Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 18 Maret 2015, 07:42 WIB

Seperti lazimnya cuaca di bulan Februari, hujan deras mengguyur kota Palembang, Sumatera Selatan di hari Jum’at sore (6/2/2015) itu. Tapi untungnya, nggak lebih dari satu jam langit mendadak cerah lagi. Itu artinya, sangat tidak produktif bilamana sore hari itu aku habiskan dengan leyeh-leyeh di atas kasur penginapan yang empuk.

 

Oleh sebab itu, mulailah aku blusukan menuju Plaza Benteng Kuto Basak. Letaknya dekat dengan tepian Sungai Musi. Kabarnya, itu tempat nongkrong favoritnya muda-mudi Palembang. Nggak ada salahnya lah jalan-jalan sekalian sama cuci mata, hohoho. #modus

 

Menanti Senja di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

 

Cara menuju Plaza Benteng Kuto Basak itu gampang banget! Cukup jalan kaki sekitar 10 menit dari bawah Jembatan Ampera ke arah barat*. Setelah melewati Dermaga Point yang dihuni oleh waralaba KFC dan J.CO, kita bakal menjumpai pemandangan seperti foto di bawah ini.

 

* maklum orang Jogja kan kalau ngomong posisi mesti pakai arah mata angin

 

plaza kuta besak di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

 

Menurutku sih, Plaza Benteng Kuto Basak ini mirip-mirip sama Pantai Losari di kota Makassar, Sulawesi Selatan sana. Sama-sama tempat buat nongkrong. Sama-sama banyak yang jual makanan. Sama-sama ada di pinggir air.

 

Bedanya paling ya airnya. Pantai Losari kan airnya air laut yang (agak) jernih. Sedangkan air Sungai Musi itu warnanya coklat keruh (terkesan kotor aja). Terus, di Plaza Benteng Kuto Basak nggak ada semacam spot buat foto narsis dengan tulisan gede semacam “SUNGAI MUSI”. Eh, apa mungkin karena sudah ada latar Jembatan Ampera yang notabene landmark-nya kota Palembang ya?.

 

Aku pikir di sana itu juga banyak yang jualan empek-empek. Ternyata salah! Di sana banyak banget yang jual mie tek-tek! Kalau di Jogja bilangnya mie dhog-dhog. Secara umum sih wujudnya sama, yaitu mie goreng.

 

penjual mie dok-dok di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

warung makan perahu di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

cewe palembang nongkrong di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

warga main catur di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

penjual aksesoris mengasuh anak di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

cowo cewek Palembang berjilbab pacaran di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

 

Selepas Maghrib aku memposisikan diri di anjungan Dermaga Point. Berdasarkan hasil blusukan-ku barusan, ini salah satu lokasi yang cocok buat motret Jembatan Ampera. Kalau katanya Winny sih, Jembatan Ampera bakal terlihat indah di malam hari. Apa karena kalau malam warna air sungai yang kecoklatan itu nggak mencolok ya?

 

Jembatan Ampera dan refleksi Sungai Musi Palembang tahun 2015

 

Sekalian saja aku potret buat oleh-oleh manusia-manusia seperjuangan. Semoga mereka semua bisa kemari suatu saat nanti. Aamiin.

 

Menanti Senja di Tepian Sungai Musi Palembang tahun 2015

 

Komplit sudah misi hari ini. Sudah nyebrang sekaligus motret Jembatan Ampera. Masak jauh-jauh ke Palembang tapi belum pernah ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera sih? Yang belum tinggal ngerasain ngendhog di Sungai Musi aja, hahaha. Eh aku ya penasaran, itu air Sungai Musi kalau diicip apa bikin perut sakit ya? #njijiki

 

Pas mau pulang, aku baru tahu kalau bus kota (baik itu yang umum maupun Trans Musi) berhenti beroperasi selepas magrib! Doh! Terpaksa deh naik angkot! >.<

 

