Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 5 Juni 2015, 08:20 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Selain Air Terjun Way Lalaan yang menjadi primadona, ternyata Kabupaten Tanggamus, Lampung masih menyimpan segudang air terjun lain. Cuma saja ya itu, letaknya yang tersebar di pelosok-pelosok lereng Gunung Tanggamus bikin akses ke sananya cukup sulit dan lumayan me-nan-tang.

 

Nah, di hari Jum’at pagi (6/3/2015) yang agak mendung itu aku memberanikan diri singgah di salah satu air terjun “tersembunyi” di lereng Gunung Tanggamus. Namanya Air Terjun Lamuran karena letaknya ada di Dusun Lamuran, Pekon Teratas, Kecamatan Kota Agung (pusat), Kabupaten Tanggamus, Lampung.

 

peta air terjun kembar lamuran wisata alam di provinsi lampung

 

Air Terjun Lamuran berjarak sekitar 8 km dari Kota Agung (ibukota Kabupaten Tanggamus). Kota Agung sendiri berjarak 100 km dari Bandar Lampung. Pelancong yang nggak membawa kendaraan pribadi (kayak aku ini) pun nggak perlu risau karena armada ojek Kota Agung siap mengantar ke Dusun Lamuran dengan tarif Rp15.000 sekali jalan.

 

Di Pasar Kota Agung, aku menyewa jasa ojeknya Pak Johan untuk mengantarkan aku ke Dusun Lamuran. Anehnya, Pak Johan sebagai warga asli Kota Agung sendiri nggak tahu kalau di dusun Lamuran itu ada air terjun. Beliau ngertinya air terjun di dekat Kota Agung ya Way Lalaan.

 

Waduh, gimana ini? Kok warga lokal sendiri kalah gaul sama pendatang?

Apa warga Kota Agung kurang hobi blusukan ke air terjun ya?

 

suasana jalan tanjakan menuju dusun Lamuran di Pekon Teratas kawasan Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Tapi setelah diperhatikan, ya wajar kalau nggak semua warga Kota Agung tahu kalau di Dusun Lamuran ada air terjun. Lha wong di Dusun Lamuran saja nggak ada petunjuk keberadaan air terjun kok.

 

Untungnya warga Dusun Lamuran yang kami tanyai, mulai dari bocah SD sampai lansia, mengerti keberadaan air terjun Lamuran. Mereka menjawab nyaris seragam.

 

“Masih jauh! Ikuti saja jalannya!”

Hmmm... oke lah kalau begitu!

 

suasana perumahan warga di sepanjang jalan menuju kawasan wisata Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Perlahan-lahan, jalan yang kami mulai berubah wujud. Awalnya jalan aspal yang muat dilalui dua mobil. Lantas berubah jadi jalan rusak yang dilalui motor saja sulit. Eh, ujung-ujungnya malah jadi jalan buntu. Duh!?

 

Kondisi jalan batu yang rusak menuju obyek wisata Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

Kondisi jalan tanah yang rusak menuju obyek wisata  Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Pak Johan pun berinisiatif berhenti dan mengetuk pintu rumah warga. Seorang bapak yang baik hati lantas memberi pencerahan kepada kami yang kebingungan.

 

“Sepeda motornya diparkir di sini aja. Ke air terjunnya nanti jalan kaki ngikuti jalan semen itu kira-kira 200 meter.”

 

Keramah-tamahan warga dusun Lamuran Pekon teratas yang tinggal di sekitar Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Medan petualangan pun berganti rupa masuk hutan. Eh, bukan hutan dink, tapi kebun kakao alias kebun pohon coklat. Selain pohon kakao juga ada pohon duku lho! Kebetulan pas waktu itu sedang musim duku. Kabarnya harga duku di tingkat petani di sini itu Rp5.000 per kg. Murah ya?

