Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 19 Maret 2013, 08:00 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Setiap kali aku memandang Perbukitan Menoreh, aku sering berandai-andai ada air terjun yang tersembunyi di sana dan menanti untuk ditemukan. Nah, di hari Minggu (10/3/2013) yang lalu, aku bersama Pakdhe Timin akhirnya menemukan air terjun yang tersembunyi itu.

 

Kini, apa yang aku andaikan itu tak lagi sebatas mimpi, melainkan kenyataan. Yes!

 

Perbukitan Menoreh di wilayah Purworejo yang menyimpan banyak air terjun tersembunyi
Perbukitan Menoreh... hayooo curuuug... kamu ngumpet di manaaa?

 

Air terjun yang kami temukan ini tersembunyi di puncak Perbukitan Menoreh di wilayah Purworejo, tepatnya di Dusun Benowo, Desa Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Hayooo, warga Purworejo sudah pada tahu belum ada air terjun ini?

 

Rute ke Curug Nabag, Purworejo

Warga sekitar menyebutnya Curug Nabag, sesuai nama sungai yang menjadi muara air terjun ini, Kali Nabag. Air terjun ini masih satu RT dengan Curug Benowo yang kami kunjungi di bulan puasa tahun lalu. Alhasil, sebagian besar rute yang kami tempuh menuju Curug Nabag serupa dengan rute yang pernah kami tempuh sebelumnya, yaitu:

 

  1. Dari kota Jogja, ambil jalan menuju Terminal Bus Jombor.
  2. Dari Terminal Bus Jombor, ikuti Jalan Raya Kebon Agung sejauh 20-an km hingga menyebrang jembatan Kali Progo dan sampai di Dekso, Kabupaten Kulon Progo.
  3. Dari Pertigaan Dekso, ambil jalan ke utara yaitu Jl. Raya Samigaluh yang menanjak hingga sampai di ujungnya yaitu Pasar Plono, sejauh 10-an km.
  4. Dari Pasar Plono ambil arah ke Barat menuju Purworejo, menuju Kecamatan Loano tepatnya Desa Banyuasin Kembaran. Suasana medan jalan dari sini sudah didominasi hutan.
  5. Dari Desa Banyuasin Kembaran barulah menuju Dusun Benowo. Medan jalannya menanjak dan rusak! Susah buat mobil lewat sini. Naik motor saja bikin sakit bokong! Mungkin kalau presiden kemari, barulah jalannya jadi halus mulus, hehehe.

 

Jalan ke Curug Nabag di dusun Benowo, kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
Jalan penderitaan. Naik motor aja menyiksa, apalagi bersepeda!?

 

Sampai di Dusun Benowo, Kecamatan Bener

Sesampainya di Dusun Benowo, kami pun menyambangi kediaman Mbok Agus. Ini kedua kalinya kami singgah ke sana. Yang pertama kali ya tentu saja pas berkunjung ke Curug Benowo di tahun lalu.

 

Curug Klesem di Purworejo saat musim hujan
Curug Klesem yang sudah banyak air saat musim hujan.

 

Sayangnya, Mbok Agus sudah lupa akan wajah-wajah jelek kami, hahaha. Dari Mbok Agus, kami memperoleh rute menuju Curug Nabag. Sebenarnya ya, awalnya tahu kabar Curug Nabag ya dari Mbok Agus ini.

 

Dari kediaman Mbok Agus, kami mengikuti jalan desa hingga sampai di Petilasan Pangeran Benowo. Nggak seberapa jauh dari petilasan itu kami berjumpa dengan jembatan bambu. Katanya, untuk ke Curug Nabag harus lewat jembatan itu. Berhubung Pakdhe Timin ragu-ragu dengan motornya, alhasil motor diparkir di rumah warga dekat jembatan. Terus kami jalan kaki deh, trekking gitu, yay!

 

Jembatan bambu menuju puncak Air Terjun Nabag di pelosok Purworejo
Jembatan bambu menuju Curug Nabag.

 

Naaah, nggak seberapa jauh dari jembatan bambu itu, kami berjumpa dengan percabangan jalan, satu ke hutan dan yang satu lagi ke rumah warga. Ambil cabang jalan ke rumah warga. Serius! Sebab, cabang jalan yang satu lagi bakal bikin pembaca muter-muter di hutan cengkeh, hehehe.

 

Cabang jalan hutan menuju air terjun tersembunyi di Perbukitan Menoreh wilayah Purworejo, Jawa Tengah
Mau nyasar atau mau nggak nyasar?

 

Jalan menuju air terjun Nabag di desa Benowo
Ingat-ingat ya! Ke Curug Nabag itu melewati 2 rumah warga selepas jembatan bambu!

 

Di samping rumah warga itu ada jalan setapak yang menuju hutan. Selanjutnya yaaa, ikutin aja jalan hutan itu. Nggak ada petunjuk arah yang jelas sih. Tapi ada sekali kami harus nyebrang sungai kecil. Kalau mengikuti jalan setapak itu nanti akan berujung ke tebing, di mana kita bisa melihat pemandangan indah dari puncak perbukitan Menoreh. Subhanallah!

 

Suasana hutan mistis cerita mahasiswi di dusun Benowo, Purworejo, Jawa Tengah
Nyari perkara sih kalau kemari sore menjelang malam. Pastinya gelap dan bikin nyasar.

 

tersasar jalan saat menyusuri jalan hutan di dusun Benowo, Purworejo, Jawa Tengah
Nah, kalau ketemu dengan undak-undakan bambu ini... anda nyasar!

 

pemandangan dari puncak bukit menoreh dari dusun Bener di wilayah purworejo, Jawa tengah
Di puncak Perbukitan Menoreh! Kurang kerjaan banget ya sampai sini >.<

 

Curug yang Tak Bisa Tergapai

Pemandangan yang tak kalah indah adalah curug yang mengalir turun dari puncak tebing. Wow!

 

aliran sungai nabag di puncak perbukitan menoreh, Purworejo yang membentuk air terjun
Aliran sungai di puncak Curug Nabag.

 

penampakan curug nabag yang terhalang oleh rimbunnya semak dan pepohonan
Terhalang oleh rimbunnya semak dan pepohonan...aaargh!

 

pengunjung tidak bisa mendekat ke curug nabag karena terpisahkan oleh jurang
Boleh dilihat, tak bisa mendekat...hiks...

 

Ya, inilah Curug Nabag. Sayangnya, kami nggak menemukan jalan untuk mendekat ke curug. Kanan-kirinya tebing je, salah melangkah bisa terperosok ke jurang dan is det. Beh!

 

Katanya sih, dahulu kala banyak yang singgah ke curug ini di akhir pekan. Mungkin dahulu kala, jalan mendekati curug ini masih ada, namun seiring berlalunya waktu sudah tertutup oleh rumput ilalang. Satu hal yang membuat kami penasaran adalah dasar dari curug ini. Bagaimana ya cara ke dasar curug ini?

 

rahmat agus sudrajat, pria asal berbah, yogyakarta yang pemburu air terjun
Awas tebing! Awas kaki! Awas jurang! Eh, awas ular juga nggak ya?

 

Ya sudah lah. Setelah puas menikmati Curug Nabag dari kejauhan, kami pun beranjak meninggalkan lokasi. Pulang! Tenang, siapa tahu suatu saat nanti kami akan kembali kemari.

 

 

Di jalan menanjak meninggalkan Dusun Benowo, kami sempat berhenti sejenak. Dari ketinggian kami melihat pemandangan indah dusun di pelosok Purworejo yang menyimpan keindahan tersembunyi dan ...

 

air terjun tersembunyi di desa Bener, Purworejo
...EH!?

 

Mungkin memang benar kami harus kembali kemari...


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • DIAN
    avatar 5152
    DIAN #Selasa, 19 Mar 2013, 10:22 WIB
    niat sekali perjalanannya sampe ke pedalaman menoreh..mantabs
    salam kenal saya sering baca blog anda, artikelnya bagus, terutama yg tentang candi
    hehehe..keep writing
    hahaha, matur nuwun mbak Dian :D
  • ELISA
    avatar 5154
    ELISA #Selasa, 19 Mar 2013, 20:08 WIB
    mblusuk tenan yo Wij, jd ikutan mblusuk via web ini hehe...kayaknya byk curug di situ
    ya....yg gambar terakhir itu curug yg lain lg ya...
    Iya mbak itu curug lain yang belum tersentuh...
  • PAKDHETIMIN
    avatar 5158
    PAKDHETIMIN #Kamis, 21 Mar 2013, 12:19 WIB
    siapkan tali tambang buat turun ke jurang untuk melihat dasar curug!
    Kita akrobat! Yey!
  • SRIYONO SUKE
    avatar 5163
    SRIYONO SUKE #Senin, 25 Mar 2013, 00:18 WIB
    Foto air terjunnya selalu george gun dosh kotosh kotosh.... :D
    hohoho, suwun mbah!
  • DANI WAWAN
    avatar 5167
    DANI WAWAN #Rabu, 27 Mar 2013, 12:39 WIB
    yang belum kesampaian curug trocoh di tretep temanggung


    NB: Kenapa mesti centang kotak kecil ini sebelum klik tombol kirim?????
    merga nek ra dicentang ngko okeh spam mlebu masbro,

    piye nek aku moro rono neh siap transportasi dan akomodasi ra? tak ganti wes...
  • ANNOSMILE
    avatar 5201
    ANNOSMILE #Sabtu, 6 Apr 2013, 08:55 WIB
    belum pernah kesini :(
    ah dirimu makanya sering-sering masuk hutan No, bakal banyak nemu yang aneh-aneh, hehehe
  • LARAS SATY
    avatar 5210
    LARAS SATY #Sabtu, 13 Apr 2013, 06:38 WIB
    sumpah mas, jadi pen kesana :3
    super banget pemandangannya... ajak traveling dong mas kapan2 D hehee

    visit to my blog ya mas :3
    woke deh, semoga ada kesempatan yah.
  • JE
    avatar 5267
    JE #Jum'at, 10 Mei 2013, 14:05 WIB
    mupeng :D
    makanya jangan di rumah terus!
  • ANGKISLAND
    avatar 5311
    ANGKISLAND #Rabu, 29 Mei 2013, 14:02 WIB
    mas kalo mau ke dasar jurangnya saya di ajak yaaaaa.......dasaar curugnya pengen ngikut
    sana hehehehe....facebooknya mas wijna apa ya???
    Facebooknya saya ada di tombol di atas halaman web ini, hehehe.
  • JUAL KABEL
    avatar 5511
    JUAL KABEL #Minggu, 25 Ags 2013, 16:08 WIB
    Sekedar Nambahin...
    Bawah Curug Nabak masuk Desa Sedayu Loano, namanya Dusun Lor Kali
    pemandangannya indah... Pas mau ke Desa Benowo nglewatin, bisa tanya rutenya di situ...
    Wah, terima kasih informasinya. Apa benar di Dusun Lor Kali memang ada air terjun dari Curug Nabak?
  • JUAL KABEL
    avatar 5576
    JUAL KABEL #Selasa, 1 Okt 2013, 10:49 WIB
    Yaps,, betul mas dasar Curug Nabak ini ada di daerah Dusun Lor Kali..
    wah menarik, kalau sudah masuk musim hujan segera merapat ke Dusun Lor Kali deh
  • MIDA
    avatar 5647
    MIDA #Rabu, 27 Nov 2013, 03:17 WIB
    salah jalan itu mas,, aku sih bisa sampe bawahnya. dan sepertinya curuk nabag ada di desa sedayu, dusun lorkali
    weleh, mosok bukan yang itu mbak? Jalan ke desa Sedayu itu lewat mana ya?
  • FAHMI ANHAR
    avatar 6028
    FAHMI ANHAR #Selasa, 29 Apr 2014, 12:42 WIB
    subhanallah, masih asri gini air terjunnya !!
    jelas, jauh dari mana-mana je?
  • ARMAN
    avatar 7584
    ARMAN #Rabu, 6 Mei 2015, 15:39 WIB
    Terimakasih mas telah membuka potensi wisata desa kami tapi bagi pecinta alam sayangi
    alam jangan buang sampah sembarangan.
    yup yup yup, jaga selalu kelestarian alam kita! :D
  • WENDI
    avatar 8365
    WENDI #Sabtu, 3 Okt 2015, 15:14 WIB
    Hai Mas... yang baik, Pemandanganya oke banget.
    Saya juga suka petualang di tanah Jawa, tapi sudah 1 tahun ini nggak bisa jalan-jalan lagi karena lagi tugas kerja di luar pulau... hehe
    Boleh minta link facebook-nya nggak Mas... salam sukses ya... terimakasih.
    Salam kenal. :D
    Link Facebook ada di halaman profil lho! Semoga suatu saat bisa jalan-jalan lagi yaaa.
  • TULUD
    avatar 10273
    TULUD #Senin, 31 Okt 2016, 09:23 WIB
    kenalan nimbrung aku wong sokoagung bagelen