Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 1 Juli 2008, 00:33 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Alkisah, ada dua orang kurang kerjaan yang berencana melakukan perjalanan jauh untuk mengusir penat di kepala mereka. Kepenatan mereka bukan tanpa sebab. Tugas akhir yang sudah selesai dan liburan akhir semester yang terlalu panjang, membuat sifat kurang kerjaan mereka kumat dan semakin menjadi-jadi.

 

Di hari Sabtu pagi (28/6/2008), Aku bersama Joko memutuskan untuk jalan-jalan berdua ke Ketep Pass di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Penuh Sesak adalah hal pertama yang terlintas di benakku begitu mendengar kata Ketep Pass. Kenapa ya?

 

Foto Cowok Cewek Pacaran di Ketep Pass, Magelang di bulan Juni 2008
Memadu kasih dikelilingi panorama gunung? Romantis juga.

 

Pengalaman pertamaku ke Ketep Pass bisa dibilang buruk. Pas waktu itu, Ketep Pass penuh sesak dengan turis-turis lokal. Wajar sih, soalnya aku berkunjung ke sana pas liburan Lebaran di tahun 2006.

 

Foto Jagung Bakar Hangat di Ketep Pass, Magelang di bulan Juni 2008
Dingin-dingin enaknya makan jagung bakar, bisa pedas atau asin.

 

Kini situasinya jauh berbeda. Aku datang bukan pada minggu liburan panjang. Walau demikian, masih terbesit kekhawatiran karena hari Sabtu masih tergolong hari libur dan Joko terus-menerus mengeluh soal jalanan yang macet gara-gara acara pembagian rapor sekolah.

 

Yah, semoga suasana Ketep Pass tidak sepadat di kunjunganku yang pertama.

 

Rute Menuju Ketep Pass dari Jogja

Berhubung Joko yang mengemudikan motor, aku pasrah saja dengan naluri jalanannya. Untuk menuju Ketep Pass dari Yogyakarta, rute yang termudah adalah melalui Jl. Raya Jogja – Magelang. Ikuti Jl. Raya Jogja – Magelang, melewati gapura perbatasan provinsi Yogyakarta – Jawa Tengah hingga sampai di Kota Muntilan.

 

Foto Wahana Mainan Anak di Ketep Pass, Magelang di bulan Juni 2008
Kalau buat anak kecil, teropong = mainan baru.

 

Selepas lewat Kota Muntilan, di Jl. Raya Jogja – Magelang km 22 ada papan petunjuk yang mengarahkan belok ke kiri untuk menuju Candi Borobudur. Jangan terpengaruh oleh papan itu! Tetap jalan terus! Eh, kecuali kalau Pembaca penasaran dengan Candi Borobudur ya silakan mampir.

 

Lanjutkan perjalanan sampai di Pertigaan Blabak dengan sebuah billboard besar petunjuk arah yang mengarahkan belok ke kanan sejauh 16 km untuk menuju Ketep Pass. Ikuti petunjuk tersebut dan jalan yang terus menanjak. Kurang dari 1 jam Pembaca akan sampai di kawasan Ketep Pass.

 

Catatan:

Kalau kami sih sempat nyasar ke Pos Pengamatan Merapi di Babadan, karena tidak patuh rambu.

 

Panorama Lima Gunung di Ketep Pass

Ketep Pass merupakan lokasi pengamatan pegunungan Merapi yang diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 17 Oktober 2002. Di lokasi wisata ini, kita dapat menyaksikan panorama Ketep yang dikelilingi oleh lima gunung, Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Adapun pegunungan kecil juga dapat terlihat seperti Telomoyo, Andong, Dataran Tinggi Dieng, serta Perbukitan Menoreh.

 

tarif sewa Teropong Gunung di Ketep Pass, Magelang di bulan Juni 2008
Gunungnya kurang jelas? Diteropong saja.

 

Untuk menikmati panorama pegunungan, pengunjung dapat menyewa teropong yang disediakan pihak pengelola. Tidak hanya menawarkan panorama pegunungan saja, Ketep Pass juga memfasilitasi pengunjung dengan Volcano Centre, yaitu museum yang berkaitan dengan Gunung Merapi. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan pemutaran film berdurasi 22 menit seputar Gunung Merapi di Volcano Theatre.

