Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 12 Januari 2012, 21:25 WIB

Dengan pegal dan linu dari dengkul hingga ke mata kaki, perkenankanlah aku untuk bercerita pengalaman PEKOK di hari Rabu (11/1/2012) ke Taman Kyai Langgeng, Magelang, Jawa Tengah.

 

Ya, ini PEKOK baru kemarin, sehari sebelum artikel ini diterbitkan. Buatku itu salah satu kemajuan karena akhir-akhir ini, jadwal rilis artikel di blog Maw Mblusuk? sering telat. Mohon dimaklumi, semata-mata karena kesibukan untuk membuat dapur tetap mengepul, hahaha.

 

CUKUP NGELANTURNYA!

 

Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang adalah destinasi PEKOK di bulan Januari 2012. Kalau melihat destinasi PEKOK di bulan-bulan sebelumnya, Taman Kyai Langgeng ini seperti terasa bukan PEKOK. Bukan air terjun, bukan pantai, bukan pula keliling gunung.

 

Aku sendiri sebenarnya juga sudah kehabisan ide destinasi PEKOK. Sebenarnya sih ya nggak kurang ide juga. Tapi, tempat-tempat eksotis itu jaraknya makin lama makin jauuuh dan kalau benar-benar dilakoni bersepeda ke sana bakal betul-betul dibilang... PEKOK!

 

Sayangnya, akhir-akhir ini aku merasa tidak se-PEKOK dulu lagi. #menghela.napas

 

Walau bagaimanapun juga, bersepeda jauh tetap harus ada di agenda bulananku. Yah, karena pada dasarnya aku suka bersepeda, suka berpetualang, tapi nggak boleh berlebih-lebihan.

 

Haisy! CUKUP NGELANTURNYA! >.<

 

Oke lah! Dengan jumlah personil sebanyak 3 manusia–aku, Pakdhe Timin, dan Angga–kami berangkat dari Tugu Pal Putih di Kota Jogja pada pukul 07.30 ke arah barat menuju Magelang, tapi bukan lewat Jl. Raya Yogyakarta – Magelang.

 

pekok ke taman kyai langgeng
Semoga tidak bosan melihat wajah-wajah kami

 

Etape 1, Susur Barat Selokan Mataram

Rute Susur Barat Selokan Mataram sudah jadi rute langganan bagi kami sebagai rute alternatif menuju Kabupaten Magelang. Seenggaknya tidak perlu lewat Jl. Raya Yogyakarta – Magelang yang kian padat dengan kendaraan bermotor berkecepatan tinggi.

 

Tidak banyak yang berubah sepanjang rute ini, selain air Selokan Mataram yang berwarna coklat layaknya susu coklat manis (nyam!) dan aktivitas penambangan pasir yang sudah merambah masuk ke Bendungan Karang Talun.

 

Dengan kontur jalan yang relatif rata dan kemampuan kami yang sedikiiit di atas rata-rata, etape ini tidak terlalu banyak memakan tenaga. Kami tiba di Bendungan Karang Talun pukul 09.00.

 

Bersepeda mampir di Bendungan Karang Talun perbatasan Magelang dan Kulon Progo pada tahun 2012
Aku baru nyadar, itu ada bapak yang pamer pusar di belakang! hadeh!

 

Etape 2, Karang Talun – Mungkid

Juga seperti biasanya, rute ini termasuk rute familiar yang cukup membosankan. Kecuali dua tanjakan yang menghadang, yakni tanjakan keluar Bendungan Karang Talun dan tanjakan Bendo selepas pertigaan ke Sendang Sono.

 

Jalan raya dari Kecamatan Ngluwar menuju Mungkid adalah rute yang PALING membosankan. Jalan raya pedesaan sepanjang 9 km dengan pemandangan sawah dengan kontur jalan yang sedikit menanjak.

