Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 28 September 2014, 08:16 WIB

Kalau katanya Ibu. Dulu, pas aku masih kecil bingits, aku itu pernah diajak tamasya ke Dieng. Entah waktu itu perginya naik apa. Tapi seingatanku dewasa ini, aku ke Dieng itu ya naik kendaraan pribadi. Belum pernah aku ke Dieng naik angkutan umum.

 

Nah, sehubungan dengan acara Dieng Culture Festival 2014 yang jatuh di hari Sabtu – Minggu (30-31/8/2014) ini, aku bermaksud pergi ke Dieng naik angkutan umum. Pertama, aku lagi nggak punya waktu luang untuk ngulang bersepeda ke sana, hihihi. Kedua, kalau bawa kendaraan pribadi takutnya nanti nggak kuat nanjak. Alhasil, mau nggak mau, ya naik angkutan umum deh.

 

Sekadar info buat pembaca nih. Dieng itu nama kawasan dan sekaligus nama desa yang terletak di dua kabupaten, Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Dieng ini dataran tinggi (plateau) yang ketinggiannya sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut. Selain hawanya yang dingin (banget), Dieng punya banyak kekayaan alam dan budaya, seperti telaga, air terjun, perbukitan, dan juga candi.

 

Kebayang kan komplitnya wisata di Dieng?

 

Dieng berjarak sekitar... hmmm... kurang-lebih 150 km dari kota Jogja. Rute yang umum dilalui bila hendak menuju Dieng adalah: Jogja – Magelang – Temanggung – Wonosobo – Dieng. Itu artinya, ya... memang harus berganti-ganti angkutan umum, hehehe .

 

Peta rute trayek Angkutan Umum (bus) dari Jogja ke Dieng (Wonosobo)

 

Aku sudah pernah ke Wonosobo naik angkutan umum. Tapi untuk ke Diengnya belum pernah. Mungkin Pembaca juga pingin ke Dieng naik angkutan umum tapi masih ragu-ragu. Makanya, kali ini aku mau berbagi pengalamanku naik angkutan umum dari Jogja ke Dieng. Intinya sih, bisa bingits kok naik angkutan umum dari Jogja ke Dieng. Irit ongkos bensin pula, hahaha.    

 

Langkah ke-1, Berangkat dari Jogja ke Magelang

Hari Sabtu (30/8/2014) pukul 09.00 WIB, aku berangkat dari rumahku ke Terminal Jombor naik TransJogja. Tiketnya Rp3.000/orang. Sekitar 20 menit sampailah di Terminal Jombor. Gampang kan ya?

 

Begitu keluar dari halte TransJogja di Terminal Jombor, harap hati-hati karena banyak calo dan kenek bus yang merayu-rayu calon penumpang. Agak intimidatif sih. Siap-siap mental dan jaga barang bawaan ya!

 

Tarif dan jadwal bus dari Terminal Jombor Jogja ke Terminal Mendolo Wonosobo

 

Nah, di Terminal Jombor ini dilanjutkan dengan naik bus tujuan Semarang atau Magelang. Kalau bahasa terminalnya itu “Semarangan” dan “Magelangan”. Tapi kalau menurut penjual bakmi godhog, “Semarangan” itu nasi goreng campur bihun. Sedangkan “Magelangan” itu nasi goreng campur mie kuning. Eh? Ini kok aku ngelantur ngomongin makanan ya?

 

Anyway, pilih salah satu dari Semarangan atau Magelangan. Ini bus ekonomi, jadi siap-siap aja dengan kondisi bus yang minim fasilitas (if you know what I mean ). Tapi untungnya selama aku naik bus ini nggak pernah ada pengamen dan tukang asongan lewat. Mungkin karena masih pagi ya?

 

Suasana di dalam bus dari Terminal Jombor ke Terminal Magelang

 

Langkah ke-2, Dari Magelang ke Temanggung

Tarif bus ini Rp10.000/orang. Begitu sudah masuk Kota Magelang, siap-siap karena nanti turun di Terminal Magelang. Waktu itu aku sampai Terminal Magelang sekitar pukul 10.17 WIB. Dari Terminal Magelang nanti dilanjut naik bus tujuan Kota Wonosobo. Nah, bagian ini nih yang agak tricky.

 

Kok bisa?