 

Harga duku lampung murah yang dijual di kawasan Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Aku kaget pas Pak Johan berniat ikut melihat air terjun Lamuran. Duh! Penasaran banget sih ini bapak? Aku ya jadi was-was. Soalnya jalan semen di kebun kakao ini licin banget karena semalam habis hujan. Tahu sendiri kan Pak Johan sudah agak sepuh. Eh, malah di tengah jalan beliau cerita kalau dirinya sudah pernah kena stroke. WADUH! Semoga di jalan nggak ada peristiwa luar biasa deh... >.<

 

Kebun coklat lampung dijual lokasi dekat Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung pada Maret 2015

 

Pas lagi jalan di dalam hutan itu kami berpapasan sama warga yang naik motor (canggih juga motor bisa lewat sini). Katanya, air terjunnya sudah dekat. Pokoknya nanti bakal ketemu sama jembatan. Sehabis itu dari jembatan belok ke kanan.

 

sepeda motor dan mobil masuk ke dalam hutan menuju Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Benar juga, di tengah perjalanan kami bertemu jembatan bambu. Dari sini kan katanya belok kanan. Eh, tapi ternyata di arah kanan itu sama sekali nggak ada jalan setapak. Soalnya kanan-kiri itu penuh sama pohon kakao. Lha terus jalan ke mana ini?

 

Pas aku melihat-lihat kondisi sekitar, aku lihat di tanah ada batu dengan tanda panah. Pikirku, tanda panah itu pasti mengarah ke Air Terjun Lamuran.

 

petunjuk cat kuning di batu di dalam hutan yang arahnya ke Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Kami pun keluar dari jalan setapak dan ganti arah sesuai tanda panah. Eh ternyata malah mentok sungai. Karena nggak ada pilihan jalan lain, aku sarankan ke Pak Johan buat nyebrang sungai saja. Pas lagi nyebrang sungai itulah Pak Johan berseru.

 

“Itu air terjunnya sudah kelihatan!”

 

tarif jasa ojek dari kota agung ke Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus pada Maret 2015

 

Air terjun pertama lumayan besar. Airnya pun lumayan deras. Di dasarnya ada semacam lubuk yang sepertinya bisa dipakai untuk berenang. Tapi kayaknya bahaya juga berenang di sana karena airnya deras.

 

Walaupun air terjun ini yang paling besar dan paling indah, tapi untuk memotretnya lumayan sulit. Karena persis di dekat air terjun ada batu besar yang “menganggu” pemandangan. Coba saja batunya bisa digeser dikit atau mungkin dihilangkan pakai Photoshop, hahaha

 

pemandangan indah Air Terjun Kembar Lamuran yang masih sepi dan tersembunyi di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Air terjun yang kedua lebih kecil dari air terjun yang pertama. Airnya juga nggak deras. Di dasarnya nggak ada lubuk yang bisa dipakai untuk berenang. Tapi menurutku, air terjun kedua ini lumayan bersahabat untuk mandi atau main air. Sayang, jalan ke sananya mesti nembus-nembus semak gitu.

 

cerita mistis ada cewek yang meninggal terjun dari Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Akhir kata, untuk pelancong yang doyan blusukan, silakan mencoba singgah di Air Terjun Kembar Lamuran. Semoga semakin banyak warga yang mengetahui air terjun ini dan syukur-syukur akses jalan menuju ke sananya diperbaiki, hehehe .

 

berfoto selfie bersama oom-oom di Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Oh iya, satu lagi. JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!!

 

Sampah yang dibuang sembarangan membuat kotor kawasan wisata Air Terjun Kembar Lamuran di Tanggamus, Kotaagung, Lampung pada Maret 2015

 

