Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 1 Februari 2017, 10:42 WIB

Aku suka makanan murah. Terutama karena bikin dompet tetap gemuk. Sehingga isinya bisa dipakai untuk berfoya-foya. #eh

 

Kabupaten Kediri di Jawa Timur adalah salah satu tempat di mana terdapat banyak makanan murah. Bisa jadi ini imbas biaya hidup di Kediri yang belum terlampau tinggi.

 

 

Murah. Meriah. Enak.

 

Masak iya kamu bakal mendustakan nikmat Tuhan yang satu ini?

 

 

Terkait perihal makanan murah dan enak di Jawa Timur, lidahku sudah terkunci pada suatu jenis kuliner yang kita semua (seharusnya) pernah menyantapnya yaitu,

 

NASI PECEL

 

 

Nah, pada hari Rabu (7/9/2016) silam aku berkesempatan mengicip salah satu varian nasi pecel khas Kediri yang bernama nasi pecel tumpang.  

 

Sesuai namanya, nasi pecel tumpang adalah nasi pecel yang kuah sambal kacangnya disubstitusi dengan sambal tumpang. Yang disebut sambal tumpang adalah olahan dari:

 

  1. Tempe “busuk” (setengah “busuk” boleh, nyaris “busuk” boleh)
  2. Bawang merah
  3. Bawang putih
  4. Santan
  5. Cabai secukupnya

 

Wujud sambal tumpang nggak ada mirip-miripnya dengan sambal terasi, sambal bawang, sambal bajak, dan segala macam persambalan yang nikmat disantap dengan lauk tahu, tempe, terong, lele, ayam yang digoreng. #mendadak.ngiler

 

daftar warung resep masak nasi sego pecel tumpang enak harga murah khas kediri
Sepiring nasi pecel tumpang khas Kediri.
Sayurnya kacang panjang, daun bayam, dan kecambah (tauge). Lauknya tempe goreng. Pelengkapnya peyek.
Harganya lihat di bawah.

 

Yang dimaksud dengan tempe “busuk” itu bukan tempe yang benar-benar busuk lho! Melainkan tempe yang over-fermented alias difermentasi lebih lama.

 

Seperti yang kita tahu, tempe itu kan olahan kacang kedelai yang difermentasi dengan “jamur” Rhizopus sp. Fermentasi pada tempe akan menghasilkan enzim-enzim yang baik untuk tubuh dan membentuk “selaput putih” yang menyelubungi tempe.

 

 

Pada tempe yang difermentasi lebih lama bakal terjadi degradasi protein lebih lanjut sehingga membentuk senyawa amonia. Itulah yang menyebabkan tempe “busuk” nampak busuk karena aromanya sangat... “istimewa”.

 

Meskipun rasa tempe “busuk” juga nggak kalah “istimewa”, ternyata banyak juga orang yang kepincut sama makanan satu ini. Warga Kediri mungkin adalah sebagian besar di antaranya.

 

suasana alamat lokasi warung sederhana nasi sego pecel tumpang rasa enak di kota kediri jawa timur harga murah buka sampai malam
Warung sederhana tempat bersantap nasi pecel tumpang di siang hari itu.

 

Di Kediri nasi pecel tumpang adalah makanan yang umum disantap saat pagi hari. Lokasi penjual nasi pecel tumpang banyak dijumpai di Jalan Dhoho di Kota Kediri.

 

Sayangnya, pada waktu itu kami baru singgah di Kota Kediri menjelang tengah hari. Jelas yang jual nasi pecel tumpang sudah pada tutup. Ini sama sulitnya seperti memburu lapak penjual nasi gudeg kaki lima di Kota Jogja di siang hari.

 

Mas Agung selaku sopir mobil sewaan tak kehabisan akal. Ia mengantar kami menuju suatu warung sederhana yang masih menyajikan menu nasi pecel tumpang. Lokasi warungnya lumayan jauh dari Kota Kediri. Aku kurang paham rute dan nama daerahnya apa.

 

 

Dan begitulah.

 

Pada hari Rabu itu kami akhirnya sarapan siang dengan nasi pecel tumpang di suatu warung sederhana di Kediri, Jawa Timur. Keturutan juga deh keinginan Ibu yang penasaran sama pecel tumpang.

 

Sepiring nasi pecel tumpang seperti foto di atas itu dihargai Rp5.000. Selain nasi pecel tumpang, warung tersebut juga menyediakan nasi sambal tumpang (perbedaannya nggak signifikan ) dan soto ayam. Semuanya dihargai Rp5.000. Wah!

 

 

“Makanan di Kediri murah-murah kan Mas?”, ujar seorang bapak pengunjung warung sambil terkekeh

 

Iya Pak. Makanan di Kediri murah-murah. Biaya hidupnya juga murah. Tapi entah kenapa orang-orang sepertinya lebih menggemari hidup di kota besar macamnya Surabaya atau Jakarta daripada di Kediri.

 

Apa mungkin karena....


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 10607
    BERSAPEDAHAN #Rabu, 1 Feb 2017, 16:59 WIB
    baru tahu kalau pecel kediri disebut pecel tumpang ... pernah nyobain .. saya sih suka, tapi
    kayaknya yang lebih "mendunia" adalah pecel madiun ya ... SotoyBerat
    Iya sih yang lebih terkenal ya Pecel Madiun Kang. :D
  • BAKTIAR
    avatar 10610
    BAKTIAR #Kamis, 2 Feb 2017, 20:49 WIB
    Pernah makan sambal tumpang tapi udah gak inget waktu di kota apa... ternyata ini pecel khas Kediri tho...
    Olahan dari tempe busuk banyak variannya Mas. Di Jawa Tengah juga ada sambal tumpang.
  • BERBAGIFUN.COM
    avatar 10613
    BERBAGIFUN.COM #Sabtu, 4 Feb 2017, 14:27 WIB
    belum pernah nyobain makanan ini..
    tapi kalau tempe yg difermentasi lebih lama pernah makan, tapi dalam bentuk tempe
    goreng.
    Hehehehe, berarti ada peluang buat orang Kediri membuka warung pecel tumpang di Mataram. :D
  • ANNO
    avatar 10616
    ANNO #Minggu, 5 Feb 2017, 13:17 WIB
    oh namanya pecel tumpang ya..
    beberapakali ke kediri taunya cuma nasi pecel aja :|
    Berarti dirimu mesti ke Kediri lagi No. :D
  • JOHANES ANGGORO
    avatar 10618
    JOHANES ANGGORO #Senin, 6 Feb 2017, 09:31 WIB
    kalo lagi di jawa timuran ini menu andalanku selain rawon wkwkwk. sama2 pecel entah kenapa ada yg beda rasanya sama pecel jawa tengahan.
    Setiap tempat pecelnya beda-beda malah itu yang bikin unik dan menjadi daya tarik orang-orang buat kulineran ke sana, wekekeke. :D
  • PANTAI SAWARNA
    avatar 10619
    PANTAI SAWARNA #Kamis, 9 Feb 2017, 21:48 WIB
    emang enak banget tambahan tumpangnya..

    saya malah pertama kali makan pecel tumpang di jombang, bukan kedirinya.
    langsung ketagihan.
  • KOTA PURWAKARTA
    avatar 10623
    KOTA PURWAKARTA #Jum'at, 10 Feb 2017, 20:54 WIB
    waktu pertama diajakin temen makan pecel, kirain pecel lele, gak taunya pecel gituan. hihihi

    (kalo disunda mah namanya lotek, tapi nggak pake nasi).
  • NUSANTARA ADHIYAKSA
    avatar 10634
    NUSANTARA ADHIYAKSA #Selasa, 14 Feb 2017, 17:13 WIB
    kayaknya emang banyak Versi terkait PECEL, ada Pecel Madiun, Pecel Kediri dan Pecel
    Blitar. titik perbedaannya pada Sambal Kacangnya ada yang Kental dan ada yang Cair, ada
    juga perbedaan Tumpang nya/tambahannya .....
  • TOMI
    avatar 10650
    TOMI #Rabu, 22 Feb 2017, 11:44 WIB
    Wahhh mati ngelehh mas..
  • KOPI HIJAU
    avatar 10664
    KOPI HIJAU #Senin, 27 Feb 2017, 11:17 WIB
    wahhh,,,bikin penasaran aja... kelihatan enak banget murah pula... wajib dicobain nih kalo
    main ke Kediri..hehe