Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 22 Desember 2015, 06:12 WIB

Pas mencari penginapan murah di Bengkulu dan Jambi pada bulan April 2015 silam, aku nggak mengandalkan situs booking online. Cukup googling saja “penginapan murah di {nama kota} “, nanti juga muncul daftarnya. Gampang toh?

 

Hanya saja, sebagian besar sumber-sumber itu nggak nge-review penginapan murah yang mereka sebutkan. Apalagi ngasih lihat penampakannya. Jadinya yang baca kan bisa jadi kurang paham apakah penginapan tersebut sesuai selera mereka atau nggak. Ya toh?

 

 

Makanya, semoga artikel ini bisa membantu memberi gambaran ke Pembaca seperti apa penginapan murah yang ada di Bengkulu dan Jambi yang menurutku layak huni. Bahwasanya perkara menginap itu nggak perlu mahal-mahal.

 

Eh iya, aku sih nggak terlalu milih-milih perkara penginapan. Yang penting itu buatku:

 

  1. Harganya murah. Masih di kisaran Rp100.000-an. Kalau dapat yang di bawah itu ya Alhamdulillah .
  2. Syukur-syukur penginapannya dilewati angkutan umum. Biar gampang kalau ke mana-mana.
  3. Ada colokan listrik.
  4. Bukan TKP mesum! Hahaha .
  5. Oh iya, Alhamdulillah juga kalau penginapannya bukan sarang dhemit.

 

Hotel Vista di Kota Bengkulu

Hari Rabu (8/4/2015), aku sampai lagi di Kota Bengkulu dari Kota Curup itu sudah malam. Angkot sudah jarang yang lewat. Eh, apa mungkin sudah lewat jam operasinya angkot ya?

 

Ya sudah, jadinya aku naik ojek saja ke penginapan yang konon terbilang murah di Kota Bengkulu. Namanya Hotel Vista. Menurut info yang aku baca, penginapan-penginapan murah di Kota Bengkulu ada juga di sepanjang kawasan Tanah Patah.

 

Aku memilih kamar kedua termurah. Tarifnya Rp80.000 doang. Wujud kamarnya 11-12 sama kamar kos-kosan mahasiswa. Luas kamarnya ya sempit. Tapi untungnya sih bersih. Nggak seperti kamar kos-kosan cowok, hahaha .

 

Di dalam kamar disediakan kipas angin dan kamar mandi dalam. Kasurnya sih nggak empuk-empuk banget. Yang jelas lebih enak lah daripada tidur melantai . Seprainya juga nggak bau. Ya pokoknya kalau untuk tidur sudah cukup lah.

 

Pas bangun pagi aku disuguhi teh manis panas gratis. Tapi ya tanpa sarapan. Setelah matahari terbit aku juga baru tahu kalau angkot kuning wira-wiri di depan hotel Vista. Jadi, kalau mau ke mana-mana naik angkot gampang lah. Hotel Vista juga dekat sama masjid.

 

Tempat Mesum Hotel Vista Bengkulu
Tampak depan Hotel Vista.

 

Suasana Kamar Hotel Vista Bengkulu
Ranjang yang lumayan untuk tidur.

 

Tarif Kamar Hotel Vista Bengkulu
Interior kamar yang mirip kamar kos-kosan.

 

Peta Hotel Vista Bengkulu
Kamar mandi dalam.

 

Review Hotel Vista Bengkulu
Di mana-mana selalu ada orang baik dan orang brengsek...

 

Di bawah ini daftar lengkap tarif kamar di Hotel Vista Bengkulu.

