Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 4 November 2011, 09:39 WIB

Di samping bersepeda ke air terjun, mencari pantai yang tersembunyi, hingga keliling gunung,  bersepeda mencari dhemit bisa jadi termasuk hal pekok lain yang pernah kami lakukan. Dhemit yang aku maksud itu adalah bahasa Jawa dari makhluk halus penghuni alam supranatural, yang mana kita biasa menggolongkan mereka ke dalam jenis genderuwo, tuyul, kuntilanak, pocong, banaspati, dan lain sebagainya.

 

pesepeda Jogja berfoto pose bersama berlatar rumah dhemit di Jimbung, Klaten, Jawa Tengah

 

Tidak perlu berlama-lama menunggu tengah malam untuk bisa bertemu mereka, sebab informasi yang kami peroleh menyebutkan bahwa di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terdapat suatu rumah yang disinyalir sebagai tempat bermukimnya para dhemit. Warga setempat menyebutnya sebagai Rumah Dhemit.

 

Jadi, langsung saja hari Rabu (12/10/2011), tim PEKOK Rangers: Kang Supri Plat AB, Pakdhe Timin, Kang Bayu, Angga, Nini, Ika, dan aku menyerbu Rumah Dhemit ke Klaten!

 

Seperti penamaan Jawa pada umumnya, warga setempat juga menyebut rumah tersebut sebagai Omah Dhemit, Omah Demit, Rumah Demit, Omah Hantu, Rumah Hantu, dan lain sebagainya. Omah adalah bahasa Jawa untuk menyebut rumah.

 

Orang-orang penasaran mencari jalan untuk mendaki bukit Omah Dhemit di Jimbung, Klaten, Jawa Tengah

Dua bukit tinggi yang memisahkan Omah Dhemit di Jimbung, Klaten dari jangkauan manusia

Dari Jogja, rute termudah untuk menuju Rumah Dhemit adalah dengan menelusuri Jl. Raya  Yogyakarta – Solo hingga tiba di kota Klaten, sekitar 30 km dari Jogja. Kemudian, arahkan kendaraan ke jalan by pass kota Klaten. Tidak jauh dari Stasiun Klaten, terdapat papan petunjuk arah ke Desa Wisata Jimbung. Arah yang ditunjuk sama dengan arah menuju kawasan wisata Rawa Jombor.

 

Sekitar 3 km, bila pembaca jeli, di gugusan perbukitan gamping akan terlihat sebuah bangunan yang tidak lazim. Sebuah rumah mungil berdiri kokoh di atas bukit. Rumah tersebut sepertinya terbuat dari cor-coran semen dari mulai dinding hingga ke atap. Tidak ada jendela, yang ada hanya sebuah lubang pintu tanpa daun pintu.

 

Sejarah dan asal-usul penamaan rumah kecil tua yang disebut Rumah Dhemit atau Omah Dhemit oleh warga Desa Jimbung, Klaten, Jawa Tengah

 

Rumah itu dikelilingi oleh perbukitan gamping yang kian lama kian terkikis oleh para penambang gamping. Sama sekali tak ada jalan untuk naik ke puncak bukit. Kecuali kalau Pembaca mahir memanjat tebing atau barangkali dhemit sungguhan yang bisa melayang untuk sampai di sana.

 

Berusaha mendaki bukit untuk bisa mencapai bangunan Omah Dhemit di Klaten, Jawa Tengah

 

Kenapa ada rumah di atas bukit?
Siapa yang membangunnya?
Untuk apa rumah itu dibangun?
Kapan dibangunnya?

 

Aku yakin, masih banyak pertanyaan 5W + 1H lainnya yang akan memenuhi benak Pembaca tatkala berusaha menalar kejanggalan letak rumah tersebut dengan akal sehat.

 

Pemandangan eksotis Rawa Jombor dan sekitarnya dari puncak bukit tempat Rumah Dhemit Klaten berada

 

Menurut penuturan seorang penambang gamping yang kami temui, rumah itu adalah sisa peninggalan Belanda yang konon difungsikan sebagai gudang mesiu. Namun jelas jawaban itu tak serta-merta menjawab kebingungan kami. Masih banyak pertanyaan yang menjejali benakku tentang rumah di atas bukit dan dhemit yang menghuninya. Ah, perlukah kembang tujuh rupa, dupa, dan kemenyan untuk menjawab segala teka-teki itu?

 

Rumah Dhemit di Klaten Jawa Tengah yang dahulu kala katanya difungsikan sebagai gudang mesiu

 