Misi di Lampung selesai! Saatnya balik ke Ibukota!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 7725
    ANDIKA HERMAWAN #Jum'at, 5 Jun 2015, 17:03 WIB
    walah, ke mana pun perginya, tetep tujuannya adalah hunting air terjun huehehe :P
    kayak nggak lengkap klo belum nyari air terjun Bro, hahaha :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7727
    BERSAPEDAHAN #Jum'at, 5 Jun 2015, 20:07 WIB
    wah cocok tuh berduaan ... he he he ...
    tukang ojek aja ga tahu ... bener2 ... terpencil
    Setelah ini tukang-tukang ojek jadi pada tahu deh :D
  • ANGKI
    avatar 7729
    ANGKI #Sabtu, 6 Jun 2015, 21:31 WIB
    pak johan sisi lain yang selalu unik ms wijna hehe.... melihat sosok yang tak pernah kita
    kenal serasa jadi kenal mas... hehe foto berdua sama pak johan adem banget mas makin
    damai air tejum kembar lamuran ini mantap mas
    Aku malah nggak tenang sebenernya, takut Pak Johan kenapa-kenapa, hahaha :D
  • ANGKI
    avatar 7730
    ANGKI #Sabtu, 6 Jun 2015, 21:34 WIB
    kalo pak johan baca ini pasti foto berduanya itu minta dicetakin kali yax hehe.... selalu suka
    mblusuk ke sini ... jadi kapan mas wijna dirangkul someone tapi bukan pak johan loh yah
    haseehh hehe pizzz
    Haisy! Foto rangkul-rangkulan off limit!
  • FAHMI
    avatar 7731
    FAHMI #Sabtu, 6 Jun 2015, 23:52 WIB
    Saluuut! Kamu benar - benar pemburu air terjun sejati mawi! Bahkan yang di pelosok pun
    kamu kejar :)
    Keliling pelosok Indonesia buat nyari air terjun wakakakak :D
  • TRAVELLING ADDICT
    avatar 7732
    TRAVELLING ADDICT #Minggu, 7 Jun 2015, 10:04 WIB
    wah, itu kalo naik ojek diturunin di depan air terjunnya ga? hehehe


    bhay
    www.travellingaddict.com
    Mesti pakai motor trail kalau mau ngojek ke air terjunnya langsung, hahaha :D
  • BASELO
    avatar 7733
    BASELO #Minggu, 7 Jun 2015, 12:22 WIB
    Duileeeee....sampahnya. Moga jadi perhatian pihak pengelola dan pengunjung
    Semoga segera dibentuk kelompok untuk mengelola air terjun ini deh
  • ALANNOBITA
    avatar 7735
    ALANNOBITA #Minggu, 7 Jun 2015, 14:09 WIB
    hihi jadi kangen daerah sana uy,, ada banyak air terjun sekitar lamuran mas,, terakhir
    dikasih tau warga ada yg tingginya 100 meter :D
    Kalau dugaanku sih emang banyak, lha daerah lereng gunung kok. Hutan semua lagi. Cuma tinggal siapa yang kurang kerjaan menjelajah semua itu ... :D
  • JUNA
    avatar 7737
    JUNA #Minggu, 7 Jun 2015, 19:21 WIB
    wah..seru bgt liputannya, sampai daerah manapun, mas bro ini selalu "curug" andalannya...
    Kalau nggak ketemu air terjun serasa ada yang kurang, hihihi
  • TOTOK
    avatar 7740
    TOTOK #Senin, 8 Jun 2015, 07:28 WIB
    Wah, Pak John msh punya semangat advonturir jg ya ... jempol
    Semoga sehat selalu deh Pak Johan
  • IWCAKSONO
    avatar 7741
    IWCAKSONO #Senin, 8 Jun 2015, 07:51 WIB
    sampahnya banyak, berarti udah rame ya air terjunnya...
    Biasanya anak-anak muda yang tahu, mungkin yang doyan blusukan juga, hahaha :D
  • AGITA VIOLY
    avatar 7743
    AGITA VIOLY #Senin, 8 Jun 2015, 09:30 WIB
    totalitas mblusuknya juaraaaa. aku lampung cuma tau daerah ambarawa, pringsewu sama padangcermin thok. hahaha itu juga karena masih banyak saudara di sana.
    Eh, aku juga punya kenalan di Pringsewu. Pas ke sana itu ya lewat Pringsewu juga. DIbanding Kota Agung, memang Pringsewu terlihat lebih maju.
  • ENDAH KURNIA WIRAWATI
    avatar 7744
    ENDAH KURNIA WIRAWATI #Senin, 8 Jun 2015, 18:45 WIB
    Wahh.. air terjun!! kapan2 ngubek2 lampung edisi air terjun ahh.. Hehehehe..
    klo edisi pulau udh lumayan lah 4 pulau di lampung.. hehehehe..
    Klo aku anak air terjun dirimu anak pulau mbak, hehehe
  • MOMTRAVELER
    avatar 7745
    MOMTRAVELER #Senin, 8 Jun 2015, 19:23 WIB
    Memang ya dimana2 klo mo liat air terjun tu
    perjuangannya berat tp klo udah ketemu air
    terjunnya semua capek ilaaaangg :)
    hahaha, iya Mak, pokokna klo dah sampai air terjun rasanya puas tapi terus mumet karena medan jalan baliknya mesti lewat situ lagi :D
  • HENI PUSPITA
    avatar 7746
    HENI PUSPITA #Senin, 8 Jun 2015, 22:09 WIB
    Ahahaha, saya juga warga Lampung yang nggak tau kalau ada air terjun ini di daerah Kota
    Agung. Taunya ya Way Lalaan thok :D Ternyata di air terjun terpencil pun nggak luput dari
    orang buang sampah sembarangan ya :(
    kalau mau "diobrak-abrik", di seputar Kota AGung masih banyak air terjun lain mbak. Tapi ya letaknya di pelosok dan yang niat ke sana paling ya anak-anak muda. Apa karena di pelosok jadinya nggak ada tempat sampahnya terus dirasa bebas buang sampah sembarangan ya?
  • WINDA
    avatar 7747
    WINDA #Selasa, 9 Jun 2015, 13:52 WIB
    asik banget mbuluskannya.. pak johan semangat banget yah, hebaattt akhirnya sampai
    tujuan dengan selamat. ^_^
    Alhamdulillah baliknya juga selamat, :D
  • ADIE RIYANTO
    avatar 7749
    ADIE RIYANTO #Selasa, 9 Jun 2015, 16:41 WIB
    Tiap kali googling ttg air terjun, ngarahnya ke sini. Kzl. :((.