 

Jadi gini nih ceritanya. Di Terminal Magelang itu ada dua jenis bus yang arahnya ke Kota Wonosobo yaitu bus trayek Magelang – Wonosobo dan bus trayek Magelang – Parakan. Setiap bus yang mau ke Kota Wonosobo pasti melewati Kota Parakan di kabupaten Temanggung. Tapi, bentuk kedua jenis bus itu nyaris sama dan nggak ada tulisan trayeknya sama sekali. Kalau pun ditanya ke supir bus “Arah Wonosobo Pak?” mereka pasti mengiyakan. Gitu lho.

 

Kalau mau cepet, ya Pembaca harus dengan jeli naik bus trayek Magelang – Wonosobo. Tapi kalau mau bertualang macamnya aku ini, silakan naik bus trayek Magelang – Parakan. Waktu itu tarif per orangnya Rp10.000.

 

Cerita supir bus yang melayani trayek Terminal Magelang ke Terminal Parakan di Temanggung

 

Langkah ke-3, Dari Temanggung ke Wonosobo

Dari Kota Magelang ke Kota Parakan sampainya sekitar pukul 11.30 WIB. Habis itu nunggu bus trayek Parakan – Kota Wonosobo deh. Warga setempat nyebut ini bus “Joker”. Hmmm, sebutannya kok aneh ya? Apa aku salah denger? Waktu itu nunggu bus ini lama banget. Pas dateng, isinya penuh semua! Doh! Terancam berdiri lagi ini...

 

Kira-kira ada sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Parakan hingga tiba di Terminal Mendolo, Kota Wonosobo. Tarifnya Rp10.000/orang. Di luar Terminal Mendolo ganti lagi naik angkot “Kertekan” arah ke Pasar Wonosobo. Tarifnya Rp2.500/orang. Sebenarnya sih bisa aja dari Terminal Mendolo langsung naik bus ke Dieng.

 

Panduan rute dan tarif angkot di Kota Wonosobo menuju Dieng

Langkah ke-4, Dari Wonosobo ke Dieng

Waktu itu sekitar pukul 14.00 WIB. Kalau mau nyegat bus arah Dieng itu lebih enak di “Bruk Menceng”. “Bruk Menceng” itu sebenarnya cuma perempatan biasa (bruk) tapi karena posisi jalannya menceng makanya dinamai itu.

 

Pas naik bus arah ke Dieng ini aku bisa bernapas legaaa. Soalnya, walaupun bus ini berukuran kecil tapi sepi penumpang. Jadinya aku kebagian tempat duduk deh. Yes!

 

Apalagi, hawa Kota Wonosobo kan adem-adem gimanaa gitu. Jadinya bikin ngantuk. Sepanjang perjalanan, busnya mendadak penuh sama anak-anak yang baru pulang sekolah. Bodo amat lah, yang penting tidur dulu sampai Dieng... zzz...

 

Tarif dan rute bus umum dari Kota Wonosobo ke Dieng

 

Lagi enak-enaknya mimpi, tiba-tiba ada suara-suara berisik dari luar. Apaan sih? Mana busnya kok tiba-tiba berhenti jalan. Macet kah ini? Eh pas lagi mengumpulkan kesadaran tiba-tiba ada penampakan dari balik jendela bus.

 

Semarak ondel-ondel di pawai 17 agustus di sepanjang perjalanan menuju Dieng, Jawa Tengah

 

Langkah ke-5, Nimbrung Lihat Pawai Tujuhbelasan

Oh, ternyata ada pawai tujuh belasan. Pesertanya perwakilan tiap RW dari desa Tieng, kecamatan Kejajar. Ini pawai bikin jalanan macet panjang bingits. Bus yang aku tumpangi sempat berhenti setengah jam lebih. Makanya, biar nggak bosen, aku turun dari bus dan nimbrung motret peserta pawai. Lumayan juga buat hiburan. Eh iya, tarif bus ke Dieng ini Rp10.000 per orang.

 

Semarak kirab Burug Garuda dan Roket di pawai 17 agustus di sepanjang perjalanan menuju Dieng, Jawa Tengah

Replika patung Bung Karno di pawai 17 agustus di sepanjang perjalanan menuju Dieng, Jawa Tengah

Topeng singa di pawai 17 agustus di sepanjang perjalanan menuju Dieng, Jawa Tengah

Parade barongsai khas Jawa di pawai 17 agustus di sepanjang perjalanan menuju Dieng, Jawa Tengah

Langkah ke-6, Akhirnya Sampai di Dieng

Sekitar pukul 16.30 WIB barulah aku sukses menjejakkan kaki di Dieng. Saatnya menuju Sekretariat Dieng Culture Festival 2014 untuk mendapatkan ID Card dan juga bergegas menuju penginapan. Cerita yang selanjutnya terbit 15 hari lagi lho!