 

Namun kebosanan itu terobati oleh sepiring lotek yang dijajakan di sebuah warung sederhana di pinggir jalan dekat pertigaan Mungkid – Muntilan dekat pasar (lupa nama pasarnya). Tiga porsi lotek ditambah nasi dan tiga gelas minum hanya dihargai Rp12.500. Murah ya?

 

Nasi lotek enak dan murah di dekat Pasar Mertoyudan pada tahun 2012
Enak dan Murah! Tiga paket lotek ditambah bir hanya Rp12.500

 

Etape 3, Mungkid – Armada Town Square

Dari Mungkid kami menyusuri rute yang tidak biasa, yakni melewati Jl. Letnan Tukiyat di mana banyak berdiri kantor-kantor pemerintahan. Mungkin banyak pembaca yang belum tahu bahwa Kota Mungkid adalah ibukota Kabupaten Magelang. Sedangkan Kota Magelang sendiri merupakan kota administratif layaknya Kota Malang, Kota Salatiga, dan Kota Batu.

 

Di sepanjang Jl. Letnan Tukiyat ini kalau jeli kita masih bisa menemukan jejak peninggalan rel kereta api yang dahulu menghubungkan Jogja – Semarang. Kontur jalan lumayan menanjak tapi tidak curam. Jalan ini tembus di Jl. Raya Yogyakarta – Magelang, Mertoyudan, sekitar 3 km menjelang Armada Town Square, sebuah mall di Kota Magelang yang masih dalam tahap pembangunan.

 

Etape 4, Armada Town Square – Taman Kyai Langgeng

Jaraknya sekitar 7 km dengan mengambil arah ke Akademi Militer di Jl. Sarwo Edhi. Satu yang sempat membuat kecele adalah informasi di papan petunjuk arah ke Taman Kyai Langgeng selepas perempatan lampu merah yang menyebutkan jaraknya kurang lebih 1 km lagi. Padahal aslinya sekitar 3 km.

 

rute bersepeda dari Jogja menuju Taman Kyai Langgeng Kota Magelang di tahun 2012
Sampai juga di Taman Kyai Langgeng

 

Dicegat Satpam Taman Kyai Langgeng

Begitu sampai di lokasi, dekat pintu keluar kami berjumpa dengan dua satpam. Kami bertanya di mana kami bisa memarkir sepeda kami. Satpam yang muda mengarahkan kami untuk parkir di dalam taman. Namuuun, satpam yang lebih tua lantas mencegah langkah kami masuk dan memerintahkan kami parkir di luar taman yang notabene bukan parkir resmi.

 

Apa di tempat ini tidak ada parkir resmi ya? Untung bapak penjaga parkir lumayan ramah. Mungkin karena jarang-jarang melihat pesepeda kemari. Mungkin juga Pak Satpam tidak tahu kebijakan untuk parkir sepeda. Ya sudahlah, tak usah diperumit.

 

Taman Kyai Langgeng itu Indah di Luar

Waktu itu, kecuali anak berusia 3 tahun ke bawah, setiap pengunjung wajib membeli karcis masuk Rp8.000 per orang. Memasuki kawasan taman, kami langsung disambut oleh deru jet coaster dan teriakan histeris para penunggangnya. Tak sabar rasanya kami ingin mencoba segala macam wahana yang ada di Taman Kyai Langgeng ini. Kesan awalnya, taman ini menarik, terutama sebagai tempat pacaran, hehehe.

 

Peringatan! Harga Tiket Taman Kyai Langgeng?

Sebelumnya, silakan pembaca lihat di bagian komentar halaman ke-2 deh. Sudah? Jadi, perlu diperhatikan ya, kalau artikel ini menceritakan pengalamanku di hari Rabu, 11 Januari 2012. Sewaktu kami bertiga singgah, tarif masuknya itu per orang Rp8.000.

