Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 7 Juni 2009, 09:22 WIB

Di pagi hari ini (7/6/2009), aku kebetulan menyempatkan diri berjalan-jalan di Kompleks Blogosphere Indah dan sempat mampir di rumah mbak guru Eka. Eh nggak disangka, di rumahnya aku malah dikasih hadiah.

 

Yang demikian itu, aku ucapkan terima kasih buat mbak guru. Tapi kenapa aku yang dikasih hadiah? Padahal aku belum lama bersua ke rumah mbak Eka lho?

 

Nah, sebagai balasan atas kebaikan hadiah pemberian dari Mbak Eka, ini aku buat artikel instan walau nggak seinstan mie instan sesuai dengan petunjuk yang ada di hadiah itu.

 

Buat mbak guru Eka dan semua pembaca blog Maw Mblusuk? yang belum tahu atau mungkin kepingin tahu (lagi) awal mula rentetan artikel-artikel nggak berbobot ini bisa tayang di jagat maya, ini aku mau cerita sedikit asal-muasal semua ini bisa terjadi.

 

Semua bermula di awal-awal masa perkuliahan semester 3, di bulan September tahun 2005. Saat itu, aku khilaf menghina habis-habisan website Himpunan Mahasiswa Matematika (disingkat Himatika) UGM. Lha ya masak website himpunan terkesan ala kadarnya sih?

 


Website Himatika UGM karya Mas Zaki dan Mas Ikhwan.

 

Para juru kunci website Himatika yang bernama Mas Zaki dan Mas Ikhwan pun tidak berdiam diri mendengar protesku itu. Mereka "menantang" aku untuk membuat website Himatika menjadi bagus seperti yang aku kehendaki.

 

Kagetlah aku! Karena di zaman itu aku masih awam banget perkara membuat website. Alhasil, mau nggak mau aku mesti belajar. Pada saat proses belajar itulah aku butuh semacam website yang bisa aku pakai sebagai kelinci percobaan. Singkat cerita, website wijna.web.ugm.ac.id pun lahir dan aku fungsikan sebagai kelinci percobaan. Kemudian, pada era kepengurusan Himatika berikutnya, aku ditunjuk sebagai juru kunci website Himatika menggantikan Mas Zaki dan Mas Ikhwan.

 


Website Himatika UGM karyaku. Tampilannya lebih ceria dan bisa diganti-ganti.

 

Dari tahun 2005 sampai tahun 2006, bisa dibilang hampir setiap saat aku belajar ilmu pembuatan website, semisal bahasa PHP, database MySQL, dan juga CSS. Hasilnya cukup membanggakan. Website Himatika UGM bisa berdiri kokoh dan menarik banyak orang untuk berkunjung.

 

Di lain pihak, website wijna.web.ugm.ac.id pun juga turut berkembang. Selain sebagai kelinci percobaan, di website tersebut aku juga menerbitkan artikel-artikel yang bersebrangan dengan artikel yang aku terbitkan di website Himatika UGM.

 


Sekadar nostalgia, inilah tampilan awal blog di wijna.web.ugm.ac.id.

 

Aku ini kan orangnya doyan mengkritik dan melampiaskan emosi dengan menulis . Jadi ya, sebagian besar artikel di website wijna.web.ugm.ac.id adalah seputar keluhan-keluhanku tentang Himatika UGM. Tapi, seiring dengan bertambah dewasanya aku (itu katanya orang-orang sih ), artikel-artikel bertopik keluhan menjadi berkurang dan berganti dengan artikel seputar hobiku, semisal jalan-jalan, fotografi, dan candi-candi. Ya, seperti yang Pembaca bisa lihat saat ini lah.

 

Buat aku yang sedari kecil hobinya membaca (entah sudah berapa banyak halaman novel yang aku lahap), menulis adalah suatu kegiatan yang mengasyikkan! Ada sensasi yang rasanya gimanaaa gitu ketika jari-jemari mulai menekan tuts-tuts keyboard (belum bisa ngetik 10 jari ) dan menuangkan isi pikiran ke dalam kalimat.

 

Aku sendiri nggak minat mengejar popularitas PageRank atau Alexa. Ya seumpama jadi terkenal ya Alhamdulillah.

 

Pada intinya aku ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada warga jagat maya. Terutama tentang hal-hal yang luput dari pengamatan kita sehari-hari. Meskipun juga nggak bisa dipungkiri bahwa aku masih harus banyak-banyak-banyak belajar dari tetangga Kompleks Blogosphere Indah. Soalnya ya masih ada juga pembaca yang mengeluh ke aku perkara gaya bahasaku yang berubah-ubah. Kadang puitis, kadang formal, dan seringnya nggak nyambung, hahaha .

 

Menulis buat aku adalah sebagai sarana berkaca untuk diri kita sendiri.

 

 

Tanggal 7 Juni 2009...
Kalau tidak salah ada yang berulang tahun di tanggal ini. Kalau iya, aku ucapkan selamat kepada kisanak, semoga kita bisa memupuk hubungan tanpa adu urat.

NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 667
    SAMSUL ARIFIN #Minggu, 7 Jun 2009, 11:28 WIB
    emang, kamu itu, selain suka mengkritik [tanpa mau dikritik sepertinya], juga suka nampar aku sembarangan. untung pipi kananku udah sedikit kebal. "D

    btw, siapa yang sedang ulang tahun saat ini, wis?
    peraaanku ga enak.
    SOal tampar-menampar itu kan aku diajari oleh Gunawan dan memang pipimu itu enak buat ditampar. he3. Itu sepenuhnya perasaanmu aja Pin.
  • ZAM
    avatar 670
    ZAM #Minggu, 7 Jun 2009, 22:21 WIB
    hahaha.. baca-baca artikel lama emang sering bikin ngakak! hehehe
    Masa lalu yang patut dikenang he3...
  • THEPENKS
    avatar 706
    THEPENKS #Minggu, 14 Jun 2009, 09:47 WIB
    ijin mblusuk-mblusuk mas...
    monggo...
  • GUNAWAN
    avatar 738
    GUNAWAN #Rabu, 17 Jun 2009, 14:58 WIB
    Wah,, bawa - bawa nama orang lagi... gak banget sih wis.... Lu lagi nulis apaan sih diatas?? Mblusukin apaan lu? Hmmm, kayaknya wisna yang sekarang dah jauh lebih baik dari wisna yang dulu sering gw tampar ya.... :) diikhlasin aja lah wis kalo dulu gw sering nampar pipi lu...okeh
    Beh!!! Gw baru sadar ini orang Zimbabwe yang udah komen. Wekekekek! Soal tampar-menampar, gw sekarang jadi suka nampar Ipin Gun. Itu dosa elu yang nanggung yah, kan elu yang ngajarin gw. :p