Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 27 Februari 2015, 09:40 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Tinggi, besar, dan setajam pisau, itulah Air Terjun Sipiso-Piso yang ada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun setinggi 120 meter ini berjarak sekitar 70 km dari Kota Medan, atau 35 km dari Kota Brastagi, atau 25 km dari Kota Kabanjahe. Jauh juga ya ternyata?

 

pemandangan cantik dari dasar Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Ikon air terjun di Sumatera Utara.

 

Sehabis menginap semalam di Kota Parapat, keesokan paginya di hari Jum’at (26/9/2014) kami pun bertolak kembali ke Medan via Brastagi. Nah, mumpung Air Terjun Sipiso-Piso ini searah dari Parapat menuju Brastagi, ya kami sempatkan mampir ke sana deh.

 

Kalau dari Parapat enaknya sih lewat jalan alternatif Parapat – Tiga Runggu aja. Karena jarak tempuhnya lebih cepat daripada harus muter jauh lewat Kota Pematang Siantar. Selisihnya bisa 1,5 jam (itu pun kalau nggak dibikin macet sama gerombolan truk ). 

 

Perbatasan jalan hutan lama dan jalan baru dari Danau Toba menuju Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Perbatasan jalan lama dan jalan baru.

 

Kalau misalnya Pembaca lewatnya Kota Pematang Siantar (umumnya yang datang dari Medan), bisa kok naik angkutan umum ke Air Terjun Sipiso-Piso. Untuk tata-cara naik angkutan umumnya bisa mencermati panduan di blognya Bang Ardin dan Bang Herry berikut ini.

 

Dari Kota Parapat menuju Air Terjun Sipiso-Piso ini butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Tapi dijamin nggak bakal bosen (kalau ngantuk sih iya ), karena mata bakal terpuaskan oleh pemandangan indah di sepanjang tepian Danau Toba. Ini jalan juga melewati Rumah Ikan Sipolha dan bukit punuk unta yang terkenal itu lho.

 

Bukit Punuk unta berlatar danau toba dilihat saat perjalanan menuju Air terjun Sipiso-Piso pada tahun 2014
Itu yang disebut bukit punuk unta.

 

Sebelum memasuki area parkir Air Terjun Sipiso-Piso, kita bakal dihadang oleh pos retribusi yang memungut tarif Rp4.000 per orang dewasa dan Rp2.000 per anak-anak. Tarif parkir mobil kalau tidak salah ingat itu Rp5.000.

 

Tarif masuk wisatawan lokal dan turis asing di Air terjun Sipiso-Piso, Sumatera Utara pada tahun 2014
Berhenti dulu bayar retribusi.

 

Di seputar area parkir, ada banyak kios suvenir dan warung makan. Oh iya, semisal Pembaca kebelet laper aku sarankan sih lebih baik makan di sini saja. Terutama kalau Pembaca muslim lho, soalnya ya... tau sendirilah kondisi warung makan di Karo rata-rata seperti di bawah ini, hehehe.

 

Warung makan menu babi dan anjing banyak terdapat di sekitar kawasan Air terjun Sipiso-Piso pada tahun 2014
Pensiun jadi presiden, Bill Clinton buka usaha di Sumatera Utara rupanya...

 

Di dekat area parkir itu ada pelataran luas yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan Danau Toba dan juga Air Terjun Sipiso-Piso. Suasananya nyaman dan teduh di sini. Bersih juga dari sampah. Eh, tapi kalau Pembaca ingin sesuatu yang lebih menantang, yuk kita beranjak sedikit ke arah utara.

 

Taman indah bersih sepi di kawasan wisata Air terjun Sipiso-Piso pada tahun 2014 cocok sebagai tempat pacaran
Tempat mojok sambil memandang danau Toba.

 

Nah, ini dia tantangannya. Apalagi kalau bukan anak tangga panjang menuju dasar Air Terjun Sipiso-Piso. Buat Pembaca yang fisiknya masih kuat, silakan dicoba meniti ribuan anak tangga ini hingga sampai ke dasar Air Terjun Sipiso-Piso.

 

Mumpung sudah jauh-jauh ke mari, kapan lagi bisa sampai ke dasar Air Terjun Sipiso-Piso coba? Pembaca penasaran? Yuk kita susuri!

 

Anak tangga yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke dasar Air terjun Sipiso-Piso pada tahun 2014
Jalan perjuangan menuju dasar air terjun Sipiso-Piso.

 

Aku membagi anak tangga ini jadi dua bagian. Yang pertama, bagian tembok semen. Aku sebut begitu karena di sisi kanan-kiri anak tangga dibatasi oleh tenbok semen setinggi kira-kira setengah meter. Beberapa sisi tembok berbatasan langsung dengan tebing, yang mana beberapa di antaranya rawan longsor.

 

Tanah longsor di sepanjang jalan setapak menuju Air terjun Sipiso-Piso di tahun 2014
Jadi agak horror kalau lewat sini pas musim hujan.