 

Naaah...kalau tarif masuk sewaktu pembaca membaca artikel ini berbeda dengan kami dulu, ya itu sebenarnya sih bukan urusan kami, hahaha. Terus gimana biar nggak kecele? Silakan tanya ke pihak pengelola Taman Kyai Langgeng atau website di alamat http://tamankyailanggeng.com. Siapa tahu, tarif masuk Taman Kyai Langgeng itu berubah-ubah.

 

Kandang buaya sumbangan yang tidak terawat di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang di tahun 2012
Buayanya sumbangan. Semoga nggak lari, balik ke pemilik asalnya.

 

Kedai kios gerai mister burger yang terdapat di dalam Taman Kyai Langgeng Kota Magelang di tahun 2012
Mr Burger di mana-mana ada, tapi nggak ada yang jual.

 

pacaran sambil naik ayunan di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang di tahun 2012
Pacaran sambil main ayunan, hmmm...

 

Berhubung sudah masuk waktu salat Dzuhur, kami lantas bergegas ke mushalla untuk menunaikan salat sebelum bersenang-senang. Tujuan kami yang utama itu ya berenang.

 

Taman Kyai Langgeng ini memiliki kolam renang bernama Tirta Langgeng. Di sekitar Kota Magelang sendiri, jumlah kolam renang amat terbatas. Selain Tirta Langgeng ini ada di Pemandian Kalibening (arah ke Secang), Kolam Renang Soekotjo milik AKMIL, serta Kolam Renang Mendut.

 

Tapi ternyata kami menjumpai pemandangan seperti ini.

 

air kolam renang Tirto Langgeng di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang jorok kotor warna hijau lumut pada tahun 2012
Hijau lumut!

 

kolam renang Tirto Langgeng di dalam area Taman Kyai Langgeng Kota Magelang ditutup karena bangkrut di tahun 2012
Ditutup...

 

Nggilani pol! Air kolamnya berwarna hijau alias lumutan! Apa ya nggak dibersihkan?

 

Iya sih kolam renang ini sedang ditutup. Tapi kok airnya penuh ya? Semisal ditutup karena hendak dibersihkan, dikuras airnya, dikosongkan, ya wajar. Tapi ini airnya penuh dan warnanya hijau! Seakan nggak pernah dirawat gitu. Apa memang ditutup karena nggak bisa merawatnya atau gimana ya?

 

Lantas kami bertiga duduk termenung menahan kedongkolan. Aku mencoba mengambil kesimpulan. Mungkin Taman Kyai Langgeng ini hanya menarik saat akhir pekan atau hari libur saja, ketika banyak warga berekreasi kemari. Jadinya, mungkin kolam renang ini dibuka dan bersih kembali hanya ketika pengunjung membeludak. Selain hari-hari itu, taman ini lumayan sepi sehingga lumrah apabila jadi pilihan tempat bagi para pasangan untuk memadu kasih.

 

jet roller coaster Taman Kyai Langgeng Kota Magelang yang rusak di tahun 2012
Ada roller coaster juga!

 

papan peringatan ragu naik wahana di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang banyak yang rusak di tahun 2012
Ragu karena takut atau cemas wahananya rusak?

 

Dengan tiket masuk taman seharga Rp8.000 ditambah tiket masuk kolam renang seharga Rp5.000, sepertinya pengunjung yang memang niat untuk berenang akan mencari kolam renang lain dengan pilihan yang terbatas. Sama seperti yang dilakukan oleh Pakdhe Timin dan Angga, tidak terima dengan keadaan, mereka lantas mencari kolam renang lain untuk disambangi.

 

Sedangkan aku? Seorang diri aku pulang, bersepeda ke Jogja. Oleh karena itu judul artikel ini “Setengah PEKOK” karena aku tidak ikut mereka berdua mencari kolam renang lain. Tapi kalau aku pikir-pikir ya termasuk PEKOK juga, karena seorang diri bersepeda dari Kota Magelang ke Kota Jogja, dengan jarak sekitar 40-an km.