 

Pembaca pernah ke Dieng naik angkutan umum belum ya? Minat?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANGKI
    avatar 6508
    ANGKI #Senin, 29 Sep 2014, 07:33 WIB
    wah itu ada ondel" menganggu istrahat siang mas hehehe... wah naek bus ke sana yah??
    masih mikir beberapa kali mas..kecuali ada anak gadis bisa diculik hehe haseeehh pizz
    Naik kendaraan umum aja lah Ngki. Tinggal duduk udah sampai di tujuan. Nggak perlu repot-repot ngurusi macet, hehehe.
  • MAS FEB
    avatar 6510
    MAS FEB #Senin, 29 Sep 2014, 21:53 WIB
    Waktu perjalanan dari Banjarnegara ke Magelang,
    saya melewati Wonosobo. Tapi blm sampai ke
    Diengnya. Hanya sempat melihat-lihat terminal
    Mendolo.. Nanti kapan2 saya mau kesana ah...
    Tenang saja mas Feb. Dieng masih disitu-situ saja kok, belum ke mana-mana. Hehehe.
  • ELISA
    avatar 6512
    ELISA #Selasa, 30 Sep 2014, 01:00 WIB
    naik angkutan umum ke dieng...pernah di th 2011...tp ke wonosobo nya pakai travel baru ke dieng nya yg naik minibus spt itu...busnya bagus, pemandangan bagus...
    ke Wonosobo naik bus juga enak mbak. Asal ga penuh aja, hahaha.
  • BACKPACKTOR.COM
    avatar 6519
    BACKPACKTOR.COM #Rabu, 1 Okt 2014, 13:21 WIB
    Tahun lalu pas ke Dieng eike naik motor :D Pas sudah di wonosobo udah Maghrib, nekat lanjut naik ke Dieng, padahal kabut dan hujan rintik waktu itu. Gokil! Naik motor sambil menggigil
    Saya malah pernah melakoni yang seperti itu (dingin+hujan+kabut) naik sepeda, hahaha. :D Cuma memang di situ keseruannya!
  • DITTER
    avatar 6521
    DITTER #Rabu, 1 Okt 2014, 18:07 WIB
    Wih, seru, Mas.... Memang, calo dan kenek-kenek di terminal Jombor itu agak intimidatif. Jadi kita ngga boleh lembek, harus siap mental. lebay, haha...

    Berarti kemarin ngelewatin Jembatan Kali Krasak, Mas. Itu deket rumahku, hehe....
    Weladala, asal negerimu itu Magelang toh?
  • ADIE RIYANTO
    avatar 6522
    ADIE RIYANTO #Kamis, 2 Okt 2014, 07:47 WIB
    Wah, aku udah pernah nih ke Dieng. Mau ke sana lagi kayaknya bulan ini. Nganter temen-temen kantor :)
    Wah seru pastinya kalau rame-rame mas Bro. Daripada diriku sendirian, hehehe. :p
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 6529
    FANNY FRISTHIKA NILA #Minggu, 5 Okt 2014, 18:19 WIB
    ya ampuun, perjuangan juga ya naik kendaraan umunya p.. Udh pernah sih mas ke Dieng..tp lbh milih naik mobil aja :D

