Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 30 Juni 2011, 14:05 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Tim PEKOK Rangers goes to Ngadirejo

Bertepatan dengan libur Isra Mi’raj yang jatuh pada hari Rabu (29/6/2011) dan sekaligus melaksanakan agenda PEKOK di bulan Juni, maka pada hari Selasa (28/6/2011) hingga Rabu aku dan tim PEKOK Rangers berniat bersepeda ke Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah.

 

Ngadirejo adalah nama salah satu kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Buatku, Ngadirejo sendiri sudah tidak asing, sebab di bulan Januari 2010 silam aku pernah berkunjung ke sana yakni ke Candi Pringapus. Selain candi, katanya di Ngadirejo juga terdapat banyak curug alias air terjun. Hmmm, menarik bukan?

 

Di hari Selasa sore, berkumpullah tim PEKOK Rangers yang kali ini berjumlah lebih banyak dari biasanya. Ada Kang Supri, Raditya, Paris, Rizky, Bagus, Rino, Pakdhe Timin, Kharisma (yang masih SMP ), dan Rozi. Turut serta pula Mas Dani Wawan selaku yang punya rumah di Ngadirejo.

 

Pukul 7 malam di Lapangan Denggung, Sleman, Jl. Raya Jogja – Magelang km 9, agenda PEKOK bulan Juni: Backpacking ke Ngadirejo resmi dimulai. Teeeeeeet! (ceritanya niup peluit)

 

PEKOK sarapan di Ketupat Tahu Batuar, Temanggung
Tidak lupa menyempatkan diri wisata kuliner di Ketupat Tahu Batuar Batoar, Temanggung

 

Secara umum, medan perjalanan dari Jogja hingga Ngadirejo lebih manusiawi dibandingkan medan-medan perjalanan PEKOK lainnya. Tidak ada tanjakan curam dan panjang yang memaksa kami untuk menuntun sepeda. Walaupun Ngadirejo terletak di ketinggian 900 meter dpl (Kota Jogja 70 meter dpl), tanjakannya landai dan tidak menguras tenaga. Hanya saja JAUH!

 

Tugu Pal Putih – Tempel = 17 km

Tempel – Muntilan = 20 km

Muntilan – Kota Magelang = 20 km

Kota Magelang – Secang = 10 km

Secang – Temanggung = 14 km

Temanggung – Parakan = 10 km

Parakan – Ngadirejo = 7 km

Ngadirejo – Rumah Mas Dani Wawan = 3 km

 

Jadi, total jaraknya adalah 101 km. Eh, itu baru jarak pergi dari Jogja ke Ngadirejo lho. Untuk jarak pulang ya sama, sehingga total jarak yang kami tempuh sekitar 202 km!

 

Untuk menghemat tenaga, di hari pertama kami sempat menginap di Kota Magelang, di kediaman Pakliknya Rizky. Walaupun begitu, SANGAT mungkin untuk bersepeda dari Jogja ke Ngadirejo dalam waktu satu hari. Jika berangkat dari Jogja pukul 6 pagi, dengan kecepatan kami yang rata-rata 15-20 km/jam, dapat sampai di Ngadirejo sekitar pukul 3 sore.

 

PEKOK beristirahat untuk mengumpulkan tenaga
Tidur dulu untuk mengumpulkan tenaga.

 

Kami tiba di Ngadirejo pukul 13.00 di hari Rabu. Berhubung Ngadirejo terletak di kaki gunung Sumbing Sindoro, cuaca di sana amat tidak menentu. Sayang beribu sayang, beberapa saat setelah kami tiba hujan turun. Jadi, agenda ke curug terpaksa dibatalkan. Huaaaa!

 

Namun, bukan berarti kami melewatkan kesempatan untuk berpesiar di sekitar Ngadirejo. Kami mengunjungi obyek wisata terdekat. Seperti Umbul Jumprit, tempat pengambilan air suci untuk prosesi waisak, dan tentu saja Candi Pringapus.

 

PEKOK bersepeda ke Umbul Jumprit
PEKOK di Umbul Jumprit

 

PEKOK bersepeda ke Candi Pringapus
PEKOK di Candi Pringapus

 

Kami bertolak kembali ke Jogja sekitar pukul 7 malam dari rumah Mas Dani Wawan di Ngadirejo. Dengan medan jalan yang didominasi oleh turunan perjalanan tidak banyak menguras tenaga, hanya dibutuhkan konsentrasi untuk menghindari lubang di jalan dan akrobat bus antarkota yang b******k itu (emosi!). Singkat cerita, sampai di rumah kembali pukul 01.30 WIB di hari Kamis.