 

Alhamdulillah, selamat . Berangkat pukul 13.15 dari Kota Magelang dan sampai di rumah pukul 15.30.

 

Sekali lagi, jangan tiru aksi PEKOK kami Pembaca!

 

Dan kalau pembaca ingin berkunjung ke Taman Kyai Langgeng, hmmm... harap dipertimbangkan.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PARIS
    avatar 4428
    PARIS #Jum'at, 13 Jan 2012, 09:05 WIB
    pekok atau tidak sama sekali ! Jangan mau yang setengah-setengah :p
    Yang penting tujuan ke Kyai Langgeng sudah tercapai :p
  • BEJOKAMPRET
    avatar 4430
    BEJOKAMPRET #Minggu, 15 Jan 2012, 18:27 WIB
    lha aku nek pit-pitan dewe terus je Wij neng ketep, baron, dll...koyo wong ilang tenan hi..hihii..
    haisy, moga-moga tetep isa nggolek dalan bali yo mbah.. >.<
  • NANIK
    avatar 4432
    NANIK #Senin, 16 Jan 2012, 15:33 WIB
    Sadis.. lotekminum bertiga cuman 12.500 doang.. hiks

    Mampir jg, Maw ke Taman kota Boyolali.. Masuknya free, ada ayunan jg kalo mau pacaran sambil maen ayunan disana.. hahaha
    Lha ndak sadis, itu yang nyebut harga kan Ibu penjual lotek. Klo kami yang minta harga, pasti ditawar, hahahaha :D

    Boyolali ada taman kota? Yg deket Telkom itu po?
  • MURWANI
    avatar 4435
    MURWANI #Selasa, 17 Jan 2012, 13:29 WIB
    ah,... masak Kyai langgeng telah berubah?, dahulu bagus dan bersih
    yang nggak bersih itu Kolam renangnya Bu...
  • NANIK
    avatar 4442
    NANIK #Jum'at, 20 Jan 2012, 11:29 WIB
    Iyah... yang biasanya buat wifi-an.. ada penangkaran satwanya juga... di belakang lg jurang, ada jalan kecil sepertinya enak buat sepedaan...:))
    hahaha, semoga suatu saat bisa mampir ke taman kota Boyolali
  • BOSS
    avatar 4499
    BOSS #Jum'at, 9 Mar 2012, 20:58 WIB
    birnya mung gelase tok. padahal isinya es teh. :D
    harganya cuma segitu? kyknya penjualnya ngantuk tu.

    berarti kesimpulannya kyai langgeng gak menarik ya. untung berkunjung ke blog ini, jadi tau .. maturtengkyu boss.
    hahaha, memang harganya murah. Masak pembeli minta harganya dinaikkan? Hehehe :D

    Kyai Langgeng menarik siy, asalkan kolam renangnya bersih nggak berlumut gitu.
  • JOHARMANIK
    avatar 4576
    JOHARMANIK #Kamis, 3 Mei 2012, 11:21 WIB
    Waduh, njen..bertiga kok apes banget ya..maunya habis ngos-ngosan nyepeda, ambyur tirta di kolam renangnya kyai langgeng...eh itu dulu januari ya.. maaf sekarang Mei saya baru nemu ini blog kok nyentrik amat jadi ikutan pekok juga nggak ya kalo tau isinya ..tapi saya pengunjung taman kyai langgeng yang bisa dibilang rutin, tau kalo mulai pebruari saya yang notabene suka renang sudah bisa menikmati segarnya berenangggg bersama anak-anak... Taman Kyai Langgeng dulu dan sekarang masih bersih dan indah untuk dinikmati bersama keluarga kok.. Peace..
    iya Kang, bener-bener apes waktu itu. Alhamdulillah kalau sekarang air kolam renangnya sudah bersih. Semestinya air kolamnya harus dijaga supaya tidak berwarna hijau. Nanti kan malah membuat pengunjung berprasangka yang tidak-tidak.
  • WONG MAGELANG
    avatar 4647
    WONG MAGELANG #Kamis, 7 Jun 2012, 12:35 WIB
    Huks lotek 3 piring plus teh 3 gelas 12.500...mana ada di Jakarta huks..kamu telah sukses membuatku memukul-mukul meja kerja di kantorku T_T
    daripada mukul-mukul meja yuk makan lotek aja
  • PAKDHETIMIN
    avatar 4803
    PAKDHETIMIN #Senin, 17 Sep 2012, 00:52 WIB
    wah admine mblusuk.com pulang duluan nih pas ke kyai langgeng..gak asik loe..hahaha
    mission sudah failed, gagal berenang, njuk mutung :p
  • WIDHI
    avatar 5035
    WIDHI #Senin, 28 Jan 2013, 09:09 WIB
    Perkenalkannamasaya WIDHI ZAEFUAN dari PDOW Taman KyaiLanggengMagelang.
    Memberitahukanbahwa,
    Pihak PDOW Taman KyaiLanggeng mendapat laporan dari salah satu pengunjung
    mengenai website http://www.mblusuk.com/, yang menampilkan halaman berjudul

