Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 6 Juni 2012, 12:27 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Di antara jejeran perbukitan kapur, adalah hal yang lumrah bilamana ada beberapa ceruk yang lantas membentuk struktur gua. Fenomena alam yang demikian itu terjadi di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang terletak di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Di kawasan ini, terdapat 2 gua yang difungsikan sebagai obyek wisata. Gua yang dimaksud bernama Gua Batu dan Gua Mimpi.

 

Dari 2 gua yang ada di kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, aku, Bapak, Ibu, dan Tiwul menyempatkan diri berkunjung ke Gua Batu. Letak Gua Batu berada di ujung jalan semen yang membentang dari puncak Air Terjun Bantimurung. Jaraknya sekitar 800 meter dari puncak air terjun. Harus aku akui, trekking di tengah hutan ditambah dengan cuaca yang panas, lumayan banyak menguras stamina. Wew.

 

Tarif jasa wisata di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Untuk menjelajah gua yang gelap memang perlu penerangan.

 

Di muka Gua Batu, kami disambut oleh seorang bapak pemandu bernama Daeng Tipo. Seperti lazimnya para pemandu, beliau menawarkan jasa untuk mendampingi kami menjelajah gua. Berhubung Gua Batu ini gelap dan entah apa gerangan yang ada di dalam sana , maka kami menyambut hangat tawaran beliau... dengan tawar-menawar tentunya.

 

Ah, yang benar saja? Tarif sewa satu senter Rp15.000 sementara satu petromaks kok Rp60.000? Tarif-tarif seperti ini tentu lazim dijumpai di tempat-tempat wisata. Di mana harga-harga meroket bak komoditas langka. Meski demikian, harga pun sebenarnya tak baku. Fluktuatif dan relatif. Tergantung siapa anda dan dari mana anda berasal. Yah, mungkin kami hanya tak terima dikenakan tarif yang berbeda hanya karena kami berasal dari pulau seberang.

 

Tarif petromaks untuk menjelajah Mitos Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Untung tidak dikelola oleh MAPALA, sebab masuk gua nggak perlu pakai perlengkapan caving.

 

Okelah. Demi mendorong geliat perekonomian kaum papa, kami pun lantas menyewa satu senter. Sementara petromaks dipegang oleh Daeng Tipo yang mengawal di depan kami memasuki Gua Batu.

 

Suasana di dalam Gua Batu serupa dengan gua-gua alami lain yang pernah aku sambangi. Misalnya saja Gua Kiskendo. Tapi kondisi di dalam Gua Batu ini tidak lantas seperti Gua Gong yang berkilau diterpa cahaya lampu dan berpendingin ruangan.

 

Sesuai namanya, gua ini diberi nama Gua Batu karena di dalam gua ini terdapat banyak batu-batu unik.

 

Mitos batu berbentuk kera atau monyet yang ada di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Batu yang ditunjuk tangkai itu katanya sih berwujud kera...(masih membayangkan)

 

Ada batu kera yang menyerupai kera. Namun hanya aku satu-satunya yang tak bisa membayangkan batu itu berwujud kera. Apa iya sih mirip kera? Bukannya aku yang mirip kera ya? #eh

 

Mitos batu berwujud akar pohon yang ada di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Nah, batu yang ini memang mirip akar pohon.

 

Ada batu akar yang bentuknya seperti akar rambat pohon, menggantung di langit-langit gua. Hmmm, coba ada batu pohonnya sekalian ya?

 

Mitos batu berwujud gajah yang ada di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Daeng Tipo menunjuk batu yang menyatu, mirip belalai gajah.

 

Ada batu gajah yang menyerupai kepala gajah dengan belalainya. Katanya karena di Sulawesi tak ada gajah, maka muncullah batu ini sebagai pengganti gajah. Wow! Ternyata keren sekali orang Sulawesi. Makhluk hidup bisa disubstitusi dengan batu.

 

Mitos batu cinta yang ada di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Bisa dikira-kira sendiri lah, berapa pasangan cinta yang menguji mitos kemari.

 

Ada batu jodoh. Konon, pasangan yang menyentuh batu ini bakal lancar kisah asmaranya. Dari cerita Daeng Tipo, banyak pasangan yang sudah menikah kembali kemari lagi dan mengikat kain di batu jodoh. Pembaca percaya?

 

Makam misterius dan mistis yang ada di dekat Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan pada tahun 2012
Makam misterius. Nisannya tanpa nama.

 

Ada sebuah ceruk yang digunakan sebagai tempat bersemedi. Menurut blog Pakdhe Aroengbinang, ada tokoh setempat bernama Karaeng Tua Kalla (saudara jauhnya Pak Jusuf Kalla kah?) yang dahulu pernah bersemedi di tempat ini. Oh ya, di bagian luar gua ini juga terdapat sebuah makam. Apakah makam itu adalah makam Karaeng Tua Kalla ya?

