Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 18 April 2015, 10:32 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Aku iba sama warga Palembang. Sudah jauh dari pantai, jauh pula dari air terjun. Aku berani bilang, hanya warga Palembang yang kurang kerjaan punya waktu sangat senggang saja yang sudi plesiran ke air terjun. Sebabnya, air terjun di Sumatera Selatan berjarak ratusan kilometer dari Palembang! WOW!

 

Dari sekian banyak air terjun yang ada di Sumatera Selatan, Air Terjun Bedegung alias Curup Tenang terpilih jadi target utama di hari Sabtu (7/2/2015) yang cerah itu. Sesuai namanya, air terjun ini terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

 

peta lokasi Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan dan jaraknya dari kota Palembang
Posisi Muara Enim dan Palembang.

 

Air Terjun Bedegung terpilih karena air terjun ini terbilang “dekat” dari Palembang. Jaraknya “hanya” sekitar 240 km atau 5 jam perjalanan darat. Jarak sepanjang ratusan kilometer itu bisa dirinci sebagai berikut.

 

  1. Palembang – Ogan Ilir (Indralaya) : 30-an km
  2. Ogan Ilir (Indralaya) – Prabumulih : 60-an km
  3. Prabumulih – Muara Enim : 90-an km
  4. Muara Enim – Air Terjun Bedegung : 60-an km

 

Kabar buruknya, nggak ada transportasi umum menuju Air Terjun Bedegung ini. #sedih

 

Cara paling irit ke Air Terjun Bedegung dari Palembang adalah dengan naik Kereta Api Serelo (Yes! Sumatera Selatan juga dilewati kereta api lho!) kemudian turun di Muara Enim dan menyewa kendaraan. Ngojek juga bisa, tapi siap-siap saja kena tarif mahal.

 

Gerbang masuk ke area obyek wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Gerbang masuk ke kawasan Air Terjun Bedegung.

 

Gapura batu penanda lokasi wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Ada juga yang menamai Air Terjun Bedegung ini sebagai Curup Tenang.

 

Waktu itu, aku pergi ke sana dengan cara yang lumayan mewah (maklum disponsori ), yaitu naik mobil Avanza sewaan dari Palembang. Tarifnya Rp900.000 pergi-pulang sudah termasuk bensin dan jasa supir. Lumayan mahal ya?

 

Dari Palembang berangkat pukul 7 pagi. Sampai di Air Terjun Bedegung pukul 1 siang. Balik lagi di Palembang pukul 11 malam. Lama kan?

 

Yang bikin lama itu pas perjalanan pulangnya. Bukan hanya karena jalan raya ke arah Palembang aspalnya bolong-bolong, tapi juga karena selepas sore truk-truk batu bara mulai menguasai jalanan. Mereka kan geraknya lambat, body-nya bongsor, dan suka konvoi 3 sampai 5 truk. Kalau begini situasinya gimana mobil bisa ngebut coba? Haduh...

 

Kondisi jalan raya penuh truk dari Palembang menuju Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Lawan yang biasa ditemui di jalan raya menuju Muara Enim.

 

Jalan rusak parah di depan GOR Muara Enim arah ke Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Jalan rusak di depan GOR Muara Enim.

 

Oh iya, satu lagi yang mesti diperhatikan. Kalau mau ke Air Terjun Bedegung lebih aman  lewat jalur Prabumulih – Muara Enim. Jangan lewat jalur Kayu Agung atau Baturaja terutama kalau malam. Itu daerah rawan begal! SERIUS!

 

Terlepas dari perjalanan yang melelahkan, Air Terjun Bedegung bagaikan berlian di Muara Enim. Terbayar sudah semua kesusahan saat menyaksikan megahnya air terjun terbesar se-Sumatera Selatan ini. Subhanallah!

 

Pemandangan indah Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Air Terjun Bedegung yang terbesar di Sumatera Selatan.

 

Pemerintah setempat sudah menata Air Terjun Bedegung sebagai kawasan wisata. Beberapa hal positif yang aku rasakan adalah:

 

  1. Tempat parkir kendaraannya rapi.
  2. Jalan menuju air terjun lebar dan bagus.
  3. Banyak tempat sampah (sampah yang berserakan juga sedikit).
  4. Tersedia warung, kamar mandi, mushalla, dan bahkan penginapan.
  5. Banyak tempat untuk duduk-duduk.

 

Area parkir kendaraan di lokasi wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Area parkir yang rapi dan luas.

 

jalan setapak pengunjung di lokasi wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Jalannya juga lebar dan bagus.

 

tempat sampah berukuran besar di Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Tempat sampahnya besar-besar.

 

kamar mandi di seputar kawasan wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Kamar mandi untuk yang tergoda basah-basahan.

