Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 31 Juli 2014, 23:59 WIB

Bentuknya seperti yang terlihat pada foto tunggal di artikel ini. Warnanya beraneka ragam. Bahan bakunya dari singkong. Teksturnya padat berisi. Sebagai pelengkapnya adalah taburan kelapa parut.

 

Yang ada di foto ini adalah kudapan (snack) tradisional dari Jawa. Maka dari itu, jangan harap bisa menjumpai kudapan ini di toko ritel dan sejenisnya. Coba cari di pasar pagi dan bila beruntung, mungkin pembaca akan menjumpai kudapan ini.

 

Kudapan tradisional Jawa dengan Banyak Nama.

 

Aku punya pertanyaan kepada pembaca.

 

  1. Apa pembaca pernah menjumpai kudapan ini?
  2. Apa pembaca pernah merasakannya? Apa rasanya?
  3. Apa nama kudapan ini?

 

Yang menarik adalah poin nomor 3. Di tiap daerah, nama kudapan ini bermacam-macam dan penyebutannya cukup unik karena...

 

Apa ada pembaca yang tahu?

 

UPDATE

Berhubung sudah lebih dari 5 pembaca yang gagal menebak apa sesungguhnya nama kudapan ini, maka dari itu perlu pembaca sekalian ketahui bahwa:

 

  1. Rasanya manis.
  2. Nama yang populer untuk kudapan ini adalah Kue Bengawan Solo. Eh, itu kalau dijual di Solo. Kalau di Jogja, namanya Kue Kali Code, hahaha. Katanya ibu penjual, nama kue ini mengikuti nama sungai besar yang ada di kota itu. Walau ya paling umum dikenal dengan nama Kue Bengawan Solo. Inilah rainbow cake asli Indonesia.

 

Gimana? Pembaca nggak penasaran lagi kan?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • RASARAB
    avatar 6293
    RASARAB #Sabtu, 2 Ags 2014, 09:38 WIB
    itu getuk ya :o
    bukan mas bro,
  • MASROH
    avatar 6296
    MASROH #Sabtu, 2 Ags 2014, 18:18 WIB
    itu kue bugis bukan? hahah :D
    salah! :D
  • MAS FEB
    avatar 6297
    MAS FEB #Sabtu, 2 Ags 2014, 22:23 WIB
    Kue sentiling ya?
    kue Sentiling itu apa lagi?
  • AULIA FASYA
    avatar 6301
    AULIA FASYA #Minggu, 3 Ags 2014, 12:14 WIB
    1. Belum pernah jumpa
    2. Belum pernah rasain
    3. Gatau apa namanya

    Bisa dibagi mungkin, biar bisa nyicip nyicip dan bisa jawab pertanyaan nya hehehe
    wekekeke, ternyata jadi tau ini kudapan nggak nyampe Bandung ternyata. :D

    Klo udah 5 komentator yg nebak, ntar aku kasih tahu apa sesungguhnya kudapan ini.
  • DEDE RUSLAN
    avatar 6302
    DEDE RUSLAN #Minggu, 3 Ags 2014, 12:49 WIB
    kue yangko bukan?
    Sayang sekali bukan...
  • QORE
    avatar 6303
    QORE #Minggu, 3 Ags 2014, 13:26 WIB
    Apa pembaca pernah menjumpai kudapan ini?

    Keliatan familiar tuh... kayak dari ubi/tape dengan parutan kelapa.

    Apa pembaca pernah merasakannya? Apa rasanya?

    Manis kalau gak salah.

    Apa nama kudapan ini?

    Mochi yang berevolusi mungkin. hehe.
    Ini bukan mochiii... kalau mochi kan ada bedaknya :3
  • WARM
    avatar 6305
    WARM #Senin, 4 Ags 2014, 00:22 WIB
    apa itu mas? blm pernah nyoba , bukan getuk ya?
    Bukan getuk Om.
  • TOTOK
    avatar 6309
    TOTOK #Senin, 4 Ags 2014, 17:36 WIB
    1. Sy pernah ketemu yg bentuknya bulet
    2. Rasanya manis gurih, krn ada parutan kelapa
    3. Canil bukan?
    Bukan canil ini Mas. Kalau canil kan dimakan pakai lelehan gula jawa.
  • ROELLAH BLOGS
    avatar 6318
    ROELLAH BLOGS #Rabu, 6 Ags 2014, 14:48 WIB
    1. Kemarin baru makan haaa
    2. Rasanya kayak getuk,
    3,. Tahuku jajanan pasar om namanya :-D
    Besok-besok kalau beli makanan kayak gini lagi tanya ya namanya apa, hehehe.
  • ANDIKA HERMAWAN
    avatar 6326
    ANDIKA HERMAWAN #Kamis, 7 Ags 2014, 22:46 WIB
    tak kira gethuk, tapi yang warna kuning mirip sama ketela rambat
    eh itu rasa manis berasal dari gula bubuk bukan mas?
    pas nguleni adonannya dikasih gula pasir mas bro, kalau gula jawa ntar warnanya kan jadi butek
  • HEPLINCLARA
    avatar 6369
    HEPLINCLARA #Sabtu, 23 Ags 2014, 18:59 WIB
    aku lupa namanya, tapi rasanya manis, terbuat dari parutan kelapa, bukan sih? di Jogja
    banyak nih :D
    Itu namanya kue Bengawan Solo mbak e :D
  • CIK4L
    avatar 7887
    CIK4L #Selasa, 30 Jun 2015, 11:01 WIB
    Kalo di Purwakarta Jwa Barat itu namanya candil, selain pake kelapa parut juga dicocolin ke gula pasir jadi rasanya manis2 genyal...
    Candil? Enak juga ya disantap pakai gula pasir. baru tahu. :D
  • CIK4L
    avatar 7888
    CIK4L #Selasa, 30 Jun 2015, 11:05 WIB
    tapi karena ukurannya besar pasti dari singkong yang diparut dan diseupan, namanya kue putri noong kalo dikasih pisang, tapi yang ini gada pisangnya...heheh
    Jadi klo di Jawa Barat ini varian lain dari Candil yang namanya Kue Putri Noong tapi tanpa pisang?