Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 21 Februari 2017, 10:34 WIB

Bagi seorang Wijna yang lahir di tahun 80-an, Jalan Cihampelas di Kota Bandung itu identik dengan pemandangan nyentrik patung Superman, Spiderman, dan Rambo yang nangkring di atas toko celana jin, hehehe.

 

Sedangkan bagi orang-orang yang lahir di tahun 2000-an, mereka mungkin bakal mengidentikkan Jalan Cihampelas dengan tempat nongkrong unik bin asyik bernama Teras Cihampelas alias Cihampelas Skywalk.

 

Omong-omong, Teras Cihampelas itu opo toh?

 

papan izin pembangunan proyek teras cihampelas skywalk 2016 dipotret dari jalan bapa husein

 

Dalam pandanganku, Teras Cihampelas boleh dibilang merupakan proyek yang nggak lazim. Itu karena Teras Cihampelas berwujud semacam jalan yang dibangun di ATAS Jalan Cihampelas!

 

Yes brothers and sisters! Di atas Jalan Cihampelas!

 

Unik dan menarik toh?

 

tampak muka logo teras cihampelas dari jalan cihampelas

 

Teras Cihampelas yang Ramai pada Minggu Sore

Pada hari Minggu (12/2/2017) yang lalu kebetulan aku sedang ada di Kota Bandung. Kebetulan pula pada sore hari itu lewat Jalan Cipaganti dan mendadak Bapak dan Ibu penasaran sama Teras Cihampelas yang kata mereka sih belum ada sebulan diresmikan.

 

"Cuma lewat thok atau sekalian mampir ke sana Pak?", tanya Ibu

 

Pertanyaan Ibu itu pun terjawab dengan perjuangan menembus kemacetan dari Jalan Bapa Husein sampai Jalan Cihampelas #as.always. Teras Cihampelas ini terletak di ruas Jalan Cihampelas ke selatan setelah pertigaan Rumah Sakit Advent (Jalan Bapa Husein).

 

Daripada susah-susah mencari tempat parkir, mobil pun diparkir di Mal Ciwalk dan kami bertiga lantas menyambangi tempat nyentrik yang mengalahkan nyentriknya patung super hero di atas toko celana jin itu.

 

Sesuai judul artikel ini, pada Minggu sore itu suasana di Teras Cihampelas maupun Mal Ciwalk RAMAI BANGET!  Mungkin ini berkah karena sore hari itu Kota Bandung nggak diguyur hujan.

 

pemandangan lautan manusia suasana teras cihampelas skywalk bandung ramai pada suatu minggu sore

 

Menapak di Teras Cihampelas membuat ingatanku terbang ke kurun tahun 2006-an hingga 2012-an. Masa-masa di mana dalam setahun aku bisa beberapa kali numpang tidur kedinginan di Kota Bandung.

 

Pada waktu itu, pemandangan yang lazim terlihat di sepanjang trotoar toko-toko celana jin di Jalan Cihampelas adalah kerumunan pedagang kaki lima. Salah satunya ada mamang penjual tape yang mangkal di dekat Mal Ciwalk, hehehe.

 

Aku menduga, banyaknya pedagang kaki lima di Jalan Cihampelas itu nggak lepas dari popularitas Jalan Cihampelas sebagai shopping street legendaris di Kota Bandung. Banyaknya warga dan turis yang menyambangi Jalan Cihampelas jelas jadi incarannya para pedagang kaki lima toh?

 


Pemandangan Jalan Cihampels sebelum ada Teras Cihampelas.
Foto dicomot dari Google Street View.

 

Nah, karena kondisi trotoar di Jalan Cihampelas yang semakin padat dengan pedagang kaki lima, Pemerintah Kota Bandung berupaya menata mereka dengan cara merelokasi ke Teras Cihampelas. Dengan demikian, trotoar di Jalan Cihampelas menjadi lebih bermartabat bagi pejalan kaki dan para pedagang kaki lima juga masih bisa mencari nafkah.

 

Solusi yang cukup ideal bagi semua pihak kan?

 

gadis baju biru berdiri di salah satu kedai kuliner teras cihampelas memesan makanan

seorang gadis merah bersama ibunya menikmati makanan di teras cihampelas di bangku dan meja batu

suasana jual beli di salah satu gerai kedai penjual suvenir kaos kaki lima teras cihampelas skywalk

 

Sesuai informasi yang aku comot dari Kompas, ada 192 pedagang kaki lima yang direlokasi ke Teras Cihampelas. Para pedagang kaki lima ini ditempatkan berkelompok sesuai dengan jenis dagangannya yakni kuliner, baju, dan aksesoris.