    belum sampai Tanggamus soalnya
    koleksi air terjunku padahal masih sedikit lho Die. Kapan itu aku nyasar ke blog yg ngeliput air terjun di Sukabumi dan sekitarnya. Dia lebih "freak" dari aku, hehehe
  • CUMILEBAY.COM
    avatar 7753
    CUMILEBAY.COM #Rabu, 10 Jun 2015, 12:47 WIB
    4x bolak balik ketanggamus tapi ngak perna ke air terjun nya, ternyata keren yaaaa
    dirimu kan nggak hobi nyari air terjun Bang :D
  • @BANGSAID
    avatar 7759
    @BANGSAID #Rabu, 10 Jun 2015, 21:28 WIB
    Wih... itu seperti belum terjamah ya. Jadi kepengen kesana
    Cobain aja Kang, nggak terlalu masuk hutan banget kok. Enak sih buat jalan pagi-pagi, hehehe
  • RIFQY FAIZA RAHMAN
    avatar 7774
    RIFQY FAIZA RAHMAN #Jum'at, 12 Jun 2015, 10:54 WIB
    Heee kok apik air terjune! Ah dasar waterfall hunter emang! :)
    padahal katanya foto-fotoku menipu sangat lho Qy, hahaha :D
  • MECHTA
    avatar 7786
    MECHTA #Sabtu, 13 Jun 2015, 17:34 WIB
    Cakeeep.... tapi rata2 jalan ke air tejun mmg parah ya? hehe...
    namanya juga air terjun yang masih alami, hahaha, klo masih kelihatan jalannya sedikit nggak apa2 lah
  • RIFQY FAIZA RAHMAN
    avatar 7796
    RIFQY FAIZA RAHMAN #Selasa, 16 Jun 2015, 18:04 WIB
    Ah biasa itu Mas, namanya juga manipulasi digital. :)
    Hahaha, klo ga ada manipulasi digital serasa kembali ke era kamera analog pakai film
  • EXAUDIO SIREGAR
    avatar 7811
    EXAUDIO SIREGAR #Kamis, 18 Jun 2015, 23:24 WIB
    Lah, ini di Lampung toh? Ah.. mbok nek nang Lampung yo ngajak-ngajak toh mas :D
    Aku aja gak tau ada air terjun Lamuran. Way Lalaan aja blm pernah dikunjungin, hehe
  • ANNOSMILE
    avatar 7921
    ANNOSMILE #Senin, 6 Jul 2015, 21:47 WIB
    mantap blusukan ampe disini :D
    Pisan-pisan nyebrang pulau No
  • RUDI MEDANWISATA
    avatar 7929
    RUDI MEDANWISATA #Rabu, 8 Jul 2015, 23:28 WIB
    indah banget air terjunnya,,, Pengen bisa blusukan bareng mas,,,
    kapan ke kota Medan lagi, mana tau kan bisa ngetrip bareng,,
    Hahaha, kapan ya? Nabung dulu yah :D
  • MEY
    avatar 7963
    MEY #Rabu, 22 Jul 2015, 14:50 WIB
    aku aja yg lahir dan sempat dibesarkan di lampung ga tau ada air terjun itu haha.. kl mau berburu air terjun di lampung coba deh ke daerah selagai lingga ada curup 7 kabarnya sih keren
    Waaaa makasih infonya!!! Pingin ke Suoh juga belum kesampaian XD
  • SUN ARYO
    avatar 8352
    SUN ARYO #Kamis, 1 Okt 2015, 06:01 WIB
    itu photo yg paling atas rumahku di bentengan, pekon benteng jaya kota agung, aku malah gak ngerti masuk internet.
    Wealah! Lha selama ini padahal banyak yang ke sana toh Mas?
  • BUGIS TRAVELER
    avatar 8566
    BUGIS TRAVELER #Sabtu, 31 Okt 2015, 19:03 WIB
    owwwhh skr gw ngerti knpa kalau mau ke buton-sulawesi tenggara, nyarinya air terjun
    haha.. mungkin dirimu pemburu air terjun :D :D
    boleh bolehh ,,,

