Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 31 Agustus 2009, 16:01 WIB

Akhirnya, sampai juga kita di penghujung cerita KKN-PPM UGM yang aku jalani bareng Unit 80. Sekali lagi aku tekankan, bahwa aku menikmati sekali kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di bulan Juli – Agustus 2008 yang lalu itu.

 

Memang sih, di awal-awal kegiatan KKN itu terasa berat banget. Tapi, begitu menjelang akhir, mulai deh terasa entengnya. Ah, mungkin itu karena akunya saja yang belum terbiasa dengan ritme KKN. Tapi dibalik itu semua, aku memetik banyak pelajaran hidup dan tentu merajut kenangan-kenangan indah yang nggak mudah terlupakan. #mellow

 

KKN Membangun Masyarakat Indonesia

Okelah bilamana orang-orang beranggapan kegiatan KKN itu lebih banyak mainnya daripada bekerjanya.

 

mahasiswa KKN ke mana-mana naik sepeda onthel
Jadi supir onthel buat Koordinator Subunit.

Sebetulnya, kalau dimanfaatkan dengan baik, KKN itu bisa memberi kita banyak pelajaran. Bayangkan saja, selama kurang lebih 2 bulan, kami yang notabene mahasiswa kota besar harus berbaur bersama warga desa untuk melaksanakan serangkaian kegiatan. Dari sini kita bisa melihat lebih dekat potret kehidupan warga desa, seluk-beluk permasalahannya, dan membantu mereka untuk menyelesaikan masalah.

 

Aku sih berharap, setiap mahasiswa kota besar itu melaksanakan kegiatan KKN di desa (kalau bisa sih lokasinya yang terpencil ) sebagai latihan agar peka dengan kehidupan masyarakat kecil. Terutama, supaya paham kalau setelah lulus kuliah itu tujuannya tidak hanya bekerja mencari uang, tetapi juga mensejahterakan dan membangun masyarakat Indonesia.

 

Jadi Dewasa Karena Konflik KKN

KKN itu juga melatih kita hidup mandiri lho! Eh, mandiri di sini bukan dalam arti hidup seorang diri lho ya!

 

mahasiswi kkn ditusuk membuat donat
Jadi bisa bikin donat walau nyaris tak berbentuk.

Dalam penerjunan KKN, umumnya setiap mahasiswa ditugaskan secara berkelompok. Alhasil, saat melaksanakan kegiatan KKN kita memang punya teman sesama mahasiswa. Akan tetapi, apakah kita bisa semudah itu meminta dan menerima bantuan dari teman-teman baru tersebut? 

 

Makanya, jangan heran kalau selepas KKN, ada banyak mahasiswa yang pola hidupnya jadi lebih teratur. Selain itu, KKN juga identik dengan yang namanya konflik antar anggota. Ini lumrah terjadi karena setiap hari, selama 24 jam, setiap mahasiswa KKN "dipaksa" hidup berdampingan dengan orang-orang yang baru mereka kenal.

 

Bisa jadi, ada sifat-sifat dan kebiasaan orang lain yang nggak berkenan di hati kita. Sebaliknya, mungkin juga ada sifat-sifat dan kebiasaan kita yang tidak sreg bagi mereka. Yang seperti ini kan rawan memicu konflik toh?

 

Tapi ingat, bahwa konflik semacam ini bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik. Setiap konflik yang kita hadapi juga berperan dalam mendewasakan kita, terutama mengajari kita untuk memahami orang lain. Malah setiap konflik kadang berakhir bahagia misalnya "lokalisasi" cinta KKN, hohoho.

 

Kehidupan Setelah KKN Usai

Bagaimana dengan kehidupanku setelah KKN usai? Khususnya dengan sesama warga dan teman-teman Unit 80? Yah, bisa dibilang hampir setiap bulan aku menyempatkan diri bertamu ke Desa Kebondalem Kidul. Lha wong jaraknya cuma 15 km dari Jogja kok!

 

perayaan ulang tahun mahasiswi KKN disuruh telanjang
Perayaan ulang tahun Hamidah di Desa Kebondalem Kidul.

Beberapa kali aku tidak seorang diri singgah ke Desa Kebondalem Kidul. Aku pernah bertamu bareng Catur, Ayu, Wulan, Hamidah, dan Irsyad. Pas bulan puasa tahun lalu, kami pernah mengadakan acara buka puasa bareng.

 

Sedangkan untuk Gunawan, Teguh, Abi, dan Rifie itu aku masih sering ketemu mereka di kampus. Kan ya kami ini sama-sama mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA UGM dan satu angkatan pula! Kalau kuliah kan ya mesti bareng-bareng toh?

 

Aku juga masih sering makan bareng Dita dan Mas Fatur. Apalagi pas membantu Dita balas dendam ke kos lamanya, hahaha.

 

Yang cukup berkesan mungkin hubunganku dengan Irsyad dan Wulan. Dengan Irsyad, aku sering banget melewatkan waktu bersama orang Aceh ini; dari mulai makan, bantuin meneliti candi, sampai ngajarin dia nyetir mobil. Sedangkan Wulan, yah...bisa dibilang kami banyak mengalami hal sulit dan aku berharap dia bahagia saat ini. #silangjari

 

mahasiswi berjilbab cantik anggota kelompok kuliah kerja nyata
Subunit 3; Irsyad, Mas Ferry, Ayu, Catur, Hamidah, Wulan, Gunawan, dan tentunya diriku.