 

Proses pembangunan Teras Cihampelas sendiri berlangsung sekitar 3 bulan dan menelan biaya Rp 48 miliar. Teras Cihampelas memiliki panjang sekitar 450 meter dengan lebar 9 meter serta ketinggian 4,5 meter dari permukaan Jalan Cihampelas.

 

Eh, siapa tahu di kemudian hari Teras Cihampelas bisa tambah panjang sampai simpang empat flyover Pasupati, hehehe .

 

letak bentuk tangga naik turun teras cihampelas bandung

letak lift di teras cihampelas untuk memfasilitasi pengunjung difabel dan lansia

papan informasi hitam modern lokasi keberadaan pengunjung di teras cihampelas bandung

 

Karena posisinya yang berada di atas Jalan Cihampelas jadi jelas untuk bisa naik-turun Teras Cihampelas pengunjung harus memanfaatkan tangga atau lift. Posisi tangga ada di dekat dealer Honda, Hotel Aston, dan bank BNI. Sementara posisi lift berada di dekat Fave Hotel. Lift ini salah satu fasilitas yang disediakan bagi pengunjung difabel dan lansia.

 

Selain itu, Teras Cihampelas juga dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penunjang seperti toilet dan ruang salat. Aku perhatikan ada 2 ruang salat yang tersedia. Akan tetapi baru satu yang bisa dipakai. Itu juga belum dilengkapi dengan aliran air untuk berwudu.

 

letak ruang salat atau musala di teras cihampelas skywalk bandung

kondisi suasana di dalam ruang salat musala yang kecil dan sempit di teras cihampelas skywalk

kotak pungutan retribusi toilet umum di teras cihampelas bandung

 

Di sepanjang Teras Cihampelas juga banyak terdapat tempat sampah. Sayang, beberapa tempat sampah terlihat penuh sampah jadi terkesan jorok. Pemerintah Kota Bandung sepertinya harus mengoptimalkan petugas kebersihan di Teras Cihampelas mengingat pengunjung yang berpotensi membeludak terutama saat akhir pekan.

 

Yang jelas, jangan sekali-kali nekat membuang sampah sembarangan kalau nggak mau dihantui oleh penampakan di bawah ini, hahaha.

 

poster pocong monyet berisi larangan membuang sampah sembarangan di teras cihampelas

penampakan dua jenis tong tempat sampah organik anorganik teras cihampelas

tumpukan sampah kotor jorok menggunung di salah satu sudut teras cihampelas skywalk

 

Menurutku, salah satu hal yang mungkin menjadi kekurangan dari Teras Cihampelas adalah minimnya tempat berteduh ketika hujan turun. Teras Cihampelas kan dibangun tanpa dinaungi atap. Jadi, semisal mendadak turun hujan ya bubar semua deh!

 

Kalau boleh menyumbang saran, sepertinya cantik juga kalau di beberapa tempat diberi kanopi transparan atau payung transparan. Kan lumayan bisa dipakai sebagai tempat berteduh.

 

bangunan ornamen patung berbentuk payung peneduh di teras cihampelas skywalk bandung

taman kecil di teras cihampelas jadi satu dengan tempat duduk pengunjung

booth foto berbentuk seperti instagram untuk pengunjung berfoto selfie di teras cihampelas bandung

 

Siap-Siap Sebelum ke Teras Cihampelas

Aku memprediksi Teras Cihampelas bakal menarik lebih banyak pengunjung selama beberapa waktu ke depan. Selain karena konsepnya yang unik, Teras Cihampelas sendiri merupakan salah satu tempat rekreasi yang murah, meriah, menyenangkan + mengeyangkan, hahaha.

 

 

Meskipun demikian, ada sejumlah hal yang patut diketahui sebelum menyambangi Teras Cihampelas. Pertama, tidak ada lokasi parkir khusus bagi pengunjung Teras Cihampelas! Terutama untuk pengunjung yang membawa mobil.

 

Saranku sih, mending numpang parkir di Mal Ciwalk saja. Atau kalau nggak mau repot-repot nyari parkir silakan ke Teras Cihampelas dengan naik angkot. Daftar angkot yang lewat Jalan Cihampelas bisa disimak di tautan ini.

 

parkir kendaraan bus mobil atau sepeda motor pengunjung teras cihampelas adalah di mal ciwalk atau cihampelas walk

 

Sedangkan hal kedua yang wajib dipahami sebelum ke Teras Cihampelas adalah ...