 

Tong wadah air yang ada di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Di dekat tong wadah air ada ruang untuk bersemedi.

 

Di dalam gua batu banyak terdapat tong-tong sebagai wadah air yang menetes dari stalaktit. Di beberapa sudut gua, nampak ada stalaktit dan stalagmit yang menyatu. Proses seperti ini jelas sudah berlangsung semenjak ribuan bahkan jutaan tahun lampau.

 

Berfoto keluarga di Gua Batu di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan di tahun 2012
Kalau yang ini sih foto keluarga .

 

Selepas keluar dari Gua Batu, aku mengambil kesimpulan bahwa di pulau Sulawesi sekalipun, gua masih dipandang sebagai tempat keramat yang dipenuhi banyak mitos. Kira-kira apa gerangan penyebabnya ya Pembaca?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • KONTRAKTOR BANGUNAN
    avatar 4645
    KONTRAKTOR BANGUNAN #Kamis, 7 Jun 2012, 10:37 WIB
    nice posting....semangat ya...:)
    semangat juga ya Kang! :D
  • SUKE SEMARANG
    avatar 4646
    SUKE SEMARANG #Kamis, 7 Jun 2012, 12:04 WIB
    Aku baru satu kali blusukan gua, gua jatijajar itu, malah di semarang ada gua kreo saja saya nggak berani masuk, kecil banget jadi ngeriiii... :D
    Keberanian saya masuk gua kalau sendirian hanya 10 meter dari mulut gua :D
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 4648
    VICKY LAURENTINA #Jum'at, 8 Jun 2012, 11:47 WIB
    Wah, pasti masuk ke sana panas banget, jadi nggak boleh pake baju yang nggak isis. Dan kayaknya harus siapkan kamera yang flash-nya kuat supaya dapet foto yang bagus :)
    Flash nggak banyak membantu mbak, yang paling membantu itu lampu petromaks atau lampu senter yang besar
  • ZAM
    avatar 4687
    ZAM #Minggu, 1 Jul 2012, 18:15 WIB
    ini sih lebih alami daripada goa di China yang aku kunjungi.. sudah dipasangi lampu-lampu.
    :))
    Gua Gong yang di Pacitan malah ada kipas anginnya Kang :D
  • NARTO
    avatar 4688
    NARTO #Senin, 2 Jul 2012, 18:20 WIB
    wikan , adikmu sudah menjadi gadis yang manis banget,... salam yach
    waks! >.<
  • ANNOSMILE
    avatar 4707
    ANNOSMILE #Kamis, 12 Jul 2012, 09:55 WIB
    hmm..perlu dikunjungi ki nabung sek
    ho'oh, perjalanan ke timur Indonesia ki cen mahal buanget...
  • CERITAEKA
    avatar 4766
    CERITAEKA #Kamis, 16 Ags 2012, 04:52 WIB
    Aku juga udah pernah ke sini, aku juga udah pernah ke siniiiii donks )
    Yeaaay nanti bikin postingannya juga ah gak mau kalah hahaha
    wuiii..mbak Eka senengnya bukan main :D
  • CERITAEKA
    avatar 4768
    CERITAEKA #Kamis, 16 Ags 2012, 04:53 WIB
    Aku juga udah pernah ke sini dooonk :D
    Yeay ntar bikin postingannya juga aaah
    gak mau kalah Hehehe
    hahaha, seru kan mbak bertualang di Sulawesi Selatan? :D
  • IMAM AFANDI..............
    avatar 5295
    IMAM AFANDI.............. #Senin, 20 Mei 2013, 12:46 WIB
    pokokx g ada kata alain selain luar biasa untuk gua batu dan gua mimpi di
    bantimurung,,,,,,untuk expedisi keren bgt,,,,,,,,sehari setelah berkunjung untuk penelitian
    kemarin 18-19 mei 2013
    Ayo singgah lagi di Bantimurung :)
  • RPU
    avatar 5325
    RPU #Rabu, 5 Jun 2013, 15:10 WIB
    maw, aku njaluk itinerary pas dirimu ng sulawesi. Siapa tau msh inget. hahahaha
    Ada di artikel ini dit: http://www.mblusuk.com/527-Kilas-Balik-Perjalanan-ke-Sulawesi-.html
  • MICAYMI
    avatar 11085
    MICAYMI #Kamis, 21 Sep 2017, 22:11 WIB
    Tadi pagi baru aja ke sana. Sewa senternya skrg 50ribu per 2 senterdan ga ada petromax.
    Jadi ga bisa foto-foto deh, padahal banyak batu-batu unik yg pengen aku abadikan.

    beautynthebliss.com