Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 22 Juni 2015, 08:35 WIB

Bencana tsunami yang melanda Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 silam adalah peristiwa yang nggak akan pernah terlupakan oleh bangsa Indonesia, khususnya warga Aceh sendiri. Apalagi sejak Museum Tsunami Aceh diresmikan tahun 2009 silam. Kini, semua orang bisa mengenang kembali peristiwa yang memilukan hati itu guna memetik hikmah dan pembelajaran.

 

Museum Tsunami Aceh terletak di Jl. Iskandar Muda, Kota Banda Aceh. Persis di seberangnya lapangan Blang Padang dan jejeran sama pemakaman Kerkhof Peutjoet. Museum Tsunami Aceh beroperasi pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dan 15.00 – 17.00 WIB. Seperti biasa, di hari Senin museum ini tutup.

 

RAB dan maket bangunan Museum Tsunami Aceh karya Ridwan Kamil

 

Berhubung di hari Rabu sore (24/9/2014) itu Museum Tsunami Aceh sedang kedatangan tamu rombongan pelajar Jepang dan juga ada kegiatan shooting, alhasil petugas museum langsung mengarahkan pengunjung menuju ruang pamer di lantai 2. Sebenarnya ya sayang juga nggak bisa masuk ruang-ruang di lantai 1 seperti Lorong Tsunami, Ruang Kenangan, Sumur Do’a, dan Lorong Cerobong.

 

Peta daerah wilayah yang dilanda bencana Tsunami Aceh pada tahun 2005

Pengunjung kebingungan menjelajah isi Museum Tsunami Aceh

Sepeda korban tsunami yang dipajang di Museum Tsunami Aceh

 

Eh, mungkin ini tandanya Gusti Allah SWT ngasih PR untuk balik ke Aceh suatu saat nanti, hehehe . Deskripsi ruang-ruang di lantai 1 yang aku sebutkan di atas bisa disimak lebih lanjut lewat tautan berikut.

 

  1. http://atjehpost.co/articles/read/17906/Menjelajah-Museum-Tsunami-Aceh
  2. http://www.pergiberwisata.com/museum-tsunami-aceh.htm
  3. http://museumtsunami.blogspot.com/p/filosofi_24.html

 

Karena aku masuk ke dalam museum tanpa bawa tas kamera, alhasil di dalam museum aku nggak bisa gonta-ganti lensa DSLR sesuka hati. Kebetulan waktu itu yang terpasang lensa prime Nikkor 35mm DX yang sudut pandangnya lumayan sempit. Jadi ya mesti menahan diri nggak motret dengan sudut lebar dulu di sini, hehehe . Untungnya di ruang pamer lantai 2 ada pajangan diorama yang menarik untuk diabadikan dengan bukaan diafragma besar.

 

Warga Aceh panik saat terjadinya bencana Tsunami Aceh

Banyak warga Aceh yang bingung saat terjadi bencana Tsunami Aceh

Warga Aceh mati tertimpa tiang listrik saat bencana Tsunami Aceh

Keluarga Aceh banyak yang tersapu Tsunami Aceh dan tidak selamat

orang-orang menyelamatkan diri dari bencana Tsunami Aceh

 

Oh iya, pengunjung memang dilarang membawa tas ke dalam area museum. Termasuk di antaranya tas kamera, hehehe. Tas bisa dititipkan secara cuma-cuma di loket penitipan barang di luar area museum.

 

Pengunjung nggak dikenakan biaya sepeser pun untuk masuk ke Museum Tsunami Aceh. Tapi ya... mungkin karena nggak ada biaya masuk itu, jadinya aku kira museum ini kekurangan dana untuk memperbaiki yang rusak-rusak. Ya... masak museum keren seperti ini plafonnya sudah bolong-bolong sih?

 

plafon atap museum Tsunami Aceh yang bolong

karbet museum Tsunami Aceh robek

kaca diorama museum Tsunami Aceh pecah

 

Makanya, sempatkan mampir di kios suvenir ya! Beli-beli apa kek gitu. Hitung-hitung untuk menambah dana perawatan museum. Eh, semoga pendapatan dari kios suvenir itu ada yang dialokasikan untuk merawat museum ya.

 

Akhir kata, mari kita luangkan waktu sejenak untuk berdoa, agar:

  1. Para korban bencana tsunami yang selamat senantiasa diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjalani hidup.
  2. Para korban bencana tsunami yang meninggal dunia agar senantiasa ditempatkan di sisi-Nya.
  3. Bencana tsunami tidak terulang lagi di Aceh (dan juga tempat lain di Indonesia). Seandainya pun terjadi lagi, semoga bangsa kita sudah siap dengan mitigasi bencana yang lebih matang.

 

Aamiin...