 

Kondisi Jalan Cihampelas itu seringnya sih MACET!

 

MA - CET - CET - CET - CET!

 

Sebelum ada Teras Cihampelas saja sudah macet, apalagi sekarang pas sudah ada Teras Cihampelas? Kalau begini ceritanya, sepertinya Jalan Cihampelas nggak pernah bakal keluar dari kategori "jalan yang WAJIB dihindari kalau nggak ada perlunya lewat sana".

 

Untung sih aku bukan warga Bandung. Tapi, kalau ke depannya Jalan Cihampelas bakal tambah macet... nggg... kayaknya kalau mau ke Stasiun Bandung mending lewat jalan lain saja deh. Sudah pengalaman aku berkali-kali senam jantung kena macet di Jalan Cihampelas pas mau ke Jalan Kebon Kawung, hahaha.

 

Yah, semoga setelah ada Teras Cihampelas macetnya Jalan Cihampelas nggak menular ke jalan-jalan di sekitarnya deh.

 

kondisi suasana jalan cihampelas macet di malam hari setelah ada teras cihampleas

 

Jadi itulah Teras Cihampelas. Salah satu tempat menarik di Kota Bandung yang berlokasi di atas Jalan Cihampelas dan nampak ramai pada hari Minggu sore.

 

Biarlah cinta tak berbalas,
Biarlah cicilan makin memeras,
Yang penting
happy di Teras Cihampelas.

- Tulisan di latar foto kekinian yang mirip Instagram yang ada di Teras Cihampelas

 

Hmmm, kapan ya Jogja punya tempat yang semacam Teras Cihampelas ini?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • JOHANES ANGGORO
    avatar 10651
    JOHANES ANGGORO #Rabu, 22 Feb 2017, 13:31 WIB
    waaah udah kesini aja nih mas wisna. makin rame aja nih cihamopelas wkwkwk. salut untuk pemerintah kota bandung, yang memperhatikan pedagang kecil kaki lima yg diijinkan berjualan di sky walk ini
    Emang unik Pemkot Bandung bikin kayak ginian. Semoga ke depan dipikirkan biar Jalan Cihampelasnya nggak tambah macet, wekekeke.
  • WARM
    avatar 10652
    WARM #Rabu, 22 Feb 2017, 15:15 WIB
    Njenengan ki, kalo soal tempat2 lg ngehits
    cepet banget apdetnya hihihi

    Keren jg je, to mengingat kata macet tea.
    Kyknya bakal mikir jg kalo ada niat ksana

    Kalo utk di Jogja jgn dulu deh,, konsep
    terbuka kyk skarang lebih apik
    Kebetulan pas minggu sebelum Pilkada ke sana dan nggak ada kerjaan selama nunggu jatah nyoblos jadinya nulis artikel ini deh Om. :p

    Itu klo dipikir-pikir ya sudi-sudinya ke sana pas macet, hahaha. :D
  • BEBY
    avatar 10653
    BEBY #Rabu, 22 Feb 2017, 19:25 WIB
    Aku belom pernah ke sanaaaa! Padahal ngehitz yak, Bang. Huhuhu. Keren banget Bandung sekarang :(
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 10655
    BERBAGIFUN.COM #Kamis, 23 Feb 2017, 12:31 WIB
    mengenai gak ada atap, pernah ditanyakan ke om ridwan kamil
    dan jawabannya, teras cihampelas ini memang konsepnya outdoor, jadi tak beratap.. siap siap bawa payung aja, heuheuheu
  • NUSANTARA ADHIYAKSA
    avatar 10658
    NUSANTARA ADHIYAKSA #Kamis, 23 Feb 2017, 17:42 WIB
    jadi rame ia lokasinya, semoga selalu dirawat kebersihannya dan ketertiban keamanannya.
    seneng kalau main lagi kesini ..
  • JUAL TELUR ASIN JOGJA
    avatar 10669
    JUAL TELUR ASIN JOGJA #Selasa, 28 Feb 2017, 17:46 WIB
    subhanallah ..
  • SYUHADA
    avatar 10791
    SYUHADA #Senin, 24 Apr 2017, 05:23 WIB
    Resikonya walikota insinyur ya, kayak gini. Banyak bangunan baru yang fituristik jadi ikon
    Kota Bandung. Keren Kang Emil...
    Semua kota kalau walikotanya insinyur sepertinya bakal bagus kotanya ya? :D