hari. Hehehe.
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1048
    GANDI WIBOWO #Minggu, 26 Jul 2009, 07:05 WIB
    Wah... kayaknya baru kali ini cepet dibales Commentnya :D

    BTW ya itu dia mas.. Kalo bukan kerjaan kan masih lebih mudah di tolak...

    Kalo saya biasanya langsung meliburkan diri setiap jumat pagi :D... Paling2 cuma nyuci baju aja.
    Masak balesnya cepet ? :) Lebih mudah ditolak gimana? Kalau:

    1. Disuruh njemput orang jarak 60 km dr Jogja jam 12 siang.
    2. Ngantri berobat di rumah sakit, jam 11.30 siang masih nunggu 10 pasien lagi.

    Piye? Kerjaan bukan itu? :)
  • FIAHZHAPIRA
    avatar 1050
    FIAHZHAPIRA #Minggu, 26 Jul 2009, 14:31 WIB
    weleh...klw disuruh jemput orang jam 12 yang jarak tempatnya 60 km dari Jogja, mending nyolat dulu mas!!! kan jumatannya ntar lagi...bilang saja ke org yang mau di jemput kalo kitanya telat soalna mo jumtan duluuuu...weheheh....!!!
    hmmm...boleh juga, mengingat ini di Jogja dan bukan di Jakarta yang bakal macet klo ga segera berangkat. Tapi kalau yang no.2 itu gimana?
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1063
    EKA SITUMORANG - SIR #Senin, 27 Jul 2009, 17:29 WIB
    Jadiii? Akhirnya bisa shalat Jumat dgn nyaman ga?
    Nyaman sih nyaman mbak, tapi ndak mau kejadian serupa terulang lagiii...hehehe
  • FIAHZHAPHIRA
    avatar 1064
    FIAHZHAPHIRA #Senin, 27 Jul 2009, 19:59 WIB
    no 2????
    kabuuuur saaaajaaa..mas!!!wekekek...
    kabur? bisa-bisa di tengah jalan dirimu semaput karena sakitnya tambah parah lho.
  • NUR
    avatar 1074
    NUR #Selasa, 28 Jul 2009, 07:00 WIB
    Wah, kalo nur malah iri sama laki-laki yang punya kewajiban sholat jumat. Paling enggak sekali dlm seminggu, mereka pasti "diingatkan". Sementara pegawai wanita kalo hari jumat malah kesempatan buat kluyuran ga jelas ke mall dsb :P

    Yang no.2...kalo berobat tuh dokternya juga istirahat jumatan dulu ga siy?! jadi kan percuma juga tetep ngantri... hehehe ^-^v
    Lho bukankah kebebasan itu sekaligus juga merupakan peringatan agar ndak kebablasan? Bebas ke Mall bukan berati bebas juga ibadahnya kan? hehehe.

    Kalau yang berobat orang-orang yang udah sakit parah gimana? Bingung juga nih!
  • 3O
    avatar 1164
    3O #Kamis, 13 Ags 2009, 09:49 WIB
    Jgn sedih dgn hari Jumat jika sedang bepergian.
    Sholat Jumat khan sholat khusus di hari Jumat, dan waktunya khan "fii yaumil Jumah..", sepanjang hari Jumat.
    Diusahakan berjamaah...tapi kalo ndak bisa ya sendiri. Bukankah Sholat Jumat itu hukumnya wajib ?

    Anda harusnya bersyukur karena mempunyai warna dan cerita di hari Jumat, sedangkan teman yg lain ya cuma gitu2 aja.

    Syukurin aja.
    ya disyukuri tapi kalau mau diulangi lagi saya pikir-pikir lagi deh, :)