Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 3 Februari 2015, 11:37 WIB

Akhir November 2014 kemarin ada yang spesial dari acara blusukanku selama ini, yaitu blusukan (pakai duit negara) ke markas komando teknologi informasi di dua perguruan tinggi di Surabaya yakni ITS dan Unair. Sangar ya? Hehehe.

 

CATATAN
Oh iya, Pembaca paham toh kepanjangannya Unair itu Universitas Airlangga? Tapi kalau ITS itu kepanjangannya BUKAN Institut Teknologi Surabaya lho! Melainkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ingat! Nopember ditulis pakai “p” bukan “v”! Asal-muasalnya, baca aja di Wikipedia ini. Oke? Sip!

 

Sebagai penyusup yang lama bersarang di gedung PTIPD UIN Sunan Kalijaga, ndilalah aku dapet kesempatan untuk nimbrung di acara visitasi (merangkap plesiran ) yang konon rutin diadakan  setahun sekali sebagai benchmark pencapaian selama setahun ini. Nah, dengan dipimpin oleh Pak Agung sebagai kepala suku PTIPD, singkat kata berangkatlah rombongan 5 wanita + 12 pria dengan naik bus menuju Surabaya di hari Kamis malam (27/11/2014).

 

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair
Jaman dulu melihat sistem informasi akademik mahasiswa ya pakai mesin jadul kayak gini.
Kalau sekarang kan bisa lewat internet dan bahkan bisa dibuka pakai smartphone.

 

Sekadar intermezo satu paragraf. Aku itu sehari-hari berkutat dengan dunia sistem informasi akademik. Kalau sekiranya Pembaca pernah atau sedang mengalami masa-masa kuliah, pasti tahu dong yang namanya ngisi KRS, lihat jadwal kuliah/ujian, lihat nilai, dsb. Nah, di jaman internet ini, semua itu wajib dikerjakan secara digital, alias bisa diakses pakai komputer dan juga smartphone. Nah kerjaanku itu ya ngurusin yang kayak begituan itu.

 

Kunjungan Pagi ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Balik lagi ke cerita jalan-jalanku, kami tiba dengan selamat di Surabaya pada hari Jum’at pagi (28/11/2014) dan langsung menjajah kamar mandi Masjid Kampus ITS, Sukolilo untuk bersalin rupa jadi lebih perlente. Tuntas memperbaiki penampilan kami pun langsung melangkah masuk menuju gedung Lembaga Pengembangan Teknologi Sistem Informasi (LPTSI).

 

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair
Pagi hari di Masjid Kampus ITS.

 

Kesan pertama begitu memasuki gedung LPTSI adalah suasana ruangan yang WOW banget! Suasananya asik dinamis khas anak muda di era digital. Nggak kaku seperti bayangan kantor pemerintahan pada umumnya. Selidik punya selidik, ternyata desain interior gedung LPTSI ini adalah hibah dari PT Telkom. Maklum, mereka kan peringkat ke-2 TESCA tahun 2014.

 

Walaupun katanya ini tempat yang serba “darurat”, tapi asyik aja punya tempat di mana orang-orang bisa bebas ngobrolin TI sambil leyeh-leyeh. (#ngiri) Semoga besok UIN Sunan Kalijaga naik peringkat TESCA dan terus dibikinin kayak gini juga sama PT Telkom (dan kalau bisa lebih luas, hahaha). Aamiin.

 

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair
Ruang yang wow banget, hibah dari PT Telkom.

 

Di LPTSI kami disambut sama Pak Arief selaku Koordinator Pusat Pengelolaan dan  Pelayanan TIK. Selang beberapa saat, datanglah Pak Effendi selaku Kepala LPTSI. Kalau dari paparan mereka nampak jelas LPTSI ini sudah well-organized. Produk sistem informasi akademik yang jadi andalan mereka adalah Integra yang screenshot-nya seperti di bawah ini.

 

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair
Tampilan sistem informasi akademiknya ITS.

