Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 13 September 2008, 10:12 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

foto sembahyang candi mendut

Aku sengaja memilih Candi Mendut sebagai candi pembuka penjelajahan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Itu karena Candi Mendut masih berhubungan dengan Candi Sojiwan yang menjadi obyek Kuliah Kerja Nyata (KKN)-ku di bulan Juli-Agustus 2008 silam. Maka dari itu, beberapa hari setelah penarikan KKN, tepatnya di hari Kamis (11/9/2008) aku memutuskan untuk singgah di Candi Mendut.

 

KKN selesai, saatnya keliling candi (lagi)!

 

Rute Menuju Candi Mendut

Secara administratif Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Secara garis besar, untuk menuju Candi Mendut, Pembaca bisa melalui Jl. Raya Yogyakarta - Magelang yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan kota Magelang itu.

 

foto candi mendut tahun 2008
Candi Mendut.
(Klik untuk memperbesar).

 

Rute menuju Candi Mendut termasuk mudah karena hampir mirip dengan rute menuju Candi Borobudur. Dari kota Yogyakarta, ikuti Jl. Raya Yogyakarta – Magelang sampai Pembaca tiba di Kecamatan Mungkid. Tepatnya di pertigaan dengan lampu lalu lintas dan ada papan besar penunjuk arah ke Candi Borobudur. Ikuti petunjuk arah tersebut (belok ke kiri) dan ikuti saja jalan aspalnya sampai Pembaca berjumpa dengan Candi Mendut di sisi kanan jalan (barat).

 

Dari kota Yogyakarta menuju Candi Mendut berjarak kurang-lebih 37 km (sekitar 45 menit perjalanan). Untuk memasuki kawasan Candi Mendut, pengunjung ditarik biaya retribusi Rp3.300 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir, sepeda motor Rp1.000, sedan Rp3.000, dan bus Rp7.000.

 

Candi Mendut Kerabat Candi Sojiwan

foto arca buddha vairocanna di candi mendut
Arca Buddha Vairocana
di bilik utama Candi Mendut.

Sama seperti dengan Candi Borobudur, Candi Mendut berlatar belakang agama Buddha. Candi Mendut hanya terdiri dari satu bangunan candi induk yang menghadap ke arah barat. Sebenarnya, di sisi selatan candi induk ada sekumpulan batu-batu candi. Mungkin saja batu-batu candi tersebut merupakan candi perwara (pendamping). Candi Mendut diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 oleh wangsa Syailendra yang turut membangun Candi Borobudur.

 

Candi Mendut kerap digunakan dalam upacara sembahyang agama Buddha. Tidak heran bila di dekat candi berdiri Vihara Mendut. Di dalam bilik utama Candi Mendut terdapat tiga buah arca Buddha, yaitu Vairocana, Avalokitesvara, dan Vajrapani. Simbolisme ketiga arca tersebut merupakan fungsi Candi Mendut, yaitu untuk bisa membebaskan karma badan, karma ucapan, serta karma pikiran.

 

foto relief binatang di candi mendut
Relief kisah Kera dan Buaya
di Candi Mendut.

Selain itu, di setiap dinding luar bangunan Candi Mendut terukir beragam relief dewa dalam ajaran Buddha dan juga relief kisah cerita binatang. Sebagaimana yang aku singgung di paragraf awal, Candi Mendut dan Candi Sojiwan saling berhubungan karena keduanya memiliki relief kisah cerita binatang.

 

 