 

bangku dan meja untuk piknik rekreasi di kawasan wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Cocok juga buat tempat piknik.

 

Suasana nyaman tersebut ternyata harus dibayar mahal dengan kesulitan memotret Air Terjun Bedegung. Benar-benar tantangan untuk bisa memotret air terjun dengan bagus, hahaha.

 

jembatan cantik untuk selfie di lokasi Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Mau motret dari atas jembatan atau sungai di bawahnya?

 

Foto jembatan kuning yang ada di kawasan Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Di atas jembatan memang enak buat masang tripod, tapi tetap saja kamera basah.

 

Susah banget motret Air Terjun Bedegung dengan teknik slow-speed! Karena kamera hampir bisa dipastikan basah kuyup terkena debur air terjun yang terbawa angin. Bahkan dari atas jembatan saja masih bisa bikin kamera basah. Padahal jembatan dan air terjun terpisah jarak puluhan meter lho!

 

Sepertinya saat yang pas buat motret Air Terjun Bedegung ini ya menjelang musim kemarau. Saat debit airnya nggak terlampau deras dan juga angin nggak berhembus kencang. Kalau musim hujan ya seperti ini kondisinya. Kalau lagi sial, pas banjir warna air sering berubah jadi coklat keruh.

 

Penampakan Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan yang paling besar di Sumatera
Harus menginap di Muara Enim kalau mau datang ke mari pagi pas pengunjungnya masih sepi.

 

Sekadar saran nih buat pemerintah setempat. Itu jejeran kios-kios di seberang jembatan ditata dong supaya lebih rapi. Kalau bisa sih bangunannya dipercantik juga. Biar nggak terkesan kumuh gitu dan bagus buat dipotret, hehehe.

 

warung-warung kumuh dan tidak terawat di kawasan wisata Air Terjun Bedegung (Curup Tenang) di Sumatera Selatan
Kalau begini kesannya malah kumuh.

 

Buat Pembaca yang tertarik singgah ke Air Terjun Bedegung di Sumatera Selatan ini harap menyiapkan waktu yang SANGAT senggang ya! Hehehe.

 

Tunggu apalagi! Segera saja meluncur ke Muara Enim! Menurutku, kalau mau menjelajah Muara Enim ya lebih nyaman bermalamnya di Muara Enim, jangan di Palembang. Di sekitar Muara Enim masih banyak obyek-obyek menarik lainnya lho.

 

Satu lagi! Tetap jaga keasrian air terjun dengan TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN ya! Jangan berbuat mesum juga di sini, hehehe.

 

Pembaca pernah menempuh jarak ratusan kilometer demi melihat air terjun?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • HALIM
    avatar 7504
    HALIM #Sabtu, 18 Apr 2015, 19:14 WIB
    Perjuanganmu berburu air terjun di tempat yang dikunjungi sungguh luar biasaaaa, bro...
    Empat jempol! Jauh pun dilakoni, eh ini nggak gowes dari kota Palembang kan? Hehehe
    Nggak gowes lah. Kan dah aku tulis ke sananya naik mobil sewaan, hehehe. Gila aja 200 km naik sepeda. Selo tenan diriku... :D
  • BEBY
    avatar 7505
    BEBY #Sabtu, 18 Apr 2015, 20:29 WIB
    Air terjunnya cakep banget! :D Dulu pas ke Sumsel ngga sempat ke Muara Enim.. Taunya cumak Palembang doank.. Hahah :D
    Lha ini mumpung nyasar di Sumsel sekalian saja blusukan di sana Beb. Ternyata klo nginepnya di Palembang kurang efektif.
  • ANNOSMILE
    avatar 7508
    ANNOSMILE #Minggu, 19 Apr 2015, 15:14 WIB
    masih terlihat alami dan bersih ya..
    bisa jadi referensi kalau main ke palembang nih :D
    Ayo No jajah bumi SUmatera :D
  • MONDA
    avatar 7509
    MONDA #Minggu, 19 Apr 2015, 16:26 WIB
    nah iya kasin ya aku pernah di Palembang
    nggak tau main ke sini he..he..
    nggak lanjut ke Pagaralam Mawi?
    Cuma punya 3 hari di Sumatera Selatan tante >.<. Besok kalau ke Sumatera Selatan lagi main ke Pagaralam sama ke Lahat.
  • ALID ABDUL
    avatar 7512
    ALID ABDUL #Senin, 20 Apr 2015, 08:14 WIB
    Aku juga jadi iba ke warga Surabaya karena mereka juga gak punya air terjun :(
    Tapi kan warga Surabaya kalau mau lihat laut deket Lid
  • FAHMI
    avatar 7515
    FAHMI #Senin, 20 Apr 2015, 09:25 WIB
    Mawi! Kamu memang pemburu air terjun sejati! XD
    lebih tepatnya manusia kurang kerjaan Mi...
  • IWCAKSONO
    avatar 7518
    IWCAKSONO #Senin, 20 Apr 2015, 13:46 WIB
    warung warung nya sepertinya terlalu dekat dengan air terjunnya, jadinya pas difoto kurang alamiah yaaa...
    Sepenglihatan saya misalkan ditata jadi lebih matching sama kondisi sekitar yang sudah terawat..
  • HILDA IKKA
    avatar 7519
    HILDA IKKA #Senin, 20 Apr 2015, 16:26 WIB
    Hahaha Mas Wijna mah kalo ke mana-mana tetep yang dicari air terjun xD
    Muahal men Mas nyewa mobil seharga 900 ribu kekepin dompet