 

Eh iya, Pembaca merasa asing nggak dengan desain Integra di atas? Kayak pernah lihat di mana gitu? Hmmm? Asal Pembaca tahu, desainnya Integra itu aku tiru sebagai desain halaman index blog Maw Mblusuk? ini, hehehe. Jadi, aku ucapkan terima kasih buat ITS yang sudah memberi inspirasi untuk blog ini, hahaha. #programmermaling

 

Dengan jumlah mahasiswa aktif sekitar 17.000 mahasiswa, LPTSI berupaya untuk tetap memberikan pelayanan TI yang terbaik bagi civitas akademikanya. Penghematan anggaran dilakukan dengan membatasi kuota bandwidth internet. Perlu Pembaca tahu, anggaran bandwitdh internet untuk suatu perguruan tinggi bisa mencapai miliaran rupiah per tahun. Selain itu LPTSI juga kerap mengalami pemadaman listrik bergilir tiap akhir pekan.

 

Kunjungan Siang ke Universitas Airlangga

Selepas menunaikan salat Jum’at di masjid kampus ITS, kami berpaling ke Unair. Letak ITS dan Unair kan berdekatan, jadinya nggak makan waktu lama buat ke sana. Di Unair kami menyambangi Direktorat Sistem Informasi (DSI) yang dipimpin oleh Pak Soegianto. Sambil dijamu dengan sekotak nasi Padang kami pun mendengarkan cerita beliau yang terbilang “seru”.

 

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair
Di dalam ruang DSI Unair.

 

Sebagai universitas swasta yang paling awal berdiri di Indonesia, Unair menghadapi tantangan yang cukup berat untuk mengimplementasikan TI untuk sekitar 32.000 mahasiswa aktif. Mereka baru saja melakukan migrasi ke sistem baru yang bernama Cyber Campus. Proyek ini dikebut dalam waktu 6 bulan dengan melibatkan sejumlah mahasiswanya yang dikarantina khusus untuk menggarapnya.

 

Banyak duka yang mengawali migrasi sistem tersebut. Sempat tiga kali diberitakan di koran lokal dan menjatuhkan mental para developer-nya. Akan tetapi hasil kerja keras mereka saat ini telah berbuah ranum hingga mengantarkan mereka menempati peringkat ke-4 TESCA 2014. Unair juga me-rebranding semangat mereka dengan maskot baru yang bernama Saga (Satria Airlangga).

 

Blusukan ke Markas TI-nya ITS dan Unair
Universitas swasta kayaknya bisa bebas bikin maskot unyu kayak gini ya?
Perguruan tinggi negeri yang punya maskot unyu.
Catatan: Trims buat mas Totok dan mbak Feny buat koreksinya.

 

Oleh karena kurang puas dengan cerita “seru”-nya Pak Soegianto, usai salat Ashar di masjid Fakultas Sains dan Teknologi, aku berinisiatif menginterograsi mahasiswi mahasiswa tak berdosa yang kebetulan ada di sampingku. Sebut saja namanya Deddy dari angkatan 2013. Dari penuturannya, Cyber Campus sudah bisa diandalkan dari segi informasi akademik. Yang dirasa kurang hanya kecepatan internet yang agak lambat untuk streaming video.

 

Oleh-Oleh dari Dua Perguruan Tinggi di Surabaya

Dari kunjungan singkat ke dua markas teknologi informasi perguruan tinggi di Surabaya itu, aku merangkum beberapa catatan berikut yang mungkin sekiranya menarik bagi Pembaca sekalian.

 

  1. Salah satu penghematan di bidang TI adalah dengan membatasi kuota bandwitdh. Maklum, biayanya bisa mencapai milyaran rupiah.
  2. Penerapan sistem TI butuh komitmen yang kuat dari pimpinan. Mulai dari level rektor sampai kepala sub bagian. Karena kalau ada satu yang nolak, sistem nggak bisa terintegrasi sepenuhnya.
  3. Awal-awal pengembangan sistem TI pasti “berdarah-darah”. Yang lumayan menyita waktu adalah cleansing data lama jadi data baru.

 

Pembaca mudeng nggak dengan hasil blusukanku ini? Eh, kalau misal kita kerja di rumpun yang sama (#halah) nimbrung lah sebentar di kotak komentar. OK?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TOTOK
    avatar 7082
    TOTOK #Selasa, 3 Feb 2015, 16:13 WIB
    Lho Unair bukannya universitas negeri Mas?
    Nah itu dia... Sudah aku koreksi, nuwun Kang
  • DITTER
    avatar 7083
    DITTER #Selasa, 3 Feb 2015, 18:00 WIB
    Jenengan kerja di UIN po, Mas?