 

Bagian yang kedua aku sebut bagian tiang kuning. Sebabnya, pinggir-pinggir anak tangga dibatasi oleh tiang kayu yang dicat kuning. Ini adalah bagian trek yang paling menegangkan karena medannya tidak selandai bagian pertama.

 

Jalan setapak yang dibatasi tiang kayu dicat kuning menuju dasar Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Untung ada tiang kayu. Kepeleset masuk jurang deh.

 

Semisal Pembaca capek, di sepanjang anak tangga ini ada 2 warung makan dan 1 gazebo. Waktu itu hanya satu warung yang buka. Jadi, harap Pembaca mengkondisikan perbekalan dan niat untuk buang air kecil sebelum menuruni anak tangga ini ya! Untuk turun dari area parkir ke dasar Air Terjun Sipiso-Piso butuh waktu sekitar 15 menit jalan santai.

 

Warung tak berpenghuni di tengah perjalanan menuju dasar Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Cuma ada dua warung sepanjang perjalanan ke dasar air terjun.

 

Nggak banyak yang bisa dilakukan di dasar Air Terjun Sipiso-Piso selain menikmati deburan air terjun yang sudah bikin pakaian basah dari jarak 20 meter. Karena kondisinya cukup rawan buat bermain air, pengunjung biasanya hanya berfoto ria berlatarkan air terjun. Di dasar air terjun ini ada beberapa bilik terpal yang difungsikan sebagai tempat berganti pakaian dan menitipkan barang.

 

Bilik berganti pakaian ala kadarnya di kawasan Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Bilik ala kadarnya untuk ganti pakaian.

 

Sebenarnya aku hanya mau sebentar di dasar air terjun karena khawatir kalau lama-lama di bawah rawan bikin Nikon D80 tambah basah. Eh tapi tiba-tiba handphone-ku bunyi, Bapak yang nelpon (ada sinyal juga di sini), katanya Tiwul nyusul aku ke bawah, sementara Bapak dan Ibu cuma sampai di warung. Wedalah! Ya sudah, aku tunggu saja Tiwul sampai datang.

 

Pengunjung kelelahan meniti ribuan anak tangga Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Hei! Ada Tiwul lho!

 

Pas Tiwul dateng, kami lanjut foto-foto di dasar air terjun. Maklum anak muda . Eh, ada cowok bule gitu yang datang nyamperin kami minta dipotretin. Berhubung kami ini warga Indonesia yang ramah, ngobrollah kami dengan si cowok bule dan berakhirlah dengan foto bareng bertiga, hehehe.

 

Turis asing mengungkapkan kesan dan pesannya terhadap Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Si bule pendek juga ternyata.

 

Sayang nggak kenalan namanya siapa. Tiwul yang banyak ngobrol sama dia. Katanya dia itu mahasiswa yang lagi tugas kuliah di Singapura terus pas lagi liburan ini mampir ke Indonesia, gitu.

 

Sekitar jam 12.38 WIB kami bertiga pun cabut dari dasar Air Terjun Sipiso-Piso. Seperti biasa, baliknya kan mesti nanjak. Alhasilnya waktu tempuhnya makin lama dan juga makin capek, hahaha. Sampai di area parkiran lagi itu ada sekitar 30 menit kemudian. Pokoknya kalau Pembaca nggak kuat fisik, jangan coba-coba turun sampai dasar air terjun. Turunnya sih lumayan oke, naiknya yang berabe.

 

Wisata keluarga Batak di Air terjun Sipiso-Piso, Tongging pada tahun 2014
Foto sekeluarga dulu sebelum pulang.

 

Selain Air Terjun Sipiso-Piso, di pinggir Danau Toba juga ada air terjun lain dengan nama yang mirip, yaitu Air Terjun Sigura-Gura yang difungsikan juga sebagai PLTA. Tapi kami nggak sempat ke sana karena jaraknya lumayan jauh. Yah, semoga suatu saat nanti bisa mampir ke Sigura-Gura, hehehe.

 

Kalau Pembaca berkunjung ke Brastagi atau Danau Toba, sempatkan untuk melihat Air Terjun Sipiso-Piso ya!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • RISNADIAN
    avatar 7208
    RISNADIAN #Jum'at, 27 Feb 2015, 12:04 WIB
    itu ijonya di sekitar air terjun tumbuhan semacam lumut kah? aku lihat anak tangganya kok udah ngara capek ya ^^v
    lumut, semak, dedaunan, yang semacam itu lah mbak Ris. Wah, kalau dirimu di lokasi ngelihat ke bawah pasti mikirnya, "ya udah dari atas saja deh" :D
  • IWCAKSONO
    avatar 7212
    IWCAKSONO #Jum'at, 27 Feb 2015, 14:54 WIB
    turun nya pakai flying fox atau terjun payung cepet nih....
    Bungee jumping aja Bro, biar balik ke atasnya juga bisa cepet :D
  • BERSAPEDAHAN
    avatar 7214
    BERSAPEDAHAN #Jum'at, 27 Feb 2015, 17:01 WIB
    ini dia . si piso piso ... air terjun yang WAJIB saya kunjungi ...
    mas wijna malah sudah blusukan sampai sini .. he he
    tulisannya dan gambarnya bikin jelas ... kondisi yang harus dilalui jika mau turun ke
    bawah ..
    tetep semangat Kang kalau sudah sampai di lokasi biar bisa sampai di bawah :D
  • DITTER
    avatar 7217
    DITTER #Sabtu, 28 Feb 2015, 16:15 WIB
    Oke... oke... kalau pas ke Brastagi, mungkin aku bakalan mampir... Tapi kapan juga bisa ke sana, haha....