 

Selesai? Hmm…sepertinya belum, berhubung di Ngadirejo masih ada curug dan juga candi yang belum sempat aku kunjungi, jadi…mungkin aku akan kembali ke sana lagi, tapi kali ini nggak naik sepeda.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PAKDHETIMIN
    avatar 3987
    PAKDHETIMIN #Kamis, 30 Jun 2011, 14:26 WIB
    pertamax gan!
    haisy! >.<
  • PARIS
    avatar 3988
    PARIS #Kamis, 30 Jun 2011, 14:29 WIB
    Koreksi.... Tahu Kupat Batoar Bukan Batuar.... sayang yang jual ngga difoto :(
    sebenernya lebih cantik si mbak pelanggannya itu lho Le...
  • DANI
    avatar 3989
    DANI #Kamis, 30 Jun 2011, 15:40 WIB
    Koreksi, Ngadirejo bukan di kaki gunung Sumbing tetapi di kaki gunung Sindoro
    wew...koreksi diterima!
  • DANI WAWAN
    avatar 3990
    DANI WAWAN #Kamis, 30 Jun 2011, 15:44 WIB
    Besok kesana lagi naik Corolla DX
    hadeh, bonceng motor aja ya ... >.<
  • SUKE SEMARANG
    avatar 3991
    SUKE SEMARANG #Kamis, 30 Jun 2011, 19:50 WIB
    we e e e e....
    Naek motor saja jarak segitu dah pegel, naek sepeda wo ho ho ho ho...
    Luar biasa....
    luar biasa pegel Kang... >.<
  • BEJOKAMPRET
    avatar 3993
    BEJOKAMPRET #Jum'at, 1 Jul 2011, 06:12 WIB
    mangtafffff
    ayo Kang, kapan kita kesana? :D
  • JARWADI
    avatar 3994
    JARWADI #Jum'at, 1 Jul 2011, 09:19 WIB
    Shadow di foto pekok di ujung jumprit k e r e n. Bukan hasil image
    editing kan? :D
    bukan Kang, itu karena airnya yang jernih. :)
  • PRAHIYAN
    avatar 3996
    PRAHIYAN #Sabtu, 2 Jul 2011, 15:48 WIB
    Makasih telah berkunjung ke Candi Pringapus....Kok nggak putu2 di hutan
    pinus di atas Jumprit, bagus lho pemandangannya..
    waktunya ndak ada e Kang, nanti kalau nginep di sana disempatkan untuk jalan-jalan ke hutan pinus yang katanya bisa tembus ke Dieng itu deh :)
  • ANNOSMILE
    avatar 3997
    ANNOSMILE #Senin, 4 Jul 2011, 20:46 WIB
    waw..aseekk..
    pengen ke jumprit...
    Ayo No, main ke Temanggung lagi! :D
    Dulu ke Pringapus masih ada Rozi ya...
  • PLAT AB
    avatar 4001
    PLAT AB #Rabu, 6 Jul 2011, 10:26 WIB
    yg pengin ikutan lagi gowes k sana cari curug besok bareng aku ya....
    kayaknya mesti nginep disana deh Kang, mengamankan situasi dan kondisi pas cuacanya nggak mendung atau hujan >.<
  • BUMUR
    avatar 4004
    BUMUR #Kamis, 7 Jul 2011, 14:29 WIB
    sudah lama pengin di umbul jumprit, biasanya ada ancar-ancar letaknya, bisa diberitahu ?
    dari pasar Ngadirejo itu naik ke utara saja :)
  • OMIYAN
    avatar 4013
    OMIYAN #Senin, 11 Jul 2011, 13:15 WIB
    Di antara foto yang ada saya demen yang pas tidur hahahaha nikmat banget kalau abis gowes terus tidurr
    apalagi kalau tidur sambil diiringi cerita hantu, hahaha :D
  • PEPENG
    avatar 4021
    PEPENG #Kamis, 14 Jul 2011, 21:27 WIB
    wah,aku wes bolabali ke sini...coba dr jumprit naik terus...bisa tembus perkebunan tembi. dr tembi turun ke wonosobo . atau naik ke dieng.
    maunya kita juga naik mas, tapi apa boleh buat, hari sudah sore dan kabut sudah turun. Yah...mungkin di kesempatan lain...
  • CHUL
    avatar 4207
    CHUL #Minggu, 21 Ags 2011, 16:36 WIB
    kok jaraknya jauh banget ya mas. Perasaan Jogja - Parakan biasanya saya cuma 70-an km. Dari jumprit bukannya lebih dekat ke situs Liyangan daripada ke Candi Pringapus ya.
    Yang betul? Masak lebih jauh sedikit dari Jogja-Solo sih Kang? Niatnya memang mau ke Liyangan tapi waktunya ndak cukup.
  • DANU AKBAR
    avatar 4208
    DANU AKBAR #Senin, 22 Ags 2011, 00:07 WIB
    Bingung nih yang mana post terbarunya. hehee
    Post terbarunya acak Mas Danu, hahaha. :D

    Terima kasih sudah berkunjung kemari. :)
  • ARYO
    avatar 4230
    ARYO #Kamis, 15 Sep 2011, 09:28 WIB
    mas Dani Wawan No hp ne piro...? nich temen dari Pikatan mo berkenalan
    mad Dani Wawan dicari tuw lho
  • ARMA NUR
    avatar 4362
    ARMA NUR #Senin, 5 Des 2011, 09:04 WIB
    Jogja-Ngadirejo naik sepeda. Wedyan tenan.
    Sapertinya njenengan pesepeda yang masuk kategori ekstrim. :D

    Salam kenal dari saya mas.
    Cah Ngadirejo asli. Alumni Mesin UGM '06. :-)
    Hahahaha, semoga besok diberi kesempatan lagi untuk nyepeda ke Ngadirejo lagi. Soalnya ada curug yang belum dikunjungi. Salam juga dari saya Alumni Math UGM '04 :D
  • GWA
    avatar 10030
    GWA #Rabu, 24 Ags 2016, 11:45 WIB
    Sotone mbok Engkrak manggong isih ono po ora ya ?
    waduh ra ngerti aku Bro, lokasine ng ndi e?