Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 23 Oktober 2015, 10:24 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Masih pukul setengah tujuh pagi, tapi matahari cepet banget merambat ke atas kepala. Rencana awal hengkang pukul tujuh pagi dari Pantai Klayar akhirnya dipercepat jadi sekarang. Soalnya, Aku, Pakdhe Prap, sama Mas Pitra masih punya misi ke satu pantai lagi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang searah dengan jalan pulang ke Jogja.

 

Namanya pantainya itu Pantai Buyutan. Letaknya di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo. Awalnya sih mau motret Pantai Srau. Tapi karena pencahayaan mataharinya kurang bersahabat, akhirnya dipilih lah Pantai Buyutan. Sebab, di Pantai Buyutan ini ada obyek unik yaitu karang yang berdiri kokoh di tengah laut. Kalau motret langit kurang menarik, kan motret karang bisa jadi menarik, hehehe.

 

Dari Pantai Klayar ke Pantai Buyutan cuma terpaut jarak sekitar 5 – 6 km dengan waktu tempuh paling ya sekitar 15 menit-an. Dari jalan raya beraspal belok kiri masuk jalan kampung cor-coran semen. Beberapa ratus meter sebelum bibir pantai kami dikejutkan oleh pemandangan cantik di bawah ini.

 

Subhanallah!

 

Pemandangan Indah Ladang Kedelai di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

Pemandangan Cantik Ladang Kedelai di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

Pemandangan Menawan Ladang Kedelai di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Tanaman apakah itu? Kedelai! Nama latinnya Glycine max.

 

Wujud Kedelai yang ditanam di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Jadi kepikiran lagi. Negeri ini kan konsumsi kedelainya lumayan tinggi. Dari data tahun 2012, konsumsi kedelai kita itu sekitar 2,9 juta ton. Sedangkan produksinya hanya 850 ribu ton. Lha terus dari mana 2 juta ton kedelai sisanya? Ya IMPOR lah! Itu tempe dan tahu murah-meriah yang kita makan sehari-hari sebenernya ya “barang impor”. Sedih ya...

 

Lha kenapa kok kita bisa kekurangan 2 juta ton kedelai yang mesti diimpor? Apa konsumsi kedelai kita memang ketinggian banget? Ya... sebenernya sih nggak juga. Dari data diketahui kalau produktivitas kedelai kita “hanya” sekitar 1.500 kg per hektar. Ini angka yang tergolong rendah kalau dibandingkan produktivitas kedelai di Brazil yang mencapai sekitar 3.000 kg per hektar.  

 

Kok bisa produktivitas kedelai kita rendah? Ada banyak faktor penyebabnya. Faktor utama sih karena kedelai itu tanaman daerah subtropis. Jadi, kalau ditanam di daerah tropis seperti Indonesia hasilnya ya kurang bagus. Ini nasibnya sama seperti gandum yang susah hidup di Indonesia (tapi kita sering makan roti dan mie, hehehe ). Selain itu ada juga faktor lain seperti menyusutnya lahan pertanian serta penerapan teknologi budidaya yang masih rendah.

 

Sumber:

http://www.bappenas.go.id/files/3713/9346/9271/RPJMN_Bidang_Pangan_dan_Pertanian_2015-2019.pdf

http://agrinews-pubs.com/Content/News/Markets/Article/Brazil-edges-U-S--in-soybean-crop-production/8/26/9702

 

Puas motret-motret ladang kedelai, saatnya lanjut ke Pantai Buyutan. Soalnya, ini kan masih di tengah jalan, hahaha.

 

Jalan Setapak di sepanjang Ladang Kedelai di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Mobil yang kami tumpangi nggak bisa mendekat sampai ke bibir pantai. Itu karena bibir pantainya di dasar tebing sementara lokasi parkirnya ada di atas tebing. Sebenernya sih sudah ada jalan semen dari lokasi parkir ke pantai yang muat dilewati mobil. Tapi nggak tahu kenapa waktu itu jalannya dipalang, nggak boleh buat lewat kendaraan.

 

Jalan semen curam dari atas Tebing Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

Fasilitas umum toilet di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Sepintas Pantai Buyutan ini mirip-mirip sama Laut Bekah dan Uluwatu. Semisal ini di Bali mungkin sudah banyak investor yang membangun semacam restoran atau resort di pinggir tebing. Soalnya pemandangan dari atas tebing ini lumayan cantik.

 

Pemandangan dari atas Tebing Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Eh, tapi semoga saja nggak ada orang berduit yang niat membangun resor di sini deh. Nanti jadi nggak alami lagi dan masak kalau mau lihat pemandangan indah mesti membayar. Amit-amit...

 

Pakdhe Prap cuma motret dari atas tebing dekat sama lokasi parkir. Jadi, yang turun ke bibir pantai hanya aku dan Mas Pitra. Usai mendarat di bibir pantai, masing-masing dari kami pun berpisah nyari lokasi motret. Aku sendiri bergerak ke sisi barat menuju karang gede banget di laut yang bentuknya menarik itu.