 

Alamat: Jl. MT Haryono no. 67, Penggantungan, Kota Bengkulu

Telepon: (0736) 20820, 23554

 

Tarif Fasilitas
Rp70.000 Kamar mandi umum
Rp80.000 Kipas angin, kamar mandi, teh
Rp100.000 Kipas angin, kamar mandi, TV, teh
Rp150.000 AC, TV, kamar mandi, teh, snack, perlengkapan mandi
Rp175.000 AC, TV, kamar mandi, teh, snack, perlengkapan mandi
Rp200.000 AC, TV, kamar mandi, teh, snack, perlengkapan mandi
Rp250.000 AC, TV, kamar mandi, teh, snack, perlengkapan mandi
Rp300.000 AC, TV, kamar mandi, sarapan pagi, snack, perlengkapan mandi
Rp350.000 AC, TV, kamar mandi, sarapan pagi, snack, perlengkapan mandi
Rp400.000 AC, TV, kamar mandi, sarapan pagi, air panas, kulkas

 

Hotel Jaya Wisata di Kota Sungai Penuh

Hari Kamis (9/4/2015), aku baru sampai di Kota Sungai Penuh pakai mobil travel jam 11 malam lewat. Maklum jauh. Butuh waktu 12 jam dari Kota Bengkulu.

 

Di jam segitu itu aku terus-terang sudah malas muter-muter nyari penginapan. Dari saran ibu guru kimia yang duduk di sampingku, aku memilih menginap di Hotel Jaya Wisata. Letaknya dekat sama lapangan merdeka dan PLN Sungai Penuh.

 

Kamar yang paling murah Rp135.000. Sayangnya penuh semua. Yang tersisa kamar superior Rp180.000. Lumayan mahal ya? Tapi nggak salah sih, pilihannya ibu-ibu itu selalu penginapan yang bersih dan bagus.

 

Fasilitasnya ada TV satelit, perlengkapan mandi, air minum, dan gratis sarapan pagi. Sepanjang perjalananku paling enak ya menginap di sini lah! Alhasil aku menobatkan Hotel Jaya Wisata cocok untuk mereka yang berpergian bersama keluarga.

 

Suasana Kamar Hotel Jaya Wisata Sungai Penuh
Tampak depan Hotel Jaya Wisata.

 

Peta Hotel Jaya Wisata Sungai Penuh
Ranjangnya cuma kepakai satu. Sayang aku ke sini cuma sendiri. #bukan.kode

 

Tarif Kamar Hotel Jaya Wisata Sungai Penuh
Interior kamar.

 

Review Hotel Jaya Wisata Sungai Penuh
Kamar mandi dalam.

 

Di bawah ini daftar lengkap tarif kamar di Hotel Jaya Wisata Sungai Penuh.

 

Alamat: Jl. RE Martadinata, Kota Sungai Penuh

Telepon: (0748) 21221

 

Tarif Fasilitas
Rp137.500 (Standar) Twin bed, TV satelit, kamar mandi, sarapan pagi
Rp200.000 (Superior 1) Twin bed, TV satelit, kamar mandi, sarapan pagi
Rp250.000 (Superior 2) Double bed, TV satelit, kamar mandi, sarapan pagi
Rp300.000 (Deluxe 1) Double bed, TV satelit, kipas angin, kamar mandi, air hangat, telepon, sarapan pagi
Rp350.000 (Deluxe 2) Twin bed, TV satelit, kipas angin, kamar mandi, air hangat, telepon, sarapan pagi
Rp435.000 (VIP) Double bed, TV satelit, AC, kamar mandi shower bathtub, air hangat, telepon, sarapan pagi
Rp545.000 (VVIP) Double bed, TV satelit, AC, kamar mandi shower bathtub, air hangat, telepon, sarapan pagi

 

Catatan:
Sewaktu aku ke sana semua tarif kamarnya sedang diskon 10%.

 

Hotel Jayakarta di Kota Jambi

Hari Jum’at (10/4/2015) aku bermalam di dalam mobil travel Sungai Penuh – Jambi. Ceritanya ini sekalian ngirit ongkos, hehehe . Perjalanan dari Kota Sungai Penuh ke Kota Jambi lama juga lho, sekitar 10 jam. Berangkat pukul 7 malam dari Kota Sungai Penuh, sampai di kota Jambi pukul 5 pagi.

 

Di Kota Jambi aku turun di Masjid Raya Magat Sari dekat pasar, salat Subuh, habis itu baru nyari penginapan deh. Sekitar jam setengah enam aku nelpon beberapa penginapan, ngecek ketersediaan kamar beserta harganya.