Eh, Pembaca pernah menghabiskan senja di tepian sungai nggak ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DITTER
    avatar 7320
    DITTER #Rabu, 18 Mar 2015, 12:14 WIB
    Jembatan Ampera tampak indah di malam hari karena mungkin ada lampu-lampunya, dan juga hal-hal yg merusak mata tersembunyi oleh pekatnya malam.... :D
    Iya apalagi lampunya warna pink jadinya cute, hahahaha :D
  • NOVI
    avatar 7321
    NOVI #Rabu, 18 Mar 2015, 13:46 WIB
    Aaamiiin ternyata didoakan ya ^_^ Semoga suatu hari sya bs ke sana huhaah
    Habis itu jangan lupa ngasih sajen pempek2
  • IWCAKSONO
    avatar 7326
    IWCAKSONO #Kamis, 19 Mar 2015, 08:45 WIB
    iyo yo anjungane mirip losari,
    Kurang pisang epe aja, heheheh
  • NBSUSANTO
    avatar 7327
    NBSUSANTO #Kamis, 19 Mar 2015, 11:11 WIB
    wah apik ya.. di sumatra bisa dapat banyak tempat.. keliling sumatra lewat jalur mana mas?
    sayangnya aku kemaren pas di sumatra dikejar-kejar waktu.. jadi nggak banyak yang bisa
    didapat.. hehehe
    Ini lewat jalur udara Kang,hehehe. Tanggal perginya juga beda-beda.
  • AULIA FASYA
    avatar 7330
    AULIA FASYA #Kamis, 19 Mar 2015, 20:51 WIB
    Kayanya asik ya. Saya ngabisin senja nya dikamar lewat jendela, tapi jelek soalnya
    kehalangan rumah2 dan kabel2 listrik -__-
    Welala... Bandung bukannya banyak tempat2 bagus ya mbak Aulia? Macamnya di Dago kan enak buat nyari suasana
  • ALDZUHRIARFAIZAR
    avatar 7331
    ALDZUHRIARFAIZAR #Kamis, 19 Mar 2015, 23:28 WIB
    Jadi rindu PALEMBANG :(
    Kapan pulang ke Palembang? :D
  • FACHMI
    avatar 7332
    FACHMI #Jum'at, 20 Mar 2015, 07:38 WIB
    palembang selalu bikin kangen, saya berkali-kali kesana, seharian di ampera kita bisa menjelajah kemana2, ke musium sultan mahmud, naik perahu ke pulau kemaro, makan martabak Har, nongkrong di river side,
    Wah kemarin itu aku malah belum keliling2 naik perahu di sungai Musi
  • ADIE RIYANTO
    avatar 7333
    ADIE RIYANTO #Jum'at, 20 Mar 2015, 14:47 WIB
    kayaknya udah sah ya ke Palembang kalo udah ke Musi hehehe. Aku blm pernah nih ke sini. Belum sempat lebih tepatnya. :)
    Berarti dirimu mesti ke Palembang lagi Die. Bareng aku po piye?
  • HANIF
    avatar 7343
    HANIF #Senin, 23 Mar 2015, 11:55 WIB
    pernah mas, di kali code. hehehe. :D di jogja jembatan2nya belum benar2 semegah itu, tp dimana juga ya di jogja klo mau buat jembatan kyk gitu. :)
    Di Srandakan bisa lho dibuat megah kayak gitu. Atau yang pas mau nyebrang ke Parangtritis.
  • YACOB-IVAN
    avatar 7347
    YACOB-IVAN #Senin, 23 Mar 2015, 20:05 WIB
    Mantap, dulu pernah ke sini. Tapi sayang nggak masuk Benteng Kuto Besak. Lampu-lampunya makin cerah, dulu gak seramai ini.
    Lha aku juga mau masuk benteng Kuto Besak tapi terkendala karena sudah jadi markas Koramil...
  • NDOP
    avatar 7352
    NDOP #Selasa, 24 Mar 2015, 13:13 WIB
    and the best photo goes to...

    jreng jreng jreng..

    Foto jembatan Ampera yg malam hari!!
    Emang cantik ya Ndop...
  • MATIUS TEGUH NUGROHO
    avatar 7372
    MATIUS TEGUH NUGROHO #Sabtu, 28 Mar 2015, 21:43 WIB
    Waaaaaa tahun ini aku ke Palembang, bro!!! Harus, karena udah dapet voucher
    hotelnya. Foto-fotonya cakep bangeeettt, bikin semangat

    Btw, mungkin karena lagi musim hujan ya airnya jadi kecoklatan keruh. Yang penting
    kan nggak ada sampah, bro. Atau ada juga?
    Duh, kayak Trans Semarang dan Trans Solo deh cuma sampai maghrib. Emang Trans
    Jogja paling yahud halah
    Kayaknya nggak musim hujan airnya juga coklat deh Bro. Maklum ini sungai kan besar. Di tepiannya banyak berdiri pabrik. Jadi mungkin aja ada sampah tapi ya nggak begitu terlihat. Yang kelihatan cuma eceng gondok, hahaha.

    Iya emang Trans Jogja paling sip! Tapi kok nggak 24 jam ya? Hahaha :D
  • PUNGKY SUDRAJAT
    avatar 7447
    PUNGKY SUDRAJAT #Kamis, 9 Apr 2015, 17:07 WIB
    Nyesel banget kemaren ke Palembang gak bawa kamera... :(
  • AGUNG GIDION
    avatar 7511
    AGUNG GIDION #Minggu, 19 Apr 2015, 23:47 WIB
    Widiiiiw.. Selisih sebulan aja nih Mas Mawi.. Kita seharusnya bisa bersua disini.. hehehe
    Kapan-kapan lagi kita ketemu di pulau luar Jawa ya Bro :D
  • AGUNG GIDION
    avatar 7896
    AGUNG GIDION #Rabu, 1 Jul 2015, 08:23 WIB
    Lha Mas di Jawa ae Mas, di jogja nyoook..
    Woke kapan mau ketemu di mana? :D