Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 8 Februari 2014, 23:11 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Balik lagi ke Purworejo, balik lagi masuk hutan. Nah, hutan yang menjadi sasaran jelas adalah hutan di perbukitan Menoreh yang buatku itu ibarat gudangnya air terjun. Kalau bisa,  ingin rasanya mengobrak-abrik isi hutan-hutan itu untuk menyingkap semua air terjun yang tersembunyi di dalamnya, hahaha.

 

Air Terjun perawan di Purworejo Jawa Tengah desa Benowo dan Dusun Lor Kali di Kecamatan Loano
Kiri, kanan, kulihat hutan, banyak air terjunnyaaaa... #nyanyi

 

Blusukan Menepis Pesimis

Dengan agenda blusukan ini aku ingin menepis anggapan bahwa Purworejo itu “miskin”. Jangan sampai warga Purworejo sendiri pesimis dengan potensi tanah kelahirannya, lantas lari ke kota besar, dan baru balik saat udah mau mati. Amit-amit!

 

“Mas, tolong keberadaan curug ini supaya bisa diliput di media. Supaya Purworejo ini tidak sekadar apa-apa kalau dibandingkan dengan Jogja yang sudah banyak obyek wisatanya.”

 

Ucapan itu datang dari bapak pemilik warung di desa Sedayu, Purworejo saat kami bertanya kepada beliau akan lokasi curug (air terjun) yang ngumpet di dusun Lor Kali. Begitu diamanahkan tugas oleh sang Bapak, ah... petualangan kali ini jadi terasa lebih berat dari sekadar blusukan masuk hutan biasa. Pokoknya, curug tanpa nama itu harus ketemu! Hahaha.

 

Suasana pemandangan kehidupan di Dusun Lor Kali di Kecamatan Loano, pelosok Purworejo di perbukitan Menoreh
Pasti ada potensi tersembunyi dari kehidupan desa semacam ini.

 

Blusukan dari Tahun Lalu

Pencarian akan air terjun yang tersembunyi ini sebenarnya bermula dari tahun 2012 silam. Berawal dari agenda PEKOK bersepeda keliling Candi Borobudur untuk mencari curug di desa Benowo, Purworejo. Oleh sebab tak membuahkan hasil, maka aku dan Pakdhe Timin kembali menuju ke desa Benowo dan kali ini menggunakan sepeda motor.

 

PEKOK keliling Borobudur
Sinopsis PEKOK waktu itu.

 

Akhirnya, kami sampai juga di desa Benowo dan singgah di Curug Klesem. Misi selesai? Belum! Kami diberitahu warga setempat bahwa tak jauh dari desa Benowo ada curug lain bernama Curug Nabag yang ukurannya jauh lebih besar dari Curug Klesem. Wow! Di mana itu?

 

Bulan demi bulan berlalu dan kami masih penasaran. Hingga kami pun kembali lagi ke desa Benowo untuk mencari apa yang warga sebut sebagai Curug Nabag. Kami pun blusukan di hutan cengkeh dan berhenti di puncak perbukitan Menoreh di mana air dari sungai Nabag jatuh mengalir sebagai air terjun. Sayangnya, kami nggak bisa mendekat karena terpisah oleh jurang yang dalam. Oh no!

 

Alhamdulillah, setelah aku menerbitkan artikel tentang Curug Nabag, banyak pembaca yang memberi kabar bahwa dasar dari Curug Nabag tersebut berada di dusun Lor Kali, desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

 

Nah, menggapai dasar Curug Nabag itulah misi utama aku dan Pakdhe Timin kali ini. Untuk pembaca yang sudah berbagi informasi, kami mengucapkan banyak terima kasih.

 

Warga setempat hanya menyebut curug ini sebagai curug saja, tanpa nama, walaupun mereka tahu nama Sungai Nabag. Lebih serunya lagi, tidak setiap warga tahu keberadaan curug ini. Maklum ya, lokasinya saja nyempil di pelosok hutan perbukitan Menoreh.

 

 

Blusukan Mencari Dasar Curug Tanpa Nama di Purworejo

  1. Dari Kota Jogja menuju terminal Jombor. Dari terminal Jombor ikuti Jl. Raya Kebonagung hingga menyebrang Kali Progo menuju Kecamatan Banjararum di kabupaten Kulon Progo. Jaraknya dari Kota Jogja sekitar 20 km.

     

  2. Dari Banjararum menuju ke Pasar Plono, di desa Pagerharjo. Lewatnya adalah Jl. Raya Samigaluh. Jarak dari Banjararum ke Pasar Plono ada sekitar 12 km dan medan jalannya adalah tanjakan.

     

  3. Dari Pasar Plono menuju desa Sedayu lewatnya adalah Jl. Raya Pagerharjo – Loano. Jaraknya sekitar 6 km.

     

  4. Dari Desa Sedayu menuju Dusun Lor Kali adalah melalui jalan kampung yang medan jalannya ditunjukkan oleh foto-foto di bawah ini dan didominasi oleh tanjakan. Perjalanan dari Banjararum hingga sampai di dusun Lor Kali membutuhkan waktu sekitar 2 jam dikarenakan kondisi jalan yang tidak bersahabat, terlebih saat hujan. Kendaraan roda 4 sangat tidak disarankan lewat sini.

     

    Jalan rusak menuju Dusun Lor Kali di Pelosok Purworejo, Jawa Tengah

    Kondisi jalan rusak di pedalaman Jawa yang jauh dari perhatian pemerintah setempat
    Jalan rusak di pedalaman itu sudah biasa di Indonesia.

     

  5. Di dusun Lor Kali, sepeda motor kami titipkan di masjid setempat dan kami lantas berjalan kaki menuju curug. Mayoritas warga dusun hanya menyebut curug itu sebagai curug saja. Nama Curug Nabag pun terdengar kurang akrab bagi mereka. Namun umumnya, sebagian besar warga tahu akan keberadaan curug yang dimaksud dan juga Sungai Nabag.

     

    Papan petunjuk jalan menuju Dusun Lor Kali, Loano, Purworejo
    Hanya ada satu papan petunjuk sepanjang jalan. Jadi, sangat disarankan bertanya ke warga.

     

    Masjid yang ada di Dusun Lor Kali, Loano, Purworejo pada tahun 2013
    Masjid sebagai meeting point dan yang pasti tempat melapor pada pemilik nyawa.

     

  6. Setelah ditunjukkan jalan menuju hutan yang berada di samping rumah, kami pun lantas menerjang hutan mengikuti petunjuk yang cukup mudah untuk diikuti, selang air.

     

    Rumah-rumah warga di Dusun Lor Kali, Purworejo, Jawa Tengah
    Blusukan berawal dari gang kecil.

     

    Saluran air melalui pipa plastik di Dusun Lor Kali, Purworejo, Jawa Tengah
    Semakin banyak selangnya maka pembaca semakin tepat berada di jalan yang benar.

     

  7. Sekitar satu jam berjalan kaki menerjang medan yang licin diterpa hujan, kami pun akhirnya sampai ke curug tanpa nama yang merupakan dasar dari Curug Nabag. Puas rasanya! Misi selesai!

     

    Suasana pedalaman hutan di perbukitan Menoreh di Loano, Purworejo, Jawa Tengah
    Bayangkan saja kalau misalnya hujan lebat dan malam hari.

     

Blusukan ke Mana Lagi?

Hujan yang mengguyur saat kami berada di curug membuatku sedikit kesulitan untuk mengambil foto. Curug tanpa nama ini cukup fotogenik, walau aliran airnya tidak terlampau deras.

 

Air terjun tersembunyi di Pelosok Purworejo di dalam hutan Perbukitan Menoreh

Curug Nabag di Kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah yang masih perawan dan belum diketahui orang

 

Sekitar setengah jam berada di dasar curug kami pun memutuskan untuk pulang. Kami tinggalkan curug yang menghantui rasa penasaran kami selama berbulan-bulan dan juga… air terjun lain yang kami jumpai di perjalanan pulang.

 

Air Terjun Curug Klanceng Putih yang mistis di pelosok Purworejo, Jawa Tengah
!#@#[email protected]#! Ada yang lain lagi? Pembaca ada yang mau ke sana?

 

Aaaaah, sepertinya memang Purworejo tak pernah berhenti mengiming-imingi agar kami selalu kembali lagi kemari dan lagi. Oke deh! Sampai berjumpa lagi di petualangan kami yang lain di hutan Purworejo!

 

Apakah Pembaca warga Purworejo?
Apakah Pembaca tahu keberadaan curug ini sebelumnya?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ELISA
    avatar 5785
    ELISA #Minggu, 9 Feb 2014, 17:39 WIB
    keren....:)
    Purworejo keren ya mbak?
  • TOTOK
    avatar 5789
    TOTOK #Senin, 10 Feb 2014, 10:42 WIB
    Sepertinya njenengan sudah kena kutukan curug di Purworejo Mas. Youll never sleep well. Hahaha
    Saya bisa sleep well kalau curugnya bisa dipindah ke sebelah kamar saya, hahaha
  • PAKDHETIMIN
    avatar 5791
    PAKDHETIMIN #Selasa, 11 Feb 2014, 00:33 WIB
    ouch amazing....jgn lupa masih ada curug di desa sebelahnya...kali tepas hahaha
    kapan kita meluncur lagi Dhe?
  • ANGKI
    avatar 5827
    ANGKI #Senin, 3 Mar 2014, 22:44 WIB
    wahhh mana lagi nie mas...mas wijna emng sellau terdepan dah :)
    pokoknya ya di dalam hutan lah Ngki, hahaha
  • FARIDA DURROTUN NASIHAH
    avatar 5836
    FARIDA DURROTUN NASIHAH #Kamis, 6 Mar 2014, 12:02 WIB
    seneng nih baca tulisannya, kayaknya seru nih. jadi pengen ke sana :D
    jangan sampai nyasar ya!
  • FREDY
    avatar 6298
    FREDY #Minggu, 3 Ags 2014, 03:00 WIB
    weell...gan
    Good
  • WASPODO
    avatar 6409
    WASPODO #Rabu, 3 Sep 2014, 00:59 WIB
    Kalau dari plono bisa potong jalan lewat sarigono trus wonosari trus nyampai deh tu ke
    lorkali
    Jalannya ya rusak nggak Brow?
  • HARTA
    avatar 6480
    HARTA #Kamis, 18 Sep 2014, 20:47 WIB
    Bagi temen-temen yang dari luar kota, bisa singgah di Rumah Tahfidz Darussalam di desa
    Sedayu, sebelum menuju ke Air Terjun tersebut, atau hendak jalan-jalan ke hutan pinus.
    Sungai disana juga airnya masih bening lho, kalau pingin mandi-mandi dulu.
    Monggooooo...pinarak
    Alhamdulillah :)
  • BARRA
    avatar 6563
    BARRA #Senin, 13 Okt 2014, 21:24 WIB
    Dah lma bgt aku nyari yg punya blok ini..pgen rasanya gabung jd klompo mau mblusuk..boleh minta pin
    bbnya gk y mas..siapa tau nanti bisa gabung xplore trmpat2 yg masih ngumpet di daerah pordjo
    kususny..makasih
    Wah saya ndak punya BB dan WA Mas. Kalau mau kontak ke alamat e-mail atau mention di twitter saja :D
  • ALIFIA
    avatar 6596
    ALIFIA #Minggu, 26 Okt 2014, 10:29 WIB
    Saya malah gatau kalau di loano ada curug trsembunyi, tp saya jd penasaran...
    Memang dirimu domisilinya mana e mbak? Kalau misalnya dirimu tau lokasi curug lain di Purworejo bolehlah berbagi informasi.
  • ANGKI
    avatar 6613
    ANGKI #Rabu, 29 Okt 2014, 13:50 WIB
    Wah mas akhirnya kesampean juga ke curug tak bernama ini alhamdulillah ^-^
    Dirimu ini tergolong memaksakan diri pergi ke sana pas musim kemarau :D
  • SURYA
    avatar 7123
    SURYA #Rabu, 11 Feb 2015, 09:17 WIB
    ada alamat / grup difb nggak ya? biar tambah banyak yg berbagi blusuk-nya diFb
    Wah... belum bikin fanpage di Facebook... >.<
  • HANDY
    avatar 7206
    HANDY #Kamis, 26 Feb 2015, 21:04 WIB
    Wah2,,,ternyata sudah beberapa kali Mas Wijna masuk hutan desa saya,Sedayu,, hehehe.. sip dah..lanjutkan
    Lha masih ada curug yang tersembunyi lainnya nggak di sana? :D
  • DHITUT
    avatar 7279
    DHITUT #Rabu, 11 Mar 2015, 22:53 WIB
    Namanya curug Sedayu, lewat bawah bisa sebenere tanpa harus mblusuk dari desa benowo, aq sering kesana bolak balik, sekarang sudah ada papan namanya ......salam dari anak asli perbukitan menoreh .....mampir ke blog ku yah .,.hehe
    Tahun lalu alhamdulillah sudah nemu jalan yang manusiawi ke dasar curug Sedayu :D
  • NURUL
    avatar 7341
    NURUL #Minggu, 22 Mar 2015, 14:38 WIB
    Wah mau ikut blusakannya dong mas haha
    siap-siap motor ya! :D
    ada kontak yg bisa dihubungi?
  • RYAN
    avatar 7383
    RYAN #Senin, 30 Mar 2015, 09:22 WIB
    bguss....
    jelas! kan di Purworejo! :D
    Eh, dirimu orang Purworejo juga?
  • UMI DINDA SAMARINDA,
    avatar 7500
    UMI DINDA SAMARINDA, #Sabtu, 18 Apr 2015, 16:23 WIB
    Baca tulisan kamu serasa ada di kampung krn saya orang sedayu
    asli,dan sekarang menetap di samarinda,maturnuwun salut
    munggah gunung.
    Waw, dari Sedayu merantau ke Samarinda? Semoga tiap lebaran berkesempatan untuk pulang kampung ya. :D
  • ISROFI ACHMAD
    avatar 7534
    ISROFI ACHMAD #Sabtu, 25 Apr 2015, 00:23 WIB
    keren mas, salud sekali atas promosinya tentang keadaan alam di loano, saya sendiri orang loano belum pernah kesana, salam kenal.
    Salam kenal juga dari Jogja. Semoga dirimu segera bisa singgah ke sana ya. Kan sama-sama Loano ini, hahaha :D
  • KIDZKIKIT
    avatar 7738
    KIDZKIKIT #Minggu, 7 Jun 2015, 21:13 WIB
    memang potensi di purworejo tuh byk yg
    tersembunyi..kayak kemarin maen2 ke desa
    kalitapas nemu curug semrico
    namanya..sayangnya debit air kecil.. 😅
    apess
    Lha Juni kan sudah masuk musim kemarau :D Besok main lagi pas tahun baru.
  • ADDE LESTARI
    avatar 7816
    ADDE LESTARI #Jum'at, 19 Jun 2015, 12:57 WIB
    boleh di coba k...cedak sko gebang tp aku durung tau ngerti...
  • WISNU KUSUMA SANJAYA
    avatar 7838
    WISNU KUSUMA SANJAYA #Selasa, 23 Jun 2015, 11:25 WIB
    saya org loano baru tau ni!
    bsk kapan2 kesana,penasaran.nih!
  • ZAINI
    avatar 7876
    ZAINI #Minggu, 28 Jun 2015, 14:00 WIB
    hebat uey...sy aja yg asli loano aja g tau tentang ni curug! syg akses yg susah luar byasa.yg sy tau hnya gua seplawan.itu aja g pernah di gali potensinya.
    ad jg gunung manggul...klo dr jauh bgus
    Saya malah belum pernah ke Gua Seplawan, apalagi Gunung Manggul. Habisnya "indera penciuman" saya lebih sensitif mengendus bau-bau curug, hehehe :p
  • RUDIHARTOYO MEDAN WISATA
    avatar 8029
    RUDIHARTOYO MEDAN WISATA #Jum'at, 31 Jul 2015, 14:40 WIB
    sweet air terjunnya,,meskipun tidak terlalu deras tapi lekukannya cukup indah,,
    Fotogenik Bro :D
  • NAJAHAL
    avatar 8096
    NAJAHAL #Kamis, 13 Ags 2015, 11:22 WIB
    sayang lagi musim kemarau
    Besok pas musim hujan mampir ke sini :D
  • ANTOK
    avatar 8945
    ANTOK #Sabtu, 26 Des 2015, 00:40 WIB
    Curug nabag itu tempat wisata paling
    ngangenin buat saya. Liat foto2nya tadi jadi
    keinget waktu masih SD sering banget 1
    kelas jalan2 ke curug nabag. Atau kalau
    nggakk maen sama temen2.
    Meskipun sekarang belum kesana lagi.moga
    curug nabag jadi banyak wisata baik
    domestik maupun asing.AMIIIIN
    Bangga jadi orang sedayu.khususnya asli
    anak dusun lor kali
  • 710
    avatar 9192
    710 #Rabu, 3 Feb 2016, 13:08 WIB
    ayo cah poerjo bareng-bareng ngumandangake pesona alam kabupatem purworejo, sejatine purworejo iku duwe pesona alam kang linuwih ananging durung ono utowo ora kasohor kanggone masyarakat luar purworejo
  • SIGIT
    avatar 9422
    SIGIT #Kamis, 31 Mar 2016, 11:11 WIB
    Berapa meter itu kira" tingginya? Spertinya tidak
    trlalu tinggi ya?
  • ROPHY PRATAMA PUTRHA
    avatar 9949
    ROPHY PRATAMA PUTRHA #Senin, 1 Ags 2016, 01:35 WIB
    Ada uga potensi alam yang ga ada di tempat lain selain di desa
    Sidoleren kecmatan Gebang Purworejo , disana terdapat batu Sumong
    namanya ,yang besar dengan tinggi 25mter dan lebar10mter , untuk
    mencapai di puncak batu tersebut ,serasa mendaki gunung ,dengan di
    sekeliling pemandangan yang indah, bukan hanya Batu Sumong saja ,
    ada juga curugnya tinggi 40mter tidak jauh dari lokasi Batu Sumong
    tersebut ,lokasi Jln Raya PURWOREJO WONOSOBO ,dari pusat
    kota purworejo 20km ke lokasi, masuk dari jalan raya pertigaan
    Slendung ke kiri , kalau dari Wonosobo ke kanan,
    wooohoo berarti jalan slentho kae po Mas Bro? yo kapan-kapan tak parani yooo