    insyaAllah nanti explore tanggamus juga dan beberapa air terjun nya...
    diriku memang pemburu air terjun, candi, dan cinta (haisy)

    Di Tanggamus masih banyak air terjun yang ngumpet. Tapi ya itu mesti masuk2 hutan...
  • PUTRA
    avatar 8583
    PUTRA #Selasa, 3 Nov 2015, 13:55 WIB
    Mas di air terjun kedua Lamuran itu banyak
    cerita mistisnya. Katanya dulu pernah ada
    gadis yg loncat bunuh diri dari atasnya.
    Tubuhnya hancur kena batu"an, selendang
    merahnya nyangkut di ranting" pohon disampir
    air terjun. Itulah knpa sering juga dsebut air
    terjun selendang merah

    Oh iya mas yg di area way lalaan sebenernya
    ada 2 air terjun. Cuma orang banyak yg tau yg
    didepan aja. Air terjun keduanya arah selatan
    nyebrang sungai naik bukit trus turun,
    jalanya memang agak terjal tapi kebayar pas
    sampe disana keren bgt itu. Kita kaya masuk
    dalam lembah kecil rimbun hijau depanya ada
    air terjun yg bening. Airnya dingin sekali
    woooo!!! aku baru tahu itu air terjun mistis. Pantas lokasinya lebih sepi ya. Aku belum pernah ke Way Lalaan, kapan2 lagi ya klo mampir Tanggamus lagi ditemani dirimu, wekekeek
  • INSPIRASI BERKEBUN
    avatar 9070
    INSPIRASI BERKEBUN #Selasa, 12 Jan 2016, 09:02 WIB
    aku suka air terjun, di daerah tanjung 13 koto kampar ada tu air terjun bg, bagus banget
  • MARINI
    avatar 10372
    MARINI #Kamis, 17 Nov 2016, 07:55 WIB
    Ihhh itu mah desa aku, dan yg tkang ojek itu bkn orang lmuran , Orang lamuran tau semua klo ada airterjun dan arah air terjun
  • KHAIRUL
    avatar 10463
    KHAIRUL #Senin, 12 Des 2016, 14:54 WIB
    Waw air terjun yabg indah yaa...