Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 2 Maret 2015, 09:50 WIB

Begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau di hari Kamis siang (11/12/2014), tugas pertama yang harus kami laksanakan adalah mencari penginapan. Sayang, kondisi bandara sangat tidak kondusif untuk dipakai diskusi. Sebabnya, tawaran beringas agen taksi gelap silih berganti datang menyerbu kami.

 

cerita kejahatan Armada taksi gelap di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat
Bandara internasional Minangkabau. Naik taksi boleh tapi mahal. >.<

 

Di tengah suasana kalut tersebut, kami “kabur” naik bus Damri menuju Kota Padang. Tarifnya Rp22.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Dibanding naik taksi gelap, naik bus Damri adalah pilihan terhemat menuju Kota Padang dari bandara. Akhirnya, dikusi pun berlangsung di dalam bus.

 

Jadwal keberangkatan bus Damri dari Kota Padang ke Bandara Minangkabau
Melarikan diri ke dalam bus Damri. Lumayan bisa sekalian ngadem.

 

Bus Damri perlahan-lahan memasuki wilayah Kota Padang. Dari sekian banyak opsi yang ada, akhirnya aku dan mas ArtHarry memutuskan menginap di Hotel Sofyan Inn Rangkayo Basa. Itu karena dekat dengan laut (semoga saja nggak tsunami ), ada fasilitas internet Wi-Fi, dan yang terpenting tarifnya relatif murah dari penginapan sejenis, hehehe.

 

Kami turun di perempatan Jl. Pemuda dekat Plaza Andalas dan dilanjut jalan kaki ke arah laut (barat) sekitar 100 meter. Hotel Sofyan Inn Rangkayo Basa terletak persis di pinggir jalan raya.

 

Sofyan Inn Rangkayo Basa
Jl. Hang Tuah no. 211, Kota Padang, Sumatera Barat, 25117
Telepon: 0751 891 888

 

Tarif harga hotel Sofyan Inn Rangkayo Basa
Fasad Hotel Sofyan Inn Rangkayo Basa.

 

Jenis kamar pilihan kami adalah superior twin-bed bertarif Rp400.000 per malam. Dengan menambah Rp50.000 per malam, tamu berhak untuk bersantap malam secara cuma-cuma di restoran hotel.

 

Ukuran kamar yang kami tempati lumayan kecil namun tetap nyaman untuk dihuni. Kamar mandinya pun sangat representatif sekali dipakai buat ngendhog, hahaha. Oh iya, Sofyan Inn Rangkayo Basa juga menyediakan sejumlah ruang pertemuan lho. Jadi, kalau mau menggelar pertemuan sambil menginap di sini ya bisa banget.

 

Suasana kamar hotel Sofyan Inn Rangkayo Basa, Padang
Saksi bisu penyakit pilek akut untuk 3 hari ke depan.

 

Suasana kamar mandi di hotel Sofyan Inn Rangkayo Basa, Padang
Nyaman juga kamar mandinya. Cocok buat nyari inspirasi. #eh

 

Rangkayo Basa itu...

Mungkin ada Pembaca yang bertanya-tanya. Kaharudin Datuk Rangkayo Basa (1906 – 1981) adalah gubernur pertama provinsi Sumatera Barat.

 

Akses internet Wi-Fi nya lumayan cepat juga lho. Di awal-awal sempat nggak bisa terkoneksi ke Google. Tapi berkat bantuan VPN semuanya bisa teratasi. #eh

 

Sofyan Inn Rangkayo Basa ini tergolong hotel syariah. Alhasil fasilitas untuk beribadah lumayan komplit. Di setiap kamar tersedia sajadah dan Al-Qur’an. Selain itu di lantai 3 juga ada mushalla. Kalau mau ke masjid dari Sofyan Inn Rangkayo Basa juga tinggal jalan kaki sebentar.

 

Hotel syariah murah di kota Padang untuk pasangan belum nikah
Di tiap kamar ada Al-Qur'an dan sajadah.

 

Nah, yang menjadi daya tarik Sofyan Inn Rangkayo Basa ini adalah serba dekat kalau mau ke mana-mana. Mau ke pantai Padang cuma tinggal jalan kaki 1 menit. Ke Plaza Andalas dan ke Pasar Raya ya juga tinggal jalan kaki. Kalau mau pergi agak jauh, di depan hotel banyak angkot putih dan oranye yang wira-wiri.

 

Beberapa hal yang mengganjal saat kami menginap di sana sebetulnya nggak banyak dan nggak terlalu signifikan. Pertama, saluran televisinya lokal (bukan televisi berbayar). Kedua, di dalam kamar tidak disediakan perangkat untuk menulis. Ketiga, hawa di koridor lantai 3 agak pengap. Itu saja sih. Semoga menjadi catatan untuk pihak hotel deh.

 

Menu sarapan dan harga menu restoran di Sofyan Inn Rangkayo Basa, Padang
Menu sarapan paginya selalu ada ketupat sayur.

 

Nah, buat Pembaca yang berencana ke Padang dan nyari tempat menginap yang dekat dengan mana-mana, boleh lho melirik Sofyan Inn Rangkayo Basa. Atau mungkin Pembaca punya alternatif tempat menginap lain? Boleh lho di-share di kotak komentar. Eh, tapi jangan penginapan buat backpacker yah! Beda kelas ini, hahaha.

 

Pembaca pas ke Padang menginap di mana ya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ARTHARRY
    avatar 7226
    ARTHARRY #Senin, 2 Mar 2015, 12:21 WIB
    Hooh, dikerubutin orang (cenderung mepet terus, dan nguping apa yang sedang kita bicarakan .
  • DEWITYA
    avatar 7227
    DEWITYA #Senin, 2 Mar 2015, 14:18 WIB
    jarang banget ada hotel yang enyediakan fasilitas beribadah dikamar gini hehehe
  • ELISA
    avatar 7230
    ELISA #Selasa, 3 Mar 2015, 19:34 WIB
    maturnuwun utk review nya ttg hotel ini...cukup menarik dan layak dipertimbangkan bila nanti keblasuk di padang :)
    Hahaha, semoga jadi ga nyasar di Padang ya :D
  • ARIP
    avatar 7231
    ARIP #Selasa, 3 Mar 2015, 21:49 WIB
    Fasilitas internetnya oke, fasilitas agar ga lupa kepada-Nya pun ga kalah oke.
    Sip! Mantap jaya pokoknya
  • NDOP
    avatar 7242
    NDOP #Rabu, 4 Mar 2015, 22:45 WIB
    Keren iki! Soale akeh hotel sing gak menyediakan tempat sholat. Dulu pas nginep di Jepara Beach Hotel, sampe aku nyilih sajadah pelayan hotel digawe sholat hahaha..
    Klo aku sih terima shalat alasnya koran...
  • RANTI
    avatar 9584
    RANTI #Senin, 18 Apr 2016, 08:55 WIB
    kok kayaknya ukuran kamar agak sempit ya gan? apa emang rata2 hotel daerah sana sgitu?
  • DIAN IRADHANI PRIBADI
    avatar 9895
    DIAN IRADHANI PRIBADI #Senin, 11 Jul 2016, 19:44 WIB
    Lagi nginap di hotel inii... kekurangan yg ada d artikel
    sudah dilengkapi.. alat tulis suasana koridor dan
    televisi berbayar. Paaassss untuk suasana syariah
    nya. Sangat berkesan pengalaman menginap disinii..
    😊😊