    Tapi Dieng aku akuin cuantikkk buangett..apalagi dgn suhu dinginnya itu.. ah, jd kangen kesana lagi
    Dieng memang lebih nikmat dinikmati pakai kendaraan pribadi ya mbak dan juga pas musim kemarau. Tapi sayangnya di musim kemarau dinginnya ya dingin banget... >.<
  • DITTER
    avatar 6532
    DITTER #Selasa, 7 Okt 2014, 08:45 WIB
    Bukan Magelang, Mas. Tapi Tempel, masih masuk DIY, tapi deket perbatasan DIY-Jateng :D
    Woalah, di ujung perbatasan toh. Yoh kapan2 nek nyepeda lewat kono tak mampir, hehehe.
  • I-MAN
    avatar 6533
    I-MAN #Selasa, 7 Okt 2014, 10:29 WIB
    Keren ya, kayaknya Dieng Culture Festival harus jadi destinasi even yang layak kunjung,
    nggak tau deh kapan... Ngomong mas Wiji udah pernah ke Kalimantan Barat belum?
    Belum pernah ke Kalbar. Insya Allah tahun depan ya di musim hujan pas nggak ada asap dari lahan gambut yang terbakar. hehehe
  • TAHTA LAKSANA DEWANATA
    avatar 6540
    TAHTA LAKSANA DEWANATA #Kamis, 9 Okt 2014, 00:27 WIB
    belum pernah mas. Belum terlalu tertarik untuk ke Dieng menggunakan angkutan umum, kayaknya enakan naik motor sendiri deh mas.
    Tapi kalau soal keeksotisan dan keindahan alamnya Dieng memang luar biasa dah. Keren. Tak tunggu update selanjutnya mas.
    Kalau saya sih lebih suka naik angkutan umum kalau misalnya tersedia akses angkutan umum. Hitung-hitung mendorong angkutan umum kita ke arah yang lebih baik.
  • HILDA IKKA
    avatar 6555
    HILDA IKKA #Minggu, 12 Okt 2014, 14:08 WIB
    Huaaaah, gila perjuangannya super sekali. Berganti-ganti bis. Wah, waktu sowan ke
    rumah calon mertua apa wajah gak jadi kusut begitu?
    ciee cieee, yang sowan :D
    Demi menjaga kelangsungan hubungan baik ke depan mbak... #haisy
  • AJIBON
    avatar 6904
    AJIBON #Selasa, 30 Des 2014, 13:17 WIB
    kalo naik motor dari jogja brp jam ya kira2 mas? rencana mw ksana bsk awal tahun
    Naik motor dari DIeng ke Jogja non-stop itu sekitar 4 - 4,5 jam Mas.
  • NANA
    avatar 7440
    NANA #Rabu, 8 Apr 2015, 16:25 WIB
    wah, seru juga ya ganti2 bus hahaha
  • TATI
    avatar 7761
    TATI #Kamis, 11 Jun 2015, 07:41 WIB
    Tks mas utk infonya. Saya (51th) dan suami (65th) rencana 20-26/jun mau ke Yogya. Kami sudah beli tiket pesawat Garuda. Kmd ingin ke dieng naik angkutan umum, pas baca info anda kayaknya agak mumet nih.


    Sempat hub dieng travel dr Yogya utk 3 hari 2 malam dgn makan 6x dan mengunjungi tempat2 wisata, tarif Rp.2.450.000,-/org. Lumayan mahal juga... trus pengen merasakan naik kendaraan umum. Apakah ada travel yg melayani yogya-wonosobo?


    Ingin menginap 1 malam di wonosobo dan 2 malam di dieng. Maaf ya mas, banyak nanya. Kalau Yogya sih Udah sering, tp blm kesampaian ke dieng. Ingin menjelajah negeri sendiri mumpung ada cuti lebaran. Tks banyaaaak
    Maaf baru bisa balas Bu Tati! Semoga e-mailnya ini dibaca, hehehe.

    Ada travel dari Jogja - Wonosobo seperti Andini (087731006655) dan Sumber Rahayu (0274 7856718). Berangkat paling awal dari Jogja sekitar jam 7, terakhir jam 5 sore. Harga tiketnya kalau nggak salah 70-an ribu dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan.

    Dari Wonosobo ke Dieng bisa naik angkutan umum. Tapi untuk memudahkan keliling-keliling di Dieng lebih enak membawa kendaraan pribadi (menyewa di Wonosobo). Karena jarak antar obyek wisata di Dieng lumayan jauh dan nggak tersedia angkutan umum di obyek wisata tersebut selain ojek.
  • SHERY ADHY
    avatar 9388
    SHERY ADHY #Jum'at, 25 Mar 2016, 16:57 WIB
    saya dulu demen banget d naek kendaraan
    umum..buat saya itu sama aja bertualang..tp skr
    dah jd ibu2..anak2 saya mau ga yaa diajakin
    bgni...hehehe
  • IMAM M
    avatar 10165
    IMAM M #Sabtu, 1 Okt 2016, 12:17 WIB
    di dieng ada rental sepeda motor apa ndak ? :D
    klo nginep di homestay di Dieng biasanya pemiliknya bisa mengupayakan sepeda motor untuk disewa pengunjung
  • TATA
    avatar 10861
    TATA #Rabu, 24 Mei 2017, 08:37 WIB
    kalo dari jogja ke parakan pergi pagi2 banget, naik apa ya yang cepat? tolong infonya ya. tx
    lebih baik menyewa mobil karena nggak ada angkutan umum yg beroperasi pagi banget (subuh)