Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 29 September 2008, 16:36 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Masih di hari yang sama, Jum’at (26/9/2008) di minggu terakhir bulan Ramadhan. Saat singgah di Candi Merak, mendadak aku teringat kabar adanya satu candi lagi di wilayah Kecamatan Karangnongko. Dengan bertanya kepada Pak Slamet, selaku juru pelihara Candi Merak, akhirnya kami mendapat informasi yang sahih perihal rute menuju candi bernama Candi Karangnongko itu.

 

WAJIB MBLUSUK INI!

Meskipun Pak Slamet mengingatkan bahwa Candi Karangnongko masih dalam tahap penemuan (baru kelihatan dasar candinya saja), hal demikian itu tidak menyurutkan niat kami untuk mengeksplorasi Candi Karangnongko. Jadi, yuk kita hampiri Candi Karangnongko!

 

Letak Candi Karangnongko di Tengah Sawah

Dari Candi Merak kami balik lagi mengarah ke Kantor Kecamatan Karangnongko. Dari sana, kami menyusuri jalan raya besar ke arah selatan, hingga sampai pada perempatan kecil dengan papan reklame bertuliskan Koperasi Unit Dagang yang berdiri di sisi timur jalan.

 

Di perempatan itu kami mengambil arah kanan. Kami memasuki jalan kecil persawahan yang sekiranya hanya muat dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Kemudian melewati bangunan Koperasi Unit Dagang yang memiliki bentuk aneh.

 

Foto Tim pemburu candi mampir di Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008
Tim pemburu candi mampir di Candi Karangnongko.

 

Nah, tidak jauh dari bangunan tersebut, Andreas mencium “aroma” candi di tengah sawah. Sejurus kemudian, perhatian kami pun terpaku pada susunan bebatuan yang berada di tengah-tengah sawah di sisi timur. Tapi, karena kami memarkir sepeda motor bukan di pintu masuk kompleks candi, jadinya kami harus meniti pematang sawah untuk bisa mendekat ke Candi Karangnongko.

 

Foto wujud reruntuhan Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008
Candi Karangnongko yang tidak lagi utuh.

 

Candi Karangnongko yang Masih Digali

Kompleks Candi Karangnongko ini sudah dipagari oleh dinas BP3 Jawa Tengah. Semestinya sih Situs Candi Karangnongko ini sudah harus steril. Akan tetapi, sejumlah warga masih memanfaatkan lahan kosong di sekitar candi untuk bercocok tanam tanaman palawija. Apa mungkin masih ada sejumlah lahan yang masih dimiliki warga ya?

 

Foto aktivitas warga bertani di halaman Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008
Sejumlah warga masih beraktivitas di sela-sela reruntuhan Candi Karangnongko.

 

Kami tidak menemukan arca maupun batu relief di Situs Candi Karangnongko. Benar seperti yang disebutkan Pak Slamet, Candi Karangnongko memang masih dalam proses ekskavasi (penggalian). Tapi dari pengamatanku, sepertinya sudah lama tidak dilakukan ekskavasi di sana. Sebabnya, tidak ada barak pekerja dan juga sisa-sisa bekas penggalian.

 

Foto posisi tangga dan pintu masuk bangunan Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008
Kemungkinan ini posisi tangga dan pintu masuk bangunan Candi Karangnongko.

 

Dari kondisi yang ada, terungkap posisi bangunan candi induk yang menghadap ke arah barat. Candi Karangnongko ini kami yakini sebagai candi Hindu. Tidak lain karena di area candi induk kami mendapati sebuah lingga. Sayangnya, tidak ada yoni.

 

Foto lingga kecil yang ditemukan di Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008
Lingga kecil yang berada di sisa-sisa pondasi bangunan induk.

 

Di sekitar candi induk juga terdapat beberapa susunan batu yang kami yakini merupakan bagian dari candi induk ataupun candi perwara. Di area Situs Candi Karangnongko sendiri hanya nampak pondasi bangunan candi induk. Hmmm, apakah Candi Karangnongko benar-benar memiliki candi perwara ya? Jika ya, apakah pondasinya masih tertimbun tanah?

 

Foto Susunan batu persegi di Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008

Foto batu yang ditumpuk persegi di Candi Karangnongko, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah jaman dulu di tahun 2008
Kumpulan batu-batu yang ditemukan di Situs Candi Karangnongko.