    Kok kayaknya lokasi wisatanya sepi gitu ya, Mas?
  • HILDA IKKA
    avatar 7218
    HILDA IKKA #Sabtu, 28 Feb 2015, 16:19 WIB
    Kayaknya yang berkesan emang tantangannya menuju air terjun :D
  • ANNOSMILE
    avatar 7220
    ANNOSMILE #Minggu, 1 Mar 2015, 06:50 WIB
    trakingnya lumayan jauh..
    tapi sebanding dengan pemandangannya nih :D
  • DITA
    avatar 7228
    DITA #Senin, 2 Mar 2015, 14:45 WIB
    udah lama banget pengen kesini, tapi kayaknya harus sewa mobil ya :(
    Lha iya Dit, klo perginya rame2 kan bisa patungan
  • NDOP
    avatar 7241
    NDOP #Rabu, 4 Mar 2015, 22:39 WIB
    Owalah, berati dirimu itu sekeluarga to ke sananyaa.. Btw, gak jumatan?
  • AGITA VIOLY
    avatar 7252
    AGITA VIOLY #Sabtu, 7 Mar 2015, 01:31 WIB
    ini bisa pakai sepeda? :|
    Semua tempat bisa dikunjungi naik sepeda Git. Yang penting mentalnya siap dan waktunya luang, hahaha.
  • ALAN
    avatar 7256
    ALAN #Minggu, 8 Mar 2015, 01:18 WIB
    aaa air terjun favoritku :D

    klo liat foto paling atas itu, kayaknya angin dibawah luar biasa ya
    Semakin mendekat ke air terjun, semakin kencang lah Bro
  • ANDANA PARINGGA
    avatar 7262
    ANDANA PARINGGA #Senin, 9 Mar 2015, 12:33 WIB
    kok baru lihat foto anak tangganya udah mleret ya aku...hehehe...
    Tidak separah yang terlihat di foto Bro, hehehe :D
  • ENJOYBACKPACKER
    avatar 7265
    ENJOYBACKPACKER #Senin, 9 Mar 2015, 19:49 WIB
    Kemarin abis solo trip ke danau toba dan keliling Sumut. destinasi wisatanya memang
    indah bangetlah Hehehe.

    enjoybackpacker.blogspot.com
    Pingin balik ke Sumut lagi kan? :D
  • AULIA FASYA
    avatar 7289
    AULIA FASYA #Jum'at, 13 Mar 2015, 17:30 WIB
    Bagusssss nget nget nget.. tapi iya jalan nya serem ya, kalau hujan takut longsor.
    Kalau hujan mending nggak usah nyoba2 turun deh >.<
  • HASTIRA
    avatar 7648
    HASTIRA #Kamis, 21 Mei 2015, 10:44 WIB
    keren habis itu air terjun, indonesia memang indah
    Iya Mak, Indonesia memang indah ya! :D
  • BUKANRASTAAMAN
    avatar 7788
    BUKANRASTAAMAN #Senin, 15 Jun 2015, 14:49 WIB
    tjakeeeeep fotonya mas :)

    mas ada rekom tempa asik di jogja gag ya. klao cuma setengah hari, mengenai alam gitu
    setengah hari itu hitungannya 6 jam atau 12 jam? hehehe. Bisa dicoba ke gunung api purba Nglanggeran. Klo ga macet (jarang banget sih macet) dari bandara Adisucipto cuma sekitar 45 menit.
  • EUODIA NAINGGOLAN
    avatar 7909
    EUODIA NAINGGOLAN #Sabtu, 4 Jul 2015, 00:23 WIB
    saya juga mau liburan ke sana bersama keluarga
    Saya tidak sabar mau berliburan

    yang pastinya enak binggow liburan ke air terjun piso-piso :)

    hahahahahaha... :D
    Hehehehe, makin rame aja ini Sipiso-piso libur lebaran ini :D
  • FADLY
    avatar 9191
    FADLY #Rabu, 3 Feb 2016, 12:03 WIB
    klu berkunjung ke medan anda
    perlu transport inova fadly
    sediakan call 081376455045