 

Setelah telpon-telponan Ini Hotel Jayakarta kayaknya menarik. Tarif per malamnya katanya cuma Rp55.000. Berhubung jam segitu belum ada angkot lewat, aku jalan kaki saja dari pasar ke Hotel Jayakarta. Ada sekitar 2 km lah. Hitung-hitung olahraga pagi deh.

 

Sampai di Hotel Jayakarta jam enam lebih. Kebetulan sudah bisa check-in. Pas melihat daftar kamar ternyata ada yang tarifnya Rp110.000 per malam dengan fasilitas AC. Jadi ya aku ambil kamar yang itu saja. Toh, malam terakhir di Sumatera ini . Selain AC ada fasilitas TV dan air minum. Kamarnya lebih luas dari Hotel Vista Bengkulu.

 

Hotel Jayakarta dekat sama Jambi Prima Mall. Terus jalan rayanya dilewatin sama angkot merah. Enak deh kalau mau ke mana-mana.

 

Tampak Depan Hotel Jayakarta Jambi
Tampak depan hotel Jayakarta.

 

Suasana Kamar Hotel Jayakarta Jambi
Ranjang yang terbilang besar.

 

Tarif Kamar Hotel Jayakarta Jambi
Ukuran kamarnya juga lumayan luas.

 

Peta Hotel Jayakarta Jambi
Kamar mandi dalam ada kloset duduk, tapi ya begitulah.

 

Tempat Mesum Hotel Jayakarta Jambi
Ini pintu kamar mandi kalau malam sering buka-tutup sendiri.

 

Di bawah ini daftar lengkap tarif kamar di Hotel Jayakarta Jambi.

 

Alamat: Jl. Jendral Sudirman no. 18, Tambak Sari, Kota Jambi

Telepon: (0741) 22667

 

Tarif Fasilitas
Rp55.000 Kipas angin, TV, air minum, kamar mandi
Rp110.000 AC, TV, air minum, kamar mandi

 

 

Intinya sih penginapan murah di Bengkulu dan Jambi itu banyak. Tinggal pilih saja sesuai kondisi dompet. Kalau mau lebih murah lagi alternatifnya ya tidur di mushalla SPBU, masjid, atau numpang crouchsurfing. Ya pokoknya nggak usah khawatir lah perkara penginapan ya.

 

Jadi kapan nih Pembaca mau main ke Sumatera? Atau Pembaca yang di Sumatera kapan mau main ke Jawa?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANIS HIDAYAH
    avatar 8934
    ANIS HIDAYAH #Rabu, 23 Des 2015, 09:20 WIB
    Wah mantab mas Wijna. Nah ini nieh yang saya maksud mas, jelas dan berboot. Nggak
    seperti kebanyakan pemberitahuan hotel tapi hanya sebatas tarif dan letaknya saja.
    kalau memberitahukan hotel mbok yo yang jelas dengan adanya gambar, kan jadi jelas.
    Josss lah pokoke mas bro
    Berbobot? Lha wong aku nulisnya sedikit kata-kata begini kok. Tapi ya pakai banyak foto biar nggak penasaran sama penginapan murah.
  • DJANGKI
    avatar 8939
    DJANGKI #Rabu, 23 Des 2015, 15:28 WIB
    rekomen hotel murah bagus di sungai penuh di Hotel Kerinci mas, kalo pagi pemandangan
    gunung kerinci :)
    Wokey Bang Isna, kapan-kapan kalau mampir Sungai Penuh aku coba menginap di Hotel Kerinci.
  • STUFLY
    avatar 8943
    STUFLY #Jum'at, 25 Des 2015, 07:08 WIB
    Bahahahah, balada hotel murah yak mas.
    Itu yang hotel terakhir, suram amat kamar mandinya. Kerak dimana-mana. :p