 

Mereka semua itu,
Orang-orang yang baru kukenal itu,
Adalah mereka yang membantu mendewasakan diriku.
Sekali lagi,

Terima Kasih!

 

Life Goes On. Selamat jalan kenangan KKN! Semoga suatu saat kita kan bersua kembali.

 

SERIAL MBLUSUK!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • BUKAN L
    avatar 1275
    BUKAN L #Senin, 31 Ags 2009, 16:18 WIB
    kamu terang2an bilang lokalisasi cinta KKN.. kalo mbak bunga baca gimana? ho3, life must go on!!
    keep moving foward ^^
    Mbak Bunga dah pernah kuceritakan tentang lokalisasi KKN kok :)
  • VINNA
    avatar 1276
    VINNA #Senin, 31 Ags 2009, 17:28 WIB
    lokalisasi cinta ya.. what a word..
    emang kenapa mbak? keren toh? mantap toh?
  • KAFEIN
    avatar 1278
    KAFEIN #Senin, 31 Ags 2009, 19:07 WIB
    "Dewasa Karena Konflik" dalem ini tapi Indonesia ko banyk konplik apa karena :D hehe..
    aduh jdi KKN-a seru yah :( gw mah gk begitu KKN-a hikz
    Indonesia banyak konflik biar masyarakatnya lebih dewasa :D
    Makanya Den, pas KKN dirimu buatlah konflik biar seru gituh...
  • VINNA
    avatar 1280
    VINNA #Selasa, 1 Sep 2009, 01:10 WIB
    koq keren? norak tau, dekkk..
    hiih dibilang norak!
  • TIA
    avatar 1281
    TIA #Selasa, 1 Sep 2009, 08:36 WIB
    ha3, dibilang norak :p
    setuju sama mbak vinna :D
    kyaaa! kok kamu juga bilang kalimat itu norak???
  • VINNA
    avatar 1282
    VINNA #Selasa, 1 Sep 2009, 09:20 WIB
    tuh kan ada yg setuju ma aku.. sbnrnya c bukan norak dek, cm aja kata itu koq terlalu komersil untuk keluar dr pemikiranmu, makanya jadinya agak aneh..
    Terlalu komersil itu yang bagaimana mbak? Kata komersil itu juga terlalu komersial keluar dari mulut mbak. Kalian berdua menyudutkanku...huhuhu...
  • VINNA
    avatar 1283
    VINNA #Selasa, 1 Sep 2009, 13:31 WIB
    ya semacam kata2 yg kluar di novel2 komersil gt lah.. coba ditelaah deh kata lokalisasi itu biasanya diikuti dgn kata apa.. itu yg bikin kesannya jd komersil..
    novel2 komersil itu kayak apa lagi? Bukannya setiap novel itu komersil (dijual) ya? Duh, kata ditelaah, ckckck...tinggi sekali bahasanya...
    apa yang aneh sih dengan "Lokalisasi Cinta KKN" ?
  • ZEE
    avatar 1297
    ZEE #Kamis, 3 Sep 2009, 08:22 WIB
    Duh saya jd pengen liat foto2 kkn dulu.
    Dulu saya kkn tdk di desa tp di tengah kota. Tengah kota yg ada desanya, jd tetep pulang ke rumah.
    Seru memang, selain membantu masyarakat, kita jjg jd dekat.
    Saya jd ingat dulu saya sharing resep air buah utk ibu2 di kampung. :)
    Iya mbak KKN sekarang juga di UGM KKN nya kebanyakan di kota, itu karena bertepatan dengan Pemilu jadi membantu KPU menyosialisasikan Pemilu ke warga. Tapi menurut saya lebih enak KKN di desa, soalnya suasananya beda banget dari di kota.
  • ANNAS
    avatar 1355
    ANNAS #Selasa, 8 Sep 2009, 19:18 WIB
    Lagi blogwalking, males ngapain-ngapain karena penyut kekenyangan.

    salam
    salam balik mas
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1377
    SAMSUL ARIFIN #Sabtu, 12 Sep 2009, 20:52 WIB
    itu yang duduk bersila di tengah kan harusnya si wisna. lebih cocok deh. :P
    sayang sekali saya bukan Koordinator Mahasiswa Subunit 3 :D
  • MPUGANDRING
    avatar 1389
    MPUGANDRING #Senin, 14 Sep 2009, 04:07 WIB
    Keblasuk mas, blognya rame banget, numpang keren saja ya... matursuwun
    ah, kan mas juga yang buat jadi rame, salam balik dari saya buat mas
  • ERIKSON
    avatar 1477
    ERIKSON #Sabtu, 3 Okt 2009, 07:12 WIB
    enak ya.. ada KKN, kampus ku gak ada hehehehe :))
    Ah KKN...itu kenangan masa lampau mas :D
  • FENNY
    avatar 4971
    FENNY #Senin, 7 Jan 2013, 16:22 WIB
    KKN itu.. seru juga !! :D
    hehehe, memang seru lho Mbak
  • JEJAK PARMANTOS
    avatar 8841
    JEJAK PARMANTOS #Selasa, 8 Des 2015, 02:23 WIB
    Sampeyan angkatan 2005 pho mas? kok di foto-fotonya ada beberapa wajah yang ku kenal
    :D