Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 20 Agustus 2008, 06:46 WIB

Apa yang spesial dari kelas 4? Menurut penuturan guru-guru SD, kelas 4 merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi remaja. Untuk itu, kami para mahasiswa KKN harus maklum apabila kelas 4 merupakan kelas yang tergolong "aktif".

 

Khususnya kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul yang didaulat sebagai kelas yang "SANGAT aktif". Kelas ini hampir menyita perhatian setengah dari personil Unit 80. Apalagi kalau bukan karena upaya yang kami kerahkan untuk menaklukkan “keaktifan” kelas yang sering kami padankan dengan “kandang” ini.

 

siswa-siswi SD Negeri 1 Kebondalem Kidul, Prambanan di tahun 2008
Bocah-bocah biang kerok yang membuat kelas jadi ceria.

Kegiatan bantu-bantu proses belajar-mengajar kami di Kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul dimulai oleh diriku yang mengisi mata pelajaran matematika pada hari Senin pagi dari pukul 09.30 hingga 10.30. Susana kelas terbukti sangat "aktif" dan selepas dari mengajar aku hanya bisa berkomentar bahwa kelas tersebut SANGAT chaos!

 

Setelahnya, sebagian besar personil Unit 80 yang kebagian jatah mengajar di kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul juga melontarkan kesan yang serupa. Bahkan ada yang "trauma", tidak berminat untuk kembali mengajar di kelas tersebut pada pertemuan berikutnya. Untuk itu, kami mengusung "strategi perang" khusus, yaitu dengan menyertakan minimal 2 personil KKN ketika mengajar di kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul.

 

Personil-personil seperti Monna, Dita, Wulan, Irsyad dan Gunawan nyaris lepas emosinya ketika menghadapi biang kerok kelas 4 yang bernama Galang. Bahkan Hasan yang dipercaya Unit 80 sebagai ahli psikologi, tidak berkutik ketika harus berhadapan dengan Galang. Benar-benar bocah yang sulit diatur.

 

Tapi, setelah beberapa minggu aku mengajar di kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul, aku pikir-pikir mereka tidak terlalu “aktif”, yah... tidak terlalu bandel . Karena ada beberapa mata pelajaran yang mereka berprilaku sopan. Menurutku, mungkin mereka hanya sedikit “bajingan”... hehehe.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • CARITA
    avatar 590
    CARITA #Jum'at, 29 Mei 2009, 18:58 WIB
    maklum lah anak-anak.... kaya gak gitu aja si mas waktu kecil :D
    Saya dulu pas jaman kelas 4 SD nggak bandel. Justru saya yang jadi korban bandelnya temen-temen saya. Hiiiksss!!!
  • HIKARI
    avatar 4783
    HIKARI #Senin, 3 Sep 2012, 13:41 WIB
    dulu waktu kkn ngadain program apa aja mas? sharing2 donk tentang pogram kknnya dulu... semester ini saya n temen2 juga mau kkn di desa kebondalem kidul n lagi nyusun2 program
    Program utama KKN waktu itu seputar pengembangan pariwisata pendukung untuk menunjang Candi Sojiwan. Program yang lain ya membantu warga saja.