Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 17 Agustus 2009, 12:42 WIB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) antar semester yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu selalu dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus. Di pertengahan bulan Agustus itu ada tanggal 17. Pastinya semua orang Indonesia sudah tahu dong kalau tanggal 17 Agustus itu adalah hari kemerdekaan negara kita. Sehingga boleh dikata kalau KKN antar semester itu selalu diwarnai dengan agenda perayaan kemerdekaan bangsa kita.

 

Buat aku yang menghabiskan hidup di kota besar, perayaan kemerdekaan bangsa kita itu paling-paling diisi dengan upacara bendera di sekolah. Aku sendiri nggak pernah terlibat dalam macam-macam lomba, karena toh memang aku nggak pernah keluar rumah . Setelah pindah kuliah ke Jogja pun, aku paling-paling menikmati HUT RI dengan motret anak-anak kampung yang lagi lomba.

 

Memang sih, ada sih lomba yang pesertanya orang dewasa. Tapi entah kenapa aku lebih senang lihat anak-anak lari-lari. Upacara bendera pun aku nggak pernah ikutan lagi. Aku nggak tau tempat di Jogja yang bikin upacara bendera itu pesertanya terbuka untuk umum.

 


 

Nah, saat KKN di Desa Kebondalem Kidul sudah menginjak bulan Agustus, kami punya program untuk menyemarakkan perayaan kemerdekaan. Alhasil, kami harus berbaur dengan masyarakat desa dan ikut mengonsep serta membantu pelaksanaan kegiatan tersebut.

 

Seperti kegiatan 17 Agustus-an pada umumnya, acara yang kami rancang pun nggak jauh-jauh seputar malam tirakatan dan lomba-lomba. Walau kegiatan itu dilangsungkan hanya 1-3 hari saja, tapi persiapannya memakan waktu lama dan menguras banyak tenaga. Nggak ada salahnya kan ikut membantu warga desa?

 

suasana gerak jalan perayaan 17 agustus di desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten
Gerak Jalan yang menyatukan seluruh desa.

doorprize gerak jalan perayaan 17 agustus di desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten
Besar ukurannya belum tentu mahal isinya

suasana balai desa saat perayaan 17 agustus di desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten
Suasana Balai Desa saat pembagian Doorprize.

Salah satu program kerja yang bisa dibilang cukup sukses kami selenggarakan adalah Gerak Jalan seluruh Desa Kebondalem Kidul. Kegiatan ini kami selenggarakan sesuai permintaan dari wakil-wakil desa yang menginginkan adanya suatu kegiatan perayaan kemerdekaan yang bisa menyatukan seluruh warga desa.

 

Rute gerak jalan ini nggak berat, tapi diusahakan melewati wilayah seluruh Desa Kebondalem Kidul. Selain itu, ada pula doorprize yang menanti para peserta Gerak Jalan serta hiburan di Balai Desa. Doorprize-nya juga nggak mahal-mahal kok; ada payung, bantal, lampu, sampai kupon makan mie ayam gratis. Yang penting sesama warga desa turut membagi kebahagiaan kepada yang lain. Senangnya melihat seluruh warga desa menyatu di acara seperti ini.

 

Hari Minggu (16/8/2009) kemarin aku bersepeda lagi ke Desa Kebondalem Kidul. Ternyata di sana sedang diadakan acara Gerak Jalan seperti yang dulu pernah kami selenggarakan. Memang sih tidak semeriah dulu, isunya karena sudah dekat bulan Puasa.

 

Aku menyelinap masuk sambil mereka-reka kenangan masa lalu. Ketika harus lembur, mendekorasi, marahan dengan Ayu, sebel sama Wulan, upacara di kecamatan, dan banyak kenangan lain. Kehadiranku ternyata diketahui oleh Yayan yang sedang beraksi jadi MC di Balai Desa. Lewat pengeras suara, kedua MC mengucapkan selamat datang padaku dan terima kasih atas gagasan acara ini yang masih berlanjut hingga sekarang. Aku pulang ke Jogja setelah salat Dzuhur.