Jadi, apa Pembaca juga tahu rumah tak lazim seperti ini? Yang konon dihuni oleh para dhemit?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • BEJOKAMPRET
    avatar 4310
    BEJOKAMPRET #Minggu, 6 Nov 2011, 21:50 WIB
    siiippp...pertamax, sesama demit saling berkunjung
    kemenyan padahal belum dibakar lho Kang :p
  • PAKDHETIMIN
    avatar 4314
    PAKDHETIMIN #Selasa, 8 Nov 2011, 18:13 WIB
    dhemit nya yg motret...hahahaha
    berarti itu rumah saya Pakdhe? :D
  • PEKOK
    avatar 4315
    PEKOK #Rabu, 9 Nov 2011, 14:02 WIB
    dasar pekok
    bener-bener Pekok...
  • BENY
    avatar 4319
    BENY #Jum'at, 11 Nov 2011, 10:22 WIB
    wooohh klaten muncul lagi di blog keren ini..
    cerak jimbung iku dab
    ho ow, deket Jimbung, dekat rawa Jombor
  • MURWANI
    avatar 4339
    MURWANI #Senin, 21 Nov 2011, 12:07 WIB
    waktu kecil,disana pegunungannya masih utuh,lha lama kelamaan dikikis untuk dijual.tinggalah gunung kecil dan rumah itu.sayang ya...dulu lumayan cantik lho,banyak orang nenepi.katanya mau cari keberuntungan.
    sampai-sampai tangga naiknya jangan-jangan juga ikut dikikis Bu?
  • ANNOSMILE
    avatar 4375
    ANNOSMILE #Jum'at, 9 Des 2011, 07:41 WIB
    kok bagian dalamnya gag difoto bro???
    Angel le munggah :p
    Mung yo mustahil isa dipanjat wong waras :p
  • DBEE_CURLY
    avatar 4390
    DBEE_CURLY #Jum'at, 16 Des 2011, 02:36 WIB
    Wow.. i love adventure :)
    invite me ya to the mblusug2 zone :))
    Nice Post :) n salam kenal
    dbee_curly
    Salam kenal juga mbak :)
  • SATIA
    avatar 4473
    SATIA #Rabu, 15 Feb 2012, 12:26 WIB
    waduhh....lagi2 ini spot deket kampung halaman juga....
    kapan2 undang dong biar sam2 kesana
    :)
    oke deh, pantau terus aja website ini yah!
  • PARTO SENEN
    avatar 4656
    PARTO SENEN #Selasa, 12 Jun 2012, 20:37 WIB
    Walaaah aku yen no Sukoharjo kok ratau weruh omah dhemit ki?
    ayo mbah Parto, jalan-jalan sana
  • AGUS SETIAWAN
    avatar 5475
    AGUS SETIAWAN #Rabu, 14 Ags 2013, 12:34 WIB
    wah keren nih gan
    ayo serbu rumah dhemiiit!
  • TATAK JAYADI
    avatar 5882
    TATAK JAYADI #Selasa, 18 Mar 2014, 17:56 WIB
    demit.e seng moto,rodo pekok meneh :v
    mbiyen kae aq kesurupan dhemit opo yo iso tekan kono
  • GOI
    avatar 6054
    GOI #Senin, 5 Mei 2014, 14:44 WIB
    omah kuwi mau digawe mbah buyutku nggo nyimpen dinamit dudu omah demit. but thanks for the picture
    tenane? nyimpen dinamit nggo opo je? tenanan kui? cara munggah e piye?
  • AAN
    avatar 6328
    AAN #Jum'at, 8 Ags 2014, 17:47 WIB
    Saya pernah beberapa kali camping di atas bukit samping tebing yg ada rumahnya tersebut. setiap minggu kami mencoba beberapa jalur untuk panjat juga. ada beberapa hal yang menurut saya misterius di tebing tersebut: 1. suasana malamnya lumayan mencekam, menurutku rodo angker. katanya di atas bukit tersebut adalah tempat penyiksaan org2 pribumi pada jaman belanda, 2. ada semacam lobang kecil di tebing sebelah timur, saya rasa ada semacam ruangan di bawah tebing tersebut, tapi saat saya dan teman-teman menggali, kami temukan aliran air dan tetesan2 air seperti di gua, karena kami tidak membawa tabung oksigen dan peralatan keamanan, kami pun mengurungkan niat dan kemudian lubang kecil tersebut kami timbun kembali. pertanyaannya mungkinkah itu gua? Sampai sekarang masih penasaran.
    Pertanyannya pas jaman dulu itu bangunan dibuat, untuk naik ke sana caranya gimana? Masak mesti manjat? Kan repot. Apa dulu pas dibangun ada jalan menuju ke sana.
  • ANGKI
    avatar 6776
    ANGKI #Jum'at, 28 Nov 2014, 17:30 WIB
    wah saya baru tau mas...tapi agaknya kok ya susah ya ams buat ke situ hehe saya liatnya
    udah horor mas hiii seremm
    Kalau siang-siang nggak horor Ngki. Kalau malem nggak tau deh, hehehe.
  • PAK CILIK BEJO TENANAN
    avatar 8093
    PAK CILIK BEJO TENANAN #Rabu, 12 Ags 2015, 13:16 WIB
    lha omah siji metingkring kok yoooo di tinggal ora di bongkar
    iki opo yoo margo ono kuasa penambangan neee.... yak noo
    Mungkin ben marai wong gumun Pak? Hahaha
  • DEE ANNE
    avatar 8500
    DEE ANNE #Jum'at, 23 Okt 2015, 18:02 WIB
    Bisa tuh untuk syuting film horror
  • MAS BOY
    avatar 10019
    MAS BOY #Sabtu, 20 Ags 2016, 12:36 WIB
    saya udah pernah masuk sob


    di dalemnya bau busukcuma sempit
    waow! cara masuknya gimana mas Bro? manjat?