 

Fotografer hunting foto di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

Warung-warung warga di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Aku kepikiran ide buat motret slow speed laut. Terinspirasi sama foto-foto kerennya bro Aziz Hadi. Jadi aku pasang tripod, filter ND, dan jongkok persis di belakang kamera sambil nunggu rana menutup.

 

Karang Laut ikon Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Eh, tiba-tiba ada ombak gede banget datang dari arah depan! Aku sih sudah jaga-jaga karena motret laut pas kondisi menjelang pasang naik ini bahaya banget (apalagi slow-speed).

 

DSLR yang masih nempel di tripod langsung aku angkat dari pasir. BYUUR! Ombak gede banget bikin basah celana sampai ke pangkal paha. Untung kamera sudah diangkat jadinya nggak kena air laut deh.

 

Selamat... Selamat... pikirku.

 

...ya baru pikirku...

 

BYUUR!

 

Ombak datang dari arah samping. Kena batu karang. Percikan airnya terbang tinggi.

 

... What the ...!

 

Singkat cerita, dalam kurun 1 menit semenjak kejadian aku menjauh dari bibir pantai. Melepas baterai kamera. Menyimpan kartu memori. Melap lensa dan kamera. Serta berusaha menguatkan hati untuk menerima kenyataan bahwa DSLR-ku mati total.

 

... Hiks ...

 

Tapi aksi foto-foto masih tetap jalan lho! Soalnya kan aku bawa cadangan kamera poket Nikon Coolpix S3500, hehehe . Belajar dari pengalaman, kali ini motretnya nggak dekat-dekat sama ombak deh!

 

Ganasnya ombak Laut Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

Korban tenggelam di Laut Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

Harga kelapa muda di Pantai Buyutan, Pacitan, Jawa Timur

 

Lha terus gimana nasibnya kamera yang mati total itu?

 

“Anu Pak, DSLR saya nggak bisa nyala.”, ujarku ke Pak Tumijo

“Lha kenapa e Mas?”

“Kena air laut Pak...”

“Kameramu minta pensiun kali Mas.”, Pak Tumijo senyam-senyum.

 

Rawat inap nyaris 1 bulan dengan ongkos Rp200.000 dan Alhamdulillah DSLR-ku hidup lagi. Fiuh...

 

Besok-besok kalau motret di pantai lagi, DSLR-nya aku tutup pakai plastik deh.

 

Pembaca kalau mampir Pacitan, sempatkan mampir ke Pantai Buyutan yah! Di sana banyak obyek karang yang menarik untuk dipotret slow-speed. Tapi ya hati-hati pas motret supaya nggak ada tragedi, hehehe .


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • NBSUSANTO
    avatar 8499
    NBSUSANTO #Jum'at, 23 Okt 2015, 16:57 WIB
    mulakno kok jebul langsung ketok beda hasil jepretane.. ternyata..
    kena air laut 200k isih urip meneh ki alhamdulillah mas..

    btw, pantaine apik mas.. dan kondisi jalan sik ra tek apik ki malah menyenangkan, nek
    ra wani perih tenan mesti kakehan sambat.. :D
    Alhamdulillah ya. Kalau masuk servis resmi kena jutaan itu :D

    Kondisi jalan ke sininya bagus kok. Jauh lebih bagus dari di Pantai Banyutibo.
  • ELISA
    avatar 8502
    ELISA #Sabtu, 24 Okt 2015, 07:37 WIB
    Alhamdulillah...ada pak Tumijo hehe
    Jadi msh bs lihat foto tempat2 bagus di
    perjalananmu yg akan datang:D
    Alhamdulillah ya mbak XD ...
  • IWCAKSONO
    avatar 8503
    IWCAKSONO #Sabtu, 24 Okt 2015, 20:28 WIB
    uapik pantaine mas, tapi ombake terlalu gede buat mandi mandi hore
    Lagi pasang naik ini Bro. Tapi untung bukan musim ombak gede. Kalau musim ombak gede ngeri lah. >.<
  • ANGKI
    avatar 8504
    ANGKI #Sabtu, 24 Okt 2015, 23:04 WIB
    masyaAllah mas.... aku sempet copot dah jantungnya hadeeeehh... perasaan itu ku juga
    mengalaminya mas heheh.... pak tumijo pak tumijo sangar hehehe.... tapi kalo angki
    nambah nol satu lagi mas jadi 2 jutaaa T.T sedih... mas untung ae mas... masih bisa
    menikmati sajianmu mas mas... sesuk meneh mas tapi nek wis duwe serep hehe...
    Hah!? Dua juta!? Kameramu parah banget Ngki kena air lautnya?
  • SUHERLIN
    avatar 8506
    SUHERLIN #Minggu, 25 Okt 2015, 08:11 WIB
    MasyaAllah indahnya warbiyaza :D
    kalau liat pantai begini jadi pengen ngunjungin hehe
    Ayo main ke Pacitan :D
  • MASFIKR
    avatar 8514
    MASFIKR #Senin, 26 Okt 2015, 21:50 WIB
    waaaah, tempatnya keren banget tuh gan, mesti diagendakan buat ke sana nih
    Ditunggu ceritamu main ke Pacitan Bro :D
  • ANNOSMILE
    avatar 8516
    ANNOSMILE #Senin, 26 Okt 2015, 22:45 WIB
    dulu pernah ngejar sunset ke pantai ini tapi telat..
    matahari keburu tenggelam :(
    Berdasarkan pengalaman, kalau mau nyari sunset mesti di lokasi sejak jam 4 sore, habis itu banyak berdoa biar langitnya nggak mendung
  • DEDEW
    avatar 8519
    DEDEW #Selasa, 27 Okt 2015, 03:18 WIB
    baru tahu penampakan asli kedelai hehe, itu pantai indah sekaliii, kebanggaannya pak sby ya, moga kesampaian bisa main kesana...
    Lha? Belum pernah makan camilan kedelai rebus mbak Dew?
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 8523
    BERSAPEDAHAN #Selasa, 27 Okt 2015, 07:46 WIB
    seumur umur baru kali ini lihat perkebunan kedelai ... kerennn