 

Kenanganku mendadak kacau. Tulisanku selesai sampai di sini deh.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • YG DBLG NEW VICTIM
    avatar 1182
    YG DBLG NEW VICTIM #Senin, 17 Ags 2009, 14:22 WIB
    tanggal 16 agustus itu hari minggu!

    itu tadi titik komaku dieliminasi sama webmu, emoticonku jadi jelek tinggal huruf p-nya doang.

    aku kemaren minggu juga ikut gerak jalan lho di desaku, aku udah bikin artikelnya tapi flashdiskku rusak jadinya ndak jadi dipublish deh.
    Hohoho, sorrry dah tak ralat kok. Blog ini emang agak kejam kalau soal emoticon. Jadi setelah jalan jauh sehari sebelumnya, kamu masih kuat jalan toh? he3
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 1186
    VICKY LAURENTINA #Senin, 17 Ags 2009, 18:25 WIB
    Lah, apa hubungannya acara Gerak Jalan tidak terlalu meriah dengan mendekati bulan puasa?
    Karena sudah mendekati bulan puasa jadi mungkin lebih banyak yang milih ke kegiatan ibadah kali mbak.
  • ZEE
    avatar 1187
    ZEE #Senin, 17 Ags 2009, 19:53 WIB
    Sehat banged ya nggowes terus.
    Oiya mungkin jg karena menjelang puasa, jd acara2 agak kurang ramai. Orang bersiap diri baik materi or non materi utk mhadapi puasa.
    Betul mbak, rata-rata mereka emang mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan puasa dgn banyak beribadah.
  • BANG DEL
    avatar 1188
    BANG DEL #Selasa, 18 Ags 2009, 00:24 WIB
    KKN nya rame koq.. Tuh yang gerak jalan ada banyak. He.he.. Acara papanisasi dan neonisasi ma penyuluhan ga ada ya.. he..he.. Jadi ingat KKN ku 7 tahun yang lalu.
    Acara papanisasi dan neonisasi ma penyuluhan jelas ada dunk! Kan itu dah jadi "program wajib". hehehe. Ssst Mas, jangan bilang-bilang ya, itu foto Gerak Jalan tahun 2008 kemarin lho.
  • NUR
    avatar 1190
    NUR #Selasa, 18 Ags 2009, 10:28 WIB
    Hm..buat yg namanya disebut, pertengkaran kalian ternyata tlah meninggalkan kenangan manis di hati penulis :D

    Kapan ya terakhir ikut acara di kampung?! rasanya sudah lama sekali... Y-Y
    Mereka dah tau kok, tapi sayang ndak bisa rujuk lagi :(

    Dirimu anak kota toh Nur? mana punya kampung?
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1194
    GANDI WIBOWO #Rabu, 19 Ags 2009, 05:38 WIB
    Paragraf terakhir yang cuma satu kalimat, bikin aneh artikelnya... jadi terkesan kayak curhat yg gak selesai
    saya bingung mau nulis apa lagi...
  • NUR
    avatar 1195
    NUR #Rabu, 19 Ags 2009, 07:17 WIB
    Ups,maaf wis...aku ga tau kalo kejadiannya kaya gitu..[merasa bersalah banget] @[email protected]

    Lah, aku kan anak kabupaten, disebut "Malang corek" [kaya ga termasuk Malang aja...Hei, aku masih anak Malaang!!] yang jelas punya kampung lah...eh, bukan kampung dink, dusun! (tambah mlosok maneh) :D
    Bersalah apa? Emang aku menyalahkanmu. Senengnya masih punya kampung, walaupun kampungnya dah mulai berkembang jadi kota.
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 1196
    EKA SITUMORANG - SIR #Rabu, 19 Ags 2009, 14:22 WIB
    Tak kira KKN itu udh dihapus..
    ternyata belum ya?
    Soalnya dulu pas kuliah gue gak ada KKN lagi lhooo


    anw, walaaupun penuh dengan sejuta sebel, ngambek sama si A, si B atao gimana tapi pasti kamu dpt byk pengalaman kan Wij...
    Belum lah mbak klo di Jogja, KKN itu kan untuk melatih membaur dengan masyarakat. Pencetus KKN tu juga UGM kok. Pengalaman banyak mbak, terutama pengalaman cinta :D
  • GERRILYAWAN
    avatar 1199
    GERRILYAWAN #Kamis, 20 Ags 2009, 01:35 WIB
    walah di kota besar juga ada kok lomba-lombaan gitu...
    asik ya KKN...saya dulu di kampus nggak ada KKN-KKNan.
    tapi menurut saya lebih seru di desa je mas
  • EM
    avatar 1219
    EM #Sabtu, 22 Ags 2009, 10:48 WIB
    Hia, utk 1st d dusunku ada panjat pinang :p
    hadiah elektroniknya pasti disumbang dari warungmu ya Ma? :)