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • AGUNG GIDION
    avatar 7830
    AGUNG GIDION #Senin, 22 Jun 2015, 08:57 WIB
    Aiiiiihhh.. Mas Mawi.. Yoook ke Aceh lagi yook.. Ajarin jeprat jepret juga dong..
  • ANNOSMILE
    avatar 7833
    ANNOSMILE #Senin, 22 Jun 2015, 15:14 WIB
    ganti kamera fulframe bro?
  • WINNY
    avatar 7835
    WINNY #Senin, 22 Jun 2015, 22:24 WIB
    bahkan mawi sudah ke aceh,, ah iri
  • YACOB-IVAN
    avatar 7836
    YACOB-IVAN #Senin, 22 Jun 2015, 23:20 WIB
    Malah sudah sampai Aceh... Indonesia tetep the best, mas :)
  • CINDY16
    avatar 7839
    CINDY16 #Selasa, 23 Jun 2015, 16:04 WIB
    bagus artikel nya
  • FANNY F NILA
    avatar 7841
    FANNY F NILA #Selasa, 23 Jun 2015, 23:03 WIB
    ah, msh sedih bgt kalo inget ini...aku 18 thn tinggal di aceh soalnya... sempet kuliah bntr
    di banda aceh, trs dipaksa papa pindah ke Malaysia tnpa ngasih tau alasan jelas..
    awalnya marah, ngambek, ga pgn pindahh.. yaiyalah udh 3 semester dan aku hrs ulang
    dr awal kalo ke malaysia... tp setahun di malaysia, dgr kabar ini, dan diksh tau tempat
    kosku dulu hancur rata ama tanah dan kebanyakan anak kos temen2 meninggal...

    di situ lgs mikir dan bersyukur mas... apa jdnya kalo aku ga nurut ama perintah ortu.. :(

    tp sjk pindah kuliah, ampe skr kerja, sekalipun aku blm prnh balik ke aceh.. kgn sih, tp
    bnyk kenangan sedih di sana yg bikin ga pgn balik
  • INDAH PRIMADONA
    avatar 7845
    INDAH PRIMADONA #Rabu, 24 Jun 2015, 08:56 WIB
    museumnya bagus ya, fotonya juga bagus :)
    sayang banget kalo gak dirawat ya, orang Indonesia memang masih kurang dalam hal
    perawatan tempat-tempat umum seperti ini
  • FAHMI
    avatar 7847
    FAHMI #Rabu, 24 Jun 2015, 13:03 WIB
    Ah, sudah baca dari beberapa blog, dan museum tsunami ini memang keren! Bisa
    mengingatkan kita kepada sang pencipta, dan bagaimana kita harus selalu waspada sama
    bencana :)
  • ANGGI AGISTIA
    avatar 7848
    ANGGI AGISTIA #Rabu, 24 Jun 2015, 14:38 WIB
    Waaaah ke Aceh mas. Kalau denger cerita museum Tsunami Aceh ini jadi inget video
    yang pas tsunami besar semua bangunan porak poranda disapu gelombang, cuma
    masjid itu ya yang tetap kokoh berdiri. Subhanallah :)
    Semoga suatu hari nanti dikasih kesempatan buat kesana.
  • LIA
    avatar 7849
    LIA #Rabu, 24 Jun 2015, 15:01 WIB
    waaww mau juga doong ke sanaa
  • MOMTRAVELER
    avatar 7850
    MOMTRAVELER #Rabu, 24 Jun 2015, 16:56 WIB
    Duuhh sayang banget museumnya kok udah mulai
    rusak..masa iya ga ada dana dr pemerintah si untuk
    perawatan? :(
    Btw fotonya keren2 lho mas :)
  • EKA
    avatar 7851
    EKA #Kamis, 25 Jun 2015, 09:24 WIB
    semoga mesium acehnya bisa diperbaiki lagi dan banyak pengunjungnya
  • LIZA
    avatar 7852
    LIZA #Kamis, 25 Jun 2015, 09:24 WIB
    baru dari Aceh mas? kenapa ga bilang-bilang... maunya kan bisa kopdaran :(
  • HILDA IKKA
    avatar 7854
    HILDA IKKA #Kamis, 25 Jun 2015, 12:56 WIB
    Museumnya kereeen. Dioramanya, lucuk. :3 Sayang sekali dong kalau kurang pendanaan,
    masa gak dikelola dinas pariwisata sih? :/
  • AULIA FASYA
    avatar 7855
    AULIA FASYA #Kamis, 25 Jun 2015, 14:15 WIB
    Pengen banget kesini, desainnya bagus. Kalau semua museum desain nya kece-kece pasti masyarakat suka ke museum~
  • PRASETYO
    avatar 7858
    PRASETYO #Kamis, 25 Jun 2015, 19:37 WIB
    Fotonya keren mas ! Dua jempol nih.. Hehe
  • ANGKI
    avatar 7880
    ANGKI #Senin, 29 Jun 2015, 06:13 WIB
    wahhh keren mas bisa sampe aceh.... mantap dah mas wijna...
    hehehe, udah lama ini main ke Acehnya Ngki, tapi ya Alhamdulillah bisa nyampe Aceh juga :D
  • AKARUI CHA
    avatar 8137
    AKARUI CHA #Sabtu, 22 Ags 2015, 14:55 WIB
    Wuaaaa mas nya udah sampe ke Acehhhh.
    Kerennnm. Masuk ke tempat wisata yang gratisan
    emang kadang bikin sedih sih :(