Pembaca pernah lihat relief kisah cerita binatang? Kalau berkunjung ke Candi Borobudur jangan lupa mampir Candi Mendut ini yah!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 189
    PEIN #Sabtu, 14 Feb 2009, 19:56 WIB
    Pein mendominasi [ again ] btw ada ga artikel tentang Candi Borobudur dan Candi Pawon [ kalo mo ke Candi Borobudur tu naik angkot apa ya ? habis orang Amegakure pada ga tahu sih... ]. Satu lagi nich, ini adalah permintaan pembaca mu yang belakangan ini dengan setia membaca blog punya anda [ ngegombal dulu ah, siapa tahu permintaannya bakalan dikabulkan..... : P ] mohon dikasih fitur search pada blog ini, supaya kalo cari artikel tertentu ga kesulitan.......... [ Wars Brings Pein and Pein Brings Wars itself........PEACE........ ]
    Wah teliti juga kamu Pein. Candi Borobudur nggak kubahas karena sudah "pasaran". Sedangkan Candi Pawon, lagi nunggu waktu yang pas, maklum musim hujan. Soal fitur search, ya nanti dimasukkan lah. Trims buat usulannya yah! Keep bloggin!
  • PEIN
    avatar 195
    PEIN #Minggu, 15 Feb 2009, 20:30 WIB
    hijrah buat nilik cand - candi di Jawa Timur dunk !! Situ kan dah ke Bali, kok ga sekalian mampir ke Trowulan, btw, situ juga ke Porong kan [ pas ke mo ke Bali ] di deket - deket Porong [ berseberangan malah ! ] ada beberapa candi, lihat aja deh di id.wikipedia.org, key wordnya candi, udah kuposting beberapa hal mengenai candi - candi di Indonesia, walaupun kebanyakan di Jawa Timur doang ! Lagian di Amegakure ga ada Candi sih.......
    kalo rencana buat ngupas candi di Jawa Timur sih ada, terutama ke daerah Trowulan, tapi itu juga terkait masalah dana sih, maklum mahasiswa. he. Klo di Bali kemarin, ga sempet ke Candi Gunung Kawi.
  • KOMIK B4
    avatar 242
    KOMIK B4 #Kamis, 12 Mar 2009, 07:07 WIB
    gila
    nie bener-bener penjelajah candi
    salut bos!!!

    salam kenal

    komikb4
    Salam kenal juga, trims udah berkunjung.
  • ANDREA M.C.I
    avatar 1697
    ANDREA M.C.I #Kamis, 5 Nov 2009, 18:45 WIB
    aku cuma mau taw apa sih arti dari relief candi mendut ini trz...pasti kan ada maksud dari reliefy N Q jg maw tau pelajaran apa saja yg bs dipetik leh kita semua ?????
    Reliefnya ada ceritanya, tapi mungkin di kesempatan lain nanti kutuliskan di blog.
  • PEIN
    avatar 2005
    PEIN #Jum'at, 1 Jan 2010, 13:49 WIB
    Kemaren mo ke Candi Mendut dan Pawon tapi dibatalkan oleh hujan dan waktu, padahal dah jauh2 sampai ke Borobudur...........
    Yaaah... :( Semoga dalam waktu dekat berkesempatan mampir sana lagi ya!
  • FENNY
    avatar 5004
    FENNY #Sabtu, 19 Jan 2013, 19:08 WIB
    kemungkinan tenar di kalangan turis asing karena letak candi mendhut di dekat candi borobudur,
    menurut banyak artikel di internet Borobudur kan objek wisata tunggal yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
    Pengalaman pernah manggil pembicara dr luar negri minta dianter ke Borobudur, trus temennya temenku yg dr Jepang juga pengen dianter ke Borobudur pas wisata ke Jogja.

    Semoga Desa Wisata Kebondalem Kidul juga bernasib seperti candi Mendhut atau lebih baik lagi, aaamiiin.
    iya ya, setelah Candi Sojiwan sudah jadi, semoga turis dari Candi Prambanan juga mampir ke Candi Sojiwan
  • BOCAH PETUALANG
    avatar 5665
    BOCAH PETUALANG #Jum'at, 6 Des 2013, 07:12 WIB
    Harga tiket masuknya tak semahal Borobudur tapi pengunjungnya jauh lebih sedikit. Sayang ga sempat mampir ke Candi Pawon sekalian.
    Karena daya tarik yang paling besar memang Borobudur. Tapi di Candi Mendut reliefnya menarik lho.
  • ANI AREKH MBARENG
    avatar 10684
    ANI AREKH MBARENG #Minggu, 5 Mar 2017, 19:26 WIB
    gx menurut yg saya cari sorry ajah ya
    woke syip