    Walaupun kerja di rumpun yg berbeda, tapi aku cukup mudeng, Mas :p
    Iya e, tapi bulan ini sudah hengkang, hehehe Kita kan pernah jadi mahasiswa jadinya ya paham lah ya? :p
  • WARM
    avatar 7084
    WARM #Selasa, 3 Feb 2015, 21:09 WIB
    waaa Unair ! kampus saya ! itu di kampus C ya ?
    Wah nggak dong aku Om itu kampus apa...
  • ELISA
    avatar 7085
    ELISA #Selasa, 3 Feb 2015, 22:01 WIB
    blusukan pakai uang negara...wah asyik tuh...piknik dibayari disangoni hehe...
    Negara sedang khilaf mbak, hahaha
  • TAGANTAR
    avatar 7086
    TAGANTAR #Rabu, 4 Feb 2015, 02:40 WIB
    Gede bgt tuh mesjid kampus ITS !
    Lha mahasiswanya kan juga banyak Bro...
  • TURTLIX
    avatar 7087
    TURTLIX #Rabu, 4 Feb 2015, 08:13 WIB
    Saya nimbrung ya... tapi komentarnya sewaktu ketemu darat saja ya, biar bisa sambil
    diskusi apalagi ada debatnya biar WOW! kalau ada yang mau join silakan kontak saja
    hehehe...
    Ketemu darat agendanya masih sebatas wacana, hahaha
  • BUKANRASTAMAN
    avatar 7090
    BUKANRASTAMAN #Rabu, 4 Feb 2015, 14:15 WIB
    eh mesin jadul atas dulu aku masih paaaakai loh...

    jaman mau liat nilai ngantrinya ampun.

    jadi kengan kampus ITS :(
    Saya dulu juga ngalamin mas, bahkan tengah malam pun dibela-belain ke kampus liat nilai, hehehe
  • IWCAKSONO
    avatar 7091
    IWCAKSONO #Rabu, 4 Feb 2015, 17:10 WIB
    weleh, kampus jaman sekarang udah pada modern yaaa. Gak kaya kampusku dulu... haha sensor nama kampusnya
    Jaman sudah berubah jauuuuh....
  • FENI
    avatar 7093
    FENI #Kamis, 5 Feb 2015, 05:01 WIB
    btw Unair masuk ke daftar universitas pilihan di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk
    Perguruan Tinggi Negeri) gak sih, kayaknya sih iya, tapi gak tau juga, soalnya dulu gak
    milih Unair, meskipun sempat kepengen, hehe
    Ternyata UNAIR itu negeri mbak Fen, udah saya koreksi
  • RICHO A. NOGROHO
    avatar 7095
    RICHO A. NOGROHO #Kamis, 5 Feb 2015, 05:36 WIB
    Peningkatan sistem pembelajarannya keren. berbasis IT. saya tiga kali ke Unair, mas. tapi gak dalam rangka blusukan, mau kalau gitu :D
    Lha ini blusukan dalam rangka kerjaan je, hahahaha
  • NDOP
    avatar 7097
    NDOP #Kamis, 5 Feb 2015, 19:22 WIB
    Diedit kuwi artikele, mosok Unair kok swasta sih?

    Btw kuwi ITS kampuskuuu... Awakmu mampir Jurusan Statistika gak? Saiki kampusku sempit soale kakehan bangunan.. HAHAHA.

    Kok dolan sby gak mampir nganjuk sih? Khan awakmu biasane ngluyur dewe koyok pas ndik Dieng wingi ngluyur dewe ning air terjun hahahah
    Wis tak koreksi Bro. Nuwun infone,hehehe. Aku ra sempet dolan2 je. Bar seko Surabaya langsung ke Batu. Nek ngerti mahasiswi statistika ayu2 ngko tak mampir, hahahaha.
  • WARM
    avatar 7113
    WARM #Senin, 9 Feb 2015, 10:48 WIB
    iya itu kalo deket kampus ITS namanya kampus C, kampusku dulu deket RS dr. Soetomo hehe
    Kayaknya aku mesti blusukan lagi ke ITS deh Om buat kenal lebih jauh kampus-kampusnya.
  • HILDA IKKA
    avatar 7129
    HILDA IKKA #Rabu, 11 Feb 2015, 18:30 WIB
    Weleeeh ke Surabaya juga akhire! Sayang gabisa ketemu. Seru juga kalo mendadak bisa kopdar-an. :D
    Etapi sekarang kan saya masih di Jogja :3
    Kamu di Jogja pun dan kita belum ketemuan, hahaha :D