    “Setengah PEKOK ke Taman Kyai Langgeng”
    http://mblusuk.com/483-Setengah-PEKOK-ke-Taman-Kyai-Langgeng.html
    Dalam halaman tersebut tertulis tarif harga tiket yang tidak sesuai dengan tarif yang telah
    kami berlakukan sekarang,.
    Untuk itu saya mengajukan permohonan kepada "Administrator MBLUSUK.COM" untuk
    menghapus halaman tersebut atau setidaknya meng update harga yang sesuai seperti
    yang telah diberlakukan.
    Untuk itu saya ucapkan terima kasih, mohon untuk dijadikan periksa,.
    kalau boleh tahu, sekarang di tahun 2013 tarif tiketnya berapa ya?
  • ARDIAN
    avatar 5036
    ARDIAN #Selasa, 29 Jan 2013, 11:11 WIB
    Satu lagi permohonan ke Admin agar foto kolam renangnya yang lumutan dihapus juga .....wekekekekekekekek malu ketahuan je Wij nek le ngrumat ki mung menjelang sabtu - minggu thok...oo..oo..kamu ketahuan.....hehehehehehee
    ckckck... klo kolam yg lumutan kan fakta yang berbicara yo? bukan rekayasa, wekekeke
  • PAKDHETIMIN
    avatar 5205
    PAKDHETIMIN #Selasa, 9 Apr 2013, 17:26 WIB
    wani piro kae sik kon update harga tiket trus ngilangi poto kolam renang lumuten?
    hahahaha :D
    sudah tidak dipermasalahkan kok Dhe, aman lah :D
  • MURTADO
    avatar 5276
    MURTADO #Minggu, 12 Mei 2013, 22:57 WIB
    satpam sing tuo ono kumis e ra?? kui bapakne koncoku , nek mlebu gratiss hahay
    wah, ng ngendi-ngendi nek dirimu kenal ro petugase kie isa mlebu gratis Bro :|
  • BUDDY
    avatar 5713
    BUDDY #Senin, 30 Des 2013, 20:28 WIB
    kalau sama artos belok kiri atau kanan ?
    kalau dari Jl. Magelang yang arah ke Magelang, pas di seberang Artos belok kiri.
  • HARIS_GREENPLATEAU
    avatar 5716
    HARIS_GREENPLATEAU #Selasa, 31 Des 2013, 16:02 WIB
    iku satpam tuwek ora mudeng program GOGREEN. ono wong numpak sepeda kok di mungsuhi, diusir-usir. lha wong nang Amplas wae ono parkiran khusus pit nang Lt Basement.
    Hahaha, itu kan dulu. Kalau sekarang siapa tahu di Taman Kyai Langgeng sudah ada parkir sepedanya.