Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 25 November 2011, 15:32 WIB

Di negeri ini, ada suatu tempat yang aku sebut sebagai surganya air terjun. Dalam pengertian, di tempat tersebut terhimpun sejumlah air terjun yang yang jaraknya cukup berdekatan. Di Yogyakarta, contoh mudahnya adalah Perbukitan Menoreh yang membentang hingga ke wilayah Jawa Tengah. Curug Samigaluh, Grojogan Watu Jonggol, dan Curug Siklothok adalah contoh sekelumit air terjun yang ada di Perbukitan Menoreh.

 

Akan tetapi, mengingat wilayah Indonesia ini sangat luas, tidak menutup kemungkinan bilamana ada surga air terjun lain yang lokasinya ada di luar Jawa. Di Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Malino adalah salah satunya.

 

Peta rute Jalan dari Kota Makassar menuju Air Terjun Takapala, di Desa Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanPeta jalan dari Kota Makassar menuju Desa Malino.

 

Malino merupakan nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sesuai nama kecamatannya, Tinggimoncong (tinggi tambah moncong), Malino berada pada ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Bawakaraeng.

 

Boleh jadi banyak Pembaca sekalian belum terlalu kenal dengan Desa Malino. Tapi, bagi Pembaca yang gemar menyimak berita politik, mungkin Pembaca ingat dengan Deklarasi Malino. Itu lho, deklarasi yang dibuat sebagai pengakhir konflik pertikaian di Poso. Nah, deklarasi tersebut dicanangkan di Desa Malino ini.

 

Seperti yang di atas sudah aku singgung, Malino tidak hanya identik Deklarasi Malino saja, melainkan juga sebagai surganya air terjun. Di Desa Malino, kita bisa menemukan sejumlah air terjun yang cukup terkenal, semisal Air Terjun Ketemu Jodoh, Air Terjun Biroro, dan yang aku kunjungi yaitu Air Terjun Takapala.

 

Keindahan Air Terjun Takapala, di Desa Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanPemandangan dari dasar Air Terjun Takapala.

 

Jarak Air Terjun Takapala dari Kota Makassar adalah sekitar 70 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 2 jam perjalanan. Di hari Selasa (25/10/2011), kami bersekempatan mengunjungi Air Terjun Malino dengan mobil sewaan.

 

Rute menuju Air Terjun Takapala dari Kota Makassar mudah untuk diingat, yaitu dengan melalui Jl. Poros Malino. Sedangkan, medan jalannya relatif. Maksudku, relatif itu tergantung kendaraan Pembaca berada di sisi jalan yang sebelah mana. Sebab, pada waktu itu ruas Jl. Poros Malino sedang diperbaiki dan hanya menyisakan satu lajur yang halus mulus seperti foto di bawah ini.

 

Medan Jalan dari Kota Makassar menuju Air Terjun Takapala, di Desa Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanMedan jalan yang...duh!

 

Yah, seumpama Pembaca jengkel karena kebagian jatah jalan rusak, tatap saja hamparan air Waduk Bili-Bili yang menghiasi pemandangan di sepanjang jalan. Itupun kalau airnya sedang tidak keruh lho, hehehe.

 

Setibanya di Desa Malino bersiaplah untuk bingung! Sebab, petunjuk arah menuju Air Terjun Takapala hampir tidak ada. Sekalinya ada, sangat susah untuk diamati karena ukuran hurufnya terlampau imut, hehehe.

 

Petunjuk arah jalan menuju ke obyek wisata Air Terjun Takapala, di Desa Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan pada tahun 2011Jarak yang hanya 4 km ini bisa jadi 8 km karena petunjuknya susah dibaca...

 

Tapi jangan khawatir! Warga Malino jelas mengerti dengan pasti di mana Air Terjun Takapala ini berada. Sebab, Air Terjun Takapala termasuk obyek wisata tersohor di Desa Malino yang banyak dikunjungi oleh kaum muda.

 

Memasuki kawasan Air Terjun Takapala, pengunjung akan ditarik tarif retribusi sebesar Rp2.000 per orang. Dari gerbang masuk menuju lokasi parkir kendaraan, bersiap-siaplah untuk tegang. Sebab, lebar jalannya sempit, masih jalan tanah, dan bersebelahan dengan jurang.

 

Hadeh...

 

Tarif jasa pemandu di Air Terjun Takapala, di Desa Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanSetidaknya banyak warga yang menawarkan bantuan menjadi pemandu.

 

Tarif kamar kecil di kawasan obyek wisata Air Terjun Takapala, di Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanTarifnya sudah naik dua kali lipat.

 

Air Terjun Takapala sendiri tergolong air terjun yang ramah. Jarak Air Terjun Takapala dari lokasi parkir kendaraan hanya sekitar beberapa ratus meter dan tanpa perlu masuk-masuk ke dalam hutan.

 

Tarif sewa kamar penginapan di dekat kawasan Air Terjun Takapala, di Desa Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanPingin merasakan punya rumah dekat air terjun?

 

Warung yang disewakan kepada pengunjung di kawasan Air Terjun Takapala, di Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi SelatanBilik kecil juga ada kok.