    pantai di pacitan ini ... juara juara ya ... juara 1 kali ya ... he he ...
    btw ... untung aja cameranya masih selamet ... met met ....
    Keren buat obyek foto Kang. Tapi kalau melihat ukuran kedelainya, hmmm... lebih keren kedelai impor yang gede-gede.

    Kalau nyari pantai yang juara 1 itu di NTT Kang. Alhamdulillah lah nggak mesti beli kamera baru, wekekeke.
  • DJANGKARU BUMI
    avatar 8525
    DJANGKARU BUMI #Selasa, 27 Okt 2015, 10:56 WIB
    Terus itu gundukan jerami, fungsinya untuk apa ? Aku lebih suka jepretan kedelai daripada pantainya :)
    Kapan-kapan kalau traveling aku diajak po ?
    Itu jerami kedelainya buat pakan ternak Bro. Lha ayo jalan-jalan bareng. Kapan ada waktu kita bertemu, hahaha. :D
  • YANDHI RAMADHANA
    avatar 8535
    YANDHI RAMADHANA #Rabu, 28 Okt 2015, 16:55 WIB
    klo motonya enggak deket2 sama ombak, ga bisa dapet gambar yang bagus. lain kali kameranya kasih casing yang anti air, klo perlu yang anti aging XD
    Kamera sama air laut memang musuh bebuyutan. Semakin dekat, semakin cari perkara :D
  • EMAKMBOLANG
    avatar 8537
    EMAKMBOLANG #Kamis, 29 Okt 2015, 06:02 WIB
    Dulu waktu kesini masih belum ada jalan semen ini. Masih ngikuti jalan setapak milik
    sawah. Trus jalana menuju pantai masih tanag, kepleset dan nyungsep. hehehe Aku suka
    pasirnya dan suasanya yg masih sepi. berasa pulau pribadi
    Semoga kondisinya tetep gini aja deh ya Mak. Nggak ketambahan bangunan lain biar kesan alaminya masih terjaga.
  • BAGUS GOWES
    avatar 8561
    BAGUS GOWES #Sabtu, 31 Okt 2015, 08:01 WIB
    pernah gowes jogja - pacitan: 12 jam.. jalane banyak tanjakan. ^^
    saya paham Gus...
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 8574
    FANNY FRISTHIKA NILA #Senin, 2 Nov 2015, 22:12 WIB
    omg!!! sumpah pantainya cakeeeppppp.... moga2 nih pantai ttp sepi selamanya :D..

    ngomong2 ttg dslr, kmrn ke belitung, aku jg ainnya pantai to pantai... malah sampe naik perahu dan ada bagian turun dari perahu masuk air setinggi lutut utk jalan ke pantai... yg ada, aku panik takut kamera kecemplung ato kena air p... udh wanti2 ama temen sekantor, please, tangkap kamera ku lbh dulu kalo aku smpe jatuh ke air..pokoknya kameraku yg utama diselamatkan hahahah... p
  • ARIE OKTA
    avatar 8584
    ARIE OKTA #Selasa, 3 Nov 2015, 15:34 WIB
    Foto-fotonya bagus mas. Juara...
  • AKARUI CHA
    avatar 8680
    AKARUI CHA #Sabtu, 21 Nov 2015, 09:35 WIB
    Kyaaaa foto fotonya keren banget.
    Mosok sih mbak? :D
  • BAY
    avatar 8903
    BAY #Kamis, 17 Des 2015, 11:20 WIB
    mantabs bet pantainya, masuk list kalau saya ke pacitan
  • TONI
    avatar 9530
    TONI #Sabtu, 9 Apr 2016, 13:15 WIB
    Keren banget pantainya. tp ngeri juga ngelihat obaknya lumayan gede
  • RUANGTANYA
    avatar 10158
    RUANGTANYA #Kamis, 29 Sep 2016, 05:55 WIB
    hasil jepretanya bisa cerah baget gitu
    Alhamdulillah :D