    Berarti air terjun merupakan wisata alam yang amat berharga di sana ya soalnya gak
    mudah ditemui. :D
    Wisata yang mahal karena akses ke sana umumnya sulit dan jauh dari ibukota provinsi.
  • RIFQY FAIZA RAHMAN
    avatar 7521
    RIFQY FAIZA RAHMAN #Senin, 20 Apr 2015, 17:15 WIB
    jaaaan pancene mas siji iki nuiat tenan berburu curug, bahkan yang jauh dari pusat kota di luar
    pulau Jawa sekalipun! Hahaha. Aku yo mikir ngunu mas, asline air terjune apik, tapi (maaf),
    warung2 yang di dekat air terjun malah mengganggu pemandangan dan berkesan kumuh.
    Mestinya ditata agak jauh dari air terjun.
    Hehehe, ini namanya kelakuan orang kurang kerjaan Qy, hehehe. Semoga warung-warungnya segera ditata deh.
  • IBRAHIM
    avatar 7523
    IBRAHIM #Selasa, 21 Apr 2015, 22:01 WIB
    Rasa capek akan hilang jika sudah sampai tujuan ya mas, salam kenal
    Hehehe, iya serasa terbayar lunas gitu. Tapi pas mikir gimana nanti pulangnya jadi hilang semangat, hahaha. Salam kenal juga! :D
  • WINNY
    avatar 7524
    WINNY #Selasa, 21 Apr 2015, 22:48 WIB
    mawi dirimu memang ahli air terjun ya hhihi
    Cuma suka ngelihat doang Win, tapi nggak suka basah-basahan di air terjunnya, hahaha :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 7525
    FANNY FRISTHIKA NILA #Rabu, 22 Apr 2015, 20:36 WIB
    lah, aku tuh jauh2 ke jawa barat, jawa tengah, naik mobil dari jkt cuma mw liat air terjun
    mas :D... Belum sebanyak kamu koleksi air terjunnya p.. tp pokoknya, tiap lg traveling,
    sebisa mungkin aku cari tau ada air terjun ga di sana... makin susah tempatnya,
    biasanya makin cantikkan.. so far, favoritku yg paling cantik ttp curug malela di bandung
    barat, trs yg paling mistis, watu ondo di mojokerto p

    yg curup tenang ini aku blm prnh ksana... duh jauh ya muara enim -_-.. pdhl jaman
    sekolah tempat ini srg disebut2 di pelajaran geografi :).. Penghasil batubara kan ya..
    Wakakak, dirimu berarti memang termasuk manusia senggang mbak. Aku belum kesampaian ke Curug Malela, habisnya perlu waktu lama buat trekkingnya. Kalau watu ondo ya penasaran juga sih.