 

Di kawasan ini banyak terdapat warung, bilik istirahat, mushalla, dan juga kamar mandi . Sepertinya, kawasan ini memang menggiurkan sebagai obyek wisata. Ketika kami datang, ada beberapa muda-mudi yang tengah berwisata, sepertinya sedang dalam kegiatan outbond.

 

Keindahan panorama Air Terjun Takapala dikelilingi pepohohan rindang di Desa Malino, Gowa, Sulawesi Selatan Panorama Air Terjun Takapala di tebing Desa Malino, Gowa, Sulawesi Selatan

 

Hmmm, semoga kelak entah kapan aku bisa berkunjung lagi ke Desa Malino dan menyambangi air terjun yang lain. Sepertinya menyenangkan .


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • TUKANG COLONG
    avatar 4350
    TUKANG COLONG #Jum'at, 25 Nov 2011, 15:55 WIB
    saya suka ada di air terjun.. cipratan airnya bikin adem..
    Kalau mencoba mandi bakal lebih adem lagi, ehehehe
  • FAIZALRAMADHAN
    avatar 4353
    FAIZALRAMADHAN #Senin, 28 Nov 2011, 01:09 WIB
    Malino memang eksotik, selalu rindu untuk kembali. :)
    I Love Malino too...
  • @ZIZYDMK
    avatar 4354
    @ZIZYDMK #Senin, 28 Nov 2011, 13:00 WIB
    Wah air terjunnya bagus banget.....
    Ada yg berani terjun dari atas?
    Mungkin di kemudian hari bisa dibuat atraksi Flying Fox di sini Bu, sepertinya seru juga :D
  • CERITAEKA
    avatar 4355
    CERITAEKA #Senin, 28 Nov 2011, 15:45 WIB
    Ka..kamu ke Malino?
    Whooooooaaaaaaaaa mupeng
    Malino masih sebagian kecil mbak, tunggu artikel saya yang lain :p
  • SUKE
    avatar 4356
    SUKE #Selasa, 29 Nov 2011, 06:28 WIB
    selalu fotonya keren keren, pake hdr ya?
    mantebbb...
    Ndak pake HDR Kang, cuma dinaikkan saja eksposur dan saturasinya :D
  • DEWI
    avatar 4357
    DEWI #Selasa, 29 Nov 2011, 09:20 WIB
    Dulu sempet punya cita2 untuk bisa liat air terjun...akhirnya kesampaian bareng temen2 nengok grojogan sewu...itu pertama dan terakhir kalinya...seneng ya bisa travelling
    lha kok bisa untuk yang terakhir kali?
  • AZIS
    avatar 4358
    AZIS #Selasa, 29 Nov 2011, 17:26 WIB
    sontoloyo, sampean ke makasar sama siapa, apa tim PEKOK ikut
    hahaha, yang jelas bukan bersama tim PEKOK :D
  • HERMAN
    avatar 4360
    HERMAN #Kamis, 1 Des 2011, 11:40 WIB
    wah ada juga tempat indah di malino...
    pengen kesana pas musim panas tahun depan dhe...
    Monggo Le, hati-hati ya...
  • VIZON
    avatar 4365
    VIZON #Selasa, 6 Des 2011, 20:27 WIB
    Lama tak kesini, ternyata orangnya sudah melanglangbuana ke seberang pulau.. Wuih..
    keren amat... :)
    Malino...? hmm.. kapan ya bisa ke sana..? hehe
    hehehe, plesir ke pulau seberang juga cuma sebentar kok Uda. Kesibukan di Jogja blum bisa ditinggal lama >.<
  • DESY
    avatar 4378
    DESY #Sabtu, 10 Des 2011, 06:56 WIB
    Matab... kapan2 ke sulawesi lgi....
    Iya do'a kan ya mbak Desy :)

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :D
  • ARDIANSYAH SYAM
    avatar 4524
    ARDIANSYAH SYAM #Jum'at, 30 Mar 2012, 11:36 WIB
    salam kenal ..............

    boleh tidak dijelaskan cara rinci menuju desa bonto tene dengan menggunankan angkutan ?
    mohon infonya :)
    wah Desa Bonto Tene yang mana ya?
  • AISYAH
    avatar 4804
    AISYAH #Selasa, 18 Sep 2012, 14:16 WIB
    Pak, saya sedang membuat tulisan tentang air terjun ini. Boleh saya pinjem pic air terjunnya? Nama fotografer tetap memakai nama bapak terimakasih sebelumnya.
    silahkan mbak Aisyah
  • YADI
    avatar 5603
    YADI #Kamis, 24 Okt 2013, 20:41 WIB
    akusuka ada di air terjun.. cipratan airnya bikin adem..
    mandi di air terjun ya seneng dong ya?
  • ILMA
    avatar 6715
    ILMA #Selasa, 18 Nov 2014, 21:25 WIB
    kok gk ada air terjun ketemu jodohnya yahh?
    Belum sempat ke sana mbak, mungkin lain kali ya kalau berkesempatan ke Malino lagi :D