Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 4 Juli 2009, 06:30 WIB
Foto Screenshot Website Candi Sojiwan
Website Candi Sojiwan.

Kegiatan KKN selama kurang-lebih 2 bulan di Desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah tentu memiliki tujuan. Nggak hanya sekadar berleha-leha di sana .

 

Dari rapat persiapan yang telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum penerjunan, kami melihat bahwa Desa Kebondalem Kidul memiliki potensi pariwisata yang patut diperhitungkan. Salah satunya adalah Candi Sojiwan yang letaknya persis di tengah desa. Candi Sojiwan ini adalah candi kelima terbesar setelah Candi Plaosan, dan uniknya candi ini memiliki relief cerita binatang yang beberapa diantaranya bagus untuk pendidikan anak usia dini.

 

Selain itu akses ke Desa Kebondalem Kidul sendiri tergolong mudah, karena berada dekat dari Jl. Raya Jogja – Solo dan Candi Prambanan.

 

Rute ke Desa Kebondalem Kidul
Kalau Pembaca menggunakan kendaraan pribadi, ikuti saja Jl. Raya Jogja – Solo sampai di gerbang perbatasan propinsi DI Yogyakarta-Jawa Tengah
, dekat dengan Kompleks Candi Prambanan. Setelah gerbang tersebut Pembaca akan menemukan perempatan. Nah, di perempatan ini belok ke arah kanan (selatan) menuju Stasiun KA Brambanan
. Di sanalah Desa Kebondalem Kidul berada.

 

Untuk kendaraan umum, Pembaca bisa menggunakan Bus TransJogja jalur 1A atau 1B
dan turun di Terminal Prambanan. Jika Pembaca menggunakan bus umum ke Solo pun Pembaca dapat turun di Terminal Prambanan. Selanjutnya tinggal berjalan kaki atau naik ojek (Rp5.000) menuju Stasiun KA Brambanan.

 

Foto Buku Panduan Candi Sojiwan
Buku Panduan Candi Sojiwan

Untuk mengembangkan potensi pariwisata tersebut, maka kami memutuskan untuk membuat buku panduan pariwisata dan website, dengan fokus utama kami adalah Candi Sojiwan.

 

Jadi, dimulailah hari-hari di mana kami harus wira-wiri ke sana-ke mari mencari data penunjang. Selain itu kami harus mengurus ijin dari pihak-pihak terkait seperti Dinas Pariwisata Klaten dan BP3 Jawa Tengah. Karena anggaran yang terbatas, maka kami juga bergerak mencari sponsor.

 

Di masa-masa tersebut kami memperhatikan ada banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) di desa Kebondalem Kidul yang tidak terorganisir dengan baik. Untuk itu pula kami juga melakukan serangkaian kegiatan untuk membina UKM tersebut. Salah satunya adalah manajemennya yang ditangani oleh Zul.

 

Pada acara Peringatan HUT RI ke-63, selain kami mengadakan kegiatan Jalan Santai digelar pula pameran foto Candi Sojiwan dan UKM. Besar harapan kami, kegiatan ini dapat menggugah semangat warga untuk turut menyadari dan mengolah potensi pariwisata di desanya.

 

Tidak dapat dipungkiri, lamanya waktu kami KKN di Desa Kebondalem Kidul hanya seumur jagung. Masih banyak yang harus kami kerjakan dan perlu waktu bagi desa untuk berubah. Kami tetap menantikan kelak Desa Kebondalem Kidul akan berubah menjadi lebih baik, bukan oleh kami tetapi oleh warganya sendiri.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 868
    VICKY LAURENTINA #Sabtu, 4 Jul 2009, 07:24 WIB
    Na, outputnya gimana? Apakah ada peningkatan dari rakyat lokal terhadap pariwisata Kebondalem Kidul itu sendiri?
    sayangnya...Belum Ada, mbak. Mereka pingin yang serba instan. Ah, ntar saya buat artikel tentang pariwisata desa ini deh.
  • ANDREAS
    avatar 874
    ANDREAS #Sabtu, 4 Jul 2009, 17:02 WIB
    alamat web nya apa?kenapa nda dicantumkan?
    karena webnya sama-sekali belum dipasang oleh Dinas Pariwisata Klaten di situs mereka. (uuupsss...buka rahasia...ketauan PemKab Klaten gawat niy :)
  • PEIN
    avatar 894
    PEIN #Selasa, 7 Jul 2009, 09:23 WIB
    Katanya dulu mau buat buku versi PDF-nya ? Ga ada neh disini ?!
    ternyata ukuran filenya besar banget klo buku versi pdf
  • TIA
    avatar 901
    TIA #Rabu, 8 Jul 2009, 17:38 WIB
    mas wijna, aku gak jadi di ujung pulau jawa kok latian kerjanya :D..
    tapi di telkom Sleman insya alloh, jadi pulang pergi aku menempuh jarak 45km, itu dah bersyukur itu, he3.
    besok kalo aku disuruh macem2 bikin web, mas wijna orang pertama yang tak hubungin, ajariin, aku belum da pengalaman bikin web :D..
    wuiih , dari Bantul ke Sleman pp. Mantap, semoga dirimu tabah dan kuat menghadapi latihan kerja itu yah. Berarti udah ga bete dunk :)
  • PEIN
    avatar 911
    PEIN #Jum'at, 10 Jul 2009, 16:04 WIB
    PDF-nya dipecah aja jadi beberapa bab dijadiin satu buku, ntar bakalan ada part 1, part 2, part3, dst, supaya lebuh mantep, ntar setiap buku dikaseh embel2 judul lagi [ ex: The Lord of the Rings The Return of the King Extended Edition,bla...bla...bla....... ]
    wekz...itu namanya novel dunk, bukan buku
  • CAKEP
    avatar 962
    CAKEP #Jum'at, 17 Jul 2009, 15:13 WIB
    KKN nya lama banget ya. di kampusku cuma 1 bulan cukup. Bener2 mengabdi pada rakyat :d
    KKN minimal 2 bulan kalau di UGM, kalau satu bulan mah keenakan, wong disana lebih banyak main daripada kerjanya kok. :D