    Aku malah suka hotel yang kedua, dan suka juga nama kota yang mas datangi.
    Sungai Penuh. :D
    Selama masih bisa dipakai untuk nyari inspirasi sambil ngendog buatku sih kamar mandi kayak apa nggak masalah. Hotel kedua jelas mahal makanya bagus. :D
  • ANGKI
    avatar 8953
    ANGKI #Minggu, 27 Des 2015, 01:02 WIB
    wkwkwkw musti kuwi kode mas hehe... hayo hayo haha... wah kapan yah bisa sampe bumi
    sumatera mupeng sik mas...
    Lulus kuliah dulu Ngki habis itu nabung baru jalan-jalan...
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 8954
    VICKY LAURENTINA #Minggu, 27 Des 2015, 15:54 WIB
    Nomer teleponnya kenapa kamu buramkan? Dia kan
    lagi cari rejeki!
    Sebab sudah aku coba SMS tapi nggak ada balasan. Mungkin yang bersangkutan lebih memilih ditelpon... eh?
  • BRIZKI
    avatar 8956
    BRIZKI #Minggu, 27 Des 2015, 20:04 WIB
    bisa menyesuaikan dengan budget :D
    Jelas Bro, menginap itu nggak harus mahal dan nggak harus numpang tidur di SPBU. :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8957
    BERSAPEDAHAN #Minggu, 27 Des 2015, 21:36 WIB
    kalau melihat kamar mandinya ...
    hmmmm .... kayaknya labelnya lebih cocok penginapan .. atau memang kos-kosan .. he
    he

    bagus lho review yang jelas lengkap begini .... jadi ekspektasinya ga tinggi tinggi ... ga
    kaget ... yah memang begitulah kondisinya ..
    di hotel2 bujet yang marak sekarang ini ... bisa dapat 200 sd 300 ribu kalau booking
    online ,,,, kondisi kamarnya bersih dan harum
    Ya memang begitulah Kang, yang penting masih bisa dipakai buat tidur. Maklum, jalan-jalan ini anggarannya nggak banyak.
  • KRESNOADI DH
    avatar 8967
    KRESNOADI DH #Selasa, 29 Des 2015, 02:17 WIB
    Wah itu yang ada AC lumayan tuh, 110k. Tapi kamar mandinya begitulah. :))
    Hahaha dan ngakak dong gue pas baca yang tulisan laknat di kamar mandi itu. :))
    Ya begitulah Bro, ada harga ada rupa :D
  • ARUM KUSUMA
    avatar 8983
    ARUM KUSUMA #Rabu, 30 Des 2015, 12:37 WIB
    Waa iya lumayan murah, kalo buat traveling
    mah gak usah mahal emang yang penting
    layak aja :-)

    Makasih refrensinya.. Semoga suatu saat
    nanti arum bisa ke bengkulu dan jambi ya.. :-)
  • DEVABL
    avatar 8991
    DEVABL #Jum'at, 1 Jan 2016, 09:50 WIB
    Atuhlah si Akang.. Baca ini jadi kangen Bengkulu. Tapi kemaren kesana nginep dirumah
    temennya Ayah. Nanti kalau ke Bengkulu lagi jadi tahu deh penginapan murahnya. Cihuyy~
  • KANAYA
    avatar 9130
    KANAYA #Sabtu, 23 Jan 2016, 19:12 WIB
    Review kayak gini mahal dong ya, harus nginep dulu
    biar datanya lengkap gt ... hehe
    Ya nggak, kan sekalian pergi ini.
  • ELISE
    avatar 9190
    ELISE #Rabu, 3 Feb 2016, 10:57 WIB
    infonya keren kebetulan akhir semester mau main kesana udah dapet refrensinya nih hihi
    makasih yah :D
  • LINEN
    avatar 9585
    LINEN #Senin, 18 Apr 2016, 09:12 WIB
    kamar mandinya horror bener gan :D
  • SURIA SULAIMAN
    avatar 9875
    SURIA SULAIMAN #Sabtu, 2 Jul 2016, 22:43 WIB
    Saya Akan ke Sumatra pd awal August
    Palembang-Lampong-Bengkulu-Padang.
    Mau info bis Dan travel.
    Trima kasih
  • IWAN IRAWAN
    avatar 10817
    IWAN IRAWAN #Senin, 1 Mei 2017, 22:41 WIB
    Kalau ke Bengkulu
    juga nginapnya di
    hotel vista, dekat
    ke wisata kotanya.
    Sebelahnya PO San,
    dan ada beberapa
    travel.