    Betul mbak. Muara Enim itu penghasil batu bara. Kalau lewat jalan raya di sana lawannya ya truk batu bara.
  • ELISA
    avatar 7536
    ELISA #Sabtu, 25 Apr 2015, 09:16 WIB
    air terjunnya bagus banget...siapin waktu dan duit nih buat kesana..
    saran nih...kmrn hrsnya lanjut ke pagaralam atau lubuk linggau...kabarnya ada air terjun bagus lho..
    Iya mbak, kemarin itu cuma punya 3 hari ngubek-ubek Sumatera Selatan. Besok kalau mampir Sumatera Selatan lagi deh ya.
  • SUKE
    avatar 7542
    SUKE #Minggu, 26 Apr 2015, 17:47 WIB
    Wah pikniknya jauh bingit, foto fotonya bisa ijoooo gitu hdr kah?
    Nggak pake HDR, cuma settingan Saturasi di kameranya dibikin maksimal Kang
  • MAWARDI
    avatar 7550
    MAWARDI #Selasa, 28 Apr 2015, 13:43 WIB
    cocok jadi tujuan wisata berikutnya
    Siap-siapin waktu luang buat ke sana. :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7556
    BERSAPEDAHAN #Kamis, 30 Apr 2015, 13:34 WIB
    kasian palembang ga punya curug ....
    tapi infrastruktur (cielee..) di air terjun ... oke bangett
    walaupun letaknya jauh tapi terawat, salut deh
  • S. FITRI
    avatar 7559
    S. FITRI #Jum'at, 1 Mei 2015, 14:21 WIB
    sangat pengen sekali ketempat wisata semacam air terjun. namun sayang tempat saya sangat jauh dari wisata air terjun, hehe
    Ya kapan-kapan kalau ada waktu disempatkan ke air terjun mbak, hehehe. Memang tinggal di mana mbak?
  • TIA ARMITA
    avatar 7960
    TIA ARMITA #Selasa, 21 Jul 2015, 14:57 WIB
    Wah bener..
    Aku kamren baru tour ke sana.
    Dari indralaya jm 10 sampe ke air terjun bedegung jam setengah3(4,5 jam perjalanan) wah gila bgt.
    Apalagi tour nya naik motor, gila patah ni pinggang.
    Tapi semua terbayarkan pas sampe ke bedegung, keren banget pemandangan nya.
    Bedegung is beautiful :)
    Mesti sering banyak2 berhenti itu pas lewat Prabumulih sama Muara Enim :D. Emang Bedegung pemandangannya top bgt!
  • FITRIBENI
    avatar 8059
    FITRIBENI #Kamis, 6 Ags 2015, 11:41 WIB
    Insya allah minggu depan mau ke air terjun
    bedegung,, horeeee....
    Wah gk sabaran lg nih.. hehe
    Semoga perjalannnya lancar, nggak diganggu sama truk-truk :D
  • BEDEGUNG
    avatar 8600
    BEDEGUNG #Jum'at, 6 Nov 2015, 23:44 WIB
    Terimakasih mas udah share informasi tentang air

    terjun curug tenang bedegung,,,

    Sebagai putra daerah saya ucapkan terimakasih yg

    sebesar- besarnya....
    sama-sama, semoga air terjun bedegung tetap terawat dan jadi primadona Muara Enim ya
  • REDI
    avatar 9001
    REDI #Sabtu, 2 Jan 2016, 13:26 WIB
    Mantaplah :) Aku sdh pernah kesana, tempatnya emang bagus tp sayang sampahnya bertebaran dipinggir jembatan, Sekalian gan ke air terjun "curup maung" kabupaten lahat sumsel, tempat masih asri belum terjamah dari dunia luar, Semoga
    Waduw, Lahat, makin jauh dong malah mepet-mepet Bengkulu, hahaha. Semoga kesampaian ke sana ya.
  • NHANI ALFANSI
    avatar 9267
    NHANI ALFANSI #Rabu, 24 Feb 2016, 14:25 WIB
    Amazing.. Prjuangan yg cetarr :D
  • RIZA
    avatar 9855
    RIZA #Selasa, 28 Jun 2016, 18:50 WIB
    Besok rncana mau k sana, bw ank istri, dri parkiran
    jln kaki k curup ny jauh gak ya? Soal ny ank q msih 2
    thn nih, mkir cra bw ny
  • DHEVY NUR
    avatar 9870
    DHEVY NUR #Jum'at, 1 Jul 2016, 05:49 WIB
    Waah seru yaah kak??
    Aku warga muara enim..suka Juga blusuk.an gitu.. Apalagi kalo wisata nya menantang..
    Yang lebih seru lagi air terjun di daerah tanjung Agung,tanjung enim ga jauh dari muara enim.. Aku pernah kesana jalan kaki 2 jam naik turun bukit.. Rasanya kaki mw patah.. Tapi pas sampek air terjunya beuuh Rasanya mw Selfie Ribuan kali :D heheh air terjunya itu loh.. Bertingkat2.. Ntarlah aku kasih liat fotonya biar pada ngiri :D :p
  • SERI
    avatar 10035
    SERI #Sabtu, 27 Ags 2016, 05:45 WIB
    Harga penginapan ny brkisar mlai hrga brp..
    wah kurang tahu, dulu itu nggak tanya
  • KHOIRUNNISA
    avatar 10369
    KHOIRUNNISA #Rabu, 16 Nov 2016, 16:54 WIB
    Kereennn
  • AJI PRASETIYO
    avatar 10507
    AJI PRASETIYO #Minggu, 1 Jan 2017, 07:06 WIB
    Nih 2 jam lagi mau otw ke sana, moga moga air nya gak butek
    Wuits, gimana laporannya? Jauh-jauh ke Bedegung airnya butek nggak? :D