 

Kami menanti bagaimana kelak wujud dari Candi Karangnongko ini ketika telah selesai dipugar. Semoga saja proses ekskavasinya berlanjut di kemudian hari.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • YON
    avatar 312
    YON #Jum'at, 17 Apr 2009, 09:53 WIB
    Tp sayang candinya kurang terawat
    mungkin karena belum di-ekskavasi sepenuhnya.
  • PENGUNJUNG
    avatar 366
    PENGUNJUNG #Rabu, 29 Apr 2009, 08:31 WIB
    mbaca artikel ini aku jadi terkenang masa kecil, suka main di candi, cari rumput untuk pakan kambing...pokoke asyik..dulu juga ada arcanya lho..pernah dicuri tapi ndak sempat bawa pergi, akhirnya dibawa ke bale desa...man eman aku dah pergi jauhhhhh
    ada arca apa di balai desa? baru tahu aku. trims ya buat infonya.
  • RAFAEL
    avatar 1727
    RAFAEL #Senin, 9 Nov 2009, 21:38 WIB
    Candi ini apakah belum terekskavasi semua ataukah memang hanya seperti itu mas? Waktu saya kesana 3 bln lalu saya lihat sepertinya masih banyak yang tertimbun tanah?
    Sepertinya memang belum ada rencana untuk diekskavasi lebih lanjut.
  • TEDJO
    avatar 3206
    TEDJO #Kamis, 26 Ags 2010, 17:10 WIB
    apakah ada rencana candi di krnongko di gali lg?
    sepertinya blum ada tuh
  • UTOMO SETIYAWAN
    avatar 3586
    UTOMO SETIYAWAN #Sabtu, 15 Jan 2011, 19:37 WIB
    Sebenarnya ada juga candi di wonogiri lho, wonogiri tu selatan Solo.
    Tepatnya di kecamatan Nguntoronadi selatan kota wonogiri.Tapi sekarang
    udah tergenang air waduk Gajah Mungkur, hanya kalau pas air susut
    kadang bisa terlihat tu situsnya. Aku sendiri sebenarnya belum pernah
    kesana, hamya dari cerita temanku yang hidup disana. Itu candi katanya
    dibuat dari batu putih dan dibuat cah angon untuk duduk 2x tapi apa ya
    bener candi ko yang buat cah angon wedus, candi kan untuk pemujaan
    atau tempat abu raja jaman dulu kala.
    hmmm...beberapa kawan juga ada yang cerita ada candi yang terbenam di Waduk Gajah Mungkur. Benar atau tidaknya saat ini sulit dipastikan >.<
  • BUMUR
    avatar 3900
    BUMUR #Rabu, 25 Mei 2011, 14:28 WIB
    ketika lihat di wikimedia.org bentuk candi karangnongko terlihat jelas.sayang tinggal puing-puing.wah gelo...kalau tidak di upgrade lha wong bentuk aslinya ada fotonya.piye mas,piye mas.....
    betulkah ada foto aslinya? coba saya cek dulu.
  • YOYON
    avatar 4585
    YOYON #Senin, 7 Mei 2012, 14:46 WIB
    Candi Karangnongko tu ada di mana ?
    di Klaten mas Bro
  • UTOMO SETIYAWAN
    avatar 7958
    UTOMO SETIYAWAN #Senin, 20 Jul 2015, 14:32 WIB
    ada yang tahu candi Muncar di Girimarto, Wonogiri atau candi Bendo di Ngutoronadi. kasih info nya dong
    Wah nggak tahu e Kang. Belum blusukan jauh sampai Wonogiri. Jangan-jangan itu hanya situs candi Kang? Nggak ada bangunan besarnya, hanya sisa-sisa batu aja?
  • BERTA
    avatar 8671
    BERTA #Kamis, 19 Nov 2015, 19:26 WIB
    Aku juga baru tau nek wonogiri ada candi
    bendo, dari blog sebelah aku baca dulu ada
    desa Bendo, Wiroto Kab Wonogiri (sekarang
    ikut tenggelam) yang jadi tempat lokasi itu
    candi. Aku penasaran juga dimana
    sebenarnya lokasi pastinya mau
    mengeksplore tapi sudah musim hujan
    alamat airnya udah mulai naik elevasinya..
    Semoga ada teman2 yang bisa
    mengeksplorenya...Selamat berjuang
    bisa jadi apa cuma reruntuhan batu candi aja ya mbak? atau sekedar perna ditemukan arca, artifak, atau lingga yoni begitu? kalau sudah pernah terendam air jangan2 makin mengendap susah ditemukan?