 

Foto Miniatur Gunung Merapi di Ketep Pass, Magelang di bulan Juni 2008
Miniatur gunung Merapi, diusahakan semirip aslinya.

 

Tarif Retribusi Ketep Pass

Di bawah ini adalah tarif retribusi di kawasan Ketep Pass.

 

Tarif masuk resmi per orang Rp2.000
Tarif parkir resmi motor Rp1.000
Tarif masuk Volcano Centre per orang Rp3.000
Tarif tiket Volcano Theatre per orang Rp4.000 (hari kerja), Rp5.000 (hari libur)
Tarif menyewa teropong Rp3.000
Jagung Bakar Rp1.500 per potong

 

Kunjungan Belum Sempurna di Ketep Pass

Dibandingkan Kaliadem yang sama-sama menawarkan eksotika Gunung Merapi, sepertinya Ketep Pass jauh lebih populer. Mungkin karena sarana, prasarana, serta akses yang mudah membuat Ketep Pass cocok menjadi pilihan wisata keluarga.

 

Foto Pekerja Istirahat di Ketep Pass, Magelang di bulan Juni 2008
Beberapa pekerja sedang istirahat.

 

Hari Sabtu itu pengunjung yang datang cukup banyak. Selain sepeda motor dan mobil pribadi, ada pula bis-bis pariwisata yang memenuhi halaman parkir. Mayoritas pengunjung Ketep Pass di hari itu adalah keluarga. Aku sama sekali nggak melihat orang-orang yang menenteng DSLR. Padahal panorama lima gunung kan sungguh memukau!

 

Sayangnya, di hari Sabtu itu langit mendung (pucat) menyelimuti Ketep Pass sehingga lima gunung itu tidak kelihatan! Sepertinya aku wajib kembali kemari lagi suatu saat nanti. Guna mengabadikan keindahan lima gunung lengkap dengan hijaunya sawah dan birunya langit.

 

Ah, amboi sekali membayangkannya Pembaca....


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TIA
    avatar 380
    TIA #Kamis, 30 Apr 2009, 04:54 WIB
    kalo ke keteb saya udah pernah 3 kali mas.. yang kedua kalinya saya ma teman saya rencananya mo suicide disana, saking stressnya karena osn.. (tapi becanda..)
    duh Tia...saya punya banyak solusi lain untuk suicide, tapi jangan disana dunk...kasian suasana disana mesti tercemar oleh dirimu, he3.
  • TAROJIME
    avatar 740
    TAROJIME #Rabu, 17 Jun 2009, 18:02 WIB
    Mas Mo Nanya..
    Ketep Pass biasanya buka jam berapa & tutup jam berapa?
    Thanks.
    Buka jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore mas. Kecuali klo ada event-event tertentu kayak Tahun Baru bisa buka seharian.
  • EM
    avatar 1008
    EM #Kamis, 23 Jul 2009, 08:17 WIB
    Ketep ki,yg takingat fotomu dari belakang norma-adis-pi2t memandang merapi. Jempol-lah :p
    wong tuo podo-podo jempole dowo Maa...tenang ae.
  • ANNO
    avatar 2945
    ANNO #Rabu, 7 Jul 2010, 08:24 WIB
    berburu foto pemandangan di ketep pass agak susah..
    banyak kabut..
    pagi-pagi No, jam 5-6 pagi kamu kesana, bisa ndak ada kabutnya
  • RIZKY YULIE
    avatar 4042
    RIZKY YULIE #Minggu, 10 Jul 2011, 15:24 WIB
    ada transport umum yang bisa sampai kesana (ketep pass) nggak klo dari purworejo??
    waduh? kalau dari Purworejo kayaknya naik bus jurusan Magelang dan turun di pasar Blabak deh.
  • INTAN RAWIT
    avatar 7069
    INTAN RAWIT #Sabtu, 31 Jan 2015, 11:23 WIB
    duh pengen sekali ke ketep menikmati panorama
    pegunungan, belum juga terealisasi.

    Blognya lucu, gokil juga! salam kenal dari jogja :)

    salam wisata
    wekekeke, salam kenal juga dari saya :D
  • BACKPACKTOR.COM
    avatar 7112
    BACKPACKTOR.COM #Senin, 9 Feb 2015, 10:10 WIB
    Mau ke Ketep Pass tapi nunggu musim hujan berhenti dulu hehehe semoga segera :D
    Ini Februari hujannya udah mulai berkurang lho Win, tapi ya masih deres juga sih kadang2
  • ARIS
    avatar 7694
    ARIS #Jum'at, 29 Mei 2015, 14:37 WIB
    Ke ketep yg pas tuh bulan ap ya.. .. yg gk
    muaim kabut hehe??
    Pertengahan musim kemarau. Sekitar bulan Agustus gitu.
  • DEVI
    avatar 8196
    DEVI #Selasa, 1 Sep 2015, 19:02 WIB
    Kalo ke ketep pagi sebelum subuh gmna ??
    Mamau lihat keindahan dipagi hari eh :D
    Silakan saja mbak. Bisa kok. :D
  • CLARA
    avatar 8438
    CLARA #Selasa, 13 Okt 2015, 17:44 WIB
    saya dari bdg, mau ke basecamp pendakian
    merbabu via suwanting, yg saya baca di artikel
    katanya basecamp suwanting deket sama
    ketep pass. Buat sampe ke ketep pass kalau
    dari stasiun lempuyangan atau purwosari
    transport umumnya pake apa aja ya? Sama
    estimasi biayanya min minta infonya dong.
    Makasih
    Kalau dari Lempuyangan ke Ketep bisa naik angkutan umum bus Jogja - Magelang. Nanti turun di pasar blabak dan dilanjut naik ojek.
  • ASRORUDDIN
    avatar 8858
    ASRORUDDIN #Rabu, 9 Des 2015, 19:20 WIB
    Assalamualaikum.. mas/mba, insya Allah kapan2 saya mau ke ketep pass, tapi kemungkinan sampe di ketep sebelum shubuh karna dari Bekasi sore hari, apakah sudah bisa masuk ke ketep sebelum subuh itu? ada penjaganya tidak sebelum subuh?
    makasih
    hmmm, kalau yang jaga sih ada. Misalkan belum dibuka, bisa numpang berteduh di masjid terdekat kok.
  • ASRORUDDIN
    avatar 8860
    ASRORUDDIN #Kamis, 10 Des 2015, 10:11 WIB
    makasih atas jawabannya,
    trus sy berencana lewat tol bawen, jadi ke ketep pass yang terdekat lewat jl magelang-salatiga / jl. kopeng, yang saya tanya adalah kalo pake mobil pribadi lewat jl kopeng tsb sampe ketep pass aman dan ramai tidak?
    Hmmm, aku belum pernah lewat Kopeng menuju Ketep. Biasanya lewat Jl. Magelang karena domisili di kota Jogja. Aku sih belum pernah dengar jalur Kopeng rawan tindak kriminal. Hanya saja kalau malam itu penerangannya minim.
  • ASRORUDDIN
    avatar 8862
    ASRORUDDIN #Kamis, 10 Des 2015, 11:20 WIB
    oke.... terimakasih atas infonya.....
    sama-sama
  • ASRORUDDIN
    avatar 8863
    ASRORUDDIN #Kamis, 10 Des 2015, 11:31 WIB
    oiya maaf sy mau tanya lagi.... heeee....
    kalo lewat jl magelang ke ketep kalo malam hari gimana?
    Dari Jl. Magelang ke Ketep kalau malam sepi dan juga minim penerangan. Sesekali ya masih ada kendaraan melintas, motor terutama. Jangan bayangkan kalau kondisinya ramai 24 jam. Walaupun jalannya aspal tapi masuk suasana pedesaan. Banyak-banyak berdoa saja biar tenang. Tapi kalau memang ragu-ragu sebaiknya tidak usah nekat, karena yang namanya ragu-ragu itu mengundang celaka. :p
  • LIA
    avatar 8955
    LIA #Minggu, 27 Des 2015, 19:47 WIB
    Buka stiap hari apa ya??
    Setiap hari buka mbak Lia
  • BRIYAN
    avatar 9193
    BRIYAN #Rabu, 3 Feb 2016, 22:58 WIB
    Mas, mau tanya saya rencana mau ke Ketep Pass. Naik kereta turun di Jogja jam 15.00.
    Dari Jogja menuju Ketep Pass naek bus jam segitu masih ada ndak ya? Terima kasih
    kalau sore sudah nggak ada bus Bro. Angkutan umum beroperasi maksimal jam 4 sore.
  • SEWA MOTOR DI BANDUNG
    avatar 9351
    SEWA MOTOR DI BANDUNG #Kamis, 17 Mar 2016, 14:45 WIB
    tanjakannya gimana mas? curam nggak? rencana mau kesana bawa mobil.
    Tanjakannya nggak begitu curam. Asal main terus di gigi 1 - 2, Insya Allah aman. :D
  • KAWULA
    avatar 9728
    KAWULA #Selasa, 24 Mei 2016, 18:42 WIB
    ada tempat menginap nda di ketep pass/skitarnya., rncana dtang sore/siang., mau liat sunset sama sunrise :)
  • INGGIT PUSPITAA
    avatar 9877
    INGGIT PUSPITAA #Minggu, 3 Jul 2016, 07:12 WIB
    Mas klo jalan menuju ketep pass rutenya
    dari salatiga lewat mana ya? Dan tanjakan
    nya curam ga ya?
    Lewatnya Cepogo - Selo - Ketep aja mbak. Tanjakannya nggak curam kok.
  • ANONYMOUS
    avatar 9962
    ANONYMOUS #Rabu, 3 Ags 2016, 11:47 WIB
    Pergi ke ketep pass bisa dapat jodoh nggak ya??
    Lagi jomblo :D :V
  • SEPTIANA
    avatar 9974
    SEPTIANA #Minggu, 7 Ags 2016, 02:02 WIB
    Hay mas/mba mau nanya nih., Apakah ada transportasi umum dr borobudur ke ketep pas yg langsung sampai ke lokasi? Kalau ada naik transportasi apa dan turun dimana,tarifnya berapa?
    Bisa dicoba naik bus Borobudur - Magelang dan turun di Pertigaan Blabak. Setelah itu pindah naik bus Blabak - Sawangan. Kalau soal tarifnya aku kurang paham je.
  • HARDI
    avatar 10033
    HARDI #Kamis, 25 Ags 2016, 12:10 WIB
    Rencana mau ke kettep pass ..dari pantai indrayanti ke ketep berapa jam ya mbak /mas mohon infonya
    Jarak Pantai Indrayanti dan Ketep Pass itu lumayan jauh, 100-an km. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam lah.
  • EFFENDI NURDIAMAN
    avatar 10174
    EFFENDI NURDIAMAN #Selasa, 4 Okt 2016, 12:57 WIB
    Salam kenal sebelumnya sob :-) Belum pernah nih ngerasain jalan-jalan ketep pass, tapi

    kalau di baca dari pengalaman sama foto di atas kayaknya seru juga ya ?
  • CATUR
    avatar 10179
    CATUR #Rabu, 5 Okt 2016, 16:02 WIB
    Mas, kalo dari blabak ke depan pintu masuk ketep pass nya, ada angkutan umum gak ya??
    Terima Kasih
  • LUSIA
    avatar 10259
    LUSIA #Jum'at, 28 Okt 2016, 12:34 WIB
    Jarak dari yogyakarta kira kira jauh gk ya
  • FATHURROHMAN
    avatar 11018
    FATHURROHMAN #Minggu, 20 Ags 2017, 12:00 WIB
    Wah hebat banget ya pemandngan alam keteppass q ingin sekali kesono
    Semoga suatu saat dirimu berkesempatan mampir Ketep Pass juga ya Bro. :D