Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 3 Januari 2014, 05:22 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Cerita tentang air terjun yang jatuh ke laut bukan barang baru buatku. Di berbagai pelosok nusantara memang banyak obyek menarik yang seperti itu. Salah satunya adalah Pantai Grojokan Banyutibo. Letaknya di Desa Widoro, Kecamatan Donoharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

 

Pada awal musim kemarau tahun 2013, kawanku si Sang Otaku berkesempatan menyambangi Pantai Grojokan Banyutibo. Dari foto-foto yang ia unggah ke media sosial, aku perhatikan air terjun Pantai Grojokan Banyutibo masih mengalir deras!

 

WOW! September kan musim kemarau! Ini berarti air terjun Pantai Grojokan Banyutibo nggak pernah surut di musim kemarau sekalipun!? Wah, menarik ini!

 

suasana pemandangan pantai grojokan banyutibo di desa widoro pacitan zaman dulu saat masih sepi belum terkenal tahun 2013
Foto pinjam dari hasil jepretannya Sang Otaku.

 

Rute Menuju Pantai Grojokan Banyutibo Pacitan dari Jogja

Pada hari Minggu (28/9/2013), aku bersama si Topi Pink berniat menyambangi Pantai Grojokan Banyutibo. Katanya Sang Otaku, kalau berangkat dari Jogja pukul 7 pagi katanya bisa sampai di lokasi pukul 11 siang kurang.

 

Sesuai arahan dari Sang Otaku, rute menuju Pantai Grojokan Banyutibo dari Kota Jogja itu enaknya lewat WonosariPracimantoroPerempatan Giribelah. Rincian perjalanan ke Pantai Grojokan Banyutibo sejauh kurang lebih 90-an km tersebut adalah sebagai berikut:

 

Jogja – Wonosari 39 km
Wonosari – Pasar Pracimantoro (perempatan) 25-an km
Pasar Pracimantoro – Perempatan Giribelah 8-an km
Perempatan Giribelah – Pantai Banyutibo 20-an km

 

Detil rutenya juga gampang diingat kok!

 

Berangkat dari Kota Jogja lewat Jl. Raya Jogja – Wonosari sampai ke Kota Wonosari. Dari Kota Wonosari masih terus mengikuti jalan raya ke timur ke arah Pantai Sadeng. Dari Pantai Sadeng masih ke timur lagi sampai melewati batas provinsi DI Yogyakarta – Jawa Tengah.

 

Yeeey! Pindah provinsi deh ke Jawa Tengah.

 

papan plang batas provinsi yogyakarta gunungkidul dengan jawa tengah wonogiri di ruas jalan raya dari pantai sadeng menuju pracimantoro
Perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

 

Dari Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta sekarang pindah ke Kabupaten Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah. Di sini tetap terus mengikuti jalan raya ke timur melewati Museum Karst hingga tiba di perempatan Pasar Pracimantoro.

 

Dari perempatan Pasar Pracimantoro masih lurus terus mengikuti jalan raya ke timur sampai tiba di Perempatan Giribelah. Nah, baru deh di Perempatan Giribelah ini berbelok ke selatan (kanan) ke arah Pantai Nampu.

 

Akhirnya nggak lurus terus ke arah timur, hahaha.

 

suasana di sekitar perempatan giribelah di menuju arah pacitan pantai nampu paranggupito dan pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Belok kanan menuju Paranggupito.

 

Berhubung rute perjalanan melintasi Pegunungan Sewu, ya... mau nggak mau medan jalannya didominasi turunan dan tanjakan! #duh

 

Medan jalan dari Perempatan Giribelah menuju ke Pantai Nampu adalah medan yang paling seru! Tanjakannya banyak, jalannya sempit, dan sekitar 50% aspal jalannya bolong-bolong!

 

Maklum, namanya juga jalan desa di pelosok Wonogiri.

 

suasana medan jalan berbukit penuh tanjakan sekeliling hutan dari perempatan giribelah menuju kawasan pantai nampu wonogiri tembusnya ke pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Medan jalan desa sebagian diantaranya adalah tanjakan.

 

Oh iya, sebagian besar tanjakannya berjenis “tanjakan ngintip” yang bermakna pandangan jalan di depan nggak terlihat saat berada di puncak tanjakan. Jadinya, untuk memperluas pandangan pengendara harus sedikit berdiri untuk “ngintip”. Mirip dengan tanjakan di wahana permainan roller-coaster.

 

Pokoknya pembaca wajib hati-hati saat berkendara di sini. Sesuai dengan pesan peringatan di bawah ini. Oke? Oke dong!

 

papan larangan lucu tulisannya dilarang kecelakaan karena rumah sakit jauh yang letaknya di jalan menuju pantai nampu wonogiri dan pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Duh...

 

Nah, sekitar 3 km sebelum Pantai Nampu, tepatnya di sebuah pertigaan, bakal ada papan petunjuk arah kecil ke arah Pacitan. Ambil arah ke Pacitan dan nanti bakal masuk wilayah Desa Widoro.

 

Wah, sudah pindah provinsi lagi ke Jawa Timur, hehehe.

 

papan petunjuk arah ke wonogiri pantai nampu dan pacitan di dekat simpang pertigaan perbatasan jawa tengah dengan pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Mau ke mana ya?

 

Di Desa Widoro ini ikuti saja jalan desa sampai bertemu dengan bengkel motor yang berseberangan dengan masjid di pinggir jalan desa. Di dekat sana sudah ada papan petunjuk arah ke Pantai Grojokan Banyutibo. Papan ini sering terlewat dari pandangan jika berkendara dari arah Pantai Nampu.

 

rute panduan arah yang ada di papan petunjuk menuju ke pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Kalau sudah ketemu bengkel pelan-pelan saja supaya papan ini nggak terlewat.

 

lokasi masjid di dekat pantai grojokan banyutibo di desa widoro donoharjo pacitan
Jangan lupa salat dulu.

 

Kendaraan roda empat bisa diparkir di dekat masjid dan juga bisa dibawa menuju pantai. Nah, pilihan yang terakhir ini lumayan menantang karena jalan menuju Pantai Grojokan Banyutibo ini berupa jalan ladang yang sempit, berwujud cor-coran semen, dan hanya muat untuk lewat satu kendaraan roda empat saja. Mirip lah dengan jalan ke Pantai Pok Tunggal.

 

akses jalan sempit menuju pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan zaman dulu saat belum diperlebar pada tahun 2013
Pokoknya, kalau ada dua mobil papasan itu bakal jadi bencana.

 

lokasi parkir mobil kendaraan roda empat pengunjung pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan yang terkenal dengan air terjun jatuh ke laut
Bukti kalau mobil pun bisa diparkir di pantai Banyutibo. Hati-hati mepet jurang!

 

Sampai deh di Pantai Grojokan Banyutibo! Yay!

 

Pesona Pantai Grojokan Banyutibo Pacitan

Luas Pantai Grojokan Banyutibo tergolong kecil. Tapi ya jangan berkecil hati dulu!

 

Untuk yang senang motret, Pantai Grojokan Banyutibo menawarkan banyak lokasi pemotretan yang menarik. Motret air terjun bisa. Motret sungai bisa. Motret bukit bisa. Motret laut bisa. Motret tebing bisa. Bisa banyak motret deh pokoknya.

 

suasana pemandangan indah air terjun eksotis di pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan saat masih sepi belum terkenal di tahun 2013
Air terjun yang mengalir ke pantai.

 

foto slow speed long exposure ombak siang hari dengan batu karang di pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Batu karang yang ada di dasar pantai air terjun.

 

Sungai dari air terjun ini berasal dari sebuah sendang yang disebut Sendang Timo (kalau tak salah ingat) oleh warga setempat. Airnya melimpah sepanjang musim dan menjadi sumber air bersih bagi warga. Sayangnya, belum dioptimalkan untuk dialirkan ke rumah-rumah warga.

 

nama sungai jernih sumber mata air aliran air terjun di pantai grojokan banyutibo desa widoro donoharjo pacitan
Sungai yang menjadi mata air terjun Grojokan Banyutibo.

 

seorang bapak warga pria desa widoro mengambil air dari mata air sungai dengan jerigen di pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan
Airnya diambil dengan jerigen belum dialirkan lewat pipa.

 

Potensi wisata pantai ini sepertinya juga belum dioptimalkan oleh warga setempat. Tidak ada pos pungutan retribusi. Fasilitas yang ada hanya sebatas saung dan tempat berganti pakaian. Sampah-sampah pun terlihat bertebaran di sana-sini.

 

Jadi, untuk pembaca yang berkunjung ke Pantai Grojokan Banyutibo harap menjaga kelestarian tempat ini yah!

 

ruang bilik ganti pakaian di pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan saat masih belum terkenal di tahun 2013
Bilik sederhana untuk berganti pakaian.

 

kotak amal sumbangan seikhlasnya di pantai grojokan banyutibo donoharjo pacitan saat masih belum terkenal
Belum ada pungutan resmi, hanya kotak sumbangan saja. Mohon keikhlasannya ya!

 

Bagaimana? Pembaca tertarik berkunjung ke pantai dengan air terjun yang lokasinya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini? Masih jarang terjamah pengunjung lho!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TOTOK
    avatar 5720
    TOTOK #Jum'at, 3 Jan 2014, 09:21 WIB
    Nggak ngepit kesana Mas? Hehe
    Saya pilih ngepit yang jaraknya < 60 km aja deh. Hahaha.
  • CUMILEBAY.COM
    avatar 5724
    CUMILEBAY.COM #Senin, 6 Jan 2014, 14:15 WIB
    Cakep banget banyu tibo ini, foto nya juga keren sekali. Jadi gw mesti balik lagi ke pacitan
    nich ihik ihik ihik
    iya Bang, balik pacitan lagi sana Bang
  • YACOB-IVAN
    avatar 5726
    YACOB-IVAN #Senin, 6 Jan 2014, 20:05 WIB
    Cakep pantainya, mas... itu pesan dilarangnya singpadjel bener... hehehe...
    Kapan mampir ibukota, mas? Suwi gak berguru sama sampeyan...
    kapan ya Cob? paling April pas pemilu, hahaha
  • OTTA
    avatar 5730
    OTTA #Selasa, 7 Jan 2014, 11:04 WIB
    mampir ke buyutan mas.... :) :) uenaaakkkk,,,,sepiiii.......
    buyutan itu bukannya tempat buat semedi ya?
  • NBSUSANTO
    avatar 5738
    NBSUSANTO #Sabtu, 11 Jan 2014, 21:24 WIB
    apik ki mas dadi referensi ke pantai pacitan selain ke klayar dan teleng ria.. :D
    karena Klayar dan Teleng Ria sudah terlalu mainstream, hahaha
  • OTTA
    avatar 5819
    OTTA #Jum'at, 28 Feb 2014, 07:44 WIB
    bukan tempat semedi,,,kalo mau ke p.klayar dari arah soloitu nglewati pasar kalak to,,,
    (klayar k kiri)...kalo buyutan lurus 400meter nanti ada simpangan, belok kiri.

    kalo ke p. banyunibo lewat prempatan giri belah,,,naik k kanan (dari jogja) dari pantai
    banyunibo itu lurus...arah pacitan.
    woladala, sepertina saya salah presepsi, saya pikir Pantai Buyutan itu Pantai Sembukan. Ternyata Pantai Buyutan masih masuk Donoharjo.
  • ANGKI
    avatar 5983
    ANGKI #Senin, 14 Apr 2014, 17:57 WIB
    waaahh belom kesampean ke sini mas mksih mas sharenya moga bisa mpe sini dah :)
    besok pas ke Pacitan lagi dolan ke sini Ngki, air terjunnya nggak bakal surut kok :D
  • PUNGKY
    avatar 6004
    PUNGKY #Rabu, 23 Apr 2014, 22:25 WIB
    Wuiih... slowspeednya ketjeh mas... :)
    hehehe, saya doyan slow speed :D
  • RAMA ADONG
    avatar 7081
    RAMA ADONG #Senin, 2 Feb 2015, 23:33 WIB
    Mantep rute jadi beralih ke banyu tibo nih hehehe
    Lha emang semula rutenya mau ke mana?