Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 26 Juni 2016, 10:26 WIB

Sejumlah orang punya target pencapaian sebelum usia mereka menginjak angka 30 tahun.

Sebagian yang lain ada yang tidak.

 

Ada yang ingin punya pekerjaan

Ada yang ingin menjalankan usaha sendiri

Ada yang ingin menuntaskan pendidikan tinggi

Ada yang ingin menikah

Ada yang ingin sejumlah harta

Ada yang ingin punya anak

Ada yang ingin memiliki tempat tinggal

Ada yang ingin ke tanah suci

Ada yang ingin jalan-jalan ke berbagai negara

 

Dan masih banyak Ada ..., Ada ..., Ada ..., Ada ... yang lain.

 

Eh, termasuk ada yang ingin bisa masuk surga sebelum usia 30 tahun. #mikir.keras

 

 

 

Tiap-tiap orang memiliki pemikiran, penilaian, prioritas, kemampuan, kesempatan, takdir, nasib, dsb sendiri-sendiri.

 

Itu yang membuat setiap manusia berbeda dan mau dibagaimanakan juga setiap manusia tidak akan pernah menjadi sama seutuhnya dengan manusia lain.

 

Yang harus kita ingat bahwasanya, “Pada akhirnya, Tuhan lah yang menentukan segala-galanya dan kepada-Nya lah kita akan kembali.”

 

Eh, itu kalau Pembaca termasuk orang yang percaya pada Tuhan lho!

 

 

 

Dan berkat Allah SWT lah bilamana pada akhirnya sebelum usia 30 tahun, aku bisa menuntaskan “misi” mengunjungi air terjun yang ada di Sumatra.

 

Lebih tepatnya, aku menyambangi provinsi-provinsi yang ada di pulau Sumatra dan sekitarnya kemudian mengunjungi salah satu air terjun yang ada di provinsi tersebut.

 

Sampai tahun 2016 ini, provinsi-provinsi tersebut adalah

 

  1. Aceh
  2. Sumatra Utara
  3. Sumatra Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Jambi
  7. Bengkulu
  8. Sumatra Selatan
  9. Kepulauan Bangka Belitung
  10. Lampung

 

Kira-kira, di masa mendatang bakal ada provinsi yang memekarkan diri nggak ya?

 

 

Berikut adalah air terjun yang sempat aku kunjungi. Beberapa ada yang belum sempat aku ceritakan di blog.

 

Foto Air Terjun Seuhom
Air Terjun Seuhom
di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

 

Foto Air Terjun Sipiso-Piso
Air Terjun Sipiso-Piso
di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara

 

Foto Air Terjun Lubuak Tampuruang
Air Terjun Lubuak Tampuruang
di Kampung Guo, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat

 

Foto Air Terjun Panisan
Air Terjun Panisan
di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau

 

Foto Air Terjun Resun
Air Terjun Resun
di Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

 

Foto Air Terjun Pendung
Air Terjun Pendung
di Desa Pendung Mudik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi

 

Foto Air Terjun Suban Curup
Air Terjun Suban Curup
di Kelurahan Talang Ulu, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu

 

Foto Air Terjun Bedegung
Air Terjun Bedegung
di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan

 

Foto Air Terjun Gurok Buraye
Air Terjun Gurok Buraye
di Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

 

Foto Air Terjun Lamuran
Air Terjun Lamuran
di Pekon Teratas, Kecamatan Kota Agung Pusat, Kabupaten Tanggamus, Lampung

 

 

 

Eh, latar belakang di balik perjalanan mengunjungi air terjun ini?

 

Jujur ya, ini bukan sesuatu yang sudah bertahun-tahun direncanakan apalagi didamba-dambakan. Bisa dibilang semuanya mengalir begitu saja. Tentu atas seizin dan kehendak Allah SWT.

 

Ada yang keluyuran sendiri. Ada juga yang bareng keluarga. Toh, orangtua hobinya kan juga jalan-jalan. Ya, selagi orangtua masih ada, kesempatan jalan-jalan bareng keluarga masak disia-siakan toh?

 

Perkara dana, ya pakai uang tabungan lah. Besar biaya yang dibutuhkan menurutku sih nggak banyak. Apalagi kalau dilandasi "niat baik" untuk turut memutar roda perekonomian di daerah.

 

Di perjalanan ini aku mempelajari banyak hal, khususnya pelajaran hidup. Dibanding air terjunnya, pelajaran-pelajaran hidup ini yang membekas kuat buatku. Yang seperti ini yang membuatku berpikir positif bahwa perjalanan di Sumatra ini bukan suatu perbuatan yang sia-sia.

 

 

Kenapa sebelum usia 30? Ya, karena aku merasa nggak bisa terus-terusan seperti ini. Aku ingin istirahat. Semoga ini jadi semacam klimaks. Sebab, aku ya juga punya hal-hal lain yang menunggu untuk dikerjakan.

 

Kalau dibilang sudah nggak lagi muda ya ada benarnya juga sih, hahaha.

 

Dengan usia yang semakin menua, sebetulnya kondisi fisik kita kan nggak semakin bertambah baik kan?

 

Jadi betul bilamana nikmat sehat dan nikmat hidup adalah sesuatu yang amat sangat berharga.

 

 

 

Demikianlah ceritaku di artikel kali ini.

 

Dan untuk segala hal yang Pembaca harapkan, doakanlah dengan menyebut nama Tuhan.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • MAS FEB
    avatar 9846
    MAS FEB #Senin, 27 Jun 2016, 21:37 WIB
    Kata-kata ingin istirahat di paragraf akhirnya agak-agak horror Mas. :D
    Lha kok horor? :D
  • EM
    avatar 9847
    EM #Senin, 27 Jun 2016, 22:05 WIB
    Walah, kenapa akhir-akhir postinganmu nyrempet kata2 "wis ra enom, ra sekuat dek jaman semono"

    Terus sharing cerita Wij. :D
    Wis kerep masuk angin eM, hahaha. :D
  • BAKTIAR SONTANI
    avatar 9849
    BAKTIAR SONTANI #Selasa, 28 Jun 2016, 08:02 WIB
    Wah air terjunnya cakep-cakep terutama Air Terjun Sipiso-piso dan Resun... ah kalau situ udah merasa tua apalagi aku yang lahir lebih dulu.. ayo istirahat sebentar saja abis itu jalan-jalan lagi.
    Ho oh Kang, kayaknya harus istirahat sebentar ini, sambil mengumpulkan duwid, hahaha. :D
  • ENDAH KURNIA WIRAWATI
    avatar 9850
    ENDAH KURNIA WIRAWATI #Selasa, 28 Jun 2016, 12:35 WIB
    Wihhh udah ke-10 provinsi di Sumatera..
    Saya masih utang Kepri ama Babel nih..
    mudah-mudahan bisa kesana tahun ini.
    Aaamiin, semoga dirimu bisa secepatnya ke sana Mbak. :D
  • PRASETYO
    avatar 9854
    PRASETYO #Selasa, 28 Jun 2016, 17:13 WIB
    Keren Mas... Meski usia nambah terus, cerita-ceritanya juga harus nambah ya.. Hehe...
    Sukses selalu!
    Aaamiin, terima kasih, :D

    Tapi, ada suatu waktunya aku harus pensiun, hehehe. :p
  • TRAVEL DIENG
    avatar 9858
    TRAVEL DIENG #Selasa, 28 Jun 2016, 21:43 WIB
    Air terjunnya kece Mas. Jangan khawatir tua ada temannya, tapi travelling tetap semangat 45 khan?
    Hahaha, istirahat dulu lah mengumpulkan tenaga, hihihi. :D
  • ANGKI
    avatar 9859
    ANGKI #Rabu, 29 Jun 2016, 04:11 WIB
    Semoga Mas Wijna panjang umur sehat dan menginspirasi bukan keluyuran Mas... dan semoga makin berkah ya Mas... Aamiin...

    Kata Rasul manusia terbaik yang panjang umurnya baik juga amal perbuatannya.... pokoknya inspirasi dah buat anak yang sukanya ngendog pengen ngendog gak cuma di satu base camp hehe pizzz.
    Hihihi... aamiin, matur nuwun doanya Ngki. :D
  • DITA
    avatar 9860
    DITA #Rabu, 29 Jun 2016, 10:24 WIB
    Jadi setelah umur 30 mau stop jalan-jalan gitu? atau tetep jalan-jalan tapi dikurangi? :D
    Pelan-pelan dikurangi Dit. :D
  • NBSUSANTO
    avatar 9862
    NBSUSANTO #Rabu, 29 Jun 2016, 12:24 WIB
    Yang familiar baru sipiso-piso.. :3

    Umur 30.. pengen udah punya usaha yang bisa memberi kerja orang lain.. pengen punya keluarga yang hobi dolan.. hahahaha
    Aamiiin... :D
  • DWI SUSANTI
    avatar 9863
    DWI SUSANTI #Rabu, 29 Jun 2016, 13:57 WIB
    Aku mau menuhin timeline komentarmu dengan ucapan selamat ulangtahun Mas :)
    Semoga sehat jiwa, raga, tambah kebaikan-kebaikanmu, dan umur ke depan semakin berkah.
    Kalau aku sesudah umur 30 nanti, InsyaAllah maunya tetep jalan-jalan. Soalnya kalau diem terus aku gampangan ngantug e.
    Weeh, jangan dipenuhin, nanti dikira spam. Hahaha. :D
    Matur nuwun doamu Mbak. Semoga pas umur 30 nanti dirimu ya masih bisa jalan-jalan. :D
  • PERDANA
    avatar 9866
    PERDANA #Kamis, 30 Jun 2016, 15:26 WIB
    Mas selalu nulis hal yang bagus. Kenapa tidak diajukan ke Pemda setempat biar bisa diliput untuk Traveler Indonesia?
    Wah, saya kan cuma menulis tanpa ada kaitan pihak manapun. :D
  • YOSEPH
    avatar 9868
    YOSEPH #Kamis, 30 Jun 2016, 16:38 WIB
    Gila banyak banget air tejunnya. Bagus-bagus semua.
    Hihihi, Indonesia itu kaya obyek wisata alam. :D
  • ELISA
    avatar 9883
    ELISA #Rabu, 6 Jul 2016, 20:12 WIB
    Coba pergi ke Pagar Alam, Sumsel... di sana banyak air terjun yang bagus...
    Iya mbak, katanya air terjun di Pagar Alam bagus-bagus.
  • YHUDA
    avatar 9889
    YHUDA #Sabtu, 9 Jul 2016, 02:32 WIB
    Jangan buru-buru "klimaks" donk Maw...
    Masa kalah sama enyak babe, "klimaks"-nya bareng pasangan ntar lah
    itupun kalo udah ketemu eh ...
    Btw, thanks artikelnya Maw, ini awak posisi sedang di sekitar Ombilin , deket Danau Singkarak Sumatra Barat
    Doanya ya Mbah, moga dilancarkan....
    Wekekeke, iya sama pasangan tapi belum ketemu, hahaha. :D

    Weh, dirimu sedang keliling Sumatra po Yhud? Semoga perjalanannya lancar